Manfaat & Tips Memakai Masker Cuka Apel Untuk Mengatasi Jerawat

Manfaat & Tips Memakai Masker Cuka Apel Untuk Mengatasi Jerawat

Menggunakan masker wajah secara rutin akan dapat membuat wajah anda lebih cerah alami bebas jerawat. Dari beragam bahan alami masker wajah, masker cuka apel cukup efektif dalam bekerja mengurangi resiko jerawatan.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, cuka apel menjadi solutif dalam berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Banyak sekali lapak yang menawarkan berbagai jenis produk cuka apel.

Nah, dengan adanya pasar yang besar sudah pasti ada banyak pula pembeli dalam ukuran pasar tersebut. Sesuai fakta cuka apel juga lebih sering digunakan sebagai masker wajah dibanding untuk kegunaan lain.

Apakah anda juga tertarik untuk memakai masker alami ini sebagai perwatan wajah cantik anda? Simak ulasan singkat mengenai masker toner alami dari cuka apel berikut ini.

Tips Menggunakan Masker Cuka Apel

cuka apel bragg

Menggunakan cuka apel sebagai masker wajah tidak boleh sembarangan, karena bisa berbahaya bagi kulit wajah Anda sendiri. Maka dari itu, simak tips menggunakan masker  wajah dari cuka apel yang tepat dengan cara berikut ini!

  • Pilih Cuka Apel Asli

Berhati-hatilah saat membeli cuka apel, karena banyak beredar di pasaran cuka apel oplosan atau sudah tidak asli lagi. Agar lebih aman, belilah di apotik, minimarket, atau tempat-tempat terpercaya.

  • Larutkan Cuka Apel dalam Air

Jika Anda baru pertama kali mencoba cuka apel sebagai masker, lakukan pengecekan terlebih dahulu. Apakah kulit wajah Anda cocok dengan cuka apel?

Buatlah campuran antara air dan cuka apel dengan perbandingan lebih banyak air dibanding cuka apel. Kemudian cobalah aplikasikan ke kulit wajah Anda. Jika kulit tidak bereaksi gatal atau memerah, maka kulit cocok dengan cuka apel.

  • Gunakan Kapas atau Kuas

Gunakan kapas  atau kuas untuk mengaplikasikan toner cuka apel ke wajah Anda. Oleskan secara merata dan hindari area sensitif seperti mata. Anda juga bisa menggunakan tambahan bahan alami lainnya sebagai tambahan maskara cuka apel.

Cara Membuat Masker Cuka Apel

cara membuat ramuan masker wajah

Untuk pembuatan masker cuka apel, Anda bisa melakukan beberapa cara sebagai berikut:

Cuka Apel dan Baking Soda

Gunakan campuran cuka apel dan baking soda untuk membuat masker wajah yang berkhasiat meredakan peradangan pada kulit wajah.

Kedua bahan tersebut mampu mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan keseimbangan pH kulit. Campurkan cuka apel dan baking soda secukupnya, aduk rata, kemudian oleskan pada bagian wajah. Biarkan sekitar 20 menit, lalu bisa hingga bersih.

Cuka Apel dan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang bisa meredakan peradangan di kulit. Dengan mengombinasikan cuka apel dan lidah buaya sebagai masker, akan membantu membunuh bakteri penyebab peradangan maupun jerawat di wajah.

Campurkan cuka apel dengan gel lidah buaya, lalu tempatkan pada wadah dan kocok atau aduk hingga tercampur rata. Aplikasikan ke wajah sebagai masker atau Anda juga bisa menjadikannya sebagai toner dengan cara disemprotkan ke wajah setiap hari.

Cuka Apel, Teh Hijau, Madu, dan Gula Pasir

Keempat bahan tersebut berkhasiat sebagai antioksidan yang mampu mengurangi peradangan, memberikan efek relaksasi di kulit wajah, mengangkat sel kulit mati, dan membantu proses regenerasi kulit wajah.

Gunakan teh hijau dalam bentuk bubuk, lalu tambahkan cuka apel, madu murni, dan gula pasir (pilih butiran gula yang sedikit kasar). Campur keempat bahan tersebut dan aduk hingga rata. Aplikasikan ke wajah, sambil digosok seperti sedang melakukan scrub wajah.

Manfaat Masker Cuka Apel

manfaat masker cuka apel

Cuka apel adalah hasil fermentasi buah apel yang bisa dimanfaatkan untuk masker wajah. Masker asam apel ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

Membantu Mengurangi Bintik Penuaan

Semakin bertambah usia, seringkali muncul bintik-bintik hitam di wajah. Untuk memudarkan bintik-bintik hitam tersebut, tersedia produk kecantikan dengan kandungan AHA.

Namun dijual dengan harga yang cukup mahal. Dengan menggunakan cuka apel, Anda tidak perlu membeli produk mahal tersebut, karena menggunakan cuka apel sebagai masker bisa membantu mengurangi binti hitam akibat penuaan.

Baca juga tips menghilangkan bintik flek hitam wajah dengan menggunakan masker alami minyak zaitun di artikel berikut ini Manfaat Minyak Zaitun Untuk Masker Wajah.

Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

Jika Anda memiliki masalah kulit kering atau berminyak, gunakan cuka apel sebagai masker wajah. Cuka apel mampu mengatasi masalah tersebut, karena dapat menyeimbangkan pH kulit wajah.

Sehingga wajah yang awalnya kering menjadi lebih lembab. Begitu pula jika wajah Anda berminyak, cuka apel mampu mengurangi produksi minyak di kulit wajah.

Mengatasi Jerawat

Jika Anda memiliki masalah jerawat di wajah, atasi dengan cuka apel. Gunakan masker alami cuka apel secara rutin untuk mengatasi jerawat membandel. Kandungan asam malat dari cuka apel dapat berperan sebagai antijamur dan antibakteri. Sehingga mampu membutuh bakteri jahat penyebab jerawat.

Mengecilkan Pori-Pori

Memiliki pori-pori besar di wajah bisa mengganggu penampilan karena kulit wajah terlihat kasar. Anda bisa mengecilkan pori-pori wajah secara sederhana yaitu penggunaan masker dari cuka apel. Kandungan AHA dalam cuka apel dapat membantu mengecilkan pori-pori, sehingga membuat kulit lebih halus dan cerah secara alami.

Mengeluarkan Racun di Kulit Wajah

Paparan sinar matahari terlalu lama bisa menimbulkan permasalahan kulit. Tak hanya itu saja, polusi udara dan radikal bebas yang menempel pada kulit wajah dapat menyebabkan munculnya jerawat, komedo, dan kulit kusam. Atasi masalah tersebut dengan menggunakan cuka apel sebagai masker.

Cuka apel akan membantu mengeluarkan racun dalam kulit wajah Anda karena kandungan betakarotin yang terdapat di dalamnya.

Efek Samping (Kekurangan Masker Cuka Apel)

Meskipun memberikan khasiat luar biasa untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kulit wajah, tetapi masker cuka air apel juga dapat menimbulkan efek samping negatif. Diantaranya yaitu menyebabkan kulit kering, sensasi kulit terbakar, iritasi, hingga perubahan warna kulit yang parah (hiperpigmentasi).

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh Lain

manfaat cuka apel

khasiat cuka apel

cuka apel

Tinggalkan komentar