21 Minuman Khas Solo, Enak dan Seger Banget!

21 Minuman Khas Solo, Enak dan Seger Banget!

Sobat, tahukah Anda?  Solo adalah salah satu destinasi favorit para wisatawan di Jawa Tengah. Dengan budget yang rendah serta berbagai jenis destinasi wisata tujuan, Solo dapat dijadikan sebagai tempat berlibur paling nyaman ditambah dengan minuman di Solo yang enak.

Solo memang terkenal dengan berbagai macam makanan dan minuman dengan variasi rasa, harga. Selain itu, banyak juga tempat kuliner terbagus yang bisa dikunjungi

Tidak hanya dijadikan sebagai sebuah tempat untuk berwisata alam, buatan, serta budaya, Solo juga dapat dijadikan tempat berwisata kuliner. Berbagai makanan dan minuman tradisional dengan cita rasa rempah-rempah yang kuat dapat memberikan sensasi makan yang menyenangkan bagi Anda.

Minuman Khas Solo

Di Solo, Anda akan menemukan makanan dan minuman mulai dari yang termurah hingga termahal. Simak review penjelasan dibawah ini jika ingin tahu lebih jelasnya yuk!

Es teler kobar

Es teler kobar

Jika Wonogiri memiliki es degan, maka Solo memiliki es teler. Teler dalam bahasa Jawa berarti “mabuk”, namun bukan mabuk karena es ini mengandung alkohol. Namun nama teler ini dibuat karena kenikmatan rasa es sehingga membuat orang yang meminumnya langsung teler.

Es teler merupakan salah satu minuman khas Solo yang telah menjadi favorit di kalangan masyarakat. Uniknya, es teler kobar yang dijual di Solo ini terdapat penambahan topping sebagai penikmat rasa.

Dengan parutan es yang lembut disertai siraman sirup, susu, serta topping buah di atasnya tentu memberikan tampilan yang cantik untuk pelepas dahaga. Es teler kobar ini dapat menjadi pilihan dessert yang pas ketika Anda menyantap makanan bersantan yang ada di Solo.

Es potjong

Es potjong

Minuman wong Solo – es potjong / es pocong. Serem amat namanya.

Apa Anda ngeri sama namanya? Tidak usah khawatir, meskipun nama potjong termasuk dalam salah satu jenis setan yang ada di Indonesia, rasa esnya jauh dari kata menyeramkan kok. Es potjong ini merupakan salah satu minuman kekinian yang cocok dikonsumsi di siang hari.

Dalam satu gelas tersedia bubur sumsum yang disiram dengan sirup merah dan creamer, kemudian diberi air dan di atasnya terdapat topping seperti nata de coco, buah-buahan, mochi, dan lain sebagainya sebagai penyegar.

Wedang asle

Wedang asle

Angsle juga merupakan salah satu minuman khas Solo yang banyak ditemukan di berbagai wilayahnya. Wedang angsle ini disajikan hangat-hangat kuku yang cocok untuk menjadi minuman kesehatan dan penghangat ketika dingin. Bisa juga disebut wedang ronde hangat.

Di dalam satu mangkok angsle, terdapat potongan jelly, ketan putih dan roti tawar yang diselimuti dengan kuahnya yang juga terasa segar dan manis. Wedang khas Solo ini dapat menjadi minuman yang cocok dikonsumsi di malam hari di warung terdekat.

Wedang uwuh

Wedang uwuh khas Solo

Penyajian wedang uwuh ini seperti sampah yang ditumpuk, karena itu wedang ini dinamai “uwuh” yang berarti sampah dalam bahasa Jawa. Meskipun tampilannya terkesan ramai dan agak gelap, namun wedang hangat ini kerap dijadikan minuman pas untuk dikonsumsi bersama keluarga.

Satu porsi wedang uwuh terdapat kayu secang, irisan jahe, cengkeh, kapulaga, daun pala, serai, dan gula batu yang dicampur menjadi satu sehingga tampak seperti tumpukan sampah. Uniknya, dari perpaduan bahan-bahan tersebut menciptakan rasa yang kaya cita rasanya.

Minuman khas Solo yang satu ini juga memiliki berbagai khasiat yang tentunya bagus untuk kesehatan. Dalam hal ini, wedang uwuh memiliki khasiat seperti menurunkan kolesterol, mengatasi pegal, serta menjaga stamina agar tetap kuat berjalan-jalan mengitari wisata di Solo.

Serbat minuman khas Solo

wedang serbat solo

Minuman khas Solo keenam yang dapat menjadi pilihan bagi Anda adalah serbat. Minuman tradisional khas Solo ini memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Serbat ini disajikan dalam bentuk minuman hangat maupun diminum seperti obat.

Serbat dapat berupa tablet dan dapat juga berupa wedang yang terbuat dari bahan alami seperti jahe dan rempah-rempah lainnya. Berbagai khasiat kesehatan seperti meredakan sakit perut, menghangatkan tubuh, dan lain sebagainya.

Selain dikonsumsi secara langsung, serbat juga dapat dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas Solo lho! Dengan harga yang terjangkau serta berbagai khasiat yang dimiliki, serbat dapat menjadi salah satu minuman khas Solo yang dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan.

Beras kencur

wedang beras kencur

Minuman hangat lain yang menyehatkan tubuh. Dengan bahan alami rempah-rempah, beras kencur sangat banyakdiminati oleh pria dan wanita yang ingin memiliki tubuh ideal nan sehat.

Campuran gula jawa dan bubukan rimpangkencur bisa membuat minuman ini mengandung vitamin B yang digolongkan jamu.

Bila sudah dikategorikan jamu, pasti tak bisa diragukan lagi khasiat manfaatnya. Pengen coba? Yuk main aja ke Solo.

Dongo (minuman khas Solo)

wedang dongo

Minuman khas Solo yang satu ini memang masih mirip dengan wedang ronde,namun porsinya cenderung lebih sedikit dan konon minuman ini dahulu kala khusus untuk keluarga kerajaan keraton Solo.

Dan sekarang sudah bisa dinikmati oleh masyarakat umum, termasuk anda.

Kopi Joss

kopi jos solo

Kopi joss merupakan kopi hitammurni yang ditambahkan arang menyala api dan dimasukan langsung ke dalam kopi tersebut. Apa enak? Masa kopi campur arang hidup api.

Memang enak kok. Kalau belum coba memang penasaran. Mau coba di rumah sendiri, pasti beda rasanya, soalnya koki minumannya asli wong Solo.

Susu shi Jack

susu minuman khas solo
gambar hanya ilustrasi es susu

Shijak merupakan warung angkringan khas kota bapak jokowi. Berbahan dasar susu murni shijak lebih terkenal dariwarung susu lain karena konsistensi rasa dan pelayanan terbaiknya.

Adapun menu-menu menariknya antara lain:

  • Tante Susi (susu-sirup tanpa telur)
  • Superman (susu perah sakit)
  • Superboy (susu perah boyolali)
  • Dan lainnya

Es dawet telasih

es dawet telasih

Tidak hanya terdapat di Karanganyar, es dawet juga menjadi minuman khas Solo yang juga dijadikan sebagai minuman favorit, bahkan untuk Presiden Republik Indonesia yang saat ini menjabat.

Salah satu es dawet yang terkenal di Solo adalah es dawet telasih. Dimana lokasinya? Lokasi es dawet telasih ini berada di daerah Pasar Gede Hardjonagoro. Es dawet ini terdiri dari kuah santan yang segar disertai dengan dawet yang menambah kesegaran es tersebut.

Es dawet elysabeth

Es dawet elysabeth

Sepintas kayak es dawet biasa, namun elysabeth memiliki ciri khas khusus dari limpahan isinya berupa buah durian, ketan hitam putih, selasih dancendol warna-warni. Itulah yang mendasari nama elysabeth.

Bisa anda temui di depan Toko Orion Mandarin. Jl. Jendral Urip Suprapto, Jebres, Solo. Buka siang hari sampai sore.

Es khas Solo lainnya

  1. Es plengeh di pintu selatan Keraton Surakarta.
  2. Es dawet jeruk nipis di Pasar Kadipolo, jalan Radjiman, Panularanm Laweyan Surakarta.
  3. Es buah bunuh diri di Jl. Cakra 1 , Kauman, Pasar Kliwon, Solo.

Gempol pleret

es gempol pleret

Setelah melakukan perjalanan wisata, pastinya Anda membutuhkan sesuatu yang segar sebagai pelepas lelah. Surakarta memiliki minuman khas dengan nama gempol pleret yang dapat Anda coba sebagai minuman termurah sekaligus terenak di sini.

Gempol pleret ini merupakan minuman khas Solo yang terdiri dari kue beras yang dibentuk bulat. Es gempol pleret ini diracik selama 3 jam sebelum dijual. Cara pembuatan es gempol ini dengan direbus dan dimasak terlebih dahulu dengan daun pandan. Sehingga menambah kesegaran.

Dengan tekstur kue berasnya yang kenyal tanpa rasa, dipadukan dengan beberapa topping lain yang diminum dengan kuah es gempol. Sehingga akan menciptakan sensasi minuman paling enak dan segar.

Es krim tentrem

Es krim tentrem Solo

Es manis ini telah lama melegenda di Solo sejak tahun 1952. Beralamat di Jalan Urip Sumoharjo.

Meski made in home atau home made,cita rasa leluhurnya masih kentalhingga masih memikat banyak penikmat minuman dingin.

Es cincau

Es cincau

Es cincau merupakan minuman yang segar bila diminum di siang yang terik panas mataharimembuat seseorang gerah.

minuman segara es cincau terbuat dari potongan ramuan cincau yang dibekukan dan ditambah sirup santan atau susu dicampur dengan es batu.

Yang membuat es cincau diminati banyak orang dibanding es dawet adalah  bahan murninya yang alami terbuat dari daun cincau hijau. Jadi terlihat tradisional dan tidak berbahaya karena campuran bahan lain.

Es doger

Es doger Solo

Es serut berbasis santan ini sudah sangat langka ditemui. Nah, solusi utama untuk merasakannya anda bisa menyicipinya di daerah Solo. Es doger biasa disajikan di warung makan sebagai menu penutup ketika makan siang.

Es manis dengan sirup yang disajikan bersama ketan hitam, tapai, nangka dan roti potong ini sangat lezat bila ditambah larutan susu.

Es kocok alpukat

es kocok alpukat solo

Akhir-akhir ini sudah trending es kocok alpukat. Sebenarnya di Solo sudah lebih ada disbanding trendy sekarang ini. Yaa mungkin karena keunikan pembuatan dan penyajian saja yang membuatnya jadi pembahasan netizen.

Terbuat dari buah alpukat murni yang diberi cremer susu dan dikocok di dalam gelas akan membuat es kocok lebih lembut & terasa lezat. Selain dikocok dalam gelas, bisa juga penjual melarutkannya dengan mesin blender.

Es kapal

Es kapal Baron Khas Solo

Es kapal boleh dibilang sebagai minuman khas unik ciri khas Kota Berseri (nersihm sehat rapi nan indah). Dinamakan es kapal karena bentuk gerobak penjualnya cenderung berbentuk kapal laut.

Siapa sih yang gak suka dengannya? Selain segar dan penuh rasa ternyata es kapal juga sangat murah sehingga hemat dikantong, tak memeras dompet anda.

ice ship (red: sok inggris) dibuat dengan cara:

  • Es batu diparut atau serut hingga terasa halus kecil-kecil
  • Dicampur dengan santan khusus + susu
  • Lalu disajikan dengan potongan roti dan menu varian rasa lain

Es Kopi Hitam

es kopi hitam
gambar hanya ilustrasi

Di beberapa kota nama es kopi hitam mungkin terasa aneh. Tapi di wilayah Solo Raya dan Yogyakarta sebutan es kopi item sudah biasa.

Ramuan pembuatannya sama seperti kopi hangat, tetapi ditambah es batu agar dingin. Aroma kopi hitamnya masih nyentrik namun dalam sajian dingin.

Untuk bisa menemukannya anda cukup mampir ke warung angkringan di pinggiran jalan. Kebanyakan rasanya sudah standar hampir sama enaknya.

Makanan Enak Solo

Selain minuman yang menyegarkjan badan dan pikiran. Ada juga beberapa makanan yang terenak di Solo yang bisa anda coba! Silahkan rasakan sensasi lezat makan di Kota Keraton Kasunan.

Sate buntel

Sate Buntel - Makanan Khas Solo

Sate ini terbuat dari daging kambing cincang kemudian dibuntel dengan lemak. Rasa yang dihasilkan dari sate buntel ini sangat kaya dengan rempah-rempahnya. Rasanya yang lezat sangat cocok dijadikan sebagai objek kuliner Anda.

Setelah makan sate buntel, Anda dapat mencoba minuman khas Solo yang telah disebutkan di atas. Jika tertarik dengan sate buntel ini, Anda dapat langsung merapat ke alamat Jl. Sungai Sebakung 10 yaitu warung sate Bu Bejo yang sudah terkenal dengan cita rasanya.

Baca juga jajanan khas Solo yang bikin lidah bergetar ingin coba lagi.

Serabi notosuman

Serabi Solo Terenak

Serabi notosuman dapat menjadi salah satu jajanan khas Solo yang dapat menjadi selingan cemilan ketika liburan di Solo. Bagi Anda penikmat kuliner, serabi dapat menjadi salah satu cemilan khas Solo karena memiliki berbagai varian rasa.

Varian rasa yang dapat Anda pilih yaitu coklat, strawberry, vanilla, green tea, pandan, dan lain sebagainya. Cemilan tradisional ini cocok disantap di sore hari sambil menikmati minuman khas Solo yang telah Anda beli.

Baca juga oleh-oleh khas Solo yang nagih buat coba lagi.

Nasi timlo

Nasi timlo solo

Bagi Anda yang berlibur di Solo, pastikan untuk mencoba makanan khasnya yaitu nasi timlo. Selain murah, makanan khas Solo yang dapat ditemukan di daerah Sukoharjo ini kaya akan cita rasa rempah-rempah yang memberikan sensasi segar dan nikmat ketika dikonsumsi.

Resep nasi timlo ini terdiri dari nasi, sayuran, kuah bening, telur, irisan ayam, irisan bawang merah, dan irisan seledri yang menambah kesegaran dari nasi tersebut. Nasi timlo ini sangat cocok disantap dalam setiap waktu, sehingga dapat menjadi pilihan kuliner terlezat bagi Anda.

Untuk lebih lanjut mengenai review makanan khas Solo, anda bisa mengunjungi link berikut ini ….

***

Berbagai jenis makanan dan minuman di atas dapat menjadi salah satu alternatif pilihan ketika Anda berada di Solo. Beberapa makanan dan minuman di atas tentunya telah mendapatkan review yang bagus sehingga layak untuk dicoba.

Tinggalkan komentar