10 Manfaat Kelapa Kopyor yang Dahsyat Untuk Tubuh

Manfaat Kelapa Kopyor – Selain memiliki nilai pasar yang tinggi, kelapa kopyor juga menawarkan berbagai khasiat manfaat bagi penikmatnya. Jenis kelapa yang genetiknya terdapat kelainan ini biasa disebut juga kelapa abnormal.

Pada ciri fisik luar memang sama dengan kelapa pada umumnya, yakni bulat dan berwarna hijau ketika masih muda dan berbuah bergerombol satu tandan.

Namun, ada ciri-ciri khusus dari kelapa kopyor ini. Yakni isi buahnya terpisah dari tempurungnya dan jumlah daging buahnya lebih banyak dan kadar air sedikit dibanding kelapa lain.

Sekarang kelapa kopyor banyak digemari oleh warga Indonesia, terutama untuk disajikan dalam bentuk minuman kelapa kopyor tersebut. Ditambah dengan tirisan potongan daging kopyor untuk mengisi minuman khas air kelapa.

Tidak hanya itu, buah kelapa juga sering dibuat sebagai ramuan bahan makanan, seperti pudding, parutan kelapa dan berbagai jenis makanan lainnya. Kelapa kopyor sekarang banyak dicari orang untuk keperluan menu warteg, kafe, dll. Selain itu, sering disajikan pula sebagai menu favorit yang mana digunakan sebagai acara hajatan, nikahan, atau kumpul-kumpul.

Jika ditinjau bersama dengan kelapa biasa, kelapa kopyor sangat disukai karena  memiliki rasa lebih segar. Bahkan, jika dijual pasar misalnya jenis kelapa ini dijual dengan harga terbilang mahal dibanding kelapa biasa pada umumnya. Selain rasanya yang segar, berikut beberapa manfaat kelapa kopyor bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Kelapa Kopyor yang Harus Diketahui

Manfaat Air Kelapa

air buah kelapa kopyor

Manfaat air kelapa dapat melindungi keseimbangan nutrisi badan dan kesehatan serta membuat tubuh benar-benar segar.

  1. Mengatasi dehidrasi

Dengan air kelapa sudah digunakan dalam mengatasi dehidrasi yang diakibatkan oleh disentri, diare, kolera dan juga flu. Dengan keseimbangan elektrolit dan plasma dari air kelapa dalam beberapa penelitian dijelaskan dapat membantu melancarkan aliran darah. Dikarenakan air kelapa ini apabila anda selesai olah-raga dapat menopang untuk mengisi cairan dalam tubuh.

Dengan fungsi air kelapa ini akan benar-benar mudah untuk mengambil alih mineral serta cairan yang kehilangan selama kegiatan fisik atau berolahraga. Masyarakat pada umunya yang bekerja secara teratur dapat meminum banyak air kelapa agar dapat melindungi keseimbangan ion tubuh.

  1. Meminimalisir penuaan kulit

Dalam air kelapa kopyor memiliki kandungan asam laurat dan sitokin, dalam dua elemen penting yang dapat difungsikan dalam sistem pertumbuhan dan regulasi sel. Dikadungan air kelapa ini memiliki peran yang cukup penting terhadap penuaan kulit, karena anti-karsinogenik dan anti-trombotik dapat membantu untuk meminimalisir penuaan kulit,  dan menyeimbangkan tingkat PH dan akan melindungi jaringan kulit.

  1. Menambah system kekuatan tubuh

Manfaat kelapa kopyor lainnya bisa di katakan menjadi air super, kelapa kopyor sangat kaya dengan nutrisi dan vitamin seperti niasin, riboflavin, thiamin & piridoksin, serta folat. Air kelapa memiliki sifat anti-bakteri serta anti-virus yang dapat menolong untuk meningkatkan sistem ketahanan tubuh serta melawan infeksi pada virus.

  1. Melarutkan batu ginjal

Air kelapa kopyor juga menunjang dalam melarutkan batu ginjal dikarenkana memiliki kandungan kalium yang memainkan peran penting dalam sistem alkali urin serta menghambat membentuknya batu ginjal.

  1. Baik untuk ibu hamil

Air kelapa menjadi minuman sehat khususnya ibu hamil karena sanggup meredakan ‘morning sickness’ dan mencegah muntah. Selian itu, mempunyai air kelapanya memiliki kandungan sodium, elektrolit, kalsium, potasium, dana juga mengandung vitamin c yang dibutuhkan selama proses kehamilan.

  1. Penting untuk kesehatan kulit

Benarkah dapat menghilangkan jerawat? manfaat kelapa kopyor dapat menahan terjadinya jerawat pada wajah. Ini karena air kelapa dimana satu diantara nutrisi yang dapat anda sapukan di muka serta diamkan satu malam. Karena dapat menghilangkan karakter dan memperbaiki serta sangat baik untuk kulit.

  1. Melancarkan pencernaan

Air kelapa kopyor terdapat Enzim Bioaktif seperti Fosfatase, Folat, Katalase, Diastase, Dehidrogenase Polomerase, dll. Fungsi Enzimnya dapat menolong aga menjadi lebih mudah untuk pencernaan serta metabolisme dalam tubuh. Air kelapa kopyor memiliki Kalsium, Seng, Mangan dan memiliki sumber vitamin B seperti Thiamine, Riboflavin, Folst dan juga Pyridoxine.

  1. Menurunkan berat badan

Air kelapa begitu sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Dengan minuman ini kita dapat melihat satu diantaranya memiliki langkah sehat dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan sudah menjadi minuman alami dan sudha terbukti tidak memiliki kandungan bahan kimia apapun. Air kelapa telah difungsikan selama berabad-abad dalam menurunkan berat badan dan telah diperlihatkan hasil yang positif.

  1. Mengontrol diabetes

Manfaat kelapa kopyor juga dapat membantu dalam mengontrol diabetes. Air kelapa, apabila dikonsumsi dengan teratur dapat menambah sirkulasi darah pada tubuh anda. Dengan proses ini dapat membantu dalam memperlebar pembuluh darah yang dapat mengecil karena membentuknya plak dan menopang darah untuk mengalir lancar jadi dapat mengurangi diabetes.

  1. Nilai Harga yang Tinggi

Manfaat Kelapa kopyor jika dijual memiliki nilai harga yang tinggi. Di pasaran, harga kelapa kopyor bisa mencapai 4 kali lipat dari kelapa biasa. Hal ini kelapa kopyor dapat mencapai sekitar Rp 20.000, tergantung penjual. Ada juga yang menjual sekita Rp 25.000. Jika kelapa biasa pada umunya dijual hanya Rp 8000 sampai Rp 10.000 per biji, maka kelapa kopyor bisa sampai Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per biji.

Tergantung daerah masing-masing regional. Dan anda dapat menyesuaikan ukuran dari buah dan bentuknya. Maka, sebenarnya untuk membudidayakan kelapa kopyor masih memiliki peluang yang cukup besar.

Apabila nilai jual kelapa kopyor stabil, atau naik di hari-hari tertentu maka dalam budidaya kelapa kopyor menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Anda yang memiliki lahan atau tanah kosong dapat memanfaatkan peluang ini dengan menanam bibit kelapa kopyor.

Manfaat Batok Kelapa Kopyor

batok kelapa

  • Sebagai bahan dasar pengawet makanan alami
  • Sebagai obat diabetes
  • Mengobati keracunan
  • Menurunkan kolesterol
  • Anti inflamasi
  • Menjadi gayung mandi
  • Menjadi Saringan alami
  • Menjadi tempat pembuatan gula jawa
  • Bahan dasar pupuk
  • Menjadi bahan dasar kabel
  • Bahan dasar kerajinan tangan

Manfaat Serabut Kelapa Kopyor

serabut kelapa

  • Bahan dasar kertas
  • Bahan dasar pupuk
  • Bahan pembuatan briket
  • Bahan dasar kerajinan tangan
  • Sebagai bahan keset

Di beberapa tahun akhir ini, pembibitan kelapa kopyor sudah merajalela di setiap penjuru karena banyaknya permintaan pasar akan buah kopyor yang bisa terbilang langka ini.

Hal tersebut membuat beberapa kelompok tani berinisiatif mengembangkan kebun-kebun mereka guna memenuhi kebutuhan pasar ekonomi khususnya perkebunan.

Maka dari itu bagi anda yang ingin berinvestasi dengan modal kecil anda bisa menjadikan perkebunan kelapa sebagai solusinya. Dengan model keuntungan berlipat dari buah yang dihasilkan. Bila perbuah diharga 30.000 tinggal dikalikan setiap pohonnya dapat berbuah kopyor berapa?

Satu tandan bisa 100% kopyor bila jenis kultur jaringan dan 30-70% untuk jenis kopyor alami tanpa rekayasa biologis laboratorium.

husni

Solo (Spirit of Java) - Magetan - Young - Moslem - Publisher - Marketer Online - Student - Worker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *