Manfaat Buah Durian [Plus Kulit Durinya] Bagi Tubuh Kita

Manfaat Buah Durian [Plus Kulit Durinya] Bagi Tubuh Kita

Meski harga durian tidk bisa dikatakan stabil, namun penggemar buah aroma yang menyengat ini tak perlu turun. Bahkan meningkat di setiap tahunnya.

Yang menjadi daya tarik bukan hanya rasa dan aromanya, namun juga berbagai khasiat manfaat durian yang bisa dirasakan penikmatnya.

Manfaat Buah Durian

durian bawor

Membantu mengatasi gigitan nyamuk dan luka

Manfaat buah durian yang pertama adalah dapat membantu mengatasi masalah gigitan nyamuk dan juga mengobati luka. Apapun jenis lukanya bisa Anda atasi dengan menggunakan buah durian pada bagian tersebut.

Zat antioksidan yang terkandung dibalik buah durian kaya akan vitamin C dimana kandungan vitamin C tersebut akan sangat membantu tubuh manusia dalam proses percepatan penyembuhan luka dan bentol yang timbul karena gigitan nyamuk atau sebab lainnya.

Sebagai zat anti depresi

Durian juga sangat baik dalam mengendalikan depresi. Dibalik buah durian akan Anda temukan kandungan zat tryptophan yang merupakan suatu zat penting untuk membantu menghasilkan zat serotin yang lebih santai. Juga memberikan rasa gembira dan sekaligus meningkatkan mood.

Nutrisi bagi sendi dan tulang

Manfaat durian bagi tubuh yang selanjutnya adalah sangat baik bagi sendi dan juga kesehatan tulang manusia. Buah durian tidak hanya memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Akan tetapi dibalik buah durian akan Anda temukan kandungan berbagai macam vitamin mulai dari vitamin B1, vitamin B2, kalium, dan beberapa nutrisi lain yang juga dapat mempertahankan serta menjaga kesehatan sendi dan tulang Anda.

Menjaga kesehatan gigi

Manfaat durian bagi kesehatan yang selanjutnya berkaitan dengan kesehatan gigi. Gigi juga akan terjaga jika Anda mengonsumsi buah durian. Hal tersebut karena buah durian memiliki zat fosfor yang sangat bermanfaat untuk membantu gigi tetap sehat dan kuat.

Menyehatkan sistem pencernaan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan seperti salah satunya sulit buang air besar atau sembelit, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah durian. Hal tersebut bisa Anda rasakan karena buah durian merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan serat yang cukup tinggi.

Menyeimbangkan kadar gula didalam tubuh

Didalam buah durian akan Anda temukan kandungan mangan yang memberikan peran dapat membantu menstabilkan kadar gula didalam darah. Hal tersebut sangat penting agar kadar gula Anda selalu berada di batas normal.

Sebagai suatu zat anti anemia

Jika memang Anda memiliki tanda-tanda kurang darah pada tubuh, Anda bisa mengonsumsi aneka buah. Salah satu manfaat buah durian adalah sebagai zat anti anemia karena didalamnya mengandung zat besi, folat dan tembaga.

Sebagai zat anti penyakit jantung dan anti kanker

Ohio State University telah melakukan suatu penelitian terhadap buah durian. Hasilnya didapatkan bahwa buah yang satu ini kaya dengan kandungan zat phytonutrient yang memiliki suatu kemampuan dalam membunuh berbagai macam aspek penyebab kanker.

Mengatasi migraine

Manfaat buah durian yang lain adalah dapat menghilangkan berbagai macam penyakit migrain. Khasiat yang satu ini didapatkan dari zat riboflavin dan juga vitamin B2 yang terdapat didalam buah duriannya.

Membantu meningkatkan kekuatan pikiran

Manfaat durian untuk kesehatan yang terakhir adalah berkaitan dengan kesehatan pikiran manusia. Durian segar kaya akan kandungan kalium. Didalam sebuah penelitian terkait hal tersebut pernah dilakukan terhadap sekitar 200 orang murid di Twickenham School.

Setiap siswa diberi sarapan berupa buah durian dalam rentang waktu tertentu sebelum ujian. Kemudian hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang mengonsumsi buah durian memiliki perhatian lebih pada pelajaran yang diberikan dibandingkan mereka yang tidak sarapan dengan buah durian.

Manfaat Kulit Durian yang Perlu Anda Tahu

durian bawor

Selain bisa diambil buahnya, durian juga bisa dimanfaatkan kulitnya. Salah satu manfaat kulit durian yaitu menghilangkan bau durian setelah Anda mengonsumsi durian.

Seperti yang selama ini kita tahu bersama bahwa buah durian memiliki aroma yang sangat menyengat dan bahkan terkadang sangat mengganggu. Terlebih jika ada orang yang tidak suka dengan bau durian. Beberapa orang yang kurang suka dengan bau buah durian akan mengalami mual dan muntah.

Karenanya sangat baik untuk Anda menghilangkan bau durian setelah mengonsumsinya dengan cara memanfaatkan kulitnya.

Caranya Anda bisa letakkan air didalam kulit buah durian kemudian gunakan untuk mencuci tangan dan berkumur. Cara yang sederhana ini cukup ampuh dalam membantu mengusir bau buah durian.

Itulah apa saja manfaat buah durian beserta kulitnya untuk manusia. Semoga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Bila anda berminat untuk bercocok tanam durian silahkan baca artikel kami sebagai panduan singkatnya.

Tinggalkan komentar