pengertian domain

Pengertian Domain – Definisi, Fungsi & Cara Menggunakan Domain

Pengertian Domain – Nama domain adalah nama yang mengidentifikasi situs web. Setiap domain harus unik di Internet . Misalnya, “www.saya.com” adalah nama domain dari sebuah situs web. Nama domain layaknya shortcut yang menjadi pintasan untuk mengarahkan kita ke server yang mengonlinekan website Anda.

Satu server web dapat melayani beberapa halaman web dari beberapa domain, tetapi suatu domain hanya dapat menunjuk ke satu server.

Sebuah domain biasanya terdiri dari tiga bagian: di www.damainesia.com, tiga ganda (www), nama organisasi (damainesia) dan jenis organisasi (com).

Jenis organisasi yang paling umum adalah .COM, .NET dan .ORG, atau ID (Domain Indonesia) yang merujuk pada komersial, jaringan, dan organisasi (awalnya non-profit, meskipun sekarang siapa pun dapat mendaftarkan domain .org) . Untuk lebih lengkap lihat disini kode nama domain.

Karena Internet didasarkan pada alamat IP, dan bukan nama domain, setiap server web memerlukan server nama domain (DNS) untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP. Setiap domain memiliki server nama domain primer dan sekunder.

Berkat domain yang telah anda tautkan ke situs web anda, para pengguna yang mencari anda di Internet dengan nama situs web anda akan menemukan anda dengan mudah dan dapat mengakses konten anda.

Pengertian Domain dan Bagaimana Cara Membeli Domain dan Mendaftar?

domain name
@idwebhost.com

Secara umum arti domain adalah nama yang merujuk ke sebuah blog website untuk dikunjungi tanpa harus menulis IP address yang berupa angka yang rumit. Dan lebih ringkas mudah untuk dii ngat pemakai ketika ingin memasuki blog tersebut. Kesimpulannya menghemat waktu cara untuk mengakses sesuatu.

Arti domain yang lian yaitu tempat bersinggahnya data yang ditampilkan dengan arahan dapat diingat dan ditulis dengan jelas dan tepat untuk merujuk suatu tempat. Yakni tempat berupa dunia online internet.

Saat ini, market pendaftaran domain diliberalisasi yaitu anda dapat memilih perusahaan pendaftaran domain apa pun atau bahkan meminta dari perusahaan hosting sehingga perusahaan tersebut akan bertanggung jawab untuk mendaftarkannya untuk anda.

Jangan memilih perusahaan pertama yang muncul di Google untuk mendaftarkan domain anda. Karena pilihan tepat vhanya milik anda. Bebas milih yang mana yang penting cocok. Ide yang bagus adalah anda menganalisis berbagai penawaran melalui Tophosting.com, Niagahoster.com atau Domainesia.com dan lainnya. Untuk memilih dan mendaftarkannya anda harus lihai agar perusahaan yang anda pilih memang dapat dipercaya.

Adapun tingkatan jenis domain yang harus anda ketahui juga sebelum anda benar-benar membeli dan menggunakan domain. Untuk lebih lanjut silahkan pelajari disini.

Cara Membeli dan mendaftar silahkan buka disini https://damainesia.com/cara-membeli-domain/

Tips membeli domain yang baik dan benar bagi pemula

  1. pilih nama yang baik dan sopan
  2. tidak mengandung kata-kata rasis
  3. sesuaikan dengan topik niche pembehasan
  4. hindari kata-kata yang sulit dibaca (dracaxxer.com)
  5. hindari pula penambahan angka (ex: damai345.net)
  6. pilih kata pendek dan mudah dihafalkan dan dilafalkan (ex: damainesia.com)
  7. jangan pilih nama domain berdasarkan trending, karena tidak longtime

Bisakah saya mentransfer domain saya?

Ya, tidak masalah anda dapat mentransfer domain anda, tetapi membutuhkan pemrosesan. Pertama, anda harus menghubungi penyedia hosting anda atau, secara individual, melalui provider untuk pendaftaran.

Domain ccTLD dikelola oleh NIC di masing-masing negara, entitas yang juga bertanggung jawab atas transfer domain.

Jika transmisi dilakukan secara individual, anda harus mempertimbangkan beberapa detail, antara lain:

  • Anda hanya dapat melakukan transfer jika domain masih valid.
  • Tidak ada pembayaran terutang
  • Domain harus memiliki masa aktif minimal 60 hari.
  • Domain harus aktif sebelum mentransfer.
  • Adalah perlu untuk menjadi pemilik akun email yang muncul sebagai kontak administratif.
  • Jika terkadang transmisi dari satu penyedia ke yang lain, saya sarankan anda mengikuti langkah-langkah ini.

Apakah domain kedaluwarsa?

Ya, domain kedaluwarsa saat tanggal kedaluwarsa berakhir, jadi penting untuk memperbaruinya sebelum mencapai titik ini atau provider akan mengekspos anda pada hukuman yang tidak diinginkan. Untuk menghindarinya, disarankan untuk memperbarui domain yang menarik minat anda selama lebih dari satu tahun sehingga tanggal kedaluwarsa tidak berlalu.

Terakhir, jika anda ingin mengetahui tanggal kedaluwarsa suatu domain, cukup buka mesin pencari WHOIS domain, yang akan membantu anda ketika suatu domain tidak lagi beroperasi.

Apakah mungkin menghasilkan uang dengan domain?

cara-mendapatkan-uang-dari-internet
@edisusilo.com

Memperoleh manfaat ekonomi di pasar domain online adalah kemungkinan nyata adanya, meskipun membutuhkan pengalaman dan pengetahuan di pasar ini, di antara faktor-faktor lainnya.

Kita dapat menghasilkan pendapatan terutama melalui parkir domain, pembelian atau penjualan domain tingkat atas dan, akhirnya melalui penjualan kembali domain dan hosting.

Bagaimana cara menghasilkan uang dengan parkir domain?

Untuk menghasilkan pendapatan dengan parkir domain, perlu seperti namanya untuk “memarkir” domain saat tidak digunakan. Melalui sumber daya ini, administrator situs dapat memperoleh uang dengan domain yang tidak digunakan dan dengan cara ini mengurangi biaya yang merepresentasikan pemeliharaannya.

Ada dua jenis parkir domain

Yang tidak menghasilkan uang. Dalam hal ini cocok dengan semua situs yang anda masukkan dan anda menemukan iklan “halaman sedang dibangun”, yang membuatnya menjadi jelas bagi pengunjung bahwa situs tersebut tidak tersedia tetapi berfungsi saat mereka kembali.

Yang diuangkan. Dalam kasus parkir yang dimonetisasi, provider menghadapi situs yang mungkin tidak memiliki konten atau artikel, melakukan penyisipan iklan untuk menghasilkan uang melalui tayangan atau “Pay Per Click“.

Parkir domain sangat berguna bagi para administrator yang mencari momen yang tepat untuk menjual domain tingkat pertama, yang mungkin memiliki nilai tinggi di masa depan karena karakteristiknya.

Selain itu, model bisnis yang cukup rumit telah dibuat di sekitar parkir domain, di mana pemilik domain dan pengiklan menghasilkan uang melalui perusahaan yang berspesialisasi dalam tempat parkir yang sama.

Bagaimana cara menghasilkan uang dengan pembelian dan penjualan domain?

Pembelian atau penjualan domain adalah cara lain untuk menghasilkan pendapatan bagi banyak administrator atau pemilik domain tingkat atas (gTLD), yang terkadang menghasilkan banyak uang. Gagasan di balik bisnis ini cukup sederhana: beli domain dengan harga rendah dan kemudian jual domain yang sama dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Untuk menjadi sukses di pasar ini, anda harus memiliki intuisi dan kemampuan yang cukup untuk memahami ke mana arah tren. Sebuah domain yang murah hari ini dapat bernilai ribuan dolar atau jutaan rupiah dalam beberapa tahun dan akan selalu ada beberapa perusahaan yang membayarnya untuk memilikinya.

Ada beberapa faktor yang menentukan harga suatu domain, seperti berikut ini:

  • Apakah domain diindeks oleh Google atau tidak
  • Posisi bagus anda di mesin pencari
  • Fasilitas untuk mengingat nama
  • Perpanjangan domain
  • Fakta bahwa itu bisa menjadi nama merek
  • Apakah ekstensi memiliki karakter internasional atau tidak

Dalam hal mengumpulkan sebagian besar fitur-fitur ini dikatakan bahwa kita menghadapi domain Premium.

Akhirnya, ada juga nilai yang memberi orang yang tertarik untuk membelinya. Mungkin untuk pasar tertentu sangat menarik dan potensi luar biasa diperoleh dari penggunaannya.

Bagaimana cara menghasilkan pendapatan dengan penjualan kembali domain dan hosting?

Cara ketiga untuk menghasilkan uang melalui domain adalah dengan menjualnya kembali bersama dengan layanan hosting. Penjualan kembali hosting adalah bisnis yang sangat menguntungkan bagi orang-orang yang tahu cara mempromosikan layanan mereka dan yang paling umum adalah menjual hosting bersama dengan domain.

Reseller hosting

Menjadi reseller memang salah satu usaha kerja yang cukup signifikan ketika orang mager dan butuh uang banyak dan cepat. Untuk itu menjadi reseller jualan hosting dan domain juga cukup bagus dan punya proyeksi masa depan. Berikut mekanisme untuk menjadi reseller hosting yang cukup sederhana:

  • Pengecer (retailer) menyewa paket hosting “pengecer”
  • Pengecer menjualnya kembali ke kliennya, jadi dia menjadi perantara tanpa khawatir lebih daripada menjual
  • Layaknya jualan barang lain di dunia internet, sebagai penyedia jalan untuk perusahaan dan pembeli
  • Masalah teknis ditangani oleh perusahaan yang menyediakan “hosting” paket hosting

Misalnya, reseller hosting dapat membayar paket lima puluh dolar atau sekitar lima ratus ribu dan bahwa penyimpanan dapat dijual ke banyak pelanggan dengan harga lebih rendah, tetapi memungkinkan mereka untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan

Ada margin keuntungan yang lebih besar. Ini sangat menarik bagi desainer web, misalnya karena mereka tidak harus membelinya secara terpisah. Pengertian Domain  menurut umum pakar ahli dan fungsi.

husni

Solo (Spirit of Java) - Magetan - Young - Moslem - Publisher - Marketer Online - Student - Worker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *