5+ Manfaat Masker Pisang & Tips Membuatnya Lebih Mujarab

5+ Manfaat Masker Pisang & Tips Membuatnya Lebih Mujarab

Pisang merupakan buah yang paling mudah kita jumpai dari pada jenis bahan pembuatan masker alami untuk wajah. Hal tersebut sangat menguntungkan hingga timbul pembicaraan bahwa penggunaan masker pisang tanpa campuran lebih efektif dibanding yang lain.

Bagi anda yang ingin menghemat waktu dan biaya dalam perawatan kulit, pisang bisa menjadi solusi jitu. Selain mudah dijumpai juga mudah penggunaannya. Berikut ulasan singkat manfaat dan tips memakai masker alami buah pisang.

Baca : 5 Kesaktian Masker Susu Beruang untuk Wajah Halus

Manfaat Masker Pisang

manfaat masker pisang

Buah pisang yang digunakan sebagai masker wajah dapat memberikan manfaat bagi wajah Anda, diantaranya:

Menghaluskan Kulit Wajah

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit wajah halus? Semua wanita tentu menginginkannya. Untuk mendapatkan wajah halus dengan cara alami, gunakan masker pisang secara rutin. Pisang mengandung banyak vitamin yang akan menutrisi kulit wajah Anda sehingga menjadi lebih halus.

Mengencangkan Kulit Wajah

Pemakaian masker pisang secara rutin juga bisa membantu mengencangkan kulit wajah. Vitamin E di dalam pisang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini, sehingga membuat wajah terlihat lebih muda dan fresh.

Mencerahkan Wajah Secara Alami

Ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan putih secara alami? Anda bisa mengunkaan masker kulit pisang, karena masker ini mampu meregenerasi sel kulit wajah. Sehingga membuat sel kulit baru yang lebih cerah dan bersih.

Melembabkan Kulit Wajah

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit wajah kering, gunakan maskara pisang untuk menutrisi dan mengembalikan kelembaban kulit wajah Anda. Untuk hasil memuaskan gunakan masker ini secara rutin. Sehingga wajah menjadi halus dan lembab.

Menghilangkan Bintik atau Flek Hitam

Masker wajah alami dari pisang juga berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga menghilangkan flek hitam atau bintik hitam akibat jerawat & tanda penuaan. Hal ini karena, pisang mengandung Vitamin A, B, dan C yang membantu proses regenerasi kulit sehingga noda di wajah lama-lama memudar dan hilang.

Efek Samping (Kekurangan Masker Pisang)

Penggunaan masker alami pisang bagi beberapa orang dapat menyebabkan efek samping negatif. Diantaranya yaitu membuat kulit menjadi kering atau justru berminyak, mengalami iritasi, alergi, jerawat, hingga ruam di wajah. Jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut segera hentikan pemakaian masker ini.

Baca : 7 Manfaat Ajaib Masker Susu Dancow

Tips Menggunakan Masker Pisang

bersihkan dengan air bersih dan handuk bersih

Bukan hanya dimanfaatkan sebagai buah yang lezat untuk di konsumsi, pisang juga berkhasiat untuk kecantikan sebagai masker wajah. Berikut ini tips menggunakan masker pisang yang tepat.

Pilih Pisang yang Berkualitas

Siapkan pisang berkualitas untuk dijadikan masker. Pastikan pisang tidak terlalu matang atau busuk. Pisang yang berkualitas memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang masih lengkap. Sehingga akan menutrisi kulit wajah Anda secara maksimal.

Gunakan sesuai Prosedur

Buatlah masker pisang dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya. Jika menggunakan bahan tambahan, pastikan bahan tersebut merupakan bahan alami. Anda bisa menambahkan madu murni, air lemon, minyak zaitun, dan bahan alami lainnya. Gunakan bahan dan masker pisang sesuai anjuran yang direkomendasikan.

Bersihkan Wajah

Sebelum mengoleskan masker alami dari pisang di wajah, bersihkan wajah hingga bersih. Sehingga tidak ada lagi sisa make up atau kotoran yang menempel di wajah. Jika wajah bersih, maka nutrisi dalam masker dapat terserap oleh kulit.

Gunakan Kuas Steril

Untuk mempermudah pengaplikasian, gunakan kuas yang bersih untuk mengoleskan masker ke wajah Anda. Oleskan secara perlahan dan merata, hindari area mulut dan mata.

Gunakan Rutin, Namun Tidak Setiap Hari

Penggunaan masker pisang memang disarankan untuk digunakan secara rutin. Namun, bukan berarti dilakukan setiap hari. Disarankan untuk menggunakan masker pisang sebagai perawatan wajah 2 – 3 kali dalam seminggu. Lakukan hal tersebut secara konsisten di setiap minggunya.

Baca : Cara Menggunakan Masker Madu Agar Lebih Mujarab

Cara Membuat Masker Pisang

cara membuat masker pisang alami

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat masker dari pisang, diantaranya sebagai berikut:

Pisang, Madu, dan Air Lemon

Kombinasi buah pisang, madu, dan air lemon dapat dijadikan sebagai masker wajah. Haluskan pisang dengan cara ditumbuk maupun diblender. Kemudian tambahkan madu dan air lemon, lalu aduk merata. Aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kuas. Diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Pisang dan Susu

Anda bisa mengunakan pisang dan susu sebagai masker wajah. Caranya sangat mudah, blender atau tumbuk pisang yang sudah matang, tambahkan susu cair dan aduk hingga rata.

Aplikasikan masker ke wajah dan diamkan selama 30 menit hingga mengering. Bersihkan wajah dengan air hangat dan gunakan handuk halus untuk mengeringkan. Terakhir, basuh kembali wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Pisang, Minyak Zaitun, dan Air Mawar

Kombinasi ketiga bahan alami ini dapat meningkatkan kecantikan dan kesehatan wajah Anda. Campurkan ketiga bahan tersebut, dengan menghaluskan terlebih dahulu buah pisangnya.

Lalu aduk rata dan oleskan ke wajah sebagai masker secara merata. Tunggu hingga 30 menit, kemudian bilas hingga bersih. Jangan lupa gunakan handuk halus untuk mengeringkan wajah.

Pisang, Tomat, dan Alpukat

Ketiga bahan ini bukan hanya lezat saat dibuat jus. Namun, dengan mengombinasikan ketiga bahan tersebut sebagai masker wajah, mampu menutrisi kulit wajah sehingga lebih sehat.

Kemudian blender menjadi satu pisang, tomat, dan buah alpukat hingga halus. Oleskan ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnya bersihkan wajah dengan air hangat hingga bersih.

Tinggalkan komentar