Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Buah tin juga dikenal dengan buah ara. Banyak sekali manfaat buah tin bagi kesehatan. Untuk waktu yang lama, buah tin telah dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Serangkaian zat yang terkandung di dalamnya dapat memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan.

Tidak mengherankan jika kemudian buah ini menjadi populer dan banyak dikonsumsi, bahkan dalam kondisi kering, mengingat buah tin hanya tumbuh di daerah tertentu. Jika mereka dibawa sebagai kenangan, buah tin ini sering mengering terlebih dahulu, sehingga daya tahannya pun lebih baik.

Berikut beberapa kandungan yang ada pada buah tin segar maupun kering.

Manfaat Kandungan Buah Tin

Buah ini adalah salah satu tanaman buah yang disukai Rasululah SAW. Diceritakan oleh Abu Zar r.a. bahwa Nabi pernah menemukan buah tin dan Nabi Muhammad mengundang teman-temannya untuk makan, maka Rasulullah juga pergi makan sambil berkata “Jika saya mengatakan kata-kata tentang buah jatuh dari surga, untuk itu saya katakan karena buahnya tidak berbuah.

Oleh karena itu, makan lebih baik untuk buah ini, pada kenyataannya, buahnya melebihi buahan yang lainnya dan dapat mempertahankan tubuh yang sehat. ”

Dari kata-kata Rasul SAW, dapat disimpulkan bahwa buah tin adalah buah yang berasal dari surga dan diklasifikasikan sebagai buah yang memiliki banyak manfaat dan Nabi berkata untuk mengatasi penyakit dan menyehatkan tubuh, dan dapat menghilangkan racun berbahaya di organ.

Di dunia ini, ada dua jenis buah tin: buah tin basah segar dan buah tin kering. Perbedaan antara kedua jenis buah tin hanya pada tingkat kalori. Untuk buah tin kering, mengandung enam lebih banyak kalori daripada buah tin segar basah. Buah tin sangat kaya akan nutrisi dalam buah.

“Artikel Terkait : 11+ Manfaat Buah Kurma Yang Sangat Kompleks Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Tin Segar Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dan Khasiat Buah Tin1. Antioksidan yang kuat

Buah tin memberikan manfaat besar bagi tubuh manusia karena kemampuan antioksidannya. Di mana antioksidan yang terkandung dalam buah ara dapat mencegah berbagai kondisi kesehatan seperti penuaan dini, kanker, dll.

2. Anti bakteri dan anti jamur.

Manfaat buah tin dapat bertindak sebagai agen antibakteri dan antijamur alami. Sebuah tinjauan oleh Pusat Penelitian Obat-obatan dan Herbal di Universitas Kebangsaan di Malaysia menyebutkan dua penelitian yang menunjukkan kemampuan ekstrak tin (ara) untuk melawan bakteri oral, serta beberapa jamur dan mikroba.

3. Cegah sembelit

Kandungan serat dalam buah tin dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, serat tidak hanya mencegah sembelit, serat juga dapat membantu mengobati diare dan buang air besar yang tidak teratur.

4. Kontrol berat badan Anda

Kandungan serat dalam buah tin juga dapat membantu mengurangi berat badan dan sering direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang yang kelebihan berat badan. Namun, jumlah kalori yang tinggi juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, terutama jika dikonsumsi dengan susu.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah tin kaya akan kalsium, yang merupakan salah satu komponen terpenting untuk memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Buah tin juga kaya akan fosfor, yang dapat merangsang pembentukan tulang dan pertumbuhan tulang lagi jika ada kerusakan atau degradasi tulang.

6. Mencegah hipertensi

Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak garam, kadar natrium akan meningkat. Ini bisa mengganggu keseimbangan natrium dan kalium yang akan menghasilkan hipertensi. Buah tin adalah buah yang ideal untuk mengembalikan keseimbangan ini.

7. Mencegah penyakit jantung

Tingkat antioksidan yang tinggi pada buah tin dapat membantu menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Seperti disebutkan di atas, buah tin dapat mencegah hipertensi, yang merupakan salah satu faktor risiko untuk pengembangan penyakit jantung.

8. Mencegah kanker

Antioksidan yang mengandun dalam buah tin juga bisa membantu pencegahan kerusakan DNA yang disebabkan pada radikal bebas yang dapat menyebabkan sel kanker. Nah, sangat bermanfaat sekalikan buah tin bagi kesehatan tubuh kita.

9. Baik untuk penderita diabetes

Kandungan serat yang tinggi dalam buah tin membuatnya dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, buah tin kering masih mengandung gula, jadi Anda harus membatasi konsumsi buah tin, atau lebih baik berkonsultasi dengan para ahli.

10. Meningkatkan kesehatan reproduksi

Menurut literatur kuno, orang Yunani menggunakan buah tin sebagai afrodisiak alami. Timah dianggap sebagai buah suci dan berkaitan erat dengan kesuburan dan cinta. Secara ilmiah, buah tin dapat meningkatkan kesuburan dan gairah karena mereka sarat dengan mineral seperti seng, mangan dan magnesium, yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan reproduksi. Baca juga mujarabnya ikhtiyar promil dengan kurma muda.

11. Merawat kesehatan kulit

Dengan antioksidan tinggi, manfaat buah tin atau buah ara dapat merawat kesehatan kulit dengan sangat baik. Buah ini membantu tubuh menangkal radikal bebas yang dapat merusak kondisi kulit, sehingga kulit tidak akan mengalami masalah yang dapat memperburuk kondisinya.

12. Mengurangi risiko kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah tin dapat membantu membentuk sistem pertahanan tubuh yang maksimal. Antioksidan ini dapat membantu tubuh melindungi diri dari berbagai radikal bebas yang dapat menurunkan kualitas kesehatan dan menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker dan lainnya. Jika sistem pertahanan tubuh terjaga dengan baik, risiko kanker dan penyakit serius lainnya dapat dihindari.

13. Mempercepat proses penyembuhan luka

Ada banyak masalah yang sering terjadi pada kulit, seperti: luka, bisul atau bahkan alergi dan infeksi. Semua ini tidak diragukan lagi akan menyebabkan masalah yang sangat merusak kesehatan dan kepercayaan diri seseorang.

Jika Anda makan buah tin, beberapa masalah kulit dapat diatasi dengan cara yang tepat, karena buah tin memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak, termasuk membantu proses penyembuhan luka.

14. Pengganti susu

Buah tin yang mengandung kalsium, dapat menggantikan peran susu dalam menguatkan tulang. Sangat rekomended bagi anda yang tidak suka minum susu atau bahkan alergi.

15. Mengobati insomia

Buah tin termasuk buah surga. Jadi insomia juga bisa terobati dengan cara mengkonsumsi secara rutin dan bertahap.

16. Penangkal tumor

Benzaldehid dan fenol pada buah tin berkhasiat sebagai zat yang menangkal munculnya tumor pada bagian tertentu pada tubuh manusia.

17. Obat luar pada luka

Cara mengobati luka dengan buah tin yakni memasak buah hingga mendidih, lalu mencampurkan susu sebagai pengental. Setelah menyatu lulurkan pada luka tubuh.

18. Mengontrol kadar gula darah

Penyerapan gula darah pada usus kecil sangat signifikan. Untuk mengontrol hal tersebut, buah tin bisa menjadi salah satu jalan untuk menstabilkannya dengan batuan serat tin dan fruktosa.

19. Sebagai Masker

Selain masker alami yang telah kita buat artikelnya. Buah tin juga bisa menjadi masker buatan rumahan andalan bagi anda. Cara membuatnya cukup dihaluskan buah tinnya dan dijadikan masker.

20. Mengobati jerawat

Untuk mengobati jerawat, masker tin perlu campuran madu agar wajah juga bisa lebih lembut dan mulus karena kombinasi kedua herbal tersebut.

21. Menjaga kesuburan

Antioksidan pada buah tin bisa membuat adam lemak sperma lebih terhindar dari berbagai sistem yang membuatnya rusak. Maka dari itu kesuburan seorang pria juga bisa teratasi dan bahkan terjaga secara baik nan alami.

22. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun tubuh tercipta dari berbagai hal. Termasuk juga dari vitamin yang tercukup. Nah, pada buah tin banyak kandungan manfaat untuk menjaga kekebalan tubuh penikmatnya.

23. Meluruhkan batu ginjal

Penelitian di salah satu Universitas di Hanamkonda, India. Telah mempraktekan ekstrak etanol dengan buah tin. Terbukti dengan percobaan tersebut memperlihatkan bahwa ekstrak etanol bisa mengeluarkan serbuk pembentuk ginjal. Maka dari itu penelitian tersebut terbukti mujarab untuk solusi batu ginjal.

24. Menangkal radikal bebas kanker

Kandungan coumarinapat pada buah tin bisa mengurangi resiko kanker prostat. Bagi anda yang ingin tetap sehat bebas dari kanker, konsumsi juga buah tin secara berkala.

25. Mengobati gatal dan bisul

Dengan mengoleskan ramuan tin untuk semoga bisa meredakan gatal dan bisul yang ada pada bagian tertentu pada tubuh.

26. Meredakan ambeien

Merendam buah tin atau ara kering dalam air semalaman. Lalu diminum rutin tiap pagi dan sore akan membuat kandungan serat dalam buah ara atau buah tin ini efektif mengatasi sembelit dan wasir karena mampu meningkatkan gerakan usus.

27. Melancarkan BAB

Selain pepaya, sembelit juga bisa teratasi oleh buah tin. Dengan kandungan air yang cukup dan vitamin yang dapat membuat usus sehat.

28. Membuat pertumbuhan cepat

Kalsium pada tin bisa membuat pertumbuhan tulang yang terhambat menjadi terbuka kembali karena kalsium yang disuplai memenuhi kriteria.

29. Obat usus & lambung

Dengan resep 6 buah tin yang potong kecil-kecil kemudian dicampur minyak zaitun dan perasan jeruk nipis. Lalu campurkan merata dan diamkan selama semalam. Setelah itu ramuan ini siap untuk diminum.

30. Menguatkan tulang

Kandungan kalsiumnya sama seperti manfaat susu yang akan mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dalam buah tin bermanfaat untuk mencegah keropos tulang.

31. Obat asma

Membantu pernapasan bagi penderita asma dan menghindarkan diri dari resiko darah tinggi.

32. Mengenyangkan perut

dengan memakan buah tin perut kita juga merasakan kenyang. Selain kenyang ada banyak khasiat yang bakal kita rasakan beberapa waktu setelahnya. Jadi gak rugi bila mengkonsumsi buah tin.

“Artikel Terkait : 15+ Manfaat Daun Sirsak Untuk Penyakit Dalam

Manfaat Daun Tin Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun tin

Selain buahnya ternyata daun buah ara juga mengandung banyak kegunaan (Lihat gambar diatas). Mungkin karena termasuk tanaman surga yang diberkahi jadi semuanya dapat dimanfaatkan selagi dalam kebaikan. Perhatikan pada gambar diatas, terdapat 32 manfaat daun tin untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *