manfaat kapas

8 Manfaat Kapas yang Tersembunyi dan Harus Anda Ketahui

Mungkin manfaat kapas yang diketahui sebagian orang, hanya untuk sebagai bahan dasar kapas pembersih, tisu serap dan cotton bud saja. Namun sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari serat kapas.

Serat kapas sendiri dihasilakn dari pohon kapas. Pohon kapas sendiri memiliki nama sang sekerta “karpasa“, namun agar pelafalan bahasa lebih mudah dinamakan kapas.

Pohon kapas banyak tumbuh di daerah tropis, termasuk Indonesia. Jadi sudah hal wajar bila produksi barang berbahan kapas banyak disuplay dari negara kita.

Nah, untuk mengetahui apa saja barang produksi yang sering kita pakai secara tidak sadar dan ia termasuk berbahan dasar serat kapas. Mari simak ulasan mengenai manfaat kapas berikut ini.

Manfaat Kapas Untuk Pembersih Tubuh

manfaat kapas untuk pembersih

Kapas kecantikan dan pembersih

Tentu sudah tak asing lagi manfaat utama dari kapas untuk menjadi solusi pertama dalam penanganan masalah kebersihan anggota tubuh kita. Baik dari kecantikan maupun kebersiahn tubuh.

Industri prosuk kapas di negara kita sangatlah banyak. Dari kapas murni yang belum steril, kapas putih hingga kapas warna. Semua dikemas sebaik mungkin untuk disajikan kepada konsumen agar menjadi salah satu barang yang multifungsi.

Kegunaan kapas pembersih pada umumnya yaitu:

  • untuk membersihkan tubuh yang koto
  • untuk membersihkan wajah
  • untuk membersihkan luka
  • untuk menutup luka (istilah dari kasa)
  • untuk membasuh benda sifat keras (ex. alkohol)

Cotton bud

Manfaat serat kapas yang lain adalah pembuatan cotton bud. Produk pembersih telinga yang bertongkat ini sangat sering kita gunakan dalam keseharian.

Tekstur lembut dari kapas membuat para pencetus dan ahli dokter menyalurkan kapas sebagai bahan utama pembersih dalam telinga. Infeksi dan luka tidak akan terjadi bila kapas menekan dengan kelembutannya pada kulit anda.

Manfaat Serat Kapas Untuk Produksi Barang

kapas cotton

Sebagai bahan benang

Manfaat kapas untuk produksi industri yang pertama adalah sebagai bahan dasar pembuatan benang. Serat kapas sangat lentur dan mudah diolah, maka dari itu pabrik tekstil cenderung memilih bahan dasar kapas untuk dijadikan benang jahit pakaian.

Adapun jenis benang sesuai ukuran dan ketebalannya dibedakan sebagai berikut.

  1. Benang 20s : Memiliki ketebalan antara 180 – 220 gram/m2. Bahan ini biasanya dipakai untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  2. Benang 24s : Memiliki ketebalan antara 170 – 210 gram/m2. Bahan yang satu ini juga biasanya digunakan untuk jenis rajutan jarum tunggal seperti jenis benang 20s.
  3. Benang 30s : Memiliki ketebalan antara 140 – 160 gram/m2. Bahan ini juga digunakan untuk jenis rajutan jarum tunggal serta juga untuk jenis rajutan jarum ganda, dan bahan kain yang dihasilkan pun mencapai gramasi antara 210 – 230 gr/m2.
  4. Benang 40s : Memiliki ketebalan antara 110 – 120 gram/m2. Bahan ini pun sama digunakan untuk jenis rajutan jarum tunggal. Sedangkan untuk jenis rajutan jarum ganda, bahan kain yang dihasilkan mencapai gramasi antara 180-200 gr/m2

Bahan utama tekstil

Selain benang, serat kapas juga berguna untuk membuat lembaran kain tekstil. Kain yang terkenal dengan sebuatan katun itu adalah pakaian dengan bahan dasar kapas.

Olahan produksi yang semakin modern membuat serat kapas menjadi lebih halus hingga menjadi katun lembut. Hasil yang diciptakan katun dalam bentuk sealin pakaian yaitu berupa barang seperti sapu tangan, serbet, sprei dan bed cover.

Serat kapas juga dapat menghasilkan produk-produk branded pakaian terkenal di dunia lho. Konveksi kaos berkualitas sudah pasti menggunakan jasa kapas terbaik sebagai bahan dasar olahannya.

Jadi anda bisa pastikan bahwa bahan dasar terbaik dari konveksi teespro juga dari serat kapas pilihan yang dipilih secara baik dan teliti oleh para ahli.

Sebagai ornamen hiasan

Pernah melihat sebuah karya yang terbuat dari kapas? Pasti sudah meski hanya sebuah boneka atau mainan kecil saja. Yak, kapas sangat memberi kontribusi dalam pembuatan mainan anak-anak.

Boneka akan jadi gemuk berisi dan lebut bila dalamnya diisi dengan potongan kalin yang berlapis kapas. Menagapa harus dilapis kapas? Agar tekstur boneka atau mainan lebih halus dan terkesan rapi.

Ornamen hiasan kerajinan tangan berbentuk ketrampilan pribadi anak juga biasa menggunakan serat kapas, seperti membuat poster, kaligrafi islam, lukisan 3 dimensi dan karya seni rupa lainnya dalam bentuk 3 dimensi.

Bahan spons bedak

Flash back ke gambar di atas. Spons bedak pembersih wajah dan anggota tubuh lain. Untuk menempelkan bedak atau mengusapa anggota badan anda pasti memerlukan barang yang lunak agar tidak merusak dan melukai tubuh.

Maka kapas dibuat selembut mungkin dengan sponge dan tekstur yang lembut namun berserat supaya air dan kotoran dapat terhirup/menempel padanya. Guna membersihkan kotoran begitu.

Sebagai komoditi ekspor

Kapas merupakan salah satu komoditi ekspor yang menjajikan. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan pemasukan negara kita. Keadaan ini juga dapat membantu meningkatkan pendapat per-kapita dari suatu negara, karena adanya ekspor kapas ke luar negeri.

Iklim cuaca tropis di Indonesia sudah mendukung. Tanah masih membentang luas untuk dibuat pertanian kapas. Lalu tinggal nunggu apa lagi? Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin sebelum orang lain yang bertindak.

Maka dari itu bila memungkinkan memiliki tanah luas dan uang tabungan yang berlebih and bisa investasiakan dalam bentuk kebun pohon kapas. Tak salah bila mempertimbangkan budidaya kapas sebagai investasi masa depan dengan relasi proyek ekspor-impor antar negara bahkan benua.

husni

Solo (Spirit of Java) - Magetan - Young - Moslem - Publisher - Marketer Online - Student - Worker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *