Manfaat Tersembunyi Masker Bawang Putih Untuk Wajah Berjerawat

Manfaat Tersembunyi Masker Bawang Putih Untuk Wajah Berjerawat

Tak hanya membuat wajah kusam, jerawat juga mengurangi kepercayaan diri seseorang. Maka dari itu solusi yang tepat untuk mengatasi jerawat harus segera ditemukan. Salah satunya memnafaatkan masker bawang putih.

Dengan sifat panasnya pada kulit membuat reaksi yang mematikan bakteri jahat pada wajah anda. Ditambah dengan nustrisi pada bawang putih juga dapat menyamarkan bekas luka jerawat dan membuat kulis menjadi halus kembali.

Untuk dapat mengkaji lebih jelas apa saja manfaat bawang putih untuk masker wajah dan bagaimana cara membuat masker wajah alami. Simak dengan baik ulasan berikut ini.

Cara Membuat Masker Bawang Putih

masker bawang dan madu

Untuk membuat masker bawang putih, pastinya perlu resep campuran agar bawang tak terlalu panas pada kulit wajah. Nah, utnuk itu anda bisa mengaplikasikan beberapa cara berikut ini!

  • Bawang Putih Halus

Anda bisa menggunakan bawang putih asli untuk membuat masker wajah. Masker bawang ini berkhasiat untuk menghilangkan jerawat di wajah. Siapkan beberapa siung bawang putih (2-3 siung/secukupnya), kupas kulitnya dan blender atau tumbuk hingga halus. Selanjutnya, Anda bisa langsung mengoleskan masker ini ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan semalaman, dan bilas dengan air bersih keesokan harinya.

  • Bawang Putih dan Madu

Bawang sebagai penagkal jerawat dan madu sebagai penyeimbang pH pada kulit, merupakan kombinasi sempurna. Cara membuat maskernya, anda cukup siapkan satu sendok madu murni dan satu sendok bawang putih yang sudah halus ditumbuk. Lulurkan sebagai masker wajah selama 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat bila selesai.

  • Bawang Putih dan Tomat

Perpaduan bawang putih dan tomat dapat dijadikan masker wajah untuk mengatasi penuaan. Siapkan beberapa bawang putih dan tomat (usahakan yang masih segar). Haluskan kedua bahan tersebut dengan diblender atau ditumbuk. Gunakan masker ini untuk dioleskan secara merata ke wajah. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

  • Bawang Putih dan Minyak Kayu Putih

Bagi Anda yang memiliki stretch mark, gunakan masker ini untuk mengatasi permasalahan Anda. Haluskan bawang putih dengan diblender atau ditumbuk, kemudian tambahkan minyak kayu putih. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata dan oleskan ke bagian tubuh yang mengalami stretch mark. Tunggu beberasa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

Tips Menggunakan Masker Bawang Putih

menghilangkan jerawat dengan masker bawang putih

Bawang putih bukan hanya berguna sebagai bumbu masakan, namun berkhasiat pula sebagai masker wajah untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Berikut tips menggunakan bawang putih sebagai masker.

1. Pilih Bawang Putih yang Segar

Usahakan memilih bawang putih yang masih segar, agar kandungan di dalam bawang putih mampu bekerja secara optimal saat digunakan sebagai masker. Bersihkan bawang putih dari kotoran seperti tanah.

2. Gunakan Masker Secukupnya

Bawang putih mengandung senyawa aktif yang bersifat panas. Efek panas ini bisa Anda rasakan setelah mengaplikasikan masker bawang putih ke wajah. Oleh sebab itu, pastikan selalu menggunakan masker ini secukupnya sehingga tidak menimpulkan efek samping negatif bagi wajah Anda.

3. Cuci Wajah dan Tangan Hingga Bersih

Selalu pastikan bahwa sebelum Anda menggunakan masker wajah, cucilah wajah Anda hingga bersih. Hal ini agar nutrisi yang ada di dalam masker dapat terserap secara maksimal oleh kulit wajah Anda.

Tak hanya mencuci wajah, jika Anda mengoleskan masker dengan menggunakan tangan, pastikan Anda sudah mencuci tangan hingga bersih. Tangan yang kotor bisa menyebabkan terjadinya perpindahan bakteri dari tangan ke wajah.

4. Gunakan Kuas Wajah

Anda juga bisa menggunakan kuas wajah untuk membantu mengaplikasikan masker ke wajah, sehingga lebih merata. Namun, perlu diingat bahwa kuas yang Anda gunakan memang khusus sebagai kuas masker wajah. Pastikan pula kuas dalam keadaan bersih.

Manfaat Masker Bawang Putih

masker bawang putih

Sebagai masker, bawang putih memiliki beberapa manfaat luar biasa dalam menjaga kesehatan kulit anda, berikut diantaranya:

Membantu Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam di wajah memang cukup mengganggu penampilan,. Flek hitam ini bisa disebabkan oleh sel kulit mati. Namun, tak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan bawang putih untuk menghilangkan flek hitam membandel di wajah.

Menghilangkan Stretch Mark

Stretch mark kerap terjadi pada wanita hamil. Meskipun tidak banyak terlihat, namun hal ini cukup mengganggu sebagian besar wanita. Untuk menghilangkan stretch mark tersebut, Anda bisa menggunakan air bawang putih dan minyak hangat atau minyak kayu putih, kemudian dioleskan ke bagian yang mengalami stretch mark.

Mengatasi Jerawat

Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat di wajah, gunakan masker bawang putih untuk mengatasinya. Bawang putih mengandung aktibakteri dan antioksidan yang mampu membunuh bakteri jahat penyebab jerawat. Anda hanya perlu menempelkan irisan atau tumbukkan bawang putih ke bagian wajah yang berjerawat.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati dapat menyebabkan wajah terlihat kusam, dan muncul permasalahan wajah seperti jerawat dan komedo. Maka dari itu, Anda perlu rajin mengangkat sel kulit mati tersebut. Salah satu caranya dengan menggunakan maskara bawang putih.

Mengatasi Penuaan

Semakin berumur, tanda-tanda penuaan seperti keriput akan mulai muncul di wajah. Jika hal tersebut sudah terjadi pada Anda, atasi dengan menggunakan bawang putih sebagai masker untuk menghilangkan garis keriput dan membuat Anda lebih terlihat muda.

Efek Samping Masker Wajah Bawang Putih

Meskipun mampu menyelesaikan berbagai permasalahan kulit wajah, namun bawang putih juga mempunyai beberapa efek buruk. Penggunaan masker bawang berlebihan bisa menyebabkan timbul sensasi rasa panas di wajah, perih, wajah menjadi memerah, menimbulkan peradangan, hingga jerawat melepuh yang bisa merusak jaringan kulit.

Oleh sebab itu, gunakan masker ini sucukupnya saja. Jangan berlebihan mengoleskan bawang putih ke wajah, karena bawang putih mengandung senyawa aktif yang bersifat panas.

Tinggalkan komentar