11 Oleh-Oleh Khas Solo Murah, Rekomended!

11 Oleh-Oleh Khas Solo Murah, Rekomended!

Surakarta atau yang biasa disebut Solo merupakan salah satu destinasi wisata yang dapat dieksplore, baik dari segi budaya, tempat wisata, maupun kuliner. Anda yang sedang berlibur di Solo, tentu saja memikirkan apa oleh-oleh khas Solo yang cocok untuk dibawa pulang, kan?

Bagi Anda yang telah berlibur di Solo dan ingin membeli beberapa buah tangan untuk dibawa pulang, dapat memilih berbagai variasi oleh-oleh sesuai selera. Ingin tahu lebih lengkap? Simak penjelasan dibawah ini yuk!

Oleh-oleh Khas Solo

Anda dapat menemukan berbagai toko oleh-oleh yang dapat ditemukan menggunakan denah pada handphone. Beberapa oleh-oleh khas Solo akan dijabarkan di bawah ini.

  • Batik Solo

 

Solo memang merupakan salah satu penghasil batik terbaik di Jawa Tengah. Batik ini terdiri dari berbagai jenis kerajinan yang dapat Anda pilih, seperti kemeja, gaun, dompet, tas, dan lain sebagainya. Anda dapat menemukan berbagai olahan batik di berbagai lokasi di Solo.

Batik memang menjadi salah satu bentuk fashion yang dapat digunakan oleh Anda. Berbagai macam kerajinan dari batik tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan sebagai penunjang meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Berbagai jenis kerajinan dari batik Solo ini dapat menjadi oleh-oleh khas Solo yang mungkin ditunggu-tunggu bagi Anda dan keluarga. Sehingga batik Solo ini dapat menjadi salah satu pilihan oleh-oleh terbaik yang dapat dibeli di Pasar Klewer.

  • Kerajinan Tangan

 

Oleh-oleh khas Solo yang dapat menjadi rekomendasi terbaik bagi Anda adalah kerajinan tangan. Solo sebagai salah satu daerah berkumpulnya seniman ini memiliki berbagai jenis yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat menemukan kerajinan tangan pada peta di wilayah Solo.

Berbagai kerajinan tangan dengan bahan dasar seperti kayu, tanah liat dan logam yang dapat dijadikan menjadi berbagai macam jenis kerajinan. Jenis kerajinan tangan seperti miniatur, asbak, wayang, dan lain sebagainya dapat menjadi oleh-oleh khas Solo yang dapat menjadi daftar untuk dibawa pulang.

Anda dapat memperoleh berbagai jenis kerajinan tangan dengan harga yang telah ditetapkan. Dimulai dari kerajinan tangan termurah sampai termahal ada. Sehingga pemilihan kerajinan tangan ini dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

  • Kerajinan Tembaga Kuningan

 

Selain kerajinan tangan di Boyolali, Solom Jawa Tengah juga bisa anda temui kerajinan super mewah. Yakni kerajinan hiasan dari tembaga kuningan yang bisa membuat properti rumah anda lebih menawan bila ditatap mata. Kerajinan dari tembaga ini meliputi hiasan dapur, hiasan kamar tidur, kamar mandi dan lainnya.

Selain itu kuningan hias ini dibuat langsung dari pengrajin asli wong Solo. Jadi, bisa dibayangkan. Anda datang ke Solo, mampir beli kerajinan kuningan dari tembaga di sana yang dikerjakan oleh pengrajin langsung. Otomatis anda juga akan mendapat harga spesial lebih murah dibanding tangan kedua yang bukan pengrajin.

Maka dari itu bila ke Solo jangan lupa mampir di lapak kerajinan tembaga.

  • Barang Antik

 

Bagi Anda pecinta barang antik, dapat menjadikan barang-barang ini sebagai oleh-oleh untuk dipajang dirumah. Solo terkenal dengan daerah penuh sejarah yang menyimpan banyak barang antik yang tentunya memiliki nilai seni yang tinggi.

Barang antik ini dapat berupa perabot seperti cermin, lemari, sepeda, porselen, keris, ornamen, minatur rumah adat Jawa, hingga berbagai alat rumah tangga. Selain menjadi peninggalan peralatan antik pada zaman dahulu, Anda juga dapat menjadikannya sebagai kenang-kenangan.

Selain itu, barang antik identik dengan barang tua yang memiliki kualitas bagus dan tentunya tahan banting. Sehingga ketika digunakan akan terjamin kualitasnya. Dalam hal ini berbagai jenis barang antik ini dapat menjadi oleh-oleh pilihan.

Anda dapat menemukan barang antik pada berbagai Pasar Gede yang ada di Solo. Setiap pasar pasti memiliki berbagai jenis barang antik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sehingga dapat menambah koleksi barang antik Anda dirumah.

Oleh-Oleh Awet Tahan Lama (Khas Solo)

Bagi Anda yang berada di Solo, tentu menjadikan berbagai jajanan khas untuk dibagi kepada orang-orang terdekat. Tidak hanya makanan kering, disini juga tersedia makanan basah yang dapat dipilih sesuai selera. Berikut oleh-oleh khas Solo yang dapat menjadi pilihan.

  • Abon mesran

 

Bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh anti mainstream, dapat memilih abon mesran sebagai oleh-oleh. Abon mesran merupakan bahan olahan daging sapi dipadukan dengan bumbu rempah-rempah yang menciptakan rasa sedap serta memiliki pilihan rasa pedas dan tidak pedas.

Resep abon ini sangat khas sehingga menciptakan rasa yang enak. Oleh-oleh khas Solo ini dapat menjadi salah satu alternatif kuliner pilihan yang bisa dibagi dengan keluarga atau teman-teman. Abon mesran ini telah dibungkus dengan rapi serta aman dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Anda tidak perlu khawatir memilih abon mesran ini sebagai salah satu pilihan oleh-oleh karena awet untuk disimpan dan dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Memilih abon mesran juga tergantung ukuran, Anda dapat memilih ukuran abon yang disesuaikan dengan budget Anda.

  • Brem Solo

 

Jika Anda mencari oleh-oleh khas Solo yang dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama, brem dapat menjadi pilihan. Brem Solo dapat menjadi salah satu alternatif oleh-oleh jika Anda membutuhkan ketahanan makanan yang lama.

Sebagian besar dari Anda mungkin memiliki waktu yang padat dan memiliki kesibukan yang padat, sehingga membutuhkan oleh-oleh yang tahan lama. Brem ini memiliki tekstur yang agak keras namun ketika dimakan akan terasa dingin.

  • Solo prabu

 

Oleh-oleh khas Solo yang memiliki jangka waktu yang lama adalah kue Solo Prabu ini. Kue yang berbahan dasar pastry dengan topping yang beragam ini dapat menjadi salah satu oleh-oleh yang cocok untuk orang spesial Anda.

Anda dapat memilih berbagai macam rasa, yaitu semar keju, gareng black velvet, dan petruk tiramisu. Dimulai dari harga Rp. 40.000 sampai Rp. 55.000 saja, Anda dapat memperoleh satu kotak kue dengan berbagai varian isi.

Cemilan dari Solo

Solo juga memiliki berbagai macam cemilan yang dapat dipilih sebagai teman jalan-jalan. Jajanan khas Solo memiliki berbagai macam jenis yang dapat Anda pilih sesuai selera. Adapun beberapa cemilan dari Solo yang dapat menjadi pilihan adalah sebagai berikut :

  • Inthip

 

Bagi Anda yang belum pernah mengenal nama jajanan ini, dapat menyamakannya dengan kerak nasi. Jajanan khas Solo ini terbuat dari olahan kerak nasi dipadukan dengan saus karamel dari gula Jawa. Anda dapat menemukan oleh-oleh khas Solo ini di daerah Cokro.

Jujur, review dari cemilan inthip ini memiliki tekstur yang crunchy dengan rasa gurih yang cocok untuk camilan menonton tv. Oleh-oleh khas Solo ini sangat cocok bagi Anda pemuda yang ingin membagikannya bersama dengan teman-teman.

  • Ampyang

 

Bagi Anda pecinta manis, dapat memilih camilan bernama ampyang ini. Camilan yang cocok disantap di siang hari ini terdiri dari bahan kacang dengan gula merah dan jahe ini kerap menjadi favorit ketika berlibur di Solo. Sehingga ampyang dapat menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Solo.

Tidak hanya manis, ampyang juga memiliki berbagai jenis rasa yang dapat dipilih. Seperti rasa pedas, manis, bahkan gurih. Harga yang dibandrol untuk sebuah ampyang dan paketannya mulai dari Rp. 4000 sampai Rp. 50.000.

  • Serabi notosuman

 

Serabi notosuman merupakan salah satu makanan khas Solo yang dapat menjadi pilihan kuliner Anda. Selain bersifat tradisional, serabi notosuman ini dapat menjadi salah satu oleh-oleh khas Solo yang enak dan dapat diperoleh dengan harga terjangkau.

Anda dapat memilih berbagai macam rasa serabi, mulai dari coklat, pisang, keju, dan nangka. Hanya dengan Rp. 2000 saja, Anda sudah dapat membawa pulang 1 serabi dengan berbagai macam rasa. Sangat terjangkau bukan?

Serabi notosuman ini cocok dikonsumsi di pagi dan malam hari. Anda dapat berkunjung ke toko serabi notosuman secara langsung yang terletak di Jl. Mohammad Yamin. Arah menuju lokasi toko serabi ini sangat gampang, sehingga memudahkan untuk datang.

  • Serbat

 

Oleh-oleh khas Solo tidak hanya berupa makanan, namun juga berupa minuman. Serbat dapat menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang praktis sekaligus memiliki khasiat untuk kesehatan. Sehingga tidak hanya dijadikan sebagai salah satu treatment pengobatan bagi keluarga yang membutuhkan.

Minuman khas Solo ini terbuat dari rempah-rempah, salah satunya jahe yang berkhasiat untuk kesehatan. Serbat memiliki kemasan berbentuk panjang yang terdiri dari beberapa jumlah tablet. Tablet ini dapat dikonsumsi seperti permen ataupun diminum seperti obat.

Penjelasan tentang rekomendasi oleh-oleh khas Solo di atas dapat menjadi salah satu pilihan ketika Anda berbelanja di pusat toko Solo. Pastikan untuk membawa budget yang besar agar Anda dapat membeli berbagai macam oleh-oleh yang dapat menyenangkan orang lain.

Oleh-oleh merupakan salah satu hal yang menjadi suatu penanda bahwa Anda telah berlibur dan telah mendatangi tempat tersebut

Maka dari itu jangan lupa belanja oleh-oleh sebelum pulang ke rumah. Ingat anak, istri, saudara, tetangga dan kerabatmu gak minta cerita liburanmu. Tapi mereka minta oleh-olehmu, hehe.

Tinggalkan komentar