11 Manfaat Air Putih yang Terlalu Sering Kita Hiraukan

11 Manfaat Air Putih yang Terlalu Sering Kita Hiraukan

Khasiat Manfaat Air Putih  – Berawal dari pengalaman pribadi. Pola makan sehat, tidur cukup, aktivitas harian pun bersifat aktif produktif dan menyehatkan. Namun penyakit masih sering mengguncang tubuh. Mulai dari penyakit kecil seperti sakit tenggorokan, mulut kering, dehidrasi sampai sakit flu bahkan migran dan sakit kepala.

Bisa dibayangkan, bila sakit tenggorokan pasti tubuh lain ikut merasakan pula. Hingga membuat mood seharian hilang. Bicara saja keliatan berat apalagi gerak, iyakan?

Sering kali bangun tidur tiba-tiba tenggorokan terasa kering, itu disebabkan karena makanan pedas ataupun minuman berasa yang kita makan sebelum tidur. Bahkan juga beberapa kali menjumpai sakit migran setelah bangun tidur.

Di siang harinya ketika beraktifitas tubuh terasa down seketika. Itu semua disebabkan oleh satu hal yang kita menganggap kehadirannya hanya pelengkap sepele.

Dari berbagai pokok permasalahan yang pernah saya alami. Saya mulai berbenah mencari apa yang membuat penyakit tersebut terus muncul dengan sering. Setelah bernkonsultasi beberapa kali ketika memeriksakan diri di sebuah Klinik dan Rumah Sakit.

Alih punya alih. Usut pun juga punya usut. Semua penyakit tersebut hanya disebabkan oleh satu hal yang kita anggap sepele. Yaitu Kurangnya Konsumsi Air Putih.

Sering kali diri ini lebih memilih untuk meminum sesuatu yang berasa. Seperti teh manis, kopi dan air kemasan bervarian rasa yang lain.

Merasakan Khasiat Manfaat Air Putih Setelah Seminggu

Manfaat air putih untuk aktivitas
@pixabay

Setiap hari tubuh manusia membutuhkan air putih sebagai minuman yang dapat mengganti cairan tubuh yang telah hilang. Dikarenakan telah keluar diakibatkan oleh aktivitas sehari-hari, baik melalui keringat maupun kotoran yang kita keluarkan (red: kencing dan feses).

Fakta telah membuktikan bahwa hampir 75% komposisi tubuh manusia terdiri dari air cairan. Oleh karena itu cairan tubuh berupa air sangat dominan sebagai penyeimbang tubuh.

Bahkan mengkonsumsi 2,2 – 2,4 liter air putih perhari dapat mempercepat metabolisme tubuh. Dengan cepatnya metabolisme tubuh energi yang kita dapatkan juga seimbang pantas.

Setelah mengikuti saran dan masukan dari Dokter tentang aturan minum air putih. Saya memulai rutin meminum air putih setiap hari sebanyak 13 gelas atau 2,2 liter sehari. Mulai bangun tidur segelas, sebelum dan sesudah makan, sebelum beraktivitas pagi dan beberapa gelas di waktu lain.

Sesampai sepekan berlalu banyak perbedaan yang dapat saya rasakan mulai dari hilangnya rasa dehidrasi cairan, pencernaan lebih lancar hingga imun tubuh yang bertambah yang membuat tubuh kebal dari segala penyakit. Untuk lebih jelasnya simak beberapa tulisan artikel khasiat manfat air putih berikut ini.

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Dan Imun Tubuh

khasiat mujarab manfaat air putih bagi tubuh
@pixabay.com

Selain menghilangkan haus dahaga dan mencegah dehidrasi tubuh lantaran kadar cairan telah terpenuhi secara maksimal. Ada banyak manfaat air putih lainnya seperti berikut.

Menambah energi

Apa jadinya bila seseorang kekurangan cairan tubuh? Terlebih ketika beraktivitas bernilai berat seperti kerja, sekolah dan olahraga. Semuaa hal tersebut akan mengurangi banyak energi tubuh. Oleh karena itu air mineral lah yang pertama menjadi solusi penambah konsentrasi dan energi tubuh selaian karbohidrat dan protein.

Meningkatkan Mood Memikirkan permasalahan secara berlebihan membuat mood berkurang bahkan dapat hilang. Dari beberapa penelitian menyatakan bahwa kadar tingkat dehidrasi dapat mempengaruhi situasi dan kondisi hati seseorang. Oleh karena itu dengan konsumsi air putih ditujukan untuk membuat suasan hati lebih tenang dan rileks.

Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat minum air putih pagi hari yaitu melancarkan perncernaan. Peran air dalam sistem metabolisme tubuh adalah membatu mendorong sesuatu yang menyumbat (sembelit) pada usus.

Makanan yang dicerna oleh enzim pun juga akan didorong secara ekspres dengan bantuan air putih tersebut dikarenakan air bersifat netral.

Manfaat Air Putih Untuk Mengeluarkan Racun Toksin Dari Tubuh

Banyak endapan racun yang menduduki saluran pencernaan kita disebabkan dari makanan/minuman yang telah kita konsumsi dan endapan sisa dari metabolisme yang terhambat untuk keluar.

Air putih merupakan solusi utama untuk mengeluarkan racun toksin tersebut dengan cepat dan tanpa resiko efek samping. Bersama dengan keringat dan urine toksin tersebut akan dikeluarkan.

Dapat Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa nafsu makan dapat dipicu oleh minuman yang diminum sebelum makan. Dan air putih sangat disarankan untuk teguk sebelum makan guna menambah nafsu makan.

Manfaat air putih untuk diet, ya benar adanya. Selain menambah nafsu makan ternyata dalam penelitian tersebut juga menghasilkan hipotesis (kesimpulan dari penilitian) yang menyatakan bahwa air putih dapat menurunkan berat badan.

Namun dalam versi manfaat ini saya kurang merasakannya. Karena tubuh saya sudah kurus, masa mau kurus diet lagi. Saya dapat mengetahuinya dari adik saya yang dahulunya Gendutan, setelah rutin olahraga dan minum banyak air putih kini berat badannya agak menurun.

Khasiat Manfaat Air Putih Ketika Perut Kosong / Ketika Bangun Tidur

manfaat air putih setelah bangun tidur
@wayahna

Ketika prut kosong sehabis tidur. Pasti ingin rasanya mengisinya sesegera mungkin. Namun perlu diketahui, io-ion tubuh telah berkurang setelah berjam-jam melakukan metabolisme tubuh. Untuk itu utamakan menyuplai ion tersebut dengan cara meminum air puith minimal satu gelas setelah tidur.

Sebagai Penambah Konsentrasi

Mungkin setelah berjam-jam tidur konsentrasi seseorang akan berkurang. Disebabkan oleh metabolisme tubuh yang bekerja lebih ekstra ketika terlelap.

Oleh karena itu asuopan air sangat dibutuhkan untuk mengembalikan konsentrasi ion setelah bangun tidur. Dengan demikian juga dapat menghindarkan kita dari dehidrasi ringan yang disebabkan kurangnya cairan.

Manfaat Air putih Untuk Pembersihan Saluran Kemih

Minum air setelah bangun tidur bisa membantu membersihakn saluran urine terutama kantung kemih. Seperti halnya sakit ginjal berawal dari tumpukan kotoran pada kantong kemih. Untuk itu porsi minum setelah berjam-jam mengalami metabolisme tubuh, perlu ditambah.

Selain itu juga mengeluarkan penyakit-penyakit toksin tubuh yang nantinya akan dibawa keluar bersama urine.

Terbukti bila urine berwarna kuning itu menandakan masih ada pigmen warna (bukan penyakit), bila kuning pekat dan berbau beda itu menandakan ada penyakit dalam tubuh. Sebaliknya bila urine telah berwarna putih, hal tersebut menandakan bahwa urine yang dikeluarkan disebabkan konsumsi berlebih air putih dan menandakan kondisi sehat ketika itu.

Tak hanya sampai disitu kondisi lambung yang saya rasakan setelah minum air ketika bangun tidur, kini lebih terasa ringan dan terisi. Hal itu dibuktikan dengan larutnya asam pada lambung yang juga bisa membuat gejala batu ginjal.

Air Putih Dapat Menambah Konsentrasi dan Mencegah Migran

Migran sering kali menghampiri kepala saya, setelah bangun tidur dengan kaget. Entah karena suara orang, alarm maupun karena mimpi buruk. Migran biasa disebabkan oleh kaget, shock, kurangnya oksigen ketika tidur dan yang paling utama dehidrasi ketika terlelap.

Untuk mencegah hal tersebut saya mencoba hal baru. Yakni meletakkan botol air putih yang terisi penuh di dekat tempat tidur. Agar mudah dijangkau ketika bangun langsung menegaknya. Terbukti setelah rutinitas baik iitu sering saya jalankan, migran sudah jarang menghampiri ku ketika pagi hari bangun tidur.

Saran : Untuk berpergian liburan wisata atau kerja, jangan lupa selalu bawa air putih, agar kestabilan kesehatan tubuh tetap terhaga.

Manfaat Air Putih Hangat

manfaat air putih hangat
cantiknyakulitsehat.com

Air Hangat Membantu Melegakan Hidung Tersumbat

Sering kali hidung terasa tersumbat ketika musim penghujan. Hampir setiap kali kepala terguyur percikan hujan saya merasa nyilu pada kepala dan hidung terasa sesak berasa gejala demam datang.

Minum air hangat adalah cara yang pas ketika hujan datang untuk menyembuhkan menghangatkan tubuh dan mengurangi demam, batuk, pilek hidung tersumbat dan tenggorokan kering.

Menghilangkan Nyeri Saat Menstruasi

Secara tidak sengaja saya mengamati tingkah saudari dan ibu saya ketika mereka tidak sholat, pasti dia sedang datang bulan (menstruasi). Pasti mereka minum air putih hangat setiap pagi.

Suatu hari akupun menanyakan hal tersebut, mengapa ketika Menstruasi sering minum air hangat? Lantas menjawab “Air hangat dapat menjadi pertolongan pertama sangat nyeri datang bulan, otot perut yang kaku akan kembali lentur dan rileks setelah minum air hangat”.

Mengurangi Minyak Penyebab Jerawat

Air putih hangat bila diminum saat pagi dan malam hari, membuat badan hangat dan pikiran hati lebih tenang dan damai.

Bila ku siramkan (dengan suhu panas rendah) ke sebagian wajah, membuat otot-otot wajah lebih elastis. Sehingga membuka pori-pori kulit agar dapat mengeluarkan kotoran dan sebum yang berada di celah kulit wajah.

Terlebih bila pemakaian air hangat pada wajah dilakukan sebelum dan sesudah memakai masker, itu akan meningkatkan efek baik untuk kulit wajah dengan sebab terbukanya pori dengan sempurna.

Manfaat Air Putih Yang Lain

manfaat air putih dingin dan hangat
hellosehat.com

Air Putih Sebagai Rutinitas Yang Baik

Kehidupan yang baik diawali dengan hal yang baik. Keshidupan yang sehat diawali dengan hidup yang sehat. Banyak butki telah memperlihatkan bahwa manfaat air putih sangatlah kompleks. Mulai dari mood, otak, organ pencernaan dan peraliran darah semua membutuhkan asupannya.

Rutinitas sehari 2,2 liter air akan mengubah pola hidup Anda lebih sehat. Dari pada menegak kopi atau minuman lain setelah bangun tidur, Air putih akan lebih menyehatkan. Memang lebih enakan kopi, teh atau susu. Namun Kita juga harus memperhatikan kesehatan tubuh di masa depan.

Air Putih Hangat Sebagai Penyeduh Kopi

Ditinjau dari segi fungsi, bukan pembahasan kopinya.

Tanpa air putih hangat, kopi teh susu sachet bukan apa-apa. Bila kadar suhu air mengecilpun rasa dan aroma seduhan kopi/teh terasa berbeda.

KAdar suhu pada air hangat dapat menyatukan antara molekul air dan serbuk kopi. Lain dengan air dingin, ia cenderung mengentalkan molekul satu dengan yang lain. Terbukti setiap kali pembuatan kopi/teh pasti menggunakan air hangat.

***

Cukup sekian atikel tentang khasiat manfaat air putih yang pernah saya rasakan untuk kesehatan.  Saya telah membuktikan manfaatnya setelah rutin konsumsi 2,5 liter setiap hari. Terutama setelah bangun tidur dan aktivitas berat.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menginspirasi teman-teman untuk selalu mengkonsumsi air putih secara rutin dan sesuai kadarnya. Agar tubuh selalu sehat, bugar dan dapat beraktivitas dengan ceria, terimaksih. Jangan lupa Like, Share dan Comment.

Tinggalkan komentar