Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Jantung

Berbagai macam manfaat kurma yang tidak semua orang tahu. Tentunya Anda sudah tahu bentuk dan wujud kurma. Buah yang sering muncul ketika memasuki bulan Ramadhan yang dikenal memiliki banyak manfaat. Tapi, tahukah Anda manfaat dari kurma tersebut? Mungkin hanya sedikit yang mengetahui manfaat kurma tersebut. Padahal ada banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Disamping itu, saat kita mengkonsumsi kurma sebanyak apapun, anehnya tidak menyebabkan orang terkena diabetes. Kenapa bisa begitu? Dibawah telah kami jelaskan. Sebelum melangkah ke manfaat kita lihatkan dahulu apa saja kandungan dari buah kurma yang dikatakan sangat favorit sebagai buah ajaib di Timur Tengah.

 

kandungan buah kurma

 

Kurma adalah buah yang biasanya tumbuh di daerah kering. Buah ini yang memiliki rasa manis dan memiliki banyak manfaat. Meskipun bentuknya kecil, nutrisi dalam kurma sangat besar, sehingga mereka dapat memberikan manfaat kesehatan. Berikut kami jelaskan manfaat kurma yang tidak semua orang tahu.

“Artikel Terkait : Khasiat & Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Kurma mengandung serat tinggi. Dalam ¼ cangkir kurma mengandung 3 gram serat. Jumlahnya cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan serat harian manusia. Dengan memuaskan kebutuhan serat Anda per hari (sekitar 25-30 gram/hari), ini dapat memfasilitasi pencernaan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

KDItambah lagi dengan, kurma dapat membantu Anda mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti mencegah sembelit, diare, kanker usus besar dan lainnya. Apalagi bila sudah dioleh menjadi ramuan sari kurma. Kurma juga dapat membantu tubuh Anda menyerap nutrisi dari makanan, sehingga penggunaan nutrisi lebih efektif.

  • Mencegah risiko diabetes

Walaupun kurma memiliki rasa manis, tetapi bukan berarti kurma dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Faktanya, kandungan serat pada kurma dapat membantu Anda mengurangi risiko diabetes. Serat dapat membantu tubuh mengendalikan gula darah.

Penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal pada 2011 juga menunjukkan bahwa meskipun kurma mengandung kadar gula alami yang tinggi, kurma memiliki indeks glikemik yang rendah. Dengan demikian, kurma tidak langsung dapat meningkatkan kadar gula darah setelah dimakan.

  • Tingkatkan kesehatan jantung

Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Kurma juga mengandung magnesium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kalium yang ada pada kurma juga memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kandungan serat dalam kurma juga bermanfaat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Ternyata, kurma juga mengandung antioksidan kuat yang bisa melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Karena itu, mengonsumsi data dua kali seminggu dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda dan membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

  • Meningkatkan kesehatan tulang

Kurma mengandung banyak mineral yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Beberapa di antaranya merupakan tembaga , selenium, mangan, dan magnesium. Dengan memenuhi kebutuhan mineral ini, kesehatan dan kekuatan tulang Anda akan terjaga. Selain itu, juga dapat membantu mencegah osteoporosis di masa depan.

  • Cegah anemia

Manfaat Kurma juga mengandung zat besi tinggi. Jadi, ini menjadikan kurma sebagai sumber makanan untuk mencegah anemia. Kandungan zat besi ini dapat menggantikan hilangnya zat besi, meningkatkan energi dan juga mengurangi rasa letih dan lesu.

“Artikel Terkait : 11+ Manfaat Jahe Merah – Sangat Kompleks Untuk Kesehatan

Manfaat Kurma Sebagai Pengobatan

manfaat buah kurma

1. Pertahankan kekuatan tulang

Salah satu bahan utama yang ditemukan dalam kurma adalah kalsium. Nah, kandungan kalsium dalam kurma inilah bisa menguatkan tulang kita. Untuk anda yang ingin menjaga kesehatan tulang, sangat disarankan untuk mengkonsumsi kurma.

2. Meningkatkan pencernaan

Kurma mengandung banyak serat dan nutrisi yang dapat memfasilitasi pencernaan Anda. Dengan makan kurma terus menerus, pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan akan terstimulasi.

3. Pengobatan anemia

Kurma memiliki kandungan mineral yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Secara khusus, kandungan zat besi mineral dalam kurma sangat cocok untuk pengobatan pasien anemia. Kurma dapat menambah kekuatan dan mengurangi kelesuan dan kelemahan.

4. Meningkatkan energi

Dengan kadar gula alami yang tinggi, kurma dapat menjadi makanan ringan yang sempurna untuk meningkatkan energi Anda. Bahkan kandungan gula alami tidak akan membuat gula darah Anda tidak stabil. Kurma sangat baik untuk kesehatan penderita diabetes.

5. Menjaga kesehatan saraf

Kurma memiliki banyak vitamin yang dapat memperkuat fungsi saraf. Secara khusus, kandungan kalium dalam kurma yang dapat membantu mempercepat dan menyehatkan fungsi otak. Kemudian, tidak ada lagi nama Tel-mi atau pemikiran terlambat!

6. Mengobati alergi

Secara umum, kandungan belerang sangat jarang ditemukan dalam makanan. Nah, satu-satunya hal tentang kurma adalah telah ditemukan dalam kandungan sulfur organik. Kandungan sulfur organik ini dapat mengurangi reaksi alergi dalam tubuh Anda atau alergi musiman lainnya.

7. Cegah sembelit

Buah kurma mengandung serat tinggi. Dalam sebuah penelitian yang diketahui, bahwa manfaat kurma dapat memperlancar pencernaan, termasuk membantu dalam proses buang air besar, untuk mencegah sembelit.

8. Kontrol gula darah

Serat pada kurma juga membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu banyak setelah makan. Selain itu, kurma dapat membantu mengontrol gula darah karena indeks glikemiknya yang rendah dan perannya sebagai antioksidan.

9. Cegah penyakit Alzheimer

Dalam hasil studi laboratorium, kurma ditemukan sangat berguna dalam mengurangi tanda-tanda peradangan, seperti interleukin 6 (IL-6) di otak. Tingginya kadar IL-6 di otak berhubungan dengan risiko kerusakan neurologis, seperti penyakit Alzheimer.

10. Bantu pengiriman normal

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kurma secara teratur dalam minggu-minggu terakhir sebelum persalinan akan mempengaruhi pelebaran serviks, yang mungkin membantu persalinan normal.

“Artikel Terkait : 11+ Manfaat Buah Tin Yang Sangat Kompleks Untuk Kesehatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *