5 Cara Membuat Masker Timun Agar Lebih Mujarab

5 Cara Membuat Masker Timun Agar Lebih Mujarab

Untuk tampil dengan wajah cerah merona memang tak mudah. Apalagi harus secara instan. Banyak resiko yang harus ditanggung untuk cepat memiliki wajah bebas jerawat dan putih mulus. Maka dari itu masker timun yang alami untuk wajah menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin memiliki wajah cantik & menarik.

Mentimun merupakan salah satu sayuran segar yang bisa dimakan atau dibuat jus. Disamping itu semua,  timun bisa digunakan masker lho. Kandungan air 90% dengan vitamin A, C dan B12 membuat timun menjadi solusi perawatab wajah Anda.

Salah satu khasiat masker wajah alami dari cucumis sativus (nama latin timun) yaitu membebaskan wajah dari kusam dan komedo jerawat. Nah, untuk lebih jelasnya simak saja ulasan manfaat dan tips memakai masker berikut ini.

Tips Menggunakan Masker Timun

bersihkan dengan air bersih dan handuk bersih

Selain digunakan sebagai jus timun, timun juga bermanfaat sebagai masker wajah. Berikut ini tips menggunakan masker timun yang tepat.

  • Pilih Timun Berkualitas

Usahakan menggunakan timun yang masih segar untuk dijadikan masker. Jika Anda memiliki pohon timun sendiri, Anda bisa memetiknya langsung sehingga masih benar-benar segar. Timun yang masih segar lebih banyak mengandung air yang akan menutrisi kulit Anda.

  • Campurkan Bahan Alami yang Sesuai

Selain bisa digunakan secara langsung tanpa bahan tambahan, Anda juga bisa menambahkan bahan alami untuk membuat masker dari timun. Pastikan bahan yang Anda tambahkan merupakan bahan-bahan alami misalnya madu, jeruk nipis, lidah buaya, dan sebagainya. Jangan menambahkan bahan kimia yang bisa berbahaya bagi kulit Anda.

  • Cuci Wajah Hingga Bersih

Sebelum mengaplikasikan masker alami dari timun ke wajah, jangan lupa bersihkan wajah dari make up maupun debu yang menempel. Cuci wajah Anda hingga bersih, jika perlu gunakan air hangat untuk mencuci wajah, sehingga kotoran menjadi terangkat. Hal ini juga bertujuan untuk membuka pori-pori wajah sehingga nutrisi dari masker dapat mudah meresap ke kulit.

  • Cuci Tangan Bersih atau Gunakan Kuas

Tak hanya mencuci wajah, jika Anda menggunakan tangan untuk mengaplikasikan masker ini ke wajah. Maka pastikan Anda sudah mencuci tangan hingga bersih. Jangan biarkan bakteri yang berada di tangan berpindah ke wajah, karena lupa mencuci tangan. Namun, untuk mempermudah pengaplikasian masker alami buah timun yang lembut, Anda bisa mengunakan kuas wajah sehingga lebih merata.

Cara Membuat Masker Timun

olahan membuat masker madu oatmeal susu

Mentimun atau timun bisa dijadikan sebagai masker wajah dengan berbagai cara, diantaranya sebagai berikut:

Timun dan Oat

Selain enak dikonsumsi sebagai sereal sehat, Oat juga berkhasiat sebagai masker alami. Anda bisa menggunakan Oat dan Timun menjadi masker wajah. Caranya cukup mudah, blender timun hingga lembut dan tambahkan Oat. Aduk keduanya hingga rata, kemudian aplikasikan ke wajah sebagai masker. Masker ini membuat kulit wajah lebh cerah dan bersinar. Untuk hasil yang memuaskan, lakukan perawatan ini dua kali seminggu.

Timun dan Tomat

Bagi Anda yang mempunyai masalah jerawat membandel, masker timun dan tomat bisa dijadikan solusi untuk mengatasi jeraat di wajah Anda. Timun mampu menyeimbangkan pH kulit di wajah dan mengontrol minyak berlebihan. Haluskan timun dan tomat dengan cara diblender. Kemudian gunakan sebagai masker wajah dan diamkan selama 20-25 menit. Bilas hingga bersih, untuk hasil yang maksimal gunakan air hangat untuk membasuh wajah.

Timun dan Madu

Apakah Anda memiliki tipe kulit kering? Jika ya, maka masker timun dan madu bisa Anda pakai sebagai masker harian untuk menjaga kesehatan kulit kering Anda. Kombinasi madu dan timun dapat membantu melembabkan  dan menutrisinya. Blender timun dan tambahkan madu murni, kemudian oleskan ke wajah Anda. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bisa hingga bersih.

Timun dan Daun Mint

Bagi pemilik wajah kusam, daun mint bisa dijadikan masker bersama dengan timun. Blender timun dan daun mint secara bersamaan. Oleskan masker ini ke wajah hingga rata. Diamkan beberapa menit hingga mengering dan bersihkan wajah dengan air hangat. Masker alami dari timun dan daun mint ini bisa membuat wajah lebih fresh.

Manfaat Masker Timun

manfaat masker timun dan madu

Sebagai masker wajah, timun memiliki beberapa manfaat diantaranya sebagai berikut:

Mencerahkan Wajah

Kandungan vitamin dalam timun dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan nota hitam (flek hitam), sehingga membuat wajah lebih cerah. Lakukan perawatan wajah dengan maskara timun secara rutin, agar hasilnya juga lebih maksimal.

Menghilangkan Mata Panda

Jika Anda sering begadang atau kurang instirahat, tentu sering mengalami mata panda (daerah di sekitar mata menghitam). Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan perawatan alami dengan masker timun. Tak hanya menghilangkan mata panda, timun juga berkhasiat mengurangi kantong mata atau pembengkakan di sekitar mata akibat kelelahan.

Membantu Menghilangkan Jerawat

Punya masalah jerawat di wajah? Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan masker alami yang terbuat dari timun. Timun mampu meredakan peradangan jerawat di wajah Anda, sehingga membuat jerawat akan lebih cepat kempes. Hal ini mempercepat proses pengeringan dan pengelupasan bekas jerawat dari wajah.

Baca juga arteikel terkait tips menghilangkan jerawat membandel secara tuntas di artikel masker bawang putih untuk menghilangkan jerawat membandel di wajah.

Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Beberapa orang memiliki por-pori wajah yang besar, sehingga mudah mengalami masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Anda bisa mengecilkan pori-pori dengan menggunakan masker timun sebagai perawatan wajah harian. Lakukan pemakaian masker secara teratur, agar hasilnya memuaskan.

Efek Samping Masker Wajah dengan Timun

wajah halus setelah memakai masker alami

Meskipun memberikan banyak khasiat untuk kesehatan kulit wajah, akan tetapi masker timun juga memiliki kekurangan. Efek samping penggunaan masker timun diantaranya menimbulkan alergi, menyebabkan kulit menjadi lebih senstif, timbul gatal dan kemerahan, hingga menyebabkan ruam.

Tinggalkan komentar