Cara Membuat & Memakai Masker Minyak Zaitun Untuk Atasi Jerawat

Cara Membuat & Memakai Masker Minyak Zaitun Untuk Atasi Jerawat

Masker Minyak Zaitun – anfaat minyak zaitun memang sudah tak bisa diragukan lagi menurut medis modern dan tradisional. Kandungan minyak hasil olahan alami dari pohon buah zaitun (Olea europaea) sangat banyak, antara lain vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3 & lemak jenuh) phenolic dan zat besi.

Maka tak heran bila minyak pohon Mediterania ini banyak digunakan medis dalam penyeterilan, pembersihan luka dan penghilang sakit luar maupun dalam.

Nah, maka dari itu sebagian orang juga memanfaatkan minyak zaitun sebagai masker wajah alami. Disini juga akan kami bahaskan mengenai cara membuat, memakai & ringkasan khasiat manfaat penggunaan masker zaitun untuk wajah anda.

Tips Menggunakan Masker Minyak Zaitun

minyak-zaitun-olive-oil

Sebelum Anda memakai minyak zaitun sebagai masker wajah, perhatikan penggunaan masker minyak zaitun yang tepat seperti berikut ini:

  • Pilihlah Minyak Zaitun Murni

Pastikan Anda menggunakan minyak zaitun yang murni dan belum dicampur dengan bahan lain. Untuk mendapatkan produk minyak zaitun murni, Anda bisa membelinya di apotik atau di minimarket.

  • Gunakan Campuran Bahan Alami yang Tepat

Jika Anda ingin menambahkan bahan alami lain sebagai campuran minyak zaitun, pastikan bahan yang Anda gunakan sesuai anjuran. Jangan asal menambahkan bahan-bahan lain, seperti bahan kimia karena bisa berbahaya bagi kulit wajah Anda.

  • Bersihkan Wajah

Sebelum menggunakan masker, bersihkan make up maupun debu di wajah Anda terlebih dahulu. Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk mencuci muka, agar kotoran lebih mudah terangkat.

  • Gunakan Kuas

Anda bisa menggunakan kuas untuk mempermudah mengaplikasikan masker ke wajah, sehingga hasilnya lebih rata. Gunakan kuas yang berjsih dan lembut agar tidak melukai wajah Anda.

  • Gunakan Air Bersih

Setelah menggunakan masker, bersihkan wajah dengan menggunakan air bersih. Kemudian Anda bisa melanjutkan dengan air dingin untuk menutjup pori-pori.

Cara Membuat Masker Zaitun

masker minyak zaitun dan kopi

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai masker wajah, baik secara langsung maupun dengan menggunakan bahan tambahan lain. Berikut ini beberapa cara membuat masker olive zaitun yang bisa Anda coba.

1. Minyak Zaitun Tanpa Bahan Tambahan

Anda bisa langsung menggunakan minyak zaitun sebagai masker alami untuk wajah, khususnya bagi Anda pemilik kulit wajah kering. Tuang minyak zaitun pada ujung jari Anda, lalu aplikasikan ke wajah secara merata sambil dipijak. Tutuplah wajah beberapa saat dengan menggunakan handuk hangat. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk halus.

2. Minyak Zaitun, Madu dan Putih Telur

Ketiga bahan tersebut dapat Anda padukan sebagai masker wajah yang berkhasiat menghaluskan kulit wajah, menjaga kelembaban, kekenyalan kulit, dan mencerahkan kulit secara alami. Campurkan putih telur, madu, dan minyak zaitun secukupnya. Aduk hingga rata, oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk halus.

3. Minyak Zaitun dengan Air Lemon

Kombinasi minyak zaitun dengan air lemon sebagai masker wajah berkhasiat untuk membuka pori-pori dan membersihkan sel kulit mati, sehingga mencerahkan wajah secara alami. Campurkan minyak zaitun dan air lemon, aduk merata, dan oleskan pada wajah. Pijat dengan lembut dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilang dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin.

 4. Minyak Zaitun dan Kopi

Tak hanya dijadikan bahan pembuatan minuman, kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Campurkan kopi bubuk dan minyak zaitun, aduk rata dan gunakan sebagai masker wajah. Pakailah kuas untuk meratakan masker di area wajah Anda.

 5. Minyak Zaitun dan Pepaya

Kombinasi buah pepaya dan minyak zaitun juga sanagt bagus untuk masker wajah. Haluskan buah pepaya yang sudah matang, tambahkan minyak zaitun, dan aduk hingga rata. Aplikasikan masker ini ke wajah secara merata.

Manfaat Masker Minyak Zaitun

wajah cerah bebas jerawat

Tahukah Anda, minyak zaitun yang digunakan sebagai masker wajah mingguan memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, diantaranya sebagai berikut:

Mencegah Penuaan

Salah satu tanda penuaan yaitu munculnya keriput di area wajah. Minyak zaitun bisa digunakan sebagai masker yang mampu menghilangkan tanda-tanda penuaan. Kandungan Hydroxytyrosol dan Vitamin E di dalam minyak zaitun dapat mengencangkan kulit wajah sehingga terlihat lebih muda.

Menghaluskan Wajah

Memiliki wajah yang halus adalah idaman semua wanita. Anda juga bisa mendapatkan wajah yang halus dengan menggunakan masker minyak zaitun secara rutin. Selain menghaluskan, minyak zaitun juga mampu menjaga kelembaban wajah.

Menghilangkan Flek Hitam

Masker minyak zaitun dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah, sehingga mampu memudarkan flek hitam. Kulit akan beregenerasi dan menghasilkan sel kulit baru yang lebih cerah dan sehat. Gunakan masker ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Menghilangkan Mata Panda

Bagi Anda yang memiliki masalah mata panda, Anda bisa menggunakan masker minyak zaitun untuk mengatasinya. Minyak zaitun mampu meregenerasi kulit wajah, sehingga kulit wajah di sekitar mata menjadi lebih cerah.

Mencegah Jerawat

Lebih baik melakukan pencegahan daripada mengobati yang sudah terjadi. Begitu pula manfaat masker olive oil zaitun yang mampu mencegah bakteri jahat penyebab jerawat berkembang di wajah Anda. Minyak zaitun bekerja dengan menangkal bakteri tersebut, sehingga kulit bebas dari jerawatkecil maupun jerawat batu (besar).

Efek Samping (Kekurangan Masker Zaitun)

masker minyak zaitun untuk jerawat

Menggunakan minyak zaitun sebagai masker memiliki dampak positif dan dampak negatif bagi sebagain orang. Efek samping penggunaan masker zaitun menyebabkan alergi, bruntusan di wajah, hingga peradangan kulit.

Efek samping bila kulit anda cocok dengan masker olive oil adalah menjadikan kulit anda lebih terlihat terang, putih dan bebas jerawat.

Tinggalkan komentar