Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil Yang Jarang Diketahui

Manfaat kurma Sari –  Sari kurma adalah sari yang didapat dari buah yang berasal dari Tanah Arab, kurma adalah makanan yang memiliki rasa manis, dan disukai oleh siapa pun. Karena itu, selama ribuan tahun kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah.

Ada banyak jenis kurma di daerah timur tengah. Pohon kurma seperti pohon palem, karena bentuk pohon palem yang kecil dan lonjong seperti palem. Ketika mulai dewasa, kurma akan kekuning-kuningan, menunjukkan bahwa mereka siap untuk dipanen.

Kandungan Sari Kurma

Ketika bulan Ramadhan datang, para penikmat kurma akan mencari kurma, banyak orang menjual kurma di bulan puasa. Ini karena nabi S.A.W menyunnahkan berbuka puasa dengan kurma terlebih dahulu, jika tidak ada, maka manisan. Begitu banyak orang mencari kurma selama bulan puasa.

Di balik semua kurma, kita bisa menambahkan jus kurma untuk membuat minuman herbal. Banyak sekali manfaat sari kurma yang bisa digunakan untuk obat-obatan herbal. Dalam manfaat sari kurma mengandung bahan yang baik untuk kesehatan kita, sehingga banyak orang yang penasaran.

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

Pertahankan nutrisi kehamilan

Selama kehamilan, wanita membutuhkan jumlah nutrisi tertentu yang lebih besar daripada wanita yang tidak hamil. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, mereka bisa mengonsumsi jus kurma. Bahkan konsumsi harian sangat dianjurkan untuk mengatasi malnutrisi pada ibu hamil.

Manfaat nutrisi dari kurma ini adalah untuk membantu wanita mengatasi kontraksi otot dan membantu wanita hamil mempertahankan resistensi selama persalinan. Jadi energi yang dikeluarkan selama suplai lebih optimal dan tidak mudah melemah.

Untuk ibu hamil pasca melahirkan

Kandungan kurma yang baik, membuat olahan nya yaitu sari kurma menjadi sangat penting bagi wanita yang tengah hamil.  Dengan manfaat sari kurma menghasilkan hormon sejenis oksitosin yang dapat merangsang kontraksi pada otot polos rahim pada saat menjelang kelahiran dan ketika melahirkan.

Manfaat sari kurma sangat bermanfaat untuk pengiriman yang lancar. Selain itu, manfaat sari kurma dapat membantu menstabilkan nutrisi dan darah ibu setelah melahirkan.

“Artikel Terkait : 11+ Manfaat Buah Tin Yang Sangat Kompleks Untuk Kesehatan

Manfaat Sari Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Membuat rambut lebih tebal

Untuk orang-orang dengan rambut halus, penyebabnya mungkin karena tubuh kekurangan nutrisi khusus yang mencegah folikel rambut berfungsi optimal. Mengkonsumsi jus kurma penting untuk menyediakan nutrisi dalam bentuk vitamin E dan zat khusus yang meningkatkan folikel rambut. Nutrisi ini akan menutrisi rambut dari dalam dan membuatnya lebih tebal.

Menjaga kesehatan kulit

Konsumsi jus kurma juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Senyawa dan berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A dan E, dapat bermanfaat langsung bagi kulit kita. Mengkonsumsi jus kurma setiap hari secara teratur akan membuat kulit mengkilap, anti kusam dan tidak bersisik.

Berkontribusi pada nutrisi untuk kulit

Sari kurma mengandung nutrisi yang tepat untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Trombosit dalam darah juga merupakan salah satu nutrisi yang paling tepat untuk menjaga kesehatan kulit. Konsumsi harian sari kurma direkomendasikan untuk semua orang yang ingin memiliki kulit yang sehat, halus dan lembut.

Sumber antioksidan alami

Jus kurma mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan ini sangat baik untuk mencegah tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas akan merusak sel-sel sehat dalam biji sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh. Konsumsi jus kurma untuk remaja, dewasa dan orang tua sangat dianjurkan untuk mencegah pertumbuhan dini sel kanker.

Kurangi kadar LDL (kolesterol jahat)

LDL adalah jenis kolesterol jahat yang dapat menyebabkan masalah pada jantung dan menjadi pemicu utama stroke pada lansia. Manfaat sari kurma juga dapat menjaga jumlah LDL dalam tubuh karena mengandung serat yang sangat tinggi. Serat alami ini dapat membantu tubuh menjaga kesehatan jantung dan mengatasi kelebihan LDL dalam tubuh.

Menambah berat badan

Bagi sebagian orang, berat badan ideal tidak hanya cocok dengan penampilan, tetapi juga dapat membantu tubuh menjaga kesehatan. Berat badan akan membantu tubuh meningkatkan kebutuhan nutrisi tubuh sehingga lebih sehat dan dalam kondisi fisik yang lebih baik.

Manfaat sari kurma adalah sumber karbohidrat alami yang sangat berguna untuk menambah berat badan. Konsumsi harian sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga berat badan seseorang. Manfaat jus kurma lain juga bisa memberikan nafsu makan yang normal, sehingga pelaku diet tidak mudah kelaparan.

Pengobatan sembelit

Sembelit biasanya disebabkan oleh usus yang tidak mendapatkan serat yang cukup. Selain itu, kondisi pencernaan yang kurang akan membuat feses menjadi lebih keras dan menyebabkan sembelit. Dengan kondisi ini, dapat menyebabkan buang air besar menjadi lebih menyakitkan dan dapat menyebabkan wasir.

Sari kurma sangat baik untuk memenuhi kebutuhan serat alami sehingga bisa menghilangkan masalah sembelit. Untuk orang dewasa yang tidak mengkonsumsi serat alami dari sayuran secara teratur, sangat disarankan untuk mengkonsumsi kurma harian, sehingga pencernaan menjadi teratur.

Cara Membuat Sari Kurma

cara membuat sari kurma

Alat dan bahan

  1. Kurma secukupnya
  2. Blender
  3. Panci
  4. Alat press buah
  5. Fruktosa dan glukosa

Proses pembuatan

  1. Rendam kurma di dalam air selama 1 malam.
  2. Pisahkan biji dan daging kurma.
  3.  Blender daging kurma sampai halus.
  4. Lalu press kurma yang telah halus sampai mengeluaran air sari kurma.
  5. Lakukan proses memeras kurma berkali-kali dengan ditambahkan sedikit air.
  6. Kemudian masak air kurma agar cairan air sedikit berkurang tanpa mengurangi nutrisinya.
  7. Tambahkan fruktosa dan glukosa untuk menambah kandungan gizi dan rasa manis.
  8. Sari kurma buatan anda sudah siap dikonsumsi.

Bagi anda yang tidak sempat untuk membuat sari kurma secara manndiri. Anda dapat memilikinya secara instan karena sekarang sudah banyak penjual sari kurma dalam kemasan botol. Untuk harganya 1 botol 350gram sekitar Rp 20.000-45.000 tergantung merk.

Dosis Konsumsi Sari Kurma

Dalam mengkonsumsi sesuatu pasti ada kadar yang harus disesuaikan. Konsumsi yang kurang membuat kurang sehat, konsumsi yang berlebih juga overdosis.  Maka disini saya akan memberitahu dosis dari sari kurma dan kapan sebaiknya sari kurma dikonsumsi sesuai saran Dokter :

  • Dewasa. 3 kali sehari 1 sendok makan.
  • Anak 3 kali sehari ½ sendok makan.

Sari kurma dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Waktu yang baik untuk mengkonsumsi sari kurma adalah masing-masing pada pagi hari, sore hari dan sebelum tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *