7 Manfaat Daun Kemangi yang Vital Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Daun Kemangi – Pohon yang tak mengenal tempat. Dapat tumbuh di setiap sudut kebun di sekitar rumah. Daun kemangi menjadi salah satu lalapan atau pelengkap sajian makanan.

Selain itu daun kemangi juga memiliki bau yang khas segarnya, selain itu rasa, tekstur dan kandungan khasnya ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut ini ulasan mengenai manfaat daun kemangi bagi kesehatan. Manfaat daun kemangi ini telah diketahui sebagai obat tradisional di beberapa negara.

Khasiat Daun Kemangi  untuk Kesehatan

manfaat daun kemangi

Menambah selera makan

Daun kemangi biasanya dikonsumsi sebagai lalapan ikan atau ayam, sayuran campuran dalam pepes, karedok, dan trancam. Wangi daun yang mengundang selera ditambah rasanya yang segar membuat orang yang memakannya menjadi lebih lahap.

Menjaga kesehatan jantung

Tahukah Anda jika daun kemangi mengandung beta karoten, magnesium, dan mineral yang bagus untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Konsumsi rutin daun kemangi diimbangi dengan olah raga dan menjaga pola makan sehat bisa memperkuat jantung.

“Baca Juga 7 Manfaat Daun Pandan Wangi yang Bikin Anda Tambah Cinta

Menurunkan gula darah akibat diabetes

Manfaat daun kemangi selanjutnya yaitu mampu menurunkan gula darah. Untuk menurunkan gula darah, Anda perlu mengonsumsi kemangi secara teratur. Konsumsi daun kemangi bisa menghasilkan pelepasan gula yang lambat dalam darah.

Daun kemangi memiliki beban glikemik yang sangat rendah. Daun kemangi juga memiliki minyak esensial yang mengurangi trigliserida dan kolesterol sebagai faktor risiko penderita diabetes.

Anda juga dapat mengatasi diabetes dengan memanfaatkan daun sirsak sebagai ramuan tradisional alami. Baca Selengkapnya di Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes Akut.

Mengurangi resiko terjangkit penyakit

Berbagai penyakit seperti masalah vagina, nyeri di payudara, diare, batu ginjal, dan albuminaria dapat dicegah dengan konsumsi kemangi. Selain itu penelitian oleh Center for New Crops and Plant Product dari Purdue University menemukan jika kemangi bisa mengtasi flu, sakit kepala, cacingan, bahkan penyakit ginjal.

Selain itu kemangi bagus untuk perus kembung, maag, badan lesu, dan kejang. Intinya, banyak sekali penyakit yang bisa disembuhkan dengan konsumsi daun kemangi.

Menunda penuaan dini dan menyehatkan kulit

Daun kemangi mengandung minyak atsiri yang berguna sebagai minyak pijat aroma yang membuat tubuh segar dan meringankan rasa sakit. Daun kemangi juga dapat dijadikan olesaan pasta beserta cendana dan air mawar yang diaplikasikan di wajah.

Tujuannya, menghilangkan minyak dan kotoran pada wajah. Manfaat daun kemangi bisa sebagai anti-inflamasi dan antimikroba yang mencegah jerawat.

Mencegah degradasi otak

Manfaat daun kemangi yang terakhir yaitu bisa mencegah degradasi otak. Daun kemangi membantu lansia dalam mencegah degradasi kognitif. Daun kemangi menyimpan mineral yang bisa meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak. Daun ini juga mengandung tembaga untuk merangsang pikiran serta meningkatkan fungsi otak.

Menyehatkan vitalitas

Bagi Anda pria, manfaat daun kemangi lainnya yaitu memperkuat masa hidup sperma. Daun kemangi mengandung senyawa arginine yang bisa memperkuat masa hidup sperma sekaligus mencegah kemandulan.

Bagi laki-laki dan wanita, daun kemangi mengandung zat lain yang merangsang hormon androgen dan estrogen sehingga penting dalam menjaga kesehatan reproduksi. Anda dan pasangan yang sedang berencana menambah keturunan penting mengonsumsi daun kemangi. Bagi yang memiliki masalah ejakulasi, boleh juga untuk mencoba.

“Baca Juga 31 Manfaat Kompleks Daun Bidara Untuk Jasmani & Rohani

Kemangi Sebagai Lalapan Segar & Sehat

daun kemangi lalapan segar

Selain, menambah nafsu makan seseorang, lalapan juga diberikan sebagai asupan sumber vitamin dan mineral yang sangat potensial, baik dalam bentuk makro atau mikro mineral.

Hal ini sengaja dilakukan oleh para koki berdasarkan riset ahli gizi bahwa makanan kering yang berpotensi kurang mineral dapat dikombinasikan dengan lalapan (sayur mentah tambahan).

Zat tersebut diperuntukan mengdongkrak metabolisme tubuh dengan zat gizi lain agar cepat tersalurkan dengan proses kilat.

Siapa nih gak suka lalapan kemangi? Banyak kandungan gizi, vitamin dan mineralnya lho. Maka dari itu konsumsi makanan organik sehat secukupnya agar terhindar dari berbagai penyakit tubuh, termasuk kemangi ya kawan-kawan.

Tambahan

Pohon kemangi untuk mengusir nyamuk

Musim hujan? Banyak nyamuk? Tanam saja pohon kemangi. Dengan aroma yang tidak disukai serangga dan nyamuk. Pohon mini kemangi dapat menjadi solusi ramah lingkungan dalam mengurangi perkembangan nyamuk di tempat anda. Efisien dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. 

“Baca Juga Si Pahit Daun Ajaib Dari Afrika

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *