Yuk Cari Tau Apa itu Asuransi?  Ulasan Pengertian Asuransi LENGKAP   

Yuk Cari Tau Apa itu Asuransi?  Ulasan Pengertian Asuransi LENGKAP   

Pengertian asuransi dengan kata “asuransi” yaitu diberikan untuk kontrak apa pun di mana salah satu pihak (penanggung) berjanji untuk mengganti rugi yang lain (diasuransikan) dalam hal terjadi klaim, dengan imbalan premi asuransi.

Sejarah Asuransi

Asuransi bukanlah institusi modern seperti yang dibayangkan begitu banyak orang. Sejarahnya sangat tua, dan lintasannya sangat panjang. Munculnya gagasan asuransi dapat dikaitkan dengan pepatah populer:

“pencegahan lebih baik daripada mengobati”.

Kebutuhan akan perlindungan terhadap bahaya, rasa tidak aman dari hal-hal yang tidak diketahui, ketidakpastian masa depan, ketakutan akan peristiwa yang tak terduga dan hilangnya barang-barang selalu ada dalam kehidupan manusia.

Perasaan ini menuntunnya untuk menciptakan bentuk perlindungan bagi dirinya dan warisannya. Maka lahirlah gagasan asuransi, buah dari imajinasi manusia, yang menemukan mekanisme untuk perlindungannya, mencegah kerugian ekonomi akibat perusakan asetnya.

Dari awal hingga hari ini, bentuk asuransi telah berubah dan semakin menyempurnakan dirinya sendiri. Berbagai manfaat yang baik dari asuransi telah banyak merubah hidup seseorang.

Pengertian Umum Asuransi

Istilah asuransi berasal dari bahasa Latin securus dan memiliki kegunaan dan makna yang berbeda dalam bahasa Indonesia. Ini mengenai apa yang benar dan tidak dapat dibantah, atau yang nampak bebas dari risiko dan bahaya. Kata “safe” digunakan sebagai sinonim dari keamanan atau kepastian.

Dalam hal ini, kita harus menunjukkan bahwa ada banyak perangkat di masyarakat kita yang memiliki apa yang disebut asuransi. Ini adalah mekanisme berkat yang dihindari bahwa mereka bekerja tanpa kehendak orang yang menggunakannya. Ini akan menjadi kasus, misalnya,  katakanlah senjata karena mereka memiliki asuransi yang mencegah mereka dipicu secara tidak sengaja yang menyebabkan kerusakan dan cedera pada orang, instalasi atau benda.

Pengertian Asuransi Menurut Para Ahli

Asuransi adalah suatu kebutuhan untuk menghindari risiko, risiko adalah kemungkinan menghadapi atau ditimpa kerugian. Risiko di bagi menjadi dua yaitu risiko murni dan resiko spekulatif. Resiko murni adalah suatu risiko yang tanpa mencampurkan diantara dua unsur yaitu rugi dan, akan tetapi selalu membawa penyebab yang tidak menguntungkan, ini benar-benar memperhitungkan kerugian itu benar-benar terjadi.

Risiko spekulatif yaitu apabila akibatnya bisa menimbulkan suatu kerugian atau keuntungan bagi seseorang.

Mengenai buku Hukum Asuransi di Indonesia yang di tulis oleh Wirdjono Prodjodikoro menurutnya asuransi adalah sesuatu persetujuan dimana suatu pihak yang memeberikan jamian akan berjanji ke pihak yang untuk dijamin.

Sebagai pengganti kerugian oleh pihak tersebut dan pihak itu akan meniram uang premi sebagai pengganti dari kerugian. Dimana yang mungkin diderita pada yang dijamin. Hal ini dikarenakan terdapat suatu peristiwa yang mungkin belum jelas.

Menurut ahli asuransi yaitu Junaedy Ganie, asuransi merupakan sebuah perjanjian antara penanggung, dimana akan menerima imbalan pembayaran suatu premi yang sudah disepakati, dan berjanji untuk memberikan suatu penggantian atau manfaat kepada yang tertanggung pada satu pihak terkait dan tertanggung atau pihak yang telah ditunjuk sebagai pihak lainnya.

Pengertian Asuransi Syariah

Berdasarkan Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pengertian Asuransi Syariah  adalah suatu usaha untuk saling melindungi sesama dan saling tolong menolong di antara sejumlah orang dengan melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yaitu memberikan pola pengembalian dalam menghadapi risiko tertentu melalui Akad yang sesuai dengan syariah.

Asuransi Syariah merupakan salah satu sistem diperuntukan para nasabah utnk mendonasikan dengan sebagian atau seluruh kontribusi atau premi yang telah mereka bayar untuk dipergunakan dalam membayar klaim atas musibah yang dialami oleh nasabah. Contohnya Pru Syariah Insurence.

Jika di pahami secara luas, Asuransi Syariah adalah suatu asuransi yang memegang teguh dalam prinsip syariah bertujuan untuk menghindari bunga (riba), ketidakpastian (gharar) dan perjudian (maysir).

Baca juga : Hukum Asuransi Menurut Ulama Islam Nusantara dan Internasional

Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah satu jenis produk asuransi yang di khususkan dalam menjamin pembiayaan pengobatan utnuk kesehatan atau perawatan untuk anggota asuransi (nasabah) tersebut saat anggota jatuh sakit ataupun mungkin mengalami kecelakaan. Dalam garis besar ada dua jenis perawatan dimana perusahaan menawarkan asuransi, yaitu rawat jalan (out-patient treatment) dan rawat inap (in-patient treatment).

Asuransi kesehatan yaitu menjadi satu diantara tipe produk asuransi yang di khususkan untuk menanggung biaya kesehatan maupun perawatan anggota asuransi tersebut dan apabila anggota asuransi mengalami kecelakaan ataupun sakit.

Dan anda patut bersyukur apabila anda saat ini bekerja di sebuah perusahaan yang sudah memiliki asuransi dan telah mempunyai program asuransi kesehatan sehingga ini dapat meminimalkan resiko ketika mengalami sakit. Anda bisa tertolong dikarenakan adanya program asuransi kesehatan. Maka dari itu asuransi kesehatan ditujukan dalam mengantisipasi biaya perawatan dan pengobatan di masa yang akan datang.

Hal ini bertujuan untuk meminalisir pengeluaran akibat kejadian tak terduga yang mengancam kesehatan dan menjamin kesehatan peserta asuransi, dalam konsep asuransi agar memeperoleh pelayanan.

 Pengertian Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah sebuah kontrak perjanjian antara anda yang pemegang polis atau tertanggung dengan perusahaan asuransi sebagai penanggung di mana perusahaan asuransi tersebut akan membiayakan sejumlah total uang apabila terjadinya risiko kematian terhadap pihak pemegang polis asuransi.

Jiwa, Kesehatan, Kepemilikan dan bahkan anggota tubuh adalah hal yang dapat diasuransikan. Dalam jangka waktu tertentu, setiap nasabah akan membayar premi asunransi. Jika anda merupakan orang yang begitu sayang dengan keluarga anda, asuransi jiwa sangat cocok untuk anda ambil.

Apabila sewaktu-waktu ada masalah yang menimpa anda, maka asuransi jiwa dapat memproteksi/melindungi keluarga anda.

sebelum memilih produk asuransi jiwa anda perlu melakukan perencanaan secara cermat sesuai dengan kebutuhan. Agar produk asuransi itu optimal ketika memilih produk asuransi jiwa yang akan anda beli bermanfaat untuk perlindungan.

Baca juga : Cara Kerja Asuransi untuk Pelanggannya

Pengertian Reasuransi

Reasuransi merupakan suatu cara perusahaan asuransi untuk menyebar resiko yaitu dengan memberi resiko yang dimiliki ke perusahaan asuransi ditujukan ke perusahaan asuransi lain. Yaitu dengan membeli polis asuransi serupa dari perusahaan asuransi lain untuk pembagian resiko.

Jadi tujuan perusahaan asuransi membagi resikonya ke perusahaan asuransi lain adalah untuk mengurangi kerugian apabila terjadi masalah di perusahaan asuransi mereka.

Tinggalkan komentar