masker kunyit untuk wajah

7 Manfaat Masker Kunyit + Cara Membuat & Pemakaiannya

Manfaat Masker Kunyit dan Cara Pemakaiannya – Menjaga kesehatan kulit wajah merupakan hal wajib bagi manusia terutama wanita. Segala sesuatu akan dilakukan demi mulus & meronanya wajahnya.

Nah, dibalik semua itu pati harus ada upaya untuk merealisikan keinginan tersebut. Adapun dengan perawatan dokter kulit, salon, skincare ataupun perawatan intensif mandiri di rumah.

Bagi anda yang ingin memliki wajah putih, mulus dan halus dengan bahan alami dan bisa dilakukan hanya dengan di rumah saja ada beberapa varian masker wajah alami bisa anda coba, termasuk maskara dari bumbu dapur ini, masker kunyit.

Rempah yang memiliki nama latin curcuma longa ini sudah sangat banyak dipakai wanita modern dalam merawat wajah mereka lho. Pastikan anda juga terbebas dari jerawat dengan maskara bumbu dapur ini. Langsung saja berikut tips cara dan ringkasan manfaatnya.

Cara Membuat Masker Kunyit

manfaat masker kunyit

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat masker kunyit, diantaranya sebagai berikut:

  • Kunyit Asli Tanpa Tambahan Bahan Lain

Gunakan kunyit asli sebagai masker tanpa bahan alami lainnya. Bersihkan 1 ruas kunyit atau secukupnya, lalu tumbuk halus. Oleskan pada wajah secara merata. Jika Anda kesulitan mencari kunyit asli, Anda bisa menggunakan bubuk kunyit yang bisa Anda beli. Campurkan bubuk kunyit dengan sedikit air dan oleskan ke wajah sebagai masker.

  • Kunyit dan Beras

Penggunaan kombinasi beras yang direndam air lalu ditumbuk halus akan membantu kunyit memberi vitamin untuk wajah. Akan lebih sempurna lagi bila ditambahkan satu sendok cairan madu murni pada maskara kunyit + beras tersebut utnuk dioleskan ke wajah.

  • Kunyit dan Madu

Kunyit dan madu menjadi perpaduan bahan alami yang akan menutrisi wajah sehingga membuat wajah menjadi lebih sehat dan segar. Campurkan kunyit bubuk dan madu, lalu aduk hingga membentuk pasta. Oleskan ke wajah Anda secara merata dengan menggunakan kuas.

  • Kunyit dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang banyak digunakan dalam produk kecantikan. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai masker wajah dengan campuran bubuk kunyit. Campurkan kedua bahan tersebut, aduk rata, dan oleskan ke wajah. Diamkan masker sampai mengering di wajah, kemudian bilas dengan air hangat.

  • Kunyit dan Minyak Kelapa

Tak hanya minyak zaitun yang bisa digunakan sebagai masker wajah. Anda juga bisa mencampurkan kunyit dengan minyak kelapa. Campurkan kedua bahan tersebut dan aplikasikan ke wajah sebagai masker. Diamkan hingga kering, lalu cuci wajah hingga bersih.

  • Kunyit dan Susu

Perpaduan kunyit dan susu juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk membuat wajah lebih sehat dan terhindar dari berbagai permasalahan kulit wajah. Campurkan susu murni dangan bubuk kunyit, aduk rata, dan oleskan ke wajah sebagai masker.

  • Kunyit dan Yogurt

Gunakan kunyit dengan yogurt sebagai campuran pembuatan masker. Kedua bahan ini akan menutrisi wajah sehingga membuat wajah lebih halus, cerah, dan terhindar dari berbagai permasalahan kulit wajah seperti jerawat. Campurkan kedua bahan tersebut, dan aplikasikan ke wajah sebagai masker secara merata.

Tips Menggunakan Masker Kunyit

masker kunyit untuk wajah

Sebelum mengaplikasikan masker curcuma longa (kunyit) ke wajah, perhatikan tips menggunakan masker kunyit yang tepat sebagai berikut. Agar tidak salah pemkaian yang membuat efek buruk pada wajah anda.

1. Gunakan Seperlunya

Gunakan masker pada wajah seperlunya saja, jangan sampai berlebihan. Baik dari kuantitas ketika memakai atau jumlah penggunaanya dalam sehari. Disarankan menggunakan masker ini sehari 1 kali secara rutin.

2. Cuci Wajah

Sebelum mengaplikasikan ke wajah, pastikan wajah dalam keadaan bersih. Oleh sebab itu, bersihkan terlebih dahulu wajah dari make up maupun debu yang menempel.

3. Pakai Kuas

Untuk mengaplikasikan masker ke wajah, gunakan kuas bersih sehingga lebih higienis daripada menggunakan tangan. Selain itu, penggunaan kuas untuk mengoleskan masker ke wajah juga lebih merata.

4. Jangan Gunakan Terlalu Lama

Setelah mengaplikasikan masker ke wajah, pastikan Anda mengikuti aturan pakainya. Penggunaan masker curcuma longa disarankan maksimal 30 menit. Jadi setelah 30 menit, Anda harus segera membilas atau mencuci wajah Anda hingga bersih. Terlalu lama menggunakan masker justru membuat bakteri jahat berkembang biak.

5. Bilas dengan Air Bersih

Gunakan air bersih untuk membilas wajah setelah menggunakan masker.Air yang kotor cenderung mengandung banyak bakteri jahat yang jika Anda gunakan untuk mencuci muka, dapat menimbulkan permasalahan baru pada wajah Anda karena terinfeksi bakteri.

Manfaat Masker Kunyit

masker kunyit

Tak hanya sebagai bumbu dapur, kunyit juga dimanfaatkan sebagai masker wajah yang memiliki segudang manfaat. Berikut ini berapa manfaat masker kunyit.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan zat di daam kunyit mampu berperan aktif mencegah penuaan dini, khususnya di kulit wajah Anda. Karena kandungan kunyit dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit sehingga kulit wajah menjadi lebih sehat dan fresh.

Menghilangkan Jerawat

Jerawat memang dapat merusak penampilan Anda, maka dari itu segera atasi jerawat di wajah dengan menggunakan kunyit sebagai masker wajah. Gunakan masker ini sebagai perawatan rutin hingga jerawat sembuh dan hilang.

Menghaluskan Kulit Wajah

Penggunaan masker kunyit secara rutin, juga bisa membantu menghaluskan kulit wajah. Memiliki wajah yang halus tentu menjadi idaman setiap orang. Anda juga bisa mendapatkannya dengan menggunakan masker bubuk kuning ini secara rutin.

Membantu Menghilangkan Flek Hitam

Apakah Anda memiliki flek hitam di wajah? Hilangkan flek hitam secara alami dengan penggunaan maskara dari kunyit secara rutin. Masker ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit, sehingga menghasilkan sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah.

Mengurangi kulit kering

Kulit kering akibat paparan sinar matahari dan menuanya umur membuat sebgian dari kita tidak percaya diri untuk tampil tanpa make up. Dengan masker curcuma longa akan dapat mengatasi dan mengurangi kulit kering pada wajah anda.

Efek Samping (Kekurangan Masker Kunyit)

Penggunaan masker curcuma longa memang memberikan khasiat positif untuk wajah. Namun, beberapa orang ada yang mengalami efek negatif dari masker kunyit, seperti kulit wajah memerah, terasa gatal, hingga terjadi peradangan.

Segera hentikan pengunaan masker kunyit jika Anda mengalami masalah tersebut. Jika efek yang ditimbulkan parah, lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

husni

Solo (Spirit of Java) - Magetan - Young - Moslem - Publisher - Marketer Online - Student - Worker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *