manfaat daun sirsak untuk diabetes

Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes

Banyak orang yang mengatakan jika ternyata daun sirsak ini jadi solusi perawatan herbal terbaik tanpa efek samping, asalkan digunakan sesuai dosis. Untuk itu disini akan kami bahasa mengenai manfaat daun sirsak untuk diabetes.

Alasannya adalah karena buah tersebut mengandung acetoginin, seperti squamosin, asimisin, dan bulatacin, juga mengandung beragam jenis vitamin dan mineral sehingga tak heran jika pada akhirnya membuatnya ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Salah satunya untuk mengobati dan mengatasi jenis penyakit diabetes. Diabetes ini sendiri adalah jenis penyakit yang biasanya berlangsung dalam waktu lama, atau kronis, dan ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi.

Artikel Terkait : Diet Alami Dengan Jus Seledri (Aneh tapi Berkhasiat) 

Glukosa yang alami penumpukan dalam darah akibat tidak terserap dengan baik oleh sel tubuh, maka bisa menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Apabila diabetes ini tidak dikontrol, bisa menimbulkan berbagai komplikasi yang pastinya akan sangat membahayakan nyawa si penderitanya.

Glukosa sendiri jadi sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Kadar gula di dalam darah biasanya akan dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi pankreas. Pada penderita diabetes, biasanya pankreasi tidak mampu lagi produksi insulin sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tanpa insulin, maka sel tubuh tentunya tidak bisa menyerap serta mengelolah glukosa menjadi energi. Hadirnya daun sirsak ini sepertinya jadi hal yang paling berharga sekali bagi penderita diabetes, mengingat manfaat daun sirsak untuk diabetes.

Setidaknya ada 3 cara untuk mengobati penyakit diabetes dengan memanfaatkan daun sirsak tersebut, misalnya saja dengan cara meminum rebusan daun sirsak, menjadikannya sebagai teh daun sirsak, atau pun dengan menghaluskannya untuk kemudian dijadikan sebagai masker. Namun untuk lebih rincinya lagi, adalah sebagai berikut ini.

Manfaat Daun Sirsak Alami

minum air rebusan daun sirsak

Mengobati diabetes dengan rebusan daun sirsak

Pertama – tama, silakan Anda ambil 7 – 15 helai daun sirsak yang masih muda dan segar, pastikan daun sirsak yang dipilih adalah yang tidak dimakan oleh serangga. Jika sudah, cuci daun sirsaknya sampai bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air atau setara dengan 800 mill air.

Rebus sampai airnya tersisa setengahnya, lalu minum air rebusan daun sirsak ini selagi dalam keadaan hangat. Untuk memberikan rasa manis pada rebusan daun sirsak tersebut, Anda juga boleh menambahkan gula aren atau gula merah maupun madu murni, sehingga semakin nikmat.

Mengobati diabetes dengan teh daun sirsak

Daun sirsak bahkan bisa Anda olah dalam keadaan kering atau dibuat menjadi teh. Cara mengeringkan daun disirsak ini mudah sekali, yakni dengan menjemur daun sirsak yang masih muda dan segar dibawah terik sinar matahari.

Tapi sebelumnya, daun sirsak tersebut harus ditutup dengan menggunakan kain berwarna hitam. Tujuan dari hal ini adalah agar kandungan senyawa yang ada di dalam daun sirsak tetap terjaga, alias tidak ikut hilang.

Jika daun sirsaknya sudah benar – benar kering, ambil daun tersebut sebanyak 10 – 15 helai, lalu seduh dengan air panas. Minum seduhan daun sirsak dalam kondisi hangat. Anda juga bisa menambahkan madu murni untuk memberikan rasa yang lebih nikmat pada minuman tersebut.

Mengobati diabetes dengan masker daun sirsak

Cara terakhir yang bisa dicoba untuk mengobati diabetes dengan daun sirsak adalah dengan menjadikannya sebagai obat luar. Ambilah 7 – 15 helai daun sirsak muda, lalu haluskan dengan menggunakan blender atau Anda juga bisa menumbuk daun sirsak ini sampai benar – benar halus.

Jika sudah, pakai sebagai masker atau Anda bisa menempelkannya ke kulit yang terkena luka. Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang manfaat daun sirsak diabetes, solusi perawatan herbal tanpa efek samping. Semoga bermanfaat.

husni

Solo (Spirit of Java) - Magetan - Young - Moslem - Publisher - Marketer Online - Student - Worker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *