Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Manggis – Kita sering dapat melihat manggis. Tidak banyak orang tahu manfaat dan manfaat buah manggis. Sebenarnya, manggis mengandung banyak manfaat, selain itu, dari daun, buah, pohon dan akarnya, ternyata juga memiliki manfaat.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang manfaat daun manggis atau mungkin seluruh tanaman yang nama latinnya Garcinia mangostana L, baca artikel berikut ini secara lebih rinci.

Manggis adalah tanaman batang yang merupakan jenis tanaman tua. Pohon manggis akan menghasilkan setidaknya setelah usia 5 tahun sejak ditanam untuk pertama kalinya. Daun manggis dapat digunakan sebagai obat, baik daunnya muda atau tua, memiliki sifat yang sama.

Pengolahan daun manggis cukup sederhana untuk membuat obat herbal yang baik. Yang kita butuhkan hanyalah ekstrak dari daun manggis itu sendiri. Untuk mendapatkan ekstrak daun manggis itu bisa dilakukan dengan merebus atau menghancurkan dan mengeluarkan jus dari daun.

” Baca Juga : 17+ Manfaat Buah Kurma Yang Bikin Anda Semakin Cinta Padanya

Penjelasan Tentang Manfaat Buah Manggis

kandungan buah manggis

  • Manggis mengandung xanthone

Seperti dijelaskan di atas, xanthone sebenarnya adalah jenis senyawa polifenol yang aktif secara biologis dan secara struktural mirip dengan bioflavanoid. Senyawa ini jarang ditemukan di alam, kebanyakan hanya ditemukan di dua tanaman. 200 jenis xhanton alami telah diidentifikasi, dan sekitar 40 di antaranya ditemukan dalam buah manggis.

Dengan Xanthones memiliki banyak manfaat, seperti anti-inflamasi dan anti alergi. Selain itu, manggis juga memiliki beberapa bahan seperti polisakarida, sterol, proanthocyanidins dan catechin. Semua bahan dalam manggis baik untuk menjaga fungsi tubuh yang sehat.

  • Kalori Rendah Manggis

Manggis memiliki rasa yang lezat, tetapi juga rendah kalori. Jadi manggis sangat cocok bagi Anda yang ingin diet.

Buah manggis memiliki 63 kalori per 100 gr. Manggis juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Buah manggis dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh hingga 13% per 100 gram.

  • Buah manggis kaya akan vitamin C

Buah manggis dapat memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh sebesar 12 persen untuk setiap 100 gram daging buah. Vitamin C berfungsi kuat sebagai antioksidan, yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.

  • Manggis mengandung vitamin B kompleks

Dalam buah manggis ada kandungan vitamin B kompleks seperti tiamin, niasin dan asam folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor dalam metabolisme, protein, dan lemak.

  • Manggis mengandung folat

Folat dalam mangis memiliki peran penting dalam pembentukan sel-sel baru dalam tubuh dan dalam perkembangan janin. Sehingga buah manggis ini dikonsumsi dengan sangat baik selama kehamilan dan dapat melindungi bayi dari cacat tabung saraf.

” Baca Juga : 10+ Manfaat Daun Sirsak Yang Jarang Diketahui

Manfaat Buah Manggis

buah manggis

Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat buah manggis bagi kesehatan adalah yang pertama untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Karena kandungan xanthone dalam buah manggis dapat membantu tubuh Anda menghambat agregasi platelet, yang dapat menyumbat pembuluh darah. Inilah yang kemudian memperlancar sirkulasi darah Anda. Tidak hanya itu, sirkulasi darah yang lembut juga bisa mencegah munculnya katarak di mata.

Menurunkan tekanan darah

Tidak hanya itu, kandungan xanthones dalam manggis juga bisa menurunkan tekanan darah Anda. Karena itu, dapat pula dikatakan bahwa manfaat buah manggis untuk kesehatan baik untuk konsumsi penderita hipertensi. Selain itu, dalam kandungan xanthone juga sangat baik bagi trombosis.

Menangkal radikal bebas

Manfaat buah manggis bagi kesehatan, yaitu sebagai berikut untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh Anda. Kandungan antioksidan, xanthone, dapat menangkal radikal bebas, sambil meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, kandungan xanthone juga dapat membantu memperlambat penuaan, mencegah penyakit dan mengendalikan penyakit degeneratif, seperti radang sendi atau radang sendi. Benar hebat

Cegah penyebaran kanker

Dari penelitian terbaru menunjukkan bahwa pada buah manggis memiliki banyak manfaat positif dalam mencegah penyebaran kanker, ini termasuk kanker hati dan juga payudara. Kandungan xanthone telah terbukti efektif dalam mencegah pembelahan sel kanker payudara untuk mempercepat kepunahannya di tubuh Anda.

Untuk memperkuat dari fakta ini, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Ethnopharmacology pada Januari 2004 telah menyatakan bahwa pada ekstrak manggis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dengan mengubah DNA sel kanker.

Menurunkan berat badan

Manfaat buah manggis untuk kesehatan adalah menurunkan berat badan. Karena manggis mengandung kalori yang sangat rendah, yaitu hanya sekitar 63 kalori per 100 gram. Tidak hanya itu manggis juga kaya serat dan tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, jadi ada baiknya untuk diet Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Atasi masalah kulit

Tahukah Anda bahwa manggis memiliki sifat antimikroba dan antibakteri? Dikatakan bahwa kedua sifat ini efektif untuk mengobati berbagai masalah kulit, seperti jerawat, flek hitam, kulit berminyak dan kulit kering. Tidak hanya itu, manggis juga kaya akan senyawa satonic yang dapat memperbaiki sel-sel yang rusak dan menyembuhkan penyakit kulit. Tidak hanya itu, kandungan antioksidannya juga baik untuk mencegah penuaan dini.

Cegah dan obati penyakit jantung

Manfaat kesehatan dari manggis untuk yang terakhir adalah untuk mencegah penyakit jantung. Telah disebutkan sebelumnya bahwa xanthones dalam buah manggis dapat mencegah penyumbatan dalam sirkulasi darah. Nah, penyumbatan ini adalah penyebab paling umum penyakit jantung. Karena itu, jika sirkulasi darah Anda ringan, risiko penyakit jantung Anda akan lebih rendah.

” Baca Juga : 11+ Khasiat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

Efek Samping Dari Buah Manggis

buah manggis

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa xanthones dapat mengganggu pembekuan darah normal. Tidak dapat dijelaskan tentang xanthone dalam manggis jika dapat berinteraksi dengan obat antikoagulan (seperti warfarin) atau tidak. Itu juga bisa menyebabkan pendarahan.

Studi ini juga menerbitkan penggunaan xanthone dosis tinggi yang dapat menekan sistem saraf pusat pada hewan dan menyebabkan sedasi. Xanthone dapat menyebabkan sedasi berlebihan jika dikombinasikan dengan herbal atau obat lain. Selain itu, ada juga kemungkinan keracunan dalam dosis tinggi, tujuan dari penelitian ini adalah masih ada hewan, yang belum dibuat untuk manusia.

” Baca Juga : 9+ Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Satu pemikiran pada “Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan”

  1. Aku rutin konsumsi vitamin kulit manggis. Kerasa banget efeknya di kulit jdi gak gampang jerawatan, dan stamina tubuh , jd ga gamblang sakit juga. Dari segi harga vitamin kulit manggis ini jg ga mahal. Makanya aku lbh seneng konsumsi ini daily drpd vitamin yg lbh mahal lainnya :). Kalo makan buahnya sih suka jugaaa, banget malah. Tapi kalo lg gak musim manggis, susah deh nyarinya :D. lagi musim pun, aku jrg nemu di sekitar area rumahku.

Tinggalkan komentar