Informasi Lengkap Seputar Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Informasi Lengkap Seputar Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Yak sahabat Damainesia yang semoga hari anda diberkahi Tuhan Yang Maha Esa. Pada kesempatan kali ini saya selaku admin akan membahaskan materi sederhana yang berkenaan dengan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah).

Mungkin sebagian dari anda sudah tau apai itu UKS dan apa manfaatnya namun belum terlalu paham bagaiaman sistem kerja dan kegunaan vital lagi fatal lainnya.

Untuk itu simak ulasan ini agar anda lebih mengerti dan mengenal lebih dekat dengan UKS. Siapa tahu masa mendatang anda menjadi inspirator pendiri atau pegiat UKS. Yuk, belajar bersama dengan admin.

Apa itu UKS?

UKS atau yang merupakan kependekan dari Usaha Kesehatan Sekolah merupakan suatu unit usaha yang dilakukan untuk membantu murid dan juga warga sekolah yang sedang mengalami masalah kesehatan di lingkungan sekolah.

Biasanya di sekolah-sekolah terdapat petugas sendiri yang memang ditunjuk untuk menjaga ruang UKS. Ada petugas pendata nama-nama siswa yang mengalami masalah kesehatan dan ada juga pengurus UKS lainnya.

Namun kebanyakan masalah kesehatan yang tergolong berat dan tidak dapat diselesaikan dengan pengobatan biasa di UKS, maka mereka akan dilarikan ke puskesmas atau rumah sakit agar mendapat rujukan.

Akan tetapi sebelum itu tentu petugas UKS akan memberikan informasi terlebih dahulu kepada orang tua. Ada juga yang memulangkan ke orang tua terlebih dahulu ketika ada masalah kesehatan berat yang dialami seorang murid.

Fungsi UKS

UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)

Bagi suatu organisasi sekolah, UKS memiliki beberapa fungsi. Adapun fungsi UKS diantaranya :

  • Membentuk perilaku hidup sehat karena UKS bertujuan memberikan informasi kesehatan yang maksimal.
  • Membantu meningkatkan kemampuan hidup sehat untuk peserta didik di sekolah. UKS bukan lagi tentang dia yang sedang merawat si sakit. Melainkan menyehatkan si sakit dan meningkatkan kesehatan bagi mereka yang tidak sakit alias dalam kondisi sehat.
  • Menghasilkan derajad kesehatan secara lebih optimal
  • Membantu meningkatkan kesehatan untuk peserta didik secara kompleks. Tentunya kesehatan peserta didik yang dimaksud bukan soal kesehatan fisik saja. Melainkan juga tentang kesehatan mental dan kesehatan sosial.
  • Membantu menurunkan jumlah anak yang sedang sakit di sekolah. Pelayanan UKS sekolah memang harus maksimal. Namun bukan untuk tujuan agar si sakit betah di UKS dan tidak mengikuti pelajaran. Melainkan agar si sakit segera sembuh dan ikut pelajaran.
  • Membantu meningkatkan kesadaran atas pengaruh buruk rokok, alcohol, narkotika, serta obat – obatan berbahaya yang lainnya.
  • Membantu mengontrol kesehatan peserta didik.

Semua tujuan tersebut merupakan cita – cita sekaligus sudah menjadi visi dan misi yang mendarah daging untuk dilakukan semua pihak terkait. Cara kerja UKS di sekolah dan kampus tentu saja berbeda.

Jika pengelola UKS adalah siswa baik itu di tingkat SD, SMP, dan SMA dibantu oleh guru dan yang lainnya maka di kampus, pengelola UKS lebih dewasa. Pengelola UKS adalah mahasiswa khususnya mahasiswa yang ikut andil dalam organsisasi UKS kampus.

Tujuan UKS kampus dengan UKS sekolah sebagian besar sama. Hanya saja biasanya pendampingan untuk mahasiswa adalah perawat dan dosen yang memang berada di ranah kesehatan. Semua itu dilakukan untuk memberikan informasi, dan pendampingan secara maksimal kepada mahasiswa.

Alasan UKS harus ada di Sekolah

Ada beberapa alasan adanya UKS, diantaranya :

  • Memberikan kesadaran kesehatan karena anak usia sekolah merupakan kelompok usia yang rawan atas berbagai masalah kesehatan.
  • Usia sekolah sangat peka atas penanaman pengertian dan kebiasaan hidup sehat.
  • Sekolah merupakan institusi masyarakat yang terorganisasi dengan sangat baik.
  • Anak sekolah merupakan kelompok paling besar dari kelompok usia anak – anak yang menerapkan wajib belajar.
  • Pendidikan kesehatan melalui anak sekolah akan sangat efektif dalam mengubah perilaku serta kebiasaan hidup sehat secara umum.

UKS di Organisasi Pemerintah

Tidak hanya di sekolah, melainkan di berbagai organisasi termasuk organisasi pemerintah, UKS itu ada. Hanya saja Usaha Kesehatan Sekolah tentunya memiliki cakupan nama yang berbeda. Untuk unit kesehatan yang diselenggarakan di desa tentu namanya bukan UKS. Melainkan unit kesehatan yang diselenggarakan untuk kesehatan masyarakat desa dikenal dengan nama Unit Kesehatan Masyarakat Desa.

Fungsi dan tujuan Unit Kesehatan Masyarakat Desa tentunya hampir sama dengan UKS di sekolah. Hanya saja cakupan tugasnya berbeda.

Jika UKS bertugas menyejahterakan dalam konteks kesehatan untuk warga sekolah, maka Unit Kesehatan Masyarakat Desa memiliki cakupan untuk meningkatkan kesehatan warga desa. Biasanya Pegawai Negeri Sipil di bidang kesehatan yang ditugaskan untuk desa akan diturunkan.

Landasan Hukum UKS

Usaha Kesehatan Sekolah

Adapun landasan hukum dari perundang-undangan yang mengatur berdirinya UKS di sekitar tempat belajar anda. Berikut undang-undangnya.

  1. Undang – undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
  3. Surat Keputusan Bersama Mendiknas, Menkes, Menag dan Mendagri Nomor : 2/P/SKB/2003, Nomor : MA/230B/2003, Nomor : 445- 404 Tahun 2003 Tanggal 23 Juli 2003 Tentang Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah

Perbedaan UKS dengan PMI dan Rumah Sakit

Kita juga mengenal istilah PMI. Pada beberapa sekolah, juga sudah dikenalkan ekstrakurikuler PMI. PMI merupakan singkatan dari Palang Merah Indonesia) yang merupakan suatu organisasi kesatuan yang bergerak di bidang kesehatan.

Disana remaja yang ingin belajar tentang kesehatan dan cara menangani masyarakat akan diberikan pendampingan oleh tenaga professional. Tentu perbedaan PMI dengan UKS dilihat dari cakupan dan sistem organisasinya.

PMI jauh lebih besar sistem organisasi dan cakupannya dibandingkan UKS karena PMI sudah menyangkut wilayah Indonesia yang diberikan penanganan. PMI tersebar di daerah dan kota-kota. Salah satu kegiatan PMI yang sampai sekarang masih terus berjalan adalah donor darah.

Kegiatan ini sudah didukung oleh tenaga kesehatan, professional, pemerintah dan tentunya masyarakat. Hal tersebut karena darah yang didonorkan oleh masyarakat akan disalurkan ke rumah sakit.

Rumah sakit merupakan suatu organisasi yang perawatan kesehatan professional yang penanganannya dilakukan oleh dokter, perawat, bidan dan ahli kesehatan terkait. Mereka memang mahir di bidangnya. Dibandingkan dengan Usaha Kesehatan Sekolah, Rumah Sakit cakupannya sangat luas dan merupakan suatu organisasi paling professional untuk masalah penanganan kesehatan.

***

Itulah informasi lengkap seputar usaha kesehatan sekolah (UKS) baik di sekolah, kampus, desa atau rumah sakit. Semoga menjadi informasi yang menambah pengetahuan kita bersama. Jangan lupa baca artikel kami yang lainnya agar mendapat insight dan pengalaman baru.

Baca Juga : Peta Indonesia Lengkap (Beserta Penjelasannya)

Tinggalkan komentar