pengertian hosting

Pengertian Hosting – Ulasan Apa itu, Fungsi & Cara Kerja Hosting

Pengertian hosting merupakan pertanyaan biasa di kalangan pengguna internet. Jika ini adalah salah satu dari rencana anda untuk membiasakan diri dengan dunia internet digital. Terkhusus bagi pemula.

Pembuatan situs web baru. Apakah memiliki blog atau mengembangkan website anda sendiri, anda harus memahami dengan sempurna apa itu hosting, karena itu akan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan anda.

Ada beberapa aspek penting yang harus anda perhitungkan sebelum memutuskan jenis penyimpanan web apa yang akan anda gunakan.

Pada artikel ini saya akan membahas beberapa poin yang saya yakin akan sangat berguna, seperti bagaimana hosting bekerja, diferensiasinya dengan konsep-konsep kunci lainnya, seperti domain atau alamat IP, dan jenis hosting.

Pengertian Hosting – Apa itu hosting?

pengertian hosting domain
@kertas-putih.com

Dengan kata sederhana, hosting, yang juga dikenal sebagai penyimpanan web, adalah ruang fisik yang anda sewa di server tempat anda dapat menyimpan semua informasi di situs web anda dan yang memungkinkan situs anda terlihat di kalangan pengguna Internet.

Penyedia hosting adalah orang yang menawarkan layanan penyimpanan data kepada anda. Bila diartikan secara umum, hosting merupakan suatu lahan untuk menyimapan data apapun dari suatu website. Seperti rumah bagi seseorang untuk bersinggah agar data dan harta di dalamnya terjaga dengan aman.

Bagaimana cara kerja hosting?

Hosting berfungsi seperti stik USB. Di dalamnya, anda cukup menyimpan dokumen anda dan tidak ada gunanya selain untuk berisi informasi yang anda inginkan. Ketika anda ingin menggunakan file yang disimpan di dalamnya, anda cukup menghubungkannya ke komputer dan membuka folder yang anda minati.

Dengan kata mudah, hosting terbatas untuk menyimpan informasi situs anda dan ketika pengguna ingin melihatnya, internet mencari informasi ini di server yang menyimpannya.

Dalam diagram yang saya sajikan di bawah ini, anda dapat mengamati cara akses ke informasi yang disimpan di hosting beroperasi.

Prosesnya cukup sederhana. Langkah pertama adalah mengklik pada halaman yang anda minati atau ketik di mesin pencari halaman yang ingin anda akses. Setelah anda melakukannya, internet mencari informasi di server. Akhirnya, begitu internet menemukan semua konten pada halaman, itu akan mengunduh ke komputer anda sehingga anda dapat mengaksesnya.

Walaupun mungkin terdengar rumit, seluruh proses ini membutuhkan waktu beberapa detik.

Apa perbedaan antara hosting dan domain?

Ketika saya berbicara tentang pengertian hosting, saya merujuk pada ruang di mana anda menyimpan semua informasi situs anda, sementara domain adalah nama yang anda tetapkan untuk halaman anda di internet sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan anda dan mengakses konten anda.

Fungsi domain adalah untuk memberikan identitas, seperti halnya dengan domain contoh Niagahoster.com.

Apa perbedaan antara hosting dan alamat IP?

Di hosting saya menyimpan informasi, sedangkan alamat IP adalah serangkaian angka yang unik dan tidak dapat diulang yang berfungsi untuk mengidentifikasi komputer yang terhubung ke jaringan yang mengangkut paket informasi, sehingga tidak ada keraguan tentang asal dan tujuan pengiriman data. Alamat IP terlihat seperti ini: 200.36.127.50.

Disini saya akan memberi anda contoh yang lebih jelas. Hosting seperti rumah yang anda sewa. Di dalamnya ada semua hal anda: ruang tamu, ruang makan, TV, album foto, pakaian, sepatu, dll. (yang merupakan file dan informasi yang disimpan).

Domain akan menjadi alamat rumah, yang membantu untuk dengan mudah mengidentifikasi di mana dia berada dengan contoh Jl. Hasanudin No.2018, jakarta. Dan akhirnya, alamat IP akan menjadi koordinat tempat anda dapat menemukan rumah di GPS.

Artikel Terkait : Cara Beli Domain+Hosting Murah

Jenis Hosting

Fungsi Pengertian dan Cara Kerja Hosting
@assets.pcmag.com

Sementara provider hosting menawarkan beberapa jenis hosting yang memenuhi kebutuhan yang berbeda, saya menghadirkan 6 yang paling umum:

  • Shared Hosting
  • Dedicated Server
  • VPS (Virtual Private Serverl)
  • Hosting Cloud
  • Hosting Reseller
  • Email Hosting

Masing-masing dengan fitur yang berbeda dan dibuat khusus untuk kebutuhan spesifik setiap pelanggan.

Apa itu shared hosting?

Shared hosting adalah jenis hosting di mana penyedia menyewakan ruang kecil ke beberapa situs web dalam server yang sama. Dengan demikian, semua pelanggan meng-host konten mereka dan pada saat yang sama berbagi sumber daya server, antara lain CPU, prosesor, RAM, bandwidth, alamat IP atau transfer data bulanan.

Ini berfungsi seperti gedung apartemen. Bangunan (server) memiliki divisi tertentu yang membentuk tempat tinggal kecil di dalamnya. Setiap departemen (shared hosting) disewa oleh orang yang berbeda dan di antara semua layanan berbagi seperti lift, pengawasan, pemeliharaan, cahaya, atau air (sumber daya).

Jika lift rusak dan salah satu penyewa belum membayar biaya perawatannya, maka lift tidak akan diperbaiki sampai penyewa mencairkan utangnya.

Apa itu Dedicated Server?

Dedicated Server adalah server yang penggunaan eksklusifnya hanya untuk satu pelanggan. Artinya, pelanggan tidak berbagi sumber daya dengan orang atau perusahaan lain, karena ia menggunakan seluruh server, sehingga kinerja tidak terpengaruh oleh lalu lintas, seperti yang dapat terjadi dengan shared hosting, selain memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Jika shared hosting dapat dibandingkan dengan menyewa apartemen, dedicated server akan seperti menyewa rumah anda sendiri, karena anda akan menyewa seluruh properti.

Anda tidak berbagi layanan dengan siapa pun jika anda lupa membayar listrik, satu-satunya yang terpengaruh adalah anda.

Artikel Terkait : Kumpulan Nama Kode Konversi Domain

Apa itu VPS (Virtual Private Server)?

VPS (Server Privat atau Virtual Privat Server dalam Bahasa Inggris), adalah layanan penyimpanan web yang ditandai oleh server fisik yang dibagi menjadi partisi virtual independen yang mampu bekerja dengan sistem operasinya sendiri dan tanpa berbagi sumber daya dengan VPS lain. Layanan ini mirip dengan shared hosting, tetapi dengan manfaat dari server khusus.

VPS biasanya dibandingkan dengan shared hosting karena server yang sama sebenarnya dibagi dan disewa oleh klien yang berbeda. Namun, dalam hal ini kinerja halaman web tidak terpengaruh karena sumber daya seperti RAM, prosesor, bandwidth atau kapasitas transfer data tidak dibagi di antara banyak pengguna, sehingga manfaatnya adalah bandingkan dengan dedicated server.

VPS seperti fraksinasi. Medan (server) dibagi menjadi beberapa lot individu tempat rumah dibangun dengan layanannya sendiri (server virtual). Setiap rumah disewa oleh penyewa yang berbeda.

Satu-satunya hal yang mereka bagi adalah biaya penerangan jalan-jalan di dalam subdivisi dan penjaga yang membuka dan menutup gerbang.

Apa yang dimaksud dengan hosting awan atau server di “cloud”?

Tentunya cloud adalah istilah yang sudah anda kenal. Saat ini kemajuan teknologi telah mengarahkan untuk menggunakan “cloud” untuk menyimpan dokumen, foto, dan musik. Penyimpanan web bekerja dengan cara yang sama; Semua sumber daya yang digunakan untuk mengumpulkan informasi situs web anda dieksekusi dari cloud.

Keuntungan utama cloud hosting adalah anda hanya membayar untuk apa yang anda gunakan, tidak seperti layanan lain yang sudah memiliki paket yang telah ditentukan sebelumnya.

husni

Solo (Spirit of Java) - Magetan - Young - Moslem - Publisher - Marketer Online - Student - Worker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *