Manfaat Kencur Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wanita

Manfaat Kencur – Salah satu tanaman berkhasiat yang terkenal di Indonesia adalah kencur. Dengan nama latin kaempferia galnga, kencur masuk dalam jenis klasifikasi keluarga jahe. Maka tak heran bila beberapa orang sulit membedakan bentuk jahe dan kencur.

Oh ya, tanaman ini sudah lama dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dan juga kecantikan seseorang. Nayatanya selalu hadir di beberapa resep masakan Indonesia.

Jadi orang zaman dahulu selain mebuat rambuan hrebal minum tardisiaonal dan memasak dengan rempah pilihan, mereka juga memilah rempah mana yang dapat menambah selera rasa dan berkhasiat untuk kesehatan.

Untyuk lebih lanjut mengenal manfaat kencur mari simak rangkuman berikut ini yang perlu kamu ketahui sebelum menolak makan dengan rempah kuning ini.

Baca : 5 Alasan Mengapa Anda Butuh Kayu Manis

Khasiat Kencur Untuk Kesehatan

beras kencur

Sebagai obat mengatasi radang lambung

Manfaat kencur untuk kesehatan yang pertama adalah mengatasi masalah radang lambung. Cara memanfaatkan kencur untuk mengatasi radang lambung adalah dengan Anda memarut kencur. Kemudian peras airnya dan campur dengan menggunakan air hangat.

Selanjutnya Anda bisa minum secara rutin agar tubuh kembali sehat. Ada baiknya Anda konsumsi ramuan kencur secara rutin dengan dicampur kunir dan jahe yang dapat menghangatkan tubuh dan meningkatkan nafsu makan setelah radang lambung Anda alami.

Meredakankembung dan masuk angin

Kencur merupakan salah satu bahan yang dapat menjadi penghangat alami untuk tubuh Anda. Karenanya, akan sangat tepat jika Anda menjadikan kencur sebagai obat jika sedang terserang perut kembung dan masuk angin.

Cara mengatasi perut kembung dan masuk angin juga sangat mudah dengan menggunakan kencur. Salah satunya adalah dengan Anda campurkan air perasan parutan kencur dengan air hangat dan juga garam. Kemudian konsumsi larutan ini dua kali sehari untuk membantu menghilangkan perut kembung dan gejala masuk angin yang Anda rasakan.

Membantu meredakan keseleo

Manfaat kencur salah satunya juga berfungsi dalam mengobati kaki yang terkilir atau keseleo. Hal ini karena kencur memiliki fungsi sebagai penghangat alami yang dapat melemaskan otot – otot dan urat yang tegang akibat terkilir atau keseleo.

Cara mengonsumsi kencur untuk meredakan keseleo adalah dengan Anda memarutnya sampai halus. Kemudian campurkan dengan beras yang telah ditumbuk secara halus.

Setelah itu balurkan pada kaki atau tangan yang terkilir atau bisa Anda tutup dengan  perban setelahnya. Anda bisa lakukan sampai keseleo membaik.

Sebagai obat untuk mengatasi batuk berdahak

Manfaat kencur yang sangat populer selama ini adalah untuk mengatasi batuk berdahak. Kandungan yang terdapat didalam kencur mampu mengencerkan dahak sehingga akan membuat saluran nafas menjadi jauh lebih lega.

Terdapat beberapa cara mengolah kencur sebagai obat batuk, salah satunya adalah dengan Anda parut kencur dicampur satu gelas air hangat kemudian Anda saring. Selanjutnya bisa Anda tambahkan sedikit garam dan minum.

Anda bisa konsumsi ramuan tersebut dua kali sehari ketika bangun tidur dan di waktu sebelum tidur. Dengan demikian batuk Anda akan segera sembuh.

Membantu mengatasi sakit tenggorokan

Masih ada kaitannya dengan fungsi kencur untuk obat batuk, tanaman yang satu ini dapat mengatasi sakit tenggorokan secara ampuh. Ramuan yang satu ini dapat menjadikan saluran nafas semakin lega termasuk tenggorokan.

Cara mengolahnya sama dengan ketika Anda mengolah kencur sebagai obat batuk. Anda bisa minum sekali sehari ketika sakit tenggorokan dan upayakan lakukan sampai benar-benar sembuh.

Baca : 7 Manfaat Ketumbar Untuk Menunjang Kesehatan Anda

Manfaat Kencur Untuk Kecantikan

manfaat khasiat beras kencur

Untuk kecantikan, kencur dapat Anda sulap menjadi masker. Kreasi kencur sebagai masker sangat ampuh membantu mengatasi berbagai masalah kecantikan kulit. Berikut apa saja manfaat kencur untuk kecantikan, diantaranya :

Membantu menjaga elastisitas kulit

Semakin bertambahnya usia, kadar kolagen di kulit juga akan semakin berkurang. Hingga pada akhirnya akan menjadi penyebab kulit terlihat mengendur. Kencur tentu sangat baik digunakan untuk membantu meningkatkan produksi kolagen yang terdapat didalam lapisan kulit.

Hal ini menjadikan kulit wajah Anda kembali elastic nantinya dan menjadikan kulit akan lembab dan terasa kencang.

Membantu mengurangi minyak berlebih

Kulit manusia pada dasarnya memang menghasilkan minyak alami yang fungsinya sangat besar untuk memberikan kelembaban pada kulit. Akan tetapi pada jenis kulit berminyak, tampilan wajah Anda akan terlihat lebih mengkilap dan lengket serta rentan terhadap jerawat.

Perawatan yang tepat untuk merawat kulit berminyak sendiri dapat dilakukan dengan Anda menggunakan kencur karena kandungan vitamin C dan berbagai mineral penting yang terdapat didalamnya.

Mengatasi anti aging

Kencur yang digunakan sebagai masker sangat baik dalam menghilangkan berbagai tanda penuaan dini pada wajah. Beberapa masalah penuaan dini pada wajah yang bisa teratasi dengan menggunakan kencur seperti garis halus, bintik hitam dan juga kerutan.

Sementara dengan Anda konsumsi kencur secara rutin hal tersebut akan membantu memperbaiki kesehatan kulit Anda karena kencur mengandung kandungan antioksidan yang tinggi.

Itulah berbagai manfaat kencur untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Konsumsi secara rutin dengan proporsi yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *