Manfaat Buah Duku dan Penjelasan Kandungan Gizi

Siapa sih gak gak kenal dengan buah kecil tapi enak dimakan sebagai pencuci mulut setelah makan ini. Berbentuk bulat dan berwarna kulit hampir mirip kelengkeng. Yak, disini akan kami bahaskan lengkap penjelasan kandungan dan manfaat buah duku mungil penuh khasiat.

Pada bagian kandungan nutrisi dan vitamin dari buah duku, tentu saja, buah duku juga memiliki beberapa manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita. Untuk itu ulasan ini akan disajikan khusu buat anda.

Khasiat Manfaat Buah Duku

kandungan buah duku

1. Sumber antioksidan

Manfaat Buah Duku mengandung vitamin C, yang bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan dalam diri mereka sendiri adalah nutrisi yang berfungsi untuk mencegah tubuh menderita kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kerusakan ini biasanya terjadi karena proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh. Antioksidan juga dapat berperan dalam mencegah tubuh menderita kerusakan yang disebabkan oleh polusi atau zat beracun.

2. Mencegah penuaan dini

Kegunaan lain dari buah duku adalah penghambat penuaan dini. Salah satu faktor yang menyebabkan penuaan dini adalah karena radikal bebas. Seperti disebutkan di atas, vitamin C dalam buah sangat efektif dalam mencegah tubuh dari serangan radikal bebas.

Vitamin C juga berguna untuk melindungi lipid protein, asam nukleat dan karbohidrat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas atau kontaminasi atau racun.

3. Perkuat gigi

Manfaat Buah Duku efektif untuk memperkuat gigi karena kandungan fosfornya. Gigi akan menjadi kuat dan sehat jika Anda sering mengonsumsi buah duku.

4. Menjaga kesehatan gusi.

Kesehatan gusi dapat diobati dengan mengonsumsi vitamin C. Seperti yang telah disebutkan, buah duku mengandung vitamin C, yang memiliki efek menjaga kesehatan gusi.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C diperlukan bagi semua orang untuk menjaga kesehatannya. Kandungan vitamin C dalam buah duku juga bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

” Baca Juga : 17+ Manfaat Buah Kurma Yang Bikin Anda Semakin Cinta Padanya

6. Menurunkan berat badan

Buah Duku akan membantu tubuh untuk mendapatkan karnitin. Karnitin akan mengarahkan lemak ke jaringan untuk membakar lemak. Molekul lemak ini harus dipertimbangkan untuk siapa saja yang ingin menurunkan berat badan.

7. Menghaluskan sistem pencernaan

Manfaat Buah Duku mengandung serat tinggi sehingga bermanfaat untuk pencernaan yang lembut. Selain itu, buah duku juga efektif mencegah kanker di saluran pencernaan. Kandungan kalori, mineral, dan zat besi dalam buah duku juga lebih tinggi dibandingkan dengan apel.

8. Keluarkan nyamuk

Selain buah yang kaya akan manfaatnya, ternyata buah kulit duku juga memiliki keunggulan sebagai obat nyamuk, dengan menggunakan kulit kering dari buah duku yang digunakan sebagai obat nyamuk.

9. Kontrol kadar kolesterol

Metabolisme kolesterol dalam tubuh akan menjadi asam empedu. Bagi penderita kolesterol, ini bisa terbantu dengan seringnya mengonsumsi buah duku.

10. Perawatan masalah kesehatan kulit

Dalam merawat kesehatan, dalam buah duku tidak saja bermanfaat untuk kesehatan semata, tetapi juga sangat bermanfaat untuk kulit, seperti melembutkan kulit , mengatasi jerawat, untuk mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga.

Caranya adalah dengan menggosok kulit buah pada wajah dengan jerawat atau kulit yang gatal yang akan mengembangkan jerawat.

” Baca Juga : 11+ Manfaat Manggis Untuk Kesehatan Jantung Anda

11. Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit seringkali dapat dipertahankan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Buah Duku juga mengandung vitamin E, sehingga sangat efektif dalam menjaga kesehatan kulit, seperti:

  • Mencegah penuaan dini
  • Melembutkan dan melembabkan kulit.
  • Menjaga kelembaban kulit.
  • Jauhkan kulit dari sinar UV.
  • Membantu menyembuhkan luka.

12. Atasi diare dan demam

Buah Duku juga efektif dalam mengobati diare dan juga berguna untuk mengurangi panas atau demam tinggi.

  • Ambil biji buah duku.
  • Hancurkan biji sampai lunak
  • Campur dengan air
  • Minum sehari sekali.

13. Mencegah kanker

Dengan kandungan serat yang tinggi pada buah duku yang berfungsi untuk mencegah kanker dan dapat mencegah radikal bebas yang akan menyebabkan kanker dalam tubuh.

Manfaat buah Duku untuk penggunaan obat-obatan:

  • Kuku kering terbakar untuk menghasilkan bau aromatik yang mengusir nyamuk.
  • Pada rebusan kulit Duku mengandung zat yang bias digunakan untuk pengobatan disentri.
  • Bedak kulit digunakan untuk menghilangkan sengatan kalajengking.
  • Campuran bubuk dan biji air yang digunakan untuk pengobatan cacing usus.
  • Antipiretik: obat apa pun yang mengurangi suhu tubuh untuk mencegah atau meredakan demam.
  • Resin korteks yang ditentukan untuk perut kembung (keadaan gas berlebihan di saluran pencernaan).
  • Untuk pembengkakan dan sebagai antispasmodik (obat yang digunakan untuk meredakan atau mencegah kejang).
  • Resin dapat bermanfaat dalam pengobatan peradangan dan kolik (nyeri perut akut) di saluran pencernaan.

Itulah manfaat buah duku untuk kesehatan kita. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi buah ini. Baca Juga artikel terkait 10+ Manfaat Sari Buah Kurma Untuk Kesehatan Ibu Hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *