Manfaat Buah Plum Untuk Diet Sehat

Buah plum merupakan salah satu buah yang mungkin terbilang kurang populer bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal, manfaat buah plum sangat kompleks dan tak kalah hebat dengan buah-buah lainnya dalam mengatasi berbagai penyakit.

Faktanya buah yang warnanya mirip dengan ceri ini kaya akan antioksidan. Buah yang masuk dalam jenis Prunus dari famili Rosaceaemeliputi persik, aprikot, dan nektarin ini juga memiliki khasiat lain lho.

Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

buah plum

Menyehatkan pencernaan

Buah plum memiliki serat yang berkhasiat untuk memadatkan fases dan melancarkan proses keluarnya fases. Sehingga, bisa dibilang jika buah plum mampu mencegah sakit sembelit. Buah ini juga baik untuk usus karena plum menyediakan makanan untuk bakteri baik dalam usus.

Bakteri baik itu menghasilkan asam butirat sebagai bahan bakar sel usus besar dan zat yang menyehatkan kesehatan organ. Bakteri baik yang tinggal di usus berfungsi melawan bakteri pathogen.

Mengurangi kolesterol

Kandungan asam propionate yang terbukti sebagai jenis serat tidak larut memiliki sifat sebagai penurun kolesterol. Asam propionat akan menghambat HMG-CoA reduktase, yaitu enzim yang memproduksi kolesterol. Asam propionate ini akan mengikat asam empedu lalu mengeluarkan dari tubuh melalui kotoran.

Menetralkan radikal bebas

Manfaat buah plum selanjutnya mampu menetralkan radikal bebas. Buah plum juga mengandung fitonutrien unik atau asam neochlorogenic dan chlorogenic yang mampu menetralkan radikal bebas. Kandungan zat tersebut bersifat fenol, sehingga terbukti mampu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak.

Menyehatkan jantung

Kandungan kalium dalam plum membantu memelihara fungsi tubuh vital yaitu jantung. Kandungannya memelihara irama jantung, impuls saraf, kontraksi otot jantung dan tekanan darah. Konsumsi plum rutin bisa mencukupi kalium tubuh.

Obat osteoporosis

Mineral boron yang terdapat dalam plum kering memiliki manfaat dalam membangun tulang dan obot. Mineral tersebut juga mampu meningkatkan koordinasi otot. Penelitian oleh Florida State University dan Oklahoma State University menunjukkan jika plum kering mencegah hilangnya massa tulang pada wanita setelah mengalami menopause.

pohon plum

Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berkutat dengan berat badan, plum bisa membantu diet. Buah ini memiliki banyak serat dan indeks glikemik yang rendah. Kedua zat itu mampu membuat perut kenyang lebih lama. Jadi, gunakan buah ini untuk menu diet Anda.

Mengurangi gula darah

Makanan yang mengandung indeks glikemik rendah membantu mengendalikan kadar gula dalam darah. Manfaat buah plum salah satunya mengurangi risiko diabetes karena termasuk buah dengan glikemik rendah.

Mencukupi sel darah merah

Kandungan zat besi dalam buah plum mampu menjaga kecukupan sel darah merah dalam tubuh. Tahukah Anda jika plum mengandung 0,81 mg zat besi tiap 250 gram buahnya. Ini artinya, buah plum menyediakan 4,5% kebutuhan zat besi tubuh.

Menurunkan risiko penyakit paru dan kanker usus

Penelitian menunjukkan jika makanan dengan polifenol dan antioksidan mampu mengurangi risiko penyakit paru obstruktif kronis. Plum yang mengandung antioksidan bisa mengatasi jenis penyakit tersebut. Selain itu, risiko akan kanker usus besar bisa ditekan dengan makanan berantioksidan tinggi seperti plum.

Meningkatkan fungsi kognisi

Fungsi antioksidan yang ada di buah plum juga penting untuk mencegah degradasi kognitif atau kepikunan. Antioksidan mampu menetralisir radikal bebas yang merusak sel otak. Anda dapat merasakan manfaat buah plum dengan mengkonsumsi 3-4 plum sehari.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *