Waduk Rowo Rawa Jombor Klaten

Rekomendasi Khusus Untuk Anda : 9 Wisata di Klaten yang Membius Mata

Berada diantara Jogja dan Solo, Kabupaten Klaten memang kalah pamor dari keduanya. Namun destinasi wisata di Klaten lebih ungggul dari keduanya dan tidak kalah indah jika dibandingkan dengan kota yang menjadi perbatasan Jogja dan Jawa Tengah itu. Lihat peta Indonesia lengkap.

Pada saat dikunjungi para pemudik saat liburan Klaten menjadi salah satu destinasi wisata yang favorit. Kota ini dijuluki sebagai kabupaten dengan 1001 kolam dan umbul.

Bagi baynak wisatawan menjadikan Klaten juga selalu dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu liburan diman pesoan wisata dan juga sejarahnya tidak kalah dengan Solo maupun Jogja.

Dibawah ini saya mengulas wisata di Klaten yang mempesona untuk tempat liburan.

Wisata di Klaten Hits Keren nan Mempesona

Candi Prambanan

candi prambanan
@spotphoto

Salah satu yang paling populer tempat wisata di Klaten adalah Candi Prambanan. Candi ini tidak hanya terkenal di dalam negeri saja. Bahkan sampai ke mancanegera. teknik pembangunan yang masih misteri dan dengan Arsitektur yang megah sampai saat ini menjadikan candi ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, baik wisatawan asing maupun lokal selalu mengunjungi Candi Prambanan baik untuk berfoto ataupun untuk penelitian.

Candi ini memiliki ke unikan tersendiri dikarenakan kompleks Candi Prambanan di bagi menjadi dua,  yaitu sebagian bisa masuk melalui wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sebagianya lagi masuk wilayah Klaten.

Candi Prambanan ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO dan menjadikan Candi ini sebagai salah satu candi termegah se-Asia Tenggara. Candi Prambanan ini berada di wilayah Jalan Raya Solo, Yogyakarta No.16 Krangga-Bokoharjo.

Oh ya, bila malam hari sekitar prambanan sudah menjadi pangkalan anak muda untuk nongkrong sekedar melepas penat ataupun hiburana malam. Ya seperti wisata malam begitu. Cukup menarik bukan Prambanan, pagi untuk wisata, sore untuk fotografi dan malam untuk nongkrong.

Candi Merak

candi merak
@instagram

Jika kita kenal dengan Candi Prambanan maka candi ini bukan satu-satunya peninggalan sejarah di Klaten, hal ini di karenakan masih ada lagi candi lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Yaitu salah satunya Candi Merak.

Candi Merak yang satu ini memiliki keunikan tersendiri dan bisa anda jadikan sebagai tempat wisata di Klaten. Menurut mitos nama merak ini diambil di karenakan banyaknya burung merak yang berada di wilayah candi tersebut.

Jika anda ingin mengunjungi tempat ini anda bisa datang ke kompleks percandian di Dukuh Desa Karangnongko, kec Karangnongko, kabupaten Klaten-jawa tengah.

Umbul Ponggok

umbul_ponggok_klaten
@binadesa.org

Wisata air nomor satu yang pernah hits di Klaten pada tahun 2018, namun hingga saat ini tetap saja menjadi sorotan banyak orang. Terutama tamu mancanegara, para bule yang berlibur di daerah Solo.

Ups, Umbul Ponggok. Kolam reang yang bersumber dari mata air murni dari dalam tanah. Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik akan kesegaran tubuh bila berenang di dalamnya.

Selain itu yang bikin nagih lagi para snorkeler dan diver akan disuguhkan pemandangan yang indah di dasar kolam Ponggok. Bebebatuan ikan dan hiasan bawah air tawar lainnya bagai menyelam di dasar laut. Air jernih, segar dan pemandangan eksotis. Pokonya wisata Solo hits banget untuk Ponggok ini.

Berada tepat di Ds. Ponggok Kec. Polanharjo Kab. Klaten Prov. Jawa Tengah. Menurut cerita orang-orang di sekitar kolam. Dahulu umbul ini difungsikan sebagai pengairan perkebunan dan persawahan sekitar.

Namun dengan berkembangan modernisasi sekarang dialih fungsikan sebagai kolam wisata agar tak nagnggur karena banyaknya mata air yang munculan di sekitar desa Ponggok. Hampir ada puluhan umbul air murni yang dapat anda temui bila berkunjungi di desa ini. Dengan desain modern semi klasik membuat kolam ponggok menonjol terhadap kelestarian akan murninya air dan kenyamanan fasilitas modern.

Mata Air Cokro Tulung

umbul ingas cokro
@wayahna

Tempat wisata di klaten yang tidak kalah menarik adalah Cokro tulung dan tempat wisata ini cukup terkenal dan Cokoro Tulung banyak menarik wisatawan. Sama seperti Umbul ponggok, dengan obyek wisata ini sebagai sumber mata air yang jernih.

Sumber mata air ini biasanya digunakan untuk pertanian. Selain itu, Tempat ini bisa anda jadikan sebagai tempat wisata berupa kolam pemandian karena pemandangan yang menyejukkan. Dengan Mata Air Cokro Tulung ini pun bisa digunakan untuk air minum oleh Kraton Surakarta Hadiningrat.

Jika dibandingkan dengan tempat wisata di Klaten Umbul Ponggok, kolam renang Umbul Cokro Tulung sangat menarik dan indah. Agar sensasi berenang semakin menyenangkan disini tersedia juga fasilitas waterboom.

ketika saat bulan Ramadhan wilayah Umbul Cokro Tulung akan ramai didatangi pengunjung. Karena pada saat itu biasanya akan diselenggarakan yaitu sebuah upacara adat yang bernama Padusan. Umbul Cokro Tulung berada di Jalan Delanggu-Polanharjo kab Klaten-Jawa Tengah.

Dari kota Klaten Mata Air Cokro Tulung berada sekitar 17Km ke arah utara dan memiliki luas wilayah sekitar 15.000m2. Cokro Tulung berada di Desa Cokro kecamatan Tulung. Fasilitas lain yang bisa anda gunakan ketika berada di sana adalah sliding water dana flying fox.

Waduk Rowo Jombor

Waduk Rowo Rawa Jombor Klaten
@blog.reservasi.com

Waduk Rowo Jombor merupakan wisata air di Klaten Jawa Tengah. Waduk ini sangat mengesankan dan apabila anda berada disini, anda dapat menikmati aktivitas agar liburan pun semakin menyenangkan. Beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan yaitu: menyantap kuliner khas di Warung Apung Rowo Jombor, mendaki bukit Rowo Jombor, jogging atau bisa juga sekedar memancing.

Waduk ini juga memiliki penorama yang mengesankan disekitar waduk yang hijau dan juga asri. Jika anda mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk membawa kamera  saat mengunjungi Waduk Rowo Jombor karena pemandangan yang indah dan mengesankan apalagi bersama pasangan.

Jadikan Waduk Rowo Jombor sebagai wisata fovorite anda. Untuk mengunjungi tempat ini, anda bisa datang di Jalan RW. Jimbor Kab Klaten-Jawa Tengah.

Baca juga kumpulan wisata air tersembunyi di Solo yang hits dan keren untuk liburan keluarga dan pasangan.

Deles Indah Klaten

Kecantikan-Deles-Indah- Klaten
@jatenglive.com

Deles Indah adalah salah satu tempat favorite untuk berfoto saat anda melakuakan wisata di Klaten yang memberi sajian yang sangat menarik dengan pemandangan gagahnya Gunung merapi.

Ketika berada di sana anda akan merasakan suasana alam peunungan yang indah dan menyejukkan sekaligus luar biasa menakjubkan dengan pemandangannya. Desa wisata ini berada wi wilayah Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

Sebenarnya disina banyak sekali spot-spot yang bisa dikunjungi untuk menambah pengetahuan sejarah di Klaten di Deles Indah ini.

Jika anda berkunjung, anda akan melihat bekas Pesanggrahan Makam Kyai Mlayopati, Pakubuwana X,  Gua Sapuangin dan Sendang Kali Reno. Namun sangat disayangkan karena pada saat ini potensi wisata tersebut telah terabaikan dikarenakan sejak adanya erupsi Merapi pada tahun 2010 silam.

Luweng Sampang

luweng-sampang-klaten
@bobocantik.com

Mungkin tidak sebanyak di Yogyakarta atau Magelang jika dibandingkan dengan Tempat wisata air terjun Klaten. Tetapi terdapat satu air terjun yang sangat unik di perbatasan Klaten dengan Gunungkidul.

memang tidak seberapa Ketinggiannya, tetapi membuat air terjun ini tampak berbeda di karenakan adanya kontur bebatuan dengan gradasi warna kuning kecoklatan.

Untuk menuju ke sana yang sedikit kecil dan sepi,  Luweng Sampang memang cukup jauh dari pusat kota. Tetapi, perjalanan anda tidak akan sia-sia apalagi anda ingin berfoto dan mendapatkan hasil foto yang menarik dan unik. Luweng Sampang menjadi daya tari utama dan wilayah ini berada di Jalan Sampang, Mongkrong Kabupaten Gunung Kidul.

Candi Sewu

Candi Sewu
@idsejarah.net

Wisata di Klaten yang akan kami bahas diakhir ini adalah Sebuah Candi dekat Prambanan. Penamaan Candi Sewu di tujukan pada jumlah candi yang berada dalam satu kompleks yang sama. Apabila ketika dihitung secara cermat jumlah tidak sampai seribu, tetapi terdapat 249 unit candi yang terdiri dari 1 unit candi utama, 8 unit candi pengapit, dan 240 unit candi perwara.

Tempat wisata di Klaten berada di wilayah Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan-Klaten.

husni

Solo (Spirit of Java) - Magetan - Young - Moslem - Publisher - Marketer Online - Student - Worker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *