9+ Manfaat Daun Afrika yang Bikin Anda Makin Penasaran

Meski asing sebagian dari kita, baik dari rasa maupun bentuknya. Jarang diketahui manusia, namun berkhasiat. Daun dari benua Afrika ini memiliki banyak keunggulan. Meski manfaat daun afrika tak sehebat daun bidara arab namun tetap saja sangat kompleks untuk kesehatan kita.

Daun afrika merupakan salah satu tumbuhan yang tumbuh di daratan tropis Afrika. Diketahui daun afrika memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan manusia. Tentunya hal ini dikarenakan daun afrika memiliki banyak kandungan mineral penting.

  • zinc
  • kalium
  • zat besi
  • vitamin A
  • vitamin C
  • vitamin B
  • vitamin E

Khasiat Daun Afrika Mengatasi Penyakit

khasiat daun afrika

Sebagai obat mengatasi sakit perut

Manfaat daun afrika untuk kesehatan yang pertama adalah dapat membantu mengatasi sakit perut yang dialami seseorang. Anda harus tahu bahwa masyarakat di Afrika Barat sendiri sudah sejak lama menggunakan daun afrika untuk mengobati masalah sakit perut.

Ekstrak daun afrika memiliki kandungan antioksidan dan juga anti radang yang sangat efektif dalam meredakan radang pada area sekitar perut.  Juga sangat efektif dalam mengatasi masalah sistem pencernaan manusia.

Cara memanfaatkan daun afrika untuk mengatasi sakit perut adalah dengan Anda kunyah daun afrika sampai hancur dan jangan ditelan. Hal tersebut sangat penting guna menyerap kandungan senyawa aktif didalam daun tersebut.

Membantu mencegah resiko kanker payudara

Manfaat daun afrika bagi kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah resiko Anda terserang kanker payudara. Didalam daun afrika akan Anda temukan kandungan antioksidan yang dapat mencegah perubahan DNA sel.

DNA sel berubah karena terjadinya oksidasi radikal bebas yang dapat mengubah sel tubuh Anda menjadi suatu sel kanker. Didalam journal Experimental Biology and Medicine telah disebutkan bahwa ketika Anda mengonsumsi daun afrika hal tersebut akan menghambat tumbuhnya sel kanker payudara.

Didalam penelitian tersebut juga ditemukan fakta bahwa kandungan daun herbal ini dapat menghambat terjadinya pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara. Namun walau demikian, untuk mengimbangi pencegahan kanker payudara dengan daun afrika, dianjurkan Anda juga menjaga gaya hidup.

” Artikel Terkait : Manfaat Daun Sirih Untuk Organ Kewanitaan

Sebagai obat malaria

Di benua Afrika secara khusus di Nigeria, daun afrika sudah sejak lama digunakan sebagai bahan herbal mengatasi penyakit malaria. Manfaat daun afrika tersebut untuk mengatasi malaria semakin diperkuat dengan terbitnya hasil penelitian berjudul “Malaria Chemotherapy Control and Elimination”.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa ekstrak dari daun afrika memiliki kandungan anti plasmodic yang dapat memerangi penyakit malaria.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun afrika berikutnya yaitu untuk kolesterol. Kolesterol tinggi akibat sembarangan dalam mengkonsumsi makanan sangatlah berbahaya bagi tubuh. Karena hal tersebut memicu tumbuhnya bintik penyakit dalam yang serius.

Menurut ahli biologi dalam sebuah penelitian. Kadar kolesterol jahat dapat menurun drastis hingga 50% setelah mengkonsumsi air hasil seduhan serbuk atau tumbukan daun afrika.

Membantu menurunkan kadar gula darah

Ekstrak daun afrika juga nyatanya memiliki sifat anti diabetes sehingga sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang menderita diabetes. Atau bagi mereka yang saat ini sedang berada di masa pra diabetes atau orang – orang dengan kemungkinan berpotensi diabetes.

Ekstrak daun afrika sendiri menunjukkan upaya peningkatan toleransi gula pada tubuh serta membantu menurunkan kadar gula darah. Herbal yang satu ini juga sangat penting dalam meningkatkan penggunaan gula oleh tubuh Anda serta meningkatkan terjadinya penyerapan pada sel – sel tubuh.

Membantu meredakan masalah radang

Salah satu manfaat dari daun afrika adalah untuk membantu meredakan radang dan juga mempercepat proses penyembuhan luka.

Didalam sebuah studi yang telah dipublikasikan oleh Advanced Pharmaceutical Bulletin disebutkan bahwa daun afrika dapat membantu mengobati berbagai masalah radang. Termasuk radang akut pada manusia bisa diatasi dengan daun afrika.

Penelitian tersebut juga menjelaskan lebih jauh tentang ekstrak daun afrika yang berpotensi membantu menghambat hormon prostaglandin dan mediator yang lain dalam memperparah radang di tubuh.

Ramuan daun afrika juga bisa diaplikasikan pada luka untuk mempercepat terjadinya penyembuhan luka. Hal tersebut karena ramuan herbal yang satu ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan juga melakukan upaya perbaikan atas jaringan sel – sel tubuh yang rusak.

Mengatasi asam urat

Asam urat merupakan suatu kondisi pada tubuh manusia ketika kadar purin didalam darah terlalu tinggi. Alhasil pembengkakan akan terjadi pada penderita. Manfaat daun afrika untuk asam urat adalah dapat membantu penderita mengurangi resiko pembengkakan yang terjadi akibat zat asam didalam darah.

Kombinasi yang baik akan memulihkan kembali seperti sedia kala adalah dengan cara memberi asupan air putih, air hangat seduhan jahe dan olahraga secara teratur.

” Artikel Terkait : Kemangi Si Lalapan Hijau Yang Kaya Manfaat 

Manfaat Daun Afrika Untuk Kecantikan

serbuk minuman daun afrika

Selain banyak manfaatnya untuk kesehatan, daun afrika juga kaya manfaat untuk kecantikan. Karena itu banyak produk kosmetik yang kini sudah ditambah dengan campuran daun afrika. Adapun manfaat daun afrika untuk kecantikan diantaranya :

Mengatasi masalah jerawat

Jerawat merupakan suatu permasalahan kulit wajah yang penyebabnya adalah kondisi radang. Kemunculan jerawat selain akan mengganggu kecantikan kulit wajah juga dapat menimbulkan rasa sakit yang mengganggu.

Belum lagi jika jerawat hadir dengan ukuran besar dan menjadikan keindahan kulit wajah Anda terganggu. Nah, daun afrika ini dapat sebagai obatnya. Cara mengambil manfaat daun afrika untuk mengatasi jerawat yaitu dengan Anda buat masker daun afrika. Kemudian gunakan secara rutin.

Menghaluskan kulit

Selain dapat memberikan manfaat kelembaban pada kulit, vitamin juga dapat membuat kulit lebih halus. Permukaan kulit yang cenderung kasar dan tidak enak untuk dilihat tentu dapat Anda musnahkan dengan menggantinya melalui permukaan kulit yang halus menggunakan ramuan daun afrika.

Itulah apa saja manfaat daun afrika untuk kesehatan dan kecantikan yang Anda harus tahu. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang menambah wawasan Anda.

Melembabkan Kulit

Vitamin yang melimpah pada daun afrika menjadi nutrisi penting bagi kulit kering anda. Asupan vitamin yang sangat kompleks akan menjaga kelembaban kulit dengan maksimal.

Meski rasanya pahit tak karuan ketika dikonsumsi. Menjaga kesehatan kulit adalah hal yang sangat perlu bagi setiap manusia, terlebih kaum hawa. Maka dari itu jaga kelembaban kulit anda dengan konsumsi rutin minuman seduh dari daun afrika.

Bila ingin mencapai hasil maksimal gunakan pula tumbukan halus daun afrika sebagai masker sebagaimanatelah diterangkan diatas. Dapat berkhasiat mengurangi jerawat, minyak dan menghaluskan kulit.

Menyehatkan Rambut

Selain dapat mempercepat pertumbuhan rambut secara lebat. Kandungan nutrisi daun afrika juga memberi efek bagi kekuatan akar dan ujung rambut. Sehingga mengurangi kerontokan rambut.

Cara penggunaan cukup mudah. Tinggal dihaluskan menjadi bubur dengan cara ditumbuk atau diblender. Daun afrika digunakan sebagai maker alami bagi rambut anda.

” Artikel Terkait : Ternyata Daun Pandan Juga Bisa Untuk Perawatan Rambut!!! “

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *