Pembahasan Macam Unsur-Unsur Seni Rupa Beserta Contoh [LENGKAP]

Pembahasan Macam Unsur-Unsur Seni Rupa Beserta Contoh [LENGKAP]

Unsur-Unsur Seni Rupa – Bila kita berbicara soal seni sudah pasti cenderung kepada sesuatu bentuk hal unik, indah dan menyejukan panca indra berupa wujud ekspresi dari imajinasi jiwa seseorang. Sedangkan rupa merupakan bentuk wajah, bisa diartikan suatu gambaran berupa karya yang diciptakan.

Dapat disimpulkan bahwa :

Seni rupa adalah suatu karya yang sengaja dibuat dan bisa dinikmati dengan indera penglihatan dan perabaan. Karya seni disebut juga visual art yang maknanya bisa dilihat dan memiliki wujud. Artikel relevan pengertian Seni Rupa : klik disini.

Seni rupa sendiri terbagi menjadi berbagai macam, berdasarkan karakteristiknya. Macam seni rupa yang ditinjau dari wujud, fungsi dan massanya. Pembahasannya mengenai macam seni rupa, lihat disini.

Selain itu, untuk membangun atau membentuk karya seni rupa ada beberapa unsur seni rupa yang harus dilengkapi agar sempurna untuk dinikmati oleh semua orang yang melihat dengan inderanya.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Bagaikan pokok ruh kehidupan bagi karya seni rupa. Unsur-unsur yang akan menjanjikan sebuah karya luar biasa bila terpenuhi didalam penerapan penciptaannya. Berikut beberapa unsur-unsur seni rupa yang harus Anda ketahui.

Titik

titik unsur seni rupa dasar
@deviantart.net

Titik merupakan unsur seni rupa yang paling dasar. Dengan adanya unsur sekecil titik semua karya akan dapat terwujud. Dari sekumpulan titik-titik juga dapat menjadikan sebuah karya besar luar biasa, contoh foto diatas.  Dengan teknik kombinasi bentuk besaran, warna dan goresan titik juga dapat memberi variasi seni dasar.

Garis

garis unsur seni rupa
@pixabay

Garis adalah salah satu unsur seni rupa yang dihasil dari penggabungan coretan unsur titik. Garis dalam seni rupa diciptakan dengan cara menggores pendek ataupun pendek dengan arah tertentu sesuai keinginan bidang seni.

Garis sendiri terbagi atas banyak unsur, garis menurut wataknya dibedakan sbeagai berikut garis lurus, lengkung, panjang, pendek, horizontal, vertikal, berombak, diagonal, putus, putus, patah-patah, spiral dan lainnya.

Sedangkan garis menurut bentuk wujudnya dibedakan menjadi dua yaitu garis semu (hasil coratan balance karena adanya unsur warna) dan garis nyata (hasil coratan stabil).

Kesan garis dapat timbul setelah adanya kombinasi antar garis-garis dengan warna variasi yang menambah keagungan seni rupa. Kesan lain juga dapat diciptakan melalui kombinasi unsur seni rupa lainnya.

Bidang

unsur seni rupa bidang
@arstskill.blogspot.com

Bidang merupakan unsur seni rupa yang mengedepankan pengembangan garis hingga menjadi pemetakan antar bidang satu dengan lainnya. Pemetakan itu sendiri terciptak karena bertemunya dari satu ujung garis ke ujung garis lain dengan bersangkuatan garis lain..

Pada unsur seni rupa bidang terbagi menjadi beberapa bidang dasar, yaitu bidang persegi, panjang, segitiga, lingkaran, trapesium, bulat telur dan sebagainya.

Bentuk

bentuk unsur seni rupa gambar
@SaatSantai.com

Bentuk adalah unsur seni rupa tercipta sebab adanya bidang yang menyatu. Bisa dikatakan bahwa bentuk itu berupa benda yang namapak polos dengan mata.

Bentuk tebagi menjadi dua kelas. Kelas pertama bentuk polos, bentuk yang hanya dapat dilihat mata tanpa di rasa. Sedangkan yang kedua, bentuk plastis, bentuk yang dapat dilihat dengan mata dan dapat dirasa dengan diraba.

Contoh bentuk polos : persegi panjang, bintang pada gambar, lukisan pada kertas.

Contoh bentuk plastis : meja, kursi, rumah, patung dan lainnya yang dapat dilihat jelas dan dapat dirasa dengan indera.

Tekstur

tekstur
@missionaryaprilsylvester.com

Pengertian tekstur dalam unsur  seni rupa adalah suatu keadaan sifat pada permukaan bidang. Bisa bersifat tebal, tipis, kasar, halus, besar, kecil, licin, kusam dan lainnya.

Kesan sebuah karya seni itu bertekstur semu dapat dinyatakan melalui idera mata, sedangkan tekstur nyata dapat dirasakan dengan mata dan tangan melalui rabaan.

Warna

gambar warna
@missnurhayati.blogspot.com

Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang membuat suatu ciptaan para seniman terasa hidup dan lebih eksresif. Warna berdasarkan teori warna terhadap cahaya terdapat tujuh spektrum warna. Salah satu teori warna dalam seni rupa adalah teori warna pigmen yaitu:

Warna Primer

Warna primer atau warna pokok adalah warna dasar yang tidak tercampur warna lain. Warna yang mempengaruhi makna arti sebuah karya seni. Terdiri atas warna dasaran merah, kuning, dan biru

Warna Sekunder

Yaitu warna yang diciptakan dari hasil campuran warna dasar, contoh warna hijau (dari biru dan kuning), warna ungu (dari merah dan biru) dan orange (warna merah dan kuning).

Warna Tersier

Yaitu warna yang diciptakan melalui campuran dua  warna sekunder. Contoh Hijau + Biru atau Kuning = Biru-Hijau atau Kuning-Hijau.

Warna analogus

Yaitu deretan warna yang letaknya bersampingan hampir ada kemiripan. Biasanya campuran ini untuk mengatiur sisi kegelapan unsur seni rupa. Contoh warna merah dengan kuning akan terciptan semu orange.

Warna komplementer

Yaitu warna kontras sebagai pelengkap yang letaknya saling berseberangan, terpaut jauh. contoh Biru dengan orange, ungu dengan kuning. Dengan tujuan membedakan antar jenis benda atau gambaran pada seni rupa.

Gelap Terang

contoh gambar menggunakan pensil
@karyapemuda.com

Unsur lain yang dapat menyempurnakan seni rupa yaitu dengan cara menciptakan karya seni dengan pertimbangan intensitas cahaya dari suatu objek yang dinilai kontras. dalam seni rupa terang gelap ditentukan oleh adanya warna.

Kesimpulan, menyoalkan karya seni rupa 2 dimensi dengan kombinasi warna gelap dan terang agar gambar tersebut seolah-olah 3 dimensi. Kesan yang didapati adalah dengan adanya bayang-bayang gambar, pengaturan warna gelap dan tekstur yang dibuat.

Ruang

pengertian-unsur-seni-rupa
@brad.erva-doce.info

Setelah adanya bentuk , seni rupa butuh sebuah karya yang menjadikan penikmat dapat merasakan secara jelas tanpa harus dengan adanya teks penjelasan di seni tersebut.

Ruang, sebuah dimensi dari cara pandang sifat seseorang melihat. Oleh karena itu pembentukan ruang butuh kombinasi semua unsur karya seni, termasuk tekstur, garis, gelap terang dan lainnya.

Unsur ruang debedakan menjadi dua jenis menurut cara menikmatinya. Pertama karya seni 3 dimensi, ruang yang dapat dirasakan langsung oleh pemakai, contoh patung, rumah, gedung dan lainnya.

Sedangkan karya 2 dimensi, ruang yang tercipta di dalam gambaran yang sifatnya pipih, datar yang dibuat untuk dinikmati mata saja tanpa digunakan indera lain. Contoh : gambar lukisan, peralihan warna gambar, penambahan bayangan, perbedaan tekstur seni rupa.

Selesai sudah pembahasan 8 Unsur-Unsur Seni Rupa yang dapat kami ulaskan untuk Anda semoga bermanfaat, eits jangan bernjak dulu simak ulasan tentang seni rupa dibawah ini juga. Mengenai pengertian, fungsi dan macam seni rupa.

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa merupakan suatu konsep nama yang dicabangkan dari seni untuk menamai sebuah karya yang berdiri dari berbagai unsur, berupa garis, bidang, bentuk warna dan ruang.

seni rupa adalah hasil ciptaan berkualitas dari ekspresi akan keindahaan alam dan memiliki kelebiohan untuk disubyekkan atau diobyekan.

Pengertian seni rupa menurut Ensiklopedia, Seni merupakan ciptaan dari segala keindahan yng berwujud.

Pengertian seni rupa menurut Wikipedia, yaitu cabang bentuk karya dengan media yang dapat dilihat dengan mata dan dapat dirasa dengan raba.

Fungsi Seni Rupa

Fungsi seni rupa bagi individual, sepintas hanya untuk meluapkan ekspresi dan keinginan untuk memuaskan diri sendiri. Penciptaannya pun dengan naluri batin tanpa ada paksaan dari pihak luar. Tentu dari karya seni rupa indiividu akan menitik-beratkan kepada keadaan hati seseorang, sedih, gembira ataupun galau.

Sedangkan fungsi seni rupa bagi sosial. Sebuah seni yang berfokus untuk kepentingan orang banyak, dengan cara memberi kepuasaan publik. Biasanya disisspkan sebuah naluri keagamaan, budaya dan adat istiadat agar dapat dinikmati bnyak orang.

Macam Seni Rupa

  • Seni Lukis, kegiatan pengembangan seni dengan cara menggambar pada sebuah obyek benda.
  • Seni Grafis, kegiatan desaign gambar modern. Biasa dikembangkan menggunakan teknologi modern seperti pembuatan logo, desaign dan fotografi ilustrasi.
  • Seni Patung, seni 3 dimensi yang dibuat dengan cara dipahat. Sering dilakukan untuk sebuah penghormatan kepada sesuatu.
  • Seni Arsitektur, seni yang melibatkan semua macam seni diats semua tadi. Dilengkapi dengan perhitungan yang akurat dalam pembuatannya. Melingkup pembuatan bangunan rumah, jembatan, hotel dan benda besar bernilai ruangan lainnya.

Tinggalkan komentar