Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan & Kecantikan Wajah

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan & Kecantikan Wajah

Ada berbagai macam khasiat dari rempah-rempah yang berwarna kuning ini. Bisa dibilang sangat komplek manfaat kunyit, baik untuk kesehatan dan untuk kecantikan wajah.

Kombinasi kegunaan lainnya juga sangat populer dan banyak bila dicampurkan dengan ramuan lain. Guna menjadi suatu zat untuk kegunaan tertentu bagi kesehatan tubuh tentunya.

Nah, untuk lebih lanjut menyingkap rahasia kunyit bagi pemakainya. Simak ulasan berikut ini secara teliti agar tak ketinggalan berita mengenai si kuning ajaib ini.

Baca : 5 Alasan Penting Mengapa Anda Butuh Kayu Manis

Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

khasiat kunyitSebagai anti radang alami

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai suatu bahan yang membantu mengatasi masalah radang. Peradangan yang terjadi didalam tubuh memang menjadi cikal bakal dari munculnya berbagai macam penyakit baik penyakit ringan sampai dengan penyakit kronis.

Didalam kunyit akan Anda temukan kandungan kurkumin yang sangat tinggi dimana kandungan kurkumin tersebut dapat memberikan banyak manfaat kepada tubuh. Salah satunya adalah menjadi suatu agen anti inflamasi.

Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat kunyit yang selanjutnya adalah dapat membantu dalam peningkatan kekebalan tubuh. Didalam kunyit kandungan kurkuminnya mampu membantu dalam mencegah radikal bebas yang mengganggu sistem DNA.

Sistem DNA tersebut yang berkontribusi atas peningkatan imunitas atau sistem kekebalan tubuh didalam tubuh manusia. Ketika sistem DNA didalam tubuh manusia dalam kondisi rendah, tentu hal tersebut menjadikan manusia mudah terserang berbagai macam penyakit.

Membantu meningkatkan kesehatan jantung

Berbagai macam vitamin dan mineral seperti halnya zat besi dan potassium yang terdapat didalam kunyit sangat diperlukan dalam membangun sel darah merah. Sementara kalium didalam kunyit dapat membantu mengontrol tekanan darah dan denyut jantung.

Dengan manfaat tersebut, kunyit sangat penting membantu meningkatkan kesehatan jantung utamanya bagi mereka yang menderita sakit jantung dan berpotensi mengalami penyakit tersebut. Sekaligus dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler yang lain.

Membantu mencegah Alzheimer

Khasiat kunyit bagi kesehatan yang lainnya adalah membantu mengurangi potensi seseorang menderita alzheimer. Penyakit alzheimer ini merupakan suatu penyakit neurodegenerative yang menjadi penyebab utama seseorang mengalami demensia.

Sejauh ini memang masih belum ada pengobatan yang ampuh dalam mencegah Alzheimer. Akan tetapi Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi kunyit secara rutin.

Membantu menyehatkan sistem cerna

Bakteri jahat didalam perut dapat menimbulkan terjadinya berbagai penyakit mulai dari diare, sembelit dan sebagainya. Kandungan kurkumin didalam kunyit dapat membantu dalam menyehatkan sistem pencernaan manusia.

Membantu mengobati penyakit asma

Bagi Anda yang mengalami asma, Anda bisa campurkan satu sendok bubuk kunyit yang kemudian Anda campur dengan satu gelas susu hangat. Ramuan kunyit tersebut sangat efektif dalam membantu mengobati flu, pilek, asma dan batuk serta berbagai masalah sistem pernapasan yang lainnya.

Baca : 7 Manfaat Bumbu Ketumbar Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

manfaat masker kunyit

Tidak hanya punya banyak khasiat untuk kesehatan, kunyit juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Manfaat kunyit untuk wajah diantaranya.

Mengatasi masalah jerawat

Untuk mengatasi masalah jerawat, Anda bisa buat masker wajah dari kunyit. Caranya dengan Anda campurkan satu sendok makan bubuk kunyit atau 2 sendok makan air perasan kunyit segar. Kemudian campurkan dengan sedikit saja madu dan yoghurt.

Aduk secara merata sampai menjadi pasta yang kental. Kemudian gunakan masker wajah ini kurang lebih selama 15 menit. Jangan terlalu lama karena kunyit juga mengandung pewarna kuning kuat yang sulit hilang. Selanjutnya bilas sampai bersih.

Baca selengkapnya mengenai ulasan masker kunyit untuk mengatasi jerawat dan flek di wajah di artikel berikut ini, masker kunyit.

Membantu mengatasi masalah kulit wajah berminyak

Kunyit dapat membantu mengontrol kelebihan produksi minyak dan juga sebum di pori – pori Anda. Anda juga dapat menjadikan kunyit sebagai masker untuk mengatasi kulit berminyak. Cara memanfaatkan kunyit sebagai masker kulit berminyak cukup mudah.

Anda cukup campurkan dengan 2 sendok makan bubuk kunyit bersama 3 sendok makan sari jeruk lemon atau jeruk nipis matang. Kemudian gunakan masker ini di wajah. Biarkan kurang lebih selama 15 menit dan bilas dengan air hangat sampai bersih.

Menyamarkan kerutan dan mencegah terjadinya penuaan dini

Kandungan nutrisi yang terdapat didalam kunyit juga besar manfaatnya dalam mengatasi kerutan dan memperlambat terjadinya proses penuaan dini. Untuk bisa mendapatkan efek anti penuaan dini dari kunyit, buat masker kunyit.

Ada beberapa ramuan bahan yang Anda harus siapkan. Beberapa ramuan bahan tersebut diantaranya 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok makan jus tomat.

Selanjutnya haluskan dan campurkan semua bahan diatas. Gunakan masker di wajah dan leher Anda. Kemudian diamkan kurang lebih selama 20 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Itulah berbagai manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan wajah yang penting Anda tahu. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar