13 Manfaat Daun Pandan yang Bikin Anda Tambah Cinta

Selain berfungsi sebagai penambah rasa, daun pandan juga dapat dijadikan sebagai pewarna alami makanan dan minuman. Tidak sampai di situ saja, ternyata ada lebih dari sepuluh manfaat daun pandan.

Yuk simak lebih lanjut mengenai khasiat daun pandan. Agar anda semakin suka dan cinta padanya. Harum, segar berkhasiat lagi.

Khasiat Daun Pandan Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Pandan

Mencegah Diabetes

Ekstrak daun pandan memiliki khasiat dalam menurunkan gula darah postprandial. Hal ini baik bagi penderita penyakit diabetes. Ada penelitian di Thailand yang menunjukkan jika teh atau ekstrak daun pandan memiliki khasiat tersebut. Selain itu, ternyata daun pandan mampu meningkatkan produksi insulin, sehingga memang bisa mencegah penyakit diabetes.

Menambah nafsu makan

Manfaat daun pandan selanjutnya yaitu bisa menambah nafsu makan. Aroma daun pandan yang wangi mampu merangsang nafsu makan Anda. Bukan hanya aromanya saja, konsumsi daun pandan dalam makanan mampu meningkatkan nafsu makan. Anda bisa mengkonsumsi dengan merebus daun pandan lalu meminumnya. Minumlah dua kali sehari.

“Baca Juga 9+ Manfaat Daun Kemangi Yang Wajib Anda Ketahui Sekarang (AJIB)

Mengatasi keracunan

Pertolongan pertama terhadap orang yang keracunan bisa dilakukan dengan memberikan ramuan teh daun pandan. Aromanya yang khas menyengat dapat menghidupkan indera yang dimiliki manusia.

Selain itu, kandungan daun pandan juga terdapat dektonasi yang bisa mengeluarkan racun tubuh. Baik racun makanan ataupun udara dan zat lain yang tidak sehat akan keluar.

Menyembuhkan rematik

Anda bisa menggunakan daun pandan ditambah dengan minyak kelapa untuk mengolesi tubuh bagian rematik. Daun pandan bisa menjadi alternatif minyak gosok untuk bagian tubuh yang sering terkena rematik, seperti lutut, pergelangan tangan, dan kaki.

Mengatasi diare

Hampir sama dengan manfaat daun pandan untuk mengatasi keracunan, daun ini bisa menyenangkan rasa sakit dan menghentikan penyakit. Daun pandan memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba yang dapat membersihkan mikroba berbahaya di usus.

Menyembuhkan kram perut

Efek rasa sakit saat terjadi kram perut bisa dikurangi dengan the daun pandan. The daun pandan memiliki efek terapeutik untuk jenis kram perut ini.

Memberikan relaksasi bagi tubuh

Daun pandan mengandung sifat penenang yang bisa digunakan untuk mengurangi stres dan kecemasan. Daun pandan memiliki kandungan tannin yang bersifat menenangkan. Tannin digunakan untuk menyenangkan saraf dan membuat tidur semakin nyenyak.

Khasiat daun pandan dalam melawan kanker

Manfaat daun pandan selanjutnya yaitu dipercaya bisa melawan kanker. Menurut hasil penelitian, daun pandan bersifat antimitotic, apoptosis, antiproliferatif, dan efek sitotoksik. Khasiat itu mampu mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker.

Mengatasi nyeri dan menjaga saraf

Menurut para ahli sifat analgetik pada pandan mampu sangat efektif mengatasi nyeri kepala, nyeri dada, dan kram perut. Daun pandan juga bisa digunakan untuk menjaga kondisi saraf agar tetap bagus. Caranya, rebus daun pandan, lalu minumlah 2 kali sehari.

Mengatasi lemah syahwat

Selain digunakan sebagai obat lemah saraf, daun pandan yang wangi harumnya juga berkhasiat untuk kejantanan pria. Cukup mudah untuk membuat ramuannnya. Siapkan 3 lembr daun pandan lalu potong kecil-kecil dan rebus hingga mendidih. Lalu minum setiap pagi dan sore hari secara rutin.

Mengobati pegal linu

Rasa sakit akibat kerja keras atau terkilirnya otot sudah biasa terjadi pada manusia dewasa. Nah, sebagai cara pertama mengatasi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, daun pandan dengan multi gunanya dapat menjadi solusi pertama.

Dengan 5 lembar daun pandan segar dan 20 daun serai yang ditumbuk halus dengan campuran minyak kayu putih. Akan dapat menghangatkan bagian otot yang kram kaku akibat pegal linu ataupun terkilir. Bila ingin menambahkan efek hangat tambahkan pula leburan jahe yang telah ditumbuk halus.

“Baca Juga 15 Manfaat Daun Pepaya Jepang Si Pekat Kaya Manfaat (SUPER)

Manfaat Daun Pandan Untuk Kecantikan

serbuk daun pandan

Mengatasi Jerawat

Masker tradisional untuk perawatan kulit wajah sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Terutama yang masih berbau tradisional. Mungkin bukan karena patokan harga yang murah tetapi karena tidak adanya efek samping bagi penggunanya.

Yaps, daun pandan sangat efektif dalam melindungi kulit supaya terhindar dari wajah berminyak dan berjerawat. Maka dari itu simak ulasan cara membuat dan menggunakan masker daun pandan berikut ini.

Bahan :

  • 2 helai daun pandan
  • 1/2 sdt madu
  • 1/2 buah pisang
  • 1/4 minyak zaitun
  • 1/2 peransan jeruk nipis

Cara pembuatan :

  • Peras daun pandan semaksimal mungkin hingga menghasilkan 1/2 sdt tetesan daun pandan wangi.
  • Haluskan pisang hingga lebur seperti bubur
  • Campurkan perasan jeruk nipis, daun padndan, bubur pisang dan madu
  • Lalu aduk merata dan diamkan 5 menit
  • Terakhir campurkan semua bahan, termasuk minyak zaitun

Cara penggunaan :

Balurkan masker ke seluruh wajah anda termasuk leher, agar efek putihnya merata. Lalu diamkan hingga kering selama 20 -30 menit. Setelah selesai bilas menggunakan air bersih.

Cukup mudahkan membuat masker wajah dari pandan wangi?

Selain mencegah jerawat daun pandan juga bisa mengatasi flek hitam di wajah lho. Jadi menjadi solusi tepat juga bagi anda bila mengalamai masalah pada kulit wajah.

Menghitamkan rambut

Dengan menyisihkan 7 lembar daun pandan yang dipotong kecil kemudian direbus dengan 1 liter air yang nantinya akan di rendam semalaman dapat menjadikan rambut anda semakin terawat dan mengkilap.

Hal tersebut bisa dirasakan dalam sebulan setelah melakukan keramas 2 kali seminggu dengan rendaman air hijau hasil rebusan 5 menit yang disimpan dalam panci selama 10 jam.

Mencegah rambut rontok dan ketombe

Daun pandan memiliki khasiat dalam menyehatkan dan melembapkan rambut. Kurangnya nutrisi rambut sehingga rambut menjadi rontok dan ketombe akibat jamur, keduanya bisa diatasi menggunakan daun pandan. Gunakan daun tersebut sebagai masker rambut secara teratur.

“Baca Juga 21 Manfaat Ajaib Daun Bidara (Bikin Badan Sehat Jasmani Rohani)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *