Cara Membuat Masker Madu Untuk Wajah Tampak Halus

Cara Membuat Masker Madu Untuk Wajah Tampak Halus

Sangat banyak produk masker wajah yang bisa kita temui di modern ini. Namun yang alami dan aman tanpa efek samping sangat sulit ditemui. Seperti produk masker madu.

Bila seseorang akan mengunakan madu sebagai maskara wajah. Sudah pasti ia harus mengolahnya dari awal bahan mentah madu yang dicampurkan dengan bahan lain agar lebih mujarab dalam menjaga kecantikan wajah.

Begitu pula dengan anda? Tips untuk menjadikan madu sebagai maskara alami untuk wajah bukanlah hal yang mudah. Anda harus mengetahi sistem kerja madu dan manfaatnya agar tidak salah ketika ada efek yang timbul setelah penggunaannnya.

Berikut ulasan singkat cara membuat dan memakai masker madu untuk wajah tampak halus putih bersinar dengan baik dan benar supaya tidak terkena efek samping dari suhu panasnya madu.

Baca : 5 Kesaktian Masker Susu Dancow untuk Wajah Mulus

Cara Membuat Masker Madu

Buatlah masker madu sebagai perawatan wajah harian secara alami dengan beberapa cara sebagai berikut:

Madu Asli Murni tanpa Bahan Tambahan

Jenis madu yang baik untuk masker wajah adalah madu murni atau asli tanpa bahan herbal lainnya juga bisa digunakan sebagai masker. Adapun ciri-ciri madu murni sebagai berikut klik disini.

Caranya membuat masker ini sangat mudah, cukup siapkan madu murni secukupnya. Oleskan ke wajah secara merata. Tunggu selama 30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin.

Madu dan Air Lemon atau Jeruk Nipis

Anda juga bisa menambahkan air perasan lemon maupun jeruk nipis sebagai bahan tambahan maskara madu. Caranya, siapkan madu murni, tambahan air lemon (jika tidak ada lemon, gunakan jeruk nipis). Aduk rata, kemudian aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 25 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin.

Madu dan Pisang

Ingin kulit bersih dan terhindari dari flek hitam? Maka Anda bisa memanfaatkan madu dan buah pisang. Blender atau tumbuk pisang hingga halus, tambahkan madu murni dan aduk merata. Oleskan pada wajah sebagai masker. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin.

Madu dan Kunyit

Komposisi kunyit dan madu adalah dua bahan herbal yang bisa membantu mengatasi permasalahan kulit seperti peradangan dan jerawat. Campurkan madu dan bubuk kunyit atau kunyit asli yang dihaluskan. Aduk rata dua bahan tersebut, lalu aplikasikan ke wajah. Diamkan kurang lebih 25 menit, kemudian basuh dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin.

Madu dan Kayu Manis

Kayu manis bukan hanya dipakai untuk rempah-rempah masakan. Namun, bisa dimanfaatkan pula sebagai masker alami bersama madu. Campurkan madu dan bubuk kayu manis, kemudian aduk merata hingga membentuk pasta. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 20 menit. Basuh wajah dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin.

Madu dan Garam

Garam tidak hanya dapat berfungsi sebagai penyedap rasa masakan, namun bisa dimanfaatkan juga sebagai masker wajah tambahan madu. Campurkan madu dan garam secukupnya, aduk rata dan aplikasikan ke wajah sambil digosok perlahan seperti mengunakan scrub.

Madu dan Putih Telur

Kombinasi madu dan putih telur sebagai masker wajah dapat membantu mengencangkan kulit wajah, melembabkan, dan mengangkat sel kulit mati. Campurkan madu dan putih telur, aduk merata, kemudian aplikasikan ke wajah sebagai masker.

Madu dan Lidah Buaya

Madu dan lidah buaya merupakan dua bahan alami yang paling banyak digunakan untuk produk kecantikan. Anda juga bisa menjadikan keduanya sebagai masker alami untuk wajah. Campurkan madur dan gel lidah buaya, aduk merata hingga membentuk pasta. Selanjutnya aplikasikan ke wajah secara merata.

Baca : Cara Memakai Masker Teh Hijau untuk Wajah Berminyak

Tips Menggunakan Masker Madu

manfaat masker timun dan madu

Selama ini, madu digunakan untuk berbagai produk kecantikan karena bersifat antiseptik dan antiradang yang membantu menyelesaikan berbagai permasalahan kulit. Namun, tahukah Anda cara menggunakan masker madu secara alami? Berikut tipsnya!

Pilih Madu Murni

Siapkan madu murni, bisa diambil langsung dari sarangnya maupun membeli di apotik atau minimarket. Mengapa harus madu murni? Karena kandungan antibakteri dan khasiat lain dari madu murni masih banyak terkandung di dalamnya.

Cuci Bersih Wajah

Sebelum mengaplikasikan madu sebagai masker, bersihkan wajah Anda terlebih dahulu dari make up maupun debu. Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan wajah. Air hangat juga membantu membuka pori-pori, sehingga khasiat masker dari madu bisa terserat secara sempurna oleh kulit.

Hangatkan Madu

Sebelum mengaplikasikan madu, disarankan untuk menghangatkan madu terlebih dahulu. Tujuannya, agar madu bisa lebih mudah menempel pada wajah sehingga nutrisi dapat terserap oleh kulit wajah.

Pakailah Kuas untuk Mempermudah Pengaplikasian

Ada juga bisa menggunakan kuas masker untuk mengaplikasi madu ke wajah sehingga lebih rata. Gunakan kuas yang lembut dan bersih, agar bakteri tidak berpindah ke kulit wajah Anda.

Gunakan Air Hangat Dilanjutkan Air Dingin

Saat membasuh wajah setelah menggunakan masker, gunakan air hangat. Setelah bersih, lanjutkan dengan membasuh wajah menggunakan air dingin. Tujuannya, untuk kembali menutup pori-pori wajah sehingga tidak banyak debu yang menginfeksi kulit wajah melalui pori-pori.

Manfaat Masker Madu

manfaat masker madu

Sebagai masker wajah, madu memiliki beberapa manfaat yang luar biasa. Rasakan beberapa manfaat masker madu seperti di bawah ini:

Membantu Menyembuhkan Luka

Jika Anda memiliki bekas luka di daerah wajah, madu bisa digunakan sebagai bahan alami untuk penyembuhkan luka tersebut. Madu berkhasiat sebagai antibakteri, antiinflamasi, dan antifungal bagi kulit. Sehingga membantu Anda dalam proses penyembuhan luka akar atau sayatan di wajah Anda.

Mengatasi Infeksi Jamur

Infeksi jamur pada wajah seperti kurap dan panu bisa diatasi dengan penggunaan masker madu secara rutin. Anda bisa langsung mengaplikasikan masker ke bagian kulit yang mengalami masalah kurap atau infeksi lain. Secara bertahap kurap akan hilang dan kulit kembali normal.

Melembabkan Kulit Wajah

Bagi Anda pemilik kulit wajah kering, penggunaan masker madu sangat berguna untuk kesehatan wajah Anda. Madu mampu menutrisi kulit dan membuat kulit semakin lembab, sehingga tidak dehidrasi. Anda bisa langsung mengaplikasikan madu ke wajah sebagai masker maupun dengan bahan alami lainnya.

Mengatasi Jerawat

Madu juga berkhasiat untuk mengatasi jerawat di wajah yang bisa mengganggu penampilan Anda. Kandungan antiinflamasi dan antiabakteri dalam madu mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan meredakan pembengkakan atau peradangan akibat jerawat. Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa mengunakan masker madu di malam hari, dan lihat hasilnya di pagi harinya. Jerawat akan kempes dan mengering.

Mengatasi Jerawat

Madu juga berkhasiat untuk mengatasi jerawat di wajah yang bisa mengganggu penampilan Anda. Kandungan antiinflamasi dan antiabakteri dalam madu mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan meredakan pembengkakan atau peradangan akibat jerawat. Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa mengunakan masker madu di malam hari, dan lihat hasilnya di pagi harinya. Jerawat akan kempes dan mengering.

Sebagai Anti-Aging

Madu juga berkhasiat sebagai anti-aging karena mengandung mineral, vitamin, asam amino, dan zat antioksidan yang akan menenangakan kulit dan menghindarkan kulit dari tanda-tanda penuaan. Gunakan masker madu secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Baca : 5 Keunggulan Masker Pisang

Efek Samping ( Kekurangan Masker Madu)

Ada beberapa orang yang tidak cocok menggunakan masker madu dan menimbulkan efek samping, diantaranya gatal, wajah memerah, hingga terjadi peradangan di wajah. Hentikan pemakaian jika Anda mengalami hal tersebut. Jika parah, segera periksa ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Tinggalkan komentar