Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Diet

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Diet

Tahukah kalian, kayu manis merupakan rempahan yang sangat bagus untuk mengatasi berbagai penyakit pada tubuh anda. Termasuk juga sarana diet sehat harian bagi wanita. Magensium, mangan, kalsium, seng dan zat besi di dalamnya sangat berkhasiat hingga mengucurkan banyak manfaat kayu manis bagi tubuh.

Selain rasanya yang memberi efek ketagihan kayu manis juga sangat mudah diolah dan dikonsumsi secara mandiri di rumah anda. Nah, untuk lebih lanjut mengenal kayu manis mari kita ulas dengan tuntas di artikel ini.

Manfaat Kayu Manis

manfaat kayu manis

Membantu mengontrol gula darah

Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes atau berpotensi mengalami diabetes, dianjurkan untuk Anda sering – sering mengonsumsi ramuan kayu manis. Manfaat kayu manis untuk diabetes salah satunya adalah dapat membantu mengontrol gula darah.

Selain itu kayu manis juga membantu proses pencernaan setelah makan serta membantu dalam memberikan perbaikan respon insulin pada pasien diabetes tipe 2.

Anda harus tahu bahwa didalam 1 gram kayu manis dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, kolesterol buruk, dan trigliserida dalam jumlah yang besar.

Menurunkan kolesterol jahat

Ada berbagai macam kandungan didalam kayu manis. Kandungan kayu manis seperti kalsium, serat dan mineral nyatanya sangat bagus untuk menurunkan kolesterol jahat.

Dengan mengonsumsi ramuan kayu manis secara rutin hal tersebut dapat membantu menjaga jantung tetap sehat serta menghindarkan tubuh dari kolesterol jahat.

Kalsium dan serat yang terdapat pada kayu manis juga dapat membantu menghilangkan garam didalam tubuh untuk mencegah resiko seseorang terserang konstipasi dan kanker usus.

Baca : 7 Alasan Mengapa Anda Butuh Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Mencegah terjadinya resiko penggumpalan darah

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah resiko terjadinya penggumpalan darah. Didalamnya terdapat cinnamaldehyde yang merupakan minyak yang dihasilkan kayu manis dan dapat membantu mencegah darah mengalami gumpalan.

Kayu manis juga dapat mengeluarkan asam lemak yang sering disebut dengan arachidonic. Asam lemak tersebut kemudian dapat mengurangi radang dan terjadinya potensi penggumpalan darah.

Cinnamaldehyde sendiri adalah suatu senyawa atau komponen didalam minyak atsiri yang terdapat di bagian sel minyak pada area kulit kayu manis.

Minyak atsiri yang semula terdapat di luar sel kemudian merusak sel – sel yang ada di sekitarnya sehingga akan terbentuk suatu saluran semacam organ dengan minyak atsiri didalamnya yang disebut dengan kelenjar.

Nah, pembentukan kelenjar yang sedemikian rupa disebut sebagai pembentukan yang terjadi secara schizolysigen.

Membantu menjaga kondisi sel saraf

Kematian sel saraf sebenarnya menjadi salah satu pemicu berbagai macam penyakit saraf seperti penyakit Huntington, Alzheimer, Parkinson dan beberapa penyakit sejenis. Penyakit ini bersifat neurodegenerative yang ada kaitannya dengan kerusakan sel – sel saraf.

Penyakit tersebut berpengaruh pada organ pengendalian gerak, pengolahan informasi sensorik sampai dengan pengambilan memori didalam diri penderitanya.

Cepat menurunkan berat badan

manfaat kayu manis untuk diet

Kayu manis adalah bahan alami untuk menurunkan berat badan. Untuk mengambil manfaat kayu manis untuk diet, Anda bisa buat ramuan antara kayu manis dan madu. Cara membuat ramuan tersebut cukup mudah.

Siapkan kayu manis secukupnya, 2 sendok madu dan air hangat. Kemudian campurkan jadi satu dan aduk. Konsumsi selagi hangat setiap hari secara rutin 3 kali sehari. Konsumsi setiap Anda akan makan maka ramuan tersebut akan mengontrol nafsu makan sekaligus membantu menurunkan berat badan Anda.

Itulah berbagai manfaat kayu manis untuk kesehatan dan diet yang sangat penting untuk Anda tahu. Konsumsi ramuan kayu manis setiap hari dan dapatkan manfaat sehatnya.

Antioksidan

Bagi Anda yang sering terpapar oleh polusi udara, dianjurkan untuk mendapatkan manfaat kayu manis setiap hari. Khasiat ini yang bisa dirasakan oleh tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi didalamnya.

Didalam kayu manis terdapat antioksidan berupa polifenol yang merupakan suatu zat yang sangat penting dalam memberikan perlindungan tubuh dari kerusakan yang bersifat oksidatif akibat radikal bebas yang menginvasi.

Polifenol didalam kayu manis juga bisa bermanfaat dalam menjaga serta memelihara kesehatan lainnya seperti mengurangi tanda penuaan dini, melindungi kulit dari radiasi sinar matahari, mengurangi inflamasi serta menjaga kesehatan otak.

Eksportir Brand

Dengan olahan kayu manis lokal, anda bisa menjadikannya sebagai bahan untuk diekspor ke luar negeri. Karena pohon kayu manis sangat bagus dan jarang bisa tumbuh di negara lain.

Tak kalah dengan produksi kapas lokal yang sangat laku di pasaran internasional sebagai barang ekspor impor guna memenuhi kebutuhan industri dunia.

Cara Mengkonsumsi Kayu Manis

Cara membuat bubuk kayu manis

Pengolahan dalam membuat bubuk kayu manis dapat dioleh secara mandiri di rumah. Dengan cara sebagai berikut:

  1. Bersihkan kulit kayu dari kotoran yang menempel
  2. Belah kayu menjadi 3-5 cm
  3. Keringkan selama 3 hari
  4. Kayu manis secara alami akan menggulung (mengerut)
  5. dihaluskan dengan berbagai cara (ditumbuk, diparut dll)

Chips potongan kecil-kecil kayu manis bisa anda dapatkan secara langusng dari hasil olahan industri jadi anda hanya menghaluskan saja tanpa perlu menjemur dan membersihkan kayu manis sebelum dibuat bubuk.

Biasanya para petani/industri menjual kayu manis kering dengan kadar air sekitar 30 – 35% untuk selanjutnya dapat diolah pembelinya.

Cara membuat teh kayu manis

Bahan :

  • 1 mug air
  • 2 teh celup
  • 1 mug susu (low fat)
  • 1 sendok susu (kental manis)
  • 1 sendok gula
  • 1/4 sendok cinnamon (bubuk kayu manis)
  • roll kayu manis yang bersih

Langkah mengolah:

  1. Rebus air hingga mendidih
  2. Masukan semua bahan, kecuali roll kayu manis
  3. Aduk hingga warna putih susu dan teh tercampur
  4. Matikan kompor
  5. Tuangkan pada teko atau gelas
  6. Teh siap dihidangkan dengan roll kayu manis sebagai celupan

Kayu manis dan madu

Kombinasi bubuk kayu manis dan madu, bila dikonsumsi dengan cara dibuat teh dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin melegakan berbagai penyakit dadakn seperti, batuk, pilek, nyeri perut dan kelelahan.

Dari cinnamonnya sendiri sudah terdapat banyak khasiat, akan kompleks lagi bila dialirkan dengan herbal alami tradisional yang tak lekang zaman. Yakni madu alami dan murni.

Cara pembuatannnya cukup mudah dengan menyeduhkan 1 atau2 sendok madu bersama satu sendok serbuk bubuk kayu manis. Anda dapat menikmatinya di pagi dan sore hari.

Kayu manis dan lemon

Mengapa bisa dipadukan dengan lemon? Karena lemon dapat menetralkan rasa kayu manis yang mungkin sebagian orang tak menyukainya.

Maka dari itu, bagi anda yang sudah mencoba meramu minuman kayu manis dengan susu dan madu tetapi tidak suka. Cobalah beralih dengan mengkonsumsi teh kayu manis dengan campuran lemon. (lihat video diatas)

Tinggalkan komentar