Pengertian Radiasi, Konduksi & Konveksi

Pengertian Radiasi, Konduksi & Konveksi

Pengertian Radiasi Konduksi & Konveksi – Kembali lagi di website kami daminesia. Kali ini kita akan membahas mengenai energi kalor panas. Perpindahan kalor panas dibagi menjadi 3 yaitu radiasi, konveksi dan konduksi.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas secara detail mengenai pengertian radiasi, dan konduksi, konveksi. Beserta dengan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Yuk kita belajar bersama agar lebih paham.

pengertian radiasi

Table of Contents

Pengertian Radiasi

Pengertian radiasi adalah perpindahan kalor pada zat tanpa membutuhkan perantara. Media perpindahannya melalui pancaran cahaya yang terjadi pada zat gas atau ruang hampa. Termoskop merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui adanya pancaran kalor. Sedangkan termoskop diferensial digunakan untuk menyelidiki sifat pancaran pada berbagai permukaan.

Pancaran matahari dapat terasa sampai tubuh kita,  hal ini terjadi karena  kalor matahari dipancarkan ke bumi melalui ruang hampa.Pakaian menjadi lebih kering saat dijemur di bawah terik matahari. Menetaskan telur unggas dibawah lampu pijar listrik.

Contoh Radiasi

  1. Panas matahari ke seluruh permukaan bumi.
  2. Api yang membuat tubuh panas.
  3. Telur yang menetas karena pijar panas lampu.

Pengertian radiasi

Baca Pengertian Domain

Pengertian Konduksi

Konduksi adalah perpindahan kalor panas pada zat tanpa adanya pengalihan atau pergeraakan zat tersebut. Perpindahan melalui  konduksi  umumnya terjadi pada zat-zat padat. Pada perpindahan ini terdapat suatu zat yang menghantarkan kalor panas disebut  konduktor, seperti berbagai jenis logam. Logam merupakan konduktor yang paling baik dalam menghantarkan kalor. Sedangkan penghantar kalor yang buruk disebut isolator.

Contoh konduksi  ketika bagain atas besi dipanaskan maka bagian yang lain juga terasa panas, coklat batangan dipanaskan di wajan menjadi meleleh, tutup panci menjadi panas saat digunakan untuk menutup rebusan air. Dari beberapa contoh diatas dapat menunjukkan bahwa kalor berpindah dari bagian yang terkena panas sampai bagian yang lainnya.

Contoh Konduksi

  1. Besi dipanaskan api secara langsung.
  2. Tutup panci yang panas karena air rebusan yang masak.
  3. Mentega meleleh karena terkena panas.

Baca Pengertian Hosting

Pengertian Konveksi

Konveksi adalah perpindahan kalor pada zat perantara yang disertai adanya perpindahan bagian-bagian zat itu. Umumnya perpindahan dengan cara tersebut berupa zat cair dan gas. Berpindahnya kalor terjadi karena ada aliran zat yang dipanaskan menimbulkan perbedaan massa jenis (berat jenis).

Contoh konveksi ketika memanaskan air dalam panci hingga mendidih. Air bagian bawah mendapat kalor dengan massa jenis lebih kecil. Kemudian , air bagian bawah akan naik dan membuat air bagian atas menjadi panas.

Contoh konveksi

  1. Gerakan air bergelombang ketika dipanaskan api.
  2. Gerakan bola udara karena zat kalor.
  3. Asap cerobong yang membumbung tinggi ke langit luas.

Baca Pengertian Blog Website

Tinggalkan komentar