Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh & Kecantikan Wajah

Mungkin bagi Anda yang saat ini membuat obat herbal sebagai obat alami tidak asing dengan apa yang disebut jahe merah. Selain menjadi bumbu dapur adapun beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan, kecantikan dan kebugaran tubuh manusia. Baik diramu untuk konsumsi dalam maupun untuk ramuan obat luar.

Jahe merah dalam bahasa Inggris jahe adalah Red Ginger yaitu jenis tanaman rimpang yang terkenal dengan bahan obat dan rempah-rempahnya. Bentuk rimpang seperti jari-jari yang saling berhubungan dengan segmen tengah. Rasa pedasnya berasal dari senyawa yang disebut zinger.

Asal usul tanaman jahe ini berasal dari negara India. Tapi, ada juga yang mengatakan bahwa asal jahe berasal dari Cina selatan. Dari negara asalnya, India, jahe di bawah ini untuk digunakan sebagai barang dagangan untuk Asia Tenggara, Cina, Jepang dan negara-negara Timur Tengah.

Kemudian, ketika era kolonialisme berlangsung, jahe yang bisa memanaskan tubuh menjadi produk makanan yang terkenal di negara-negara Eropa. Jahe memiliki nama ilmiah Zingber officinale. Sukunya termasuk Zingiberaceae atau temuan. Berikut penjelasan mengenai manfaat jahe merah.

“Artikel Terkait : 17+ Manfaat Sari Kurma Yang Harus Anda Tau

Macam Jenis Jahe

 

macam jenis jahe

Jahe Gajah atau Jahe Badak

Jahe Gajah atau Badak Jahe adalah jahe yang populer di dunia. Bentuk jahe besar dan rasanya tidak terlalu pedas seperti jenis jahe lainnya. Dagingnya berwarna kuning hingga putih.

Jahe kuning

Jahe kuning adalah jahe yang digunakan untuk rempah-rempah, terutama sebagai konsumsi lokal. Aroma dan rasa jahe cukup kuat. Ukuran rimpang sedang dan kuning.

Jahe merah

Yang terakhir adalah jahe merah. Jahe merah memiliki minyak atsiri yang cukup tinggi dan memiliki rasa yang sangat pedas dibandingkan dengan jenis jahe lainnya. Karena itu, jae merah cocok untuk bahan dasar herbal dan obat-obatan. Warna terkecil dari rimpang temulawak merah dan warna kulit.

Perbedaan Jahe Merah Dengan Yang Lain

Warna dan serat jahe

Banyak orang menanam jahe merah. Alasan mengapa mereka menanam jahe merah adalah karena menanam jahe merah cukup mudah, praktis dan hasilnya menguntungkan. Budidaya jahe merah tidak banyak bergantung pada iklim, lokasi dan faktor lainnya. Bahkan, saat ini banyak orang yang berkultivasi.

Harga dan manfaat

Harga jahe merah di pasaran lebih mahal dibandingkan merek lain. Ini karena bahan jahe merah lebih tinggi dari jahe lainnya. Jahe merah biasanya digunakan untuk membuat obat herbal tradisional. Itu karena banyak manfaat jahe merah bagi tubuh kita.

Tidak semua orang tahan dan menyukai rasa pedas jahe. Oleh karena itu, saat ini, jahe bisa Anda konsumsi dalam berbagai bentuk. Berikut ini enam bentuk jahe dan cara penggunaannya.

Cara Mengkonsumsi Jahe

  • Jahe Segar

Jahe segar masih dalam keadaan murni tanpa da campuran. Jadi bila jahe dari tanaman anda rebus dan diolah untuk dikonsumsi, khasiatnya lebih ampuh dari jahe yang sudah dalam kemasan.

Anda bisa menyeduhnya dengan air hanya, memamahnya dengan gigi dan lidah secara perlahan atau dikonsumsi bersama sayuran. Meski terasa panas dan hangat di kerongkongan namun jahe bila masih segar lebih & sangat baik untuk kesehatan.

  • Jahe kemasan

Banyak sekali jahe yang sudah diracik sesuai kemasan. Contoh : dalam bentuk serbuk bubuk, permen dan kapsul herbal. Komposisi yang dominan berbahan dasar jahe akan tetap membuat rasa khas jahe yang panas tetap ada.

Nah, keunggulan dari jahe kemasan yaitu, bisa anda nikmati secara instan dan sudah dalam rasa yang disukai banyak orang. Berbeda dengan jahe segar, yang mungkin sebagian orang saja yang mau mengonsumsinya langsung.

  • Minyak Jahe

Eits, tak sampai di situ. Jahe juga bisa diolah menjadi muinyak lho. Selain untuk obat oles saat pijat, guna meringankan rasa sakit, atau memberikan efek menenangkan. Minyak jahe juga bisa diminum, sebagai relaksasi bagi orang yang tak suka dengan olahan jahe selain dalam bentuk minyak.

Manfaat Jahe Merah dan Cara Penggunaannya

khasiat manfaat jahe merah

Jahe merah Mangaat untuk kesehatan bervariasi, dari perawatan penyakit ringan hingga pencegahan penyakit serius. Apa manfaat jahe merah bagi kesehatan? Berikut ini manfaat jahe merah untuk tubuh kita.

Mengobati rematik

Jahe merah bermanfaat untuk pengobatan penyakit rematik. Selain mengobati penyakit rematik, jahe merah dapat mengatasi rasa sakit yang umum terjadi pada pekerja berat. Jahe merah mengandung senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit dan memar pada persendian. Penyakit seperti asam urat atau rematik dapat diobati dengan mengonsumsi jahe merah.

Cara membuat ramuandan  cara mengkonsumsi jahe merah untuk rematik dengan jahe merah. Siapkan 20 gram jahe merah, 20 gram cabai jawa, 20 gram kunyit, 30 gram lele, 30 gram daun komfrey dan 4 gelas air. Semua bahan dicuci, dipotong menjadi irisan tipis dan kemudian dicampur. Tunggu sisa 2 gelas air matang, lalu saring. Minum 2 kali di pagi dan sore hari, untuk minum segelas. Untuk mendapatkan rasa yang lebih segar, Anda bisa menambahkannya dengan 2 sendok makan madu dan jus lemon ekstra.

Jahe merah untuk diet

Manfaat lain untuk jahe merah adalah spesifik khasiat jahe merah untuk wanita. Jahe dapat membantu Anda para wanita yang ingin menurunkan berat badan atau diet. Untuk mendapatkan manfaat jahe merah untuk diet ini, minumlah jahe merah secara teratur. Minum air jahe merah dapat membantu membakar lemak di perut Anda dan mengurangi nafsu makan.

“Artikel Terkait : Khasiat Manfaat Buah Tin Untuk Diet

Jahe merah untuk obat batuk

Khasiat wedang jahe. Kandung kemih pada jahe merah dapat membuat otot-otot area tenggorokan lebih rileks. Tidak hanya itu, jahe merah bisa memberi perasaan hangat di sekitar tenggorokan. Itu membuat jahe merah obat untuk batuk. Salin untuk mengobati batuk, jahe merah dapat mengobati peradangan di tenggorokan. Jahe merah ini yang bisa dipanaskan bisa membantu mengatasi peradangan di tenggorokan dan batuk. Anda bisa mengonsumsi jahe merah dalam bentuk minuman atau olahan jahe lainnya.

Mengurangi kolesterol

Pada jahe merah ada bahan yang berguna untuk menghilangkan racun uang dalam tubuh, salah satunya adalah kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat dalam darah dapat mengganggu aliran darah dalam tubuh. Salah satu manfaat jahe merah adalah memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan bahkan kolesterol jahat akan dihancurkan sendiri.

Jahe merah untuk jerawat

Tidak hanya untuk kesehatan, jahe merah dapat bermanfaat untuk kecantikan. Salah satu manfaatnya adalah mengobati jerawat. Untuk mengobati jerawat menggunakan jahe merah, mudah untuk menghilangkannya. Jahe merah bersih menempel di wajah sampai minyak keluar, lalu tutupi seluruh wajah dengan irisan jahe merah. Itu tadi manfaat jahe untuk kecantikan wajah.

Mengatasi sakit kepala

Untuk mengobati sakit kepala menggunakan jahe merah itu mudah. Anda hanya perlu menyiapkan jahe merah dengan air hangat atau Anda bisa menghirup asma jahe merah yang sudah dipotong. Konsumsi bahan-bahan ini sekitar 3 kali sehari dapat meredakan sakit kepala Anda.

Jahe untuk pria

Manfaat air jahe untuk pria. Meminum air jahe hasil direbus akan membuat pria lebih perkasa. Bagi pria, bertenaga untuk keseharian adalah hal yang wajib. Karena sebagai seorang yang memenuhi kebutuhan keluarga. Sudah pasti harus kuat dalam bekerja, berkeluarga dan menjalani banyak kegiatan harian.

Ditambah lagi dengan keharusan memenuhi kebutuhan biologis seorang istri. Maka dari itu jahe merah menjadi solusi agar pria tetap perkasa meski di siang harinya telah beraktivitas namun malamnya tetap bisa bugar seperti paginya.

Selain perkasa, khasiat jahe merah juga untuk kesuburan pria. Adapaun resep rahasia obat kejantanan pria tradisional dari jahe merah. Dengan cara meminumnya sebelum tidur akan membuat malamnya bergejolak lagi tahan begadang.

“Artikel Terkait : Khasiat Ruthob Kurma Muda Untuk Kesburan Pria & Wanita

Untuk bisa memaksimalkan jahe merah sebagai obat herbal tradisional yang bermanfaat untuk meopang kehidupan yang sehat bagi seluruh keluarga anda. Sebaiknya anda budidaya mandiri di kebun kecil rumah anda. Mudah kok dalam bertanam bibt jahe merah.

Untuk mendapatkan bibit jahe merah berkualitas, silahkan klik link ini https://damainesia.com/jual-bibit-jahe-merah/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *