Universitas di Solo

Universitas di Solo

Carilah ilmu walaupun sampai ke negeri China“. Bisa jadi ungkapan tersebut adalah ungkapan yang paling terkenal untuk memotivasi orang yang menuntut ilmu. Bisa kah kalimat tersebut sedikit di ubah? Tentu bisa, carilah ilmu sampai ke Universitas di Solo. Iya, ada banyak pilihan universitas di kota tersebut.

Sebagai kota yang memiliki sejarah panjang, Kota Solo juga memiliki banyak universitas yang bisa Anda gunakan sebagai kota tujuan studi Anda. Jangan tergesa-gesa tergoda dengan status Akreditasi A, berikut ini adalah beberapa Universitas yang berada di Kota Solo untuk bahan referensi Anda.

Universitas di Solo Raya

Universitas Terbuka (UT)

« Jelas bahwa Universitas Terbuka adalah universitas yang unggul dan telah ada di beberapa kota besar salah satunya adalah Solo. «

Satu hal yang menarik dari universitas yang satu ini adalah Anda bisa memilih kelas karyawan sabtu minggu apabila Anda sibuk dengan pekerjaan Anda tetapi masih ingin kuliah.

Selain biaya kuliah yang murah, UT Surakarta juga berada di lokasi yang mudah di jangkau yaitu di Kabupaten Sukoharjo, lebih tepatnya di Jalan Raya Solo-Tawangmangu km 9,5 Kebakan. Beberapa jurusan yang ada di UT adalah Akuntansi, Manajemen, Ekonomi hingga Ilmu Administrasi Negara.

Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)

UNS mungkin menjadi universitas yang bisa Anda temukan di Biografi jokowi, karena beliau adalah mantan walikota di kota tersebut. Anda sangat direkomendasikan untuk belajar di universitas ini karena sebagai satu-satunya universitas negeri yang ada di kota kebudayaan di tengah pulau Jawa tersebut.

Berada di Jalan Ir. Sutami 36 A, Surakarta, Anda bisa dengan mudah menuju universitas dengan 9 fakultas ini. Kesembilan fakultas yang ada tersbut adalah fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Fakultas Hukum, Teknik, Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran, Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Seni Rupa.

Universitas Surakarta (UNSA)

Segera daftar di UNSA kalau Anda termasuk orang yang tertarik dengan administrasi. Universitas yang berada di jalan Raya Lawu, Surakarta ini awalnya adalah sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi. Kini, Anda bisa belajar banyak cabang ilmu yang Anda inginkan karena memiliki beberapa fakultas berikut ini.

Terdapat Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Elektro dan Informatika, Sastra dan Bahasa, Ekonomi, Hukum, Teknik, Sosial dan Politik di universitas favorit tersebut. Berada di pusat kota, Anda bisa sekalian mempelajari Kota Solo ketika tinggal di kota tersebut selama menempuh pendidikan.

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Mengenai universitas terbaik di Kota Solo, tentu saja UMS atau Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah jawabannya. Pencapaian UMS harus diakui dengan memiliki 23.357 mahasiswa diploma dan strata 1 dan 4.211 mahasiswa pascayang mengukuhkan dirinya sebagai universitas terpopuler di Surakarta.

Saat mendengar nama UMS, tentu Anda akan teringat dengan 12 fakultas yang ada di dalamnya yaitu Fakultas Kedokteran Gigi, Komunikasi dan Informatika, Farmasi, Kedokteran, Geografi, Teknik, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, dan Fakultas Agama Islam. UMS terletak di Jl. A Yani Tromol Pos 1 Kartasura.

Universitas Nahdlatul Ulama (UNU)

Terdapat banyak universitas swasta di Solo. Kalau Anda hendak belajar di universitas yang identik dengan ormas besar islam, maka Anda bisa memilih UNU. Universitas ini termasuk universitas yang menjadi favorit karena pengelolaannya yang berada di bawah salah satu ormas besar islam di Indonesia.

UNU terletak di Jalan Dr. Wahidin 5/VI Surakarta. Terdapat beberapa pilihan jurusan atau fakultas yang bisa Anda pilih yaitu Fakultas Ekonomi, Hukum, Agama Islam, MIPA dan Fakultas Teknik. Selain beberapa fakultas tersebut, juga terdapat Prog. Pascasarjana Magister Ilmu Pendidikan Islam.

Universitas Kristen Surakarta (UKS)

Sebelum pendaftaran dibuka, sebaiknya Anda sudah siapkan sejak awal mana universitas yang akan Anda masuki. Salah satu universitas yang bisa menjadi opsi adalah UKS. Universitas ini sudah resmi sejak tahun 1996, sebelum awalnya adalah Institut Agama Kristen Surakarta.

Terletak di jalan RW Monginsidi 36-38 Margoyudan, Surakarta, Anda bisa memilih beberapa fakultas yang sudah di buka adalah Fakultas Ekonomi, Teknik dan Teologia. Meskipun bukan universitas negeri, tetapi UKS menjadi salah satu fakultas yang cocok terutama bagi Anda yang beragama kristen.

Universitas Setia Budi (USB)

Anda ingin menjadi orang yang ahli urusan fisioterapi? Segera persiapkan dari sekarang dengan belajar di universitas yang tersedia fakultas kesehatan, yaitu USB. Universitas yang satu ini terletak di Jalan Letjen. Sutoyo, Mojosongo, Surakarta yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat.

Meskipun baru berdiri sejak 11 November 1997, USB telah memiliki beberapa fakultas yang bisa menjadi pilihan seperti Fakultas Farmasi, Ilmu Kesehatan, Teknik, Psikologi, dan Fakultas Ekonomi.

Universitas Sahid Surakarta (USAHID)

Kalau Anda tertarik belajar tentang kesehatan khususnya keperawatan, maka sebaiknya Anda memilih USAHID. Universitas yang satu ini telah membuka prodi Keperawatan untuk mencetak tenaga perawat yang handal. Adapun lokasi universitas adalah di Jalan Adi Sucipto 154 Solo.

Selain ilmu keperawatan, USAHID juga memiliki beberapa prodi lain yang mungkin Anda minat. Beberapa prodi yang disediakan tersebut adalah Desain Komunikasi Visual, Psikologi, Ilmu Komunikasi Bisnis, Ilmu Administrasi Bisnis, Keperawatan, Informatika, Industri dan Program Profesi Ners.

Universitas Islam Batik (UNIBA)

Ada satu universitas di Solo yang menarik untuk Anda jadikan sebagai referensi, yaitu UNIBA. Anda tentu sudah mengenal batik Solo, tetapi apakah Anda juga sudah mengenal universitas yang terdapat nama frasa batik di namanya? Anda bisa kunjungi universitas tersebut di Jl. KH. Agus Salim no. 10 Surakarta.

Secara ringkas, Anda bisa belajar di tiga pilihan fakultas di UNIBA, yaitu Fakultas Ekonomi, Hukum dan Pertanian. Satu lagi yaitu Pascasarjana. Kuliah memang identik dengan biaya mahal, tetapi kalau Anda bisa memilih universitas dengan bijak maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menekan biaya kuliah tersebut.

Universitas Slamet Riyadi (UNISRI)

UNISRI terletak di Jalan Sumpah Pemuda no 18, Surakarta. Beberapa fakultas yang tersedia di universitas tersebut adalah Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Ekonomi, Pertanian, Hukum, Teknologi dan Industri Pangan. UNISRI adalah satu dari banyak universitas swasta yang berada di Kota Solo.

Dengan mengenal banyak universitas tersebut, kini Anda tahu bahwa Solo tidak terlalu tradisional seperti yang Anda kira sebelumnya. Alat musik khas solo, pakaian khas solo, kebudayaan dan lain-lain memang masih ada, tetapi pendidikan yang maju pun juga telah ada.

Universitas Tunas Pembangunan (UTP)

Universitas di Solo lainnya yang bisa Anda pilih adalah UTP. Universitas yang satu ini terasa spesial karena didirikan oleh para mantan Tentara Pelajar Brigader. Kampus I UTP ada di Jl Balekambang no 1 Surakarta, sedangkan kampus II di Walanda Wwaramis no 31. Surakarta.

Beberapa fakultas yang bisa Anda masuki adalah Fakultas Pertanian, Ekonomi, Teknik, dan Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan. Fakultas Pertanian mungkin menjadi fakultas yang paling menarik di universitas ini, terlebih pertanian memiliki potensi yang besar di masa mendatang.

Tinggalkan komentar