Kiat Memiliki Wajah Bersih Dengan Masker Wortel

Masker Wortel Untuk Wajah – Untuk menambah daya lihat pada mata, kita memperbanyak makan buah sayur berwarna orange ini. Sebenarnya manfaat wortel bukan hanya untuk kesehatan mata, namun juga untuk kesehatan wajah.

Masker wajah alami dari wortel memiliki kandungan vitamin dan mineral yang membuat kulit wajah lebih lembab dan lembut. Berikut beberapa manfaat dan tips dalam menggunakan masker wortel.

Cara Membuat Masker Wortel

masker wortel dan madu

Ada banyak kreasi untuk menjadikan wortel sebagai masker, diantaranya sebagai berikut:

Wortel Dihaluskan

Cara mudahnya, Anda bisa menggunakan wortel sebagai masker tanpa bahan tambahan lain. Siapkan wortel yang masih bagus dan segar, kupas dan cuci sampai bersih.

Kemudian haluskan dengan menggunakan blender agar wortel benar-benar halus. Oleskan ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian cuci wajah hingga bersih dan keringkan wajah dengan handuk halus.

Wortel dan Madu

Anda juga bisa mengunakan madu sebagai campuran pembuatan masker dari bahan dapur ini. Caranya mudah, kupas dan cuci bersih wortelnya, kemudian kukus wortel hingga lunak. Tumbuk wortel yang telah dikukus hingga halus.

Kemudian tambahkan madu murni. Aduk merata dan gunakan sebagai masker wajah. Biarkan hingga mengering atau diamkan sekitar 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk halus.

Wortel dan Putih Telur

Kombinasikan wortel dan putih telur sebagai masker. Kupas dan cuci bersih wortel kemudian haluskan dengan cara diparut atau diblender. Tambahkan putih telur, kemudian aduk hingga rata. Selanjutnya aplikasikan ke wajah sebagai masker dan diamkan selama 30 menit.

Bilas wajah dengan air bersih dan jangan lupa keringkan dengan handuk halus. Perpaduan masker ini mampu menghaluskan kulit, mencegah jerawat, dan mengecilkan pori-pori yang besar.

Wortel dan Lemon

Kreasi masker wortel selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu memadukan wortel dengan lemon. Haluskan wortel kemudian tambahkan air perasan lemon dan aduk hingga rata.

Aplikasikan ke wajah sebagai masker dan diamkan hingga masker mengering. Lalu bilas dengan air bersih. Rasakan sensai segar dan bersihnya wajah anda setelah memakai masker alami tradisional ini.

Woretl dan Minyak Zaitun

Alternatif lain, Anda bisa mengunakan minyak zaitun sebagai campuran masker alami wortel yang telah dihaluskan. Mengapa hasrus memakai minyak zaitun?

Karena zaitun lebih banyak mengandung nutrisi yang bagus untuk kulit wajah dari pada jenis minyak lain. Cara pemakaiannya pun hampr sama dengan wortel & lemon. Parutan wortel halus diaduk dengan satu sendok minyak zaitun kemudian gunakan sebagai masker wajah.

Tips Menggunakan Masker Wortel

bersihkan dengan air bersih dan handuk bersih

Tak hanya berkhasiat untuk kesehatan mata, wortel juga bermanfaat untuk kecantikan kulit saat digunakan sebagai masker. Berikut ini tips menggunakan masker wortel yang tepat.

  • Pilih Wortel Berkualitas

Pilihlah wortel yang masih dalam berkondisi bagus atau segar, sehingga nutrisi yang tersimpan di dalamnya dapat memberikan khasiat yang maksimal untuk wajah.

  • Buat Masker dengan Komposisi yang Tepat

Setelah memilih wortel berkualitas, buatlah wortel sebagai masker. Anda bisa menggunakan masker dari buah wortel murni tanpa tambahan bahan lain, maupun dengan bahan alami lainnya. Pastikan komposisi bahan yang Anda gunakan sesuai prosedur.

  • Bersihkan Wajah dengan Cermat

Jangan lupa bersihkan make up di wajah Anda, cuci wajah hingga bersih agar tidak ada lagi sisa make up maupun debu. Dengan wajah yang bersih, nutrisi dalam masker lebih mudah terserap oleh kulit.

  • Gunakan Kuas Wajah yang Higenis

Anda bisa menggunakan kuas untuk mengaplikasikan masker  ke wajah sehingga lebih merata. Pastikan kuas yang Anda gunakan dalam keadaan bersih dan halus.

Manfaat Masker Wortel

cara membuat masker wortel

Berikut ini beberapa manfaat masker wortel untuk kecantikan wajah Anda!

Sebagai Anti-Aging

Penggunaan wortel sebagai masker, bisa meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Kolagen merupakan nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk menjaga keelatisitasan kulit wajah.

Hal ini bisa mencegah keriput di wajah. Selain itu, kandungan Vitamin A dan beta karoten di dalam wortel berperan untuk menangkal radikal bebas, mencegah tanda penuaan, dan mengatasi warna kulit yang tidak rata.

Membuat Kulit Lebih Glowing

Memiliki kulit glowing atau cerah dan bercahaya tentu menjadi keinginan setiap wanita. Banyak produk kecantikan yang berguna untuk membuat kulit wajah lebih glowing.

Namun, Anda bisa menggunakan bahan alami yang lebih aman yaitu dengan masker wortel. Beta karoten dan antioksidan dalam wortel akan memberikan efek cerah dan bercahaya pada kulit.

Mengatasi Kulit Kering

Jika Anda memiliki tipe kulit kering, gunakan masker alami ini juga digunakan sebagai perawatan kulit kering Anda. Masker wortel mengandung mineral dan potassium yang akan menutrisi kulit wajah Anda sehingga tetap lembab. Hal ini akan membuat kulit lebih sehat dan tidak kering lagi.

Melindungi Kulit dari Sengatan Matahari

Bagi Anda yang lebih banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari langsung, masker wortel sangat direkomendasikan untuk Anda. Sengatan matahari terlalu sering bisa membuat jaringan kulit rusak.

Anda bisa menggunakan masker wajah dari wortel untuk memperbaiki jaringan kulit. Hal ini dikarenakan, wortel memiliki kandungan karotenoid dan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas.

Efek Samping (Kekurangan Masker Wortel)

wajah halus setelah memakai masker alami

Selain memberikan manfaat seperti yang sudah disampaikan di atas, masker wortel juga memiliki efek samping membuat kulit wajah berubah menjadi orange. Kandungan katotenoid di dalam wortel memang bermanfaat untuk membuat kulit lebih glowing.

Namun, dalam pemakaian yang lama dan berlebihan, kandungan tersebut membuat kulit berwarna orange. Hal ini memang tidak berbahaya, akan tetapi akan mengganggu penampilan Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *