Pengertian DNS Domain Name System –  Apa itu Ya? Yuk Cari Tau Disini

Pengertian DNS Domain Name System –  Apa itu Ya? Yuk Cari Tau Disini

Untuk anda seorang digital worker, smemiliki keharusan untuk mengetahui pengertian dns domain name system atau  server DNS karena fondasi Internet didasarkan pada fungsi yang benar. Jika anda memiliki halaman web, domain, atau email, kemungkinan besar teknisi hosting anda telah berbicara kepada anda tentang DNS di beberapa titik.

Karena ini adalah masalah yang kompleks, saya akan menjelaskan pengertian dns domain name system dengan cara yang sederhana. Jadi, anda harus bisa dan anda akan tahu apa latar belakang teknis di balik negosiasi dengan sistem ini.

Hal pertama yang harus jelas adalah bahwa DNS memanggil protokol Internet dan jenis layanan yang berjalan pada server Internet di seluruh dunia. Dalam artikel ini saya akan mendedikasikan bagian untuk menjelaskan apa itu DNS sebagai protokol dan yang lain untuk mempelajari apa itu DNS server, di antara hal-hal lain.

Apa artinya ini? Nah, komputer saling mengenali berkat alamat numerik yang dikenal sebagai alamat IP . Contoh dari jenis alamat ini adalah sebagai berikut: 10.0.3.47. Ada beberapa format yang lebih rumit, seperti ini yang sesuai dengan alamat yang bernama IPv6 : fe80 :: 14ff: 261: bb88: a960% en0.

Setiap kali kami menghubungkan perangkat baru ke Internet, perangkat tersebut diberi IP baru. Tidak masalah apakah itu server, laptop, telepon, konsol permainan video atau sejenisnya: IP adalah persyaratan penting untuk konektivitas, yang membuat penggunaan sistem DNS sangat penting. Di sebagian besar rumah kita, semua perangkat berbagi alamat IP router.

Lebih sulit bagi orang untuk menghafal pola angka daripada nama. Bukan mesin, tetapi akan sedikit aneh untuk mempromosikan situs web saya menggunakan urutan numerik itu. Untuk mengatasi masalah ini, datanglah sistem DNS, sebuah protokol yang dibuat pada awal Internet. Selanjutnya kita akan menjelaskan apa itu DNS dan bagaimana itu akan membantu kita menghindari keharusan menghafal angka-angka ini.

Pengertian DNS (domain name system)

Pengertian DNS domain name server
@markey.id

Sistem DNS menerjemahkan nama-nama domain saya, yang mudah diingat oleh pengunjung, ke alamat numerik (alamat IP) yang diperlukan oleh mesin untuk bekerja di Internet. Sudah selesai! Ini adalah penjelasan termudah dan paling jujur ​​yang dapat saya berikan tentang apa itu DNS: sistem bagi komputer untuk mengubah nama domain saya menjadi serangkaian angka yang memungkinkan mereka menemukan layanan mereka di Internet.

Tetapi mari kita menyertai penjelasan dengan analogi dari dunia nyata untuk memfasilitasi pemahamannya. Mari kita bayangkan bahwa Internet adalah satu set besar jalannya elektronik yang saling bersinggungan.

Dalam jalinan jalanan ini, untuk menemukan alamat tertentu kita harus memiliki alamat anda jika kita tidak ingin tersesat, yang dalam kehidupan nyata kita akan berkonsultasi dengan peta. Itulah DNS: panduan yang menerjemahkan domain (alamat yang kita cari) menjadi alamat numerik (jalan dan nomor tempat kita akan menemukannya).

Komputer tidak tahu bagaimana menemukan nama di Internet tanpa alamat numeriknya, dengan cara yang sama kita tidak dapat menemukan rumah atau tempat usaha tanpa mengetahui jalan dan nomornya. Setiap jenis koneksi melalui jaringan yang menggunakan nama akan perlu melakukan, setidaknya, permintaan DNS.

Namun, agar ini dapat berfungsi di Internet, panduan ini harus jelas dan mutakhir. Dengan kata lain, teknologi yang bertanggung jawab untuk menggunakan panduan ini harus didistribusikan. Bagaimana ini dicapai? Untuk mengetahui, mari mulai dengan menjelaskan apa itu server DNS .

Apa itu server DNS?

Fungsi Pengertian dan Cara Kerja Hosting
@assets.pcmag.com

Server DNS adalah komputer yang terhubung ke Internet yang menyimpan di dalamnya basis data lokal yang menyimpan nama domain bersama dengan alamat IP yang terkait dengan masing-masingnya .

Penting untuk dicatat bahwa kita telah mengatakan “alamat IP”, dalam bentuk jamak, karena domain yang sama dapat memiliki beberapa alamat numerik yang terkait dengan setiap layanan yang ditawarkannya. Contoh layanan ini dapat berupa email atau halaman web: salah satu dari mereka dapat memiliki beberapa IP yang tidak harus sama.

Masing-masing alamat IP yang dikaitkan dengan domain disebut “catatan DNS”, yang mungkin merupakan konsep yang sebagian besar terkait dengan apa itu DNS. Alat dnslookup memungkinkan anda untuk berkonsultasi dengan catatan DNS suatu domain.

Melalui Internet, banyak server DNS menyimpan catatan DNS yang tak terhitung jumlahnya dari domain yang mereka kontrol. Apa yang kita maksudkan dengan ini tentang domain yang mereka kontrol? Nah, sebuah domain akan selalu memiliki satu set server yang akan menjadi otoritas atas resolusi nama mereka. Ini adalah apa yang kita kenal sehari-hari sebagai “DNS domain”.

Ini karena, jika tidak, server DNS mana pun dapat mengirim permintaan resolusi ke alamat numerik yang bukan milik kita. Oleh karena itu, satu-satunya otoritas yang kompeten untuk menyelesaikan alamat salah satu domain kita adalah server DNS yang kita buat dalam konfigurasi pendaftar domain kita.

Ungkapan “ubah DNS ” diketahui oleh semua orang yang bekerja dengan penyedia hosting atau domain. Sekarang kita telah menjelaskan sedikit tentang masalah ini, akan lebih mudah untuk memahami bahwa ketika kita mengubah DNS kita memberi tahu dunia mana yang merupakan server DNS yang memiliki otoritas atas domain kita (ada pengecualian dalam hal ini, tetapi menjadi tingkat kompleksitas lebih unggul).

Perlu dicatat bahwa kita dapat membedakan dua jenis server DNS berdasarkan otoritasnya atas suatu domain: server DNS otoritatif dan server non-otoritatif atau rekursif.

Apa itu server DNS resmi?

pengertian hosting domain
@kertas-putih.com

Server DNS yang otoritatif adalah yang memiliki jawaban dalam database lokal untuk domain yang ditanyakan. Ini adalah jenis server DNS yang paling sering anda gunakan untuk penyedia domain dan hosting anda.

Di penyedia ini di mana catatan DNS dibuat bahwa mereka nantinya akan membuat konten dari apa server DNS. Catatan-catatan ini kemudian dapat digunakan untuk memberikan jawaban resmi kepada pelanggan yang bertanya tentang alamat IP yang terkait dengan nama-nama yang sebelumnya disimpan.

Jenis khusus dari server DNS otoritatif dikenal sebagai root DNS server (atau “root DNS server”) . Apa itu root DNS server? Mereka adalah kelompok besar server yang tersebar di seluruh dunia dan dikelola oleh organisasi pemerintah atau komite lain dan dianggap sebagai server otoritatif untuk jenis domain.

Tinggalkan komentar