21 Makanan Khas Solo Paling Mantap

21 Makanan Khas Solo Paling Mantap

Halo sobat semua! Apakah Anda sedang mencari tempat kuliner terbaik? Tidak perlu berkeliling dunia, Anda dapat menemukannya di daerah Jawa Tengah yaitu Solo. Makanan khas Solo dan minuman khas Solo terdiri dari berbagai variasi yang dapat dipilih sesuai selera Anda.

Sejarah kota Solo melahirkan berbagai peninggalan baik dalam bentuk budaya, bangunan, bahkan makanan dan minuman yang kini dikonsumsi oleh masyarakat sekitar. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah dari segi kulinernya. Ingin tahu lebih detail? Intip review makanan dibawah ini yuk!

Review Makanan Solo & Sekitarnya

Wilayah Solo sangat dekat dengan Yogyakarta. Sehingga jangan heran jika kulinernya tidak berbeda jauh

Selain soto, sate, rica, dll, daftar makanan yang akan dijelaskan di bawah ini dapat menjadi salah satu daftar yang wajib dicoba ketika berada di Solo.

1. Selat Solo

Selat Solo Enak

Selat Solo merupakan salah satu makanan khas yang telah buka sejak lama dari zaman penjajahan. Konon, selat Solo ini merupakan makanan yang diciptakan pada masa penjajahan untuk menjamu orang Eropa ketika mengunjungi istana.

Karena orang Eropa menyukai steak, dan masyarakat Solo menyukai sayuran, maka dicampurlah keduanya menjadi sebuah makanan yang khas, yaitu selat Solo. Dimana di dalam makanan ini terdapat perpaduan resep dari Eropa dan Jawa.

Sehingga kedua belah pihak, baik dari orang kerajaan maupun dari orang Eropa dapat menyantap makanan secara bersamaan. Salah satu restoran yang terkenal menjual selat Solo terenak adalah warung Mbak Lies.

Selat Solo

Ketika berkunjung ke restorannya, Anda akan disajikan dengan tempat terbagus yang memiliki perabot tradisional untuk digunakan serta kualitas makanan dan minuman yang tentunya enak. Sehingga restoran ini dapat menjadi salah satu daftar yang wajib Anda kunjungi.

Anda dapat memilih 2 jenis selat, bestik dan lidah. Bestik merupakan potongan daging sapi yang telah mendapatkan permintaan yang banyak di kalangan customer. Sehingga Anda dapat memilih diantara keduanya yang paling disukai. Kedua bahan ini merupakan makanan termahal.

Selat Solo ini terdiri dari kentang, timun yang dipotong, irisan bawang merah, wortel, selada, dan tentu saja bestik atau lidah yang dapat dipilih. Daging yang disediakan disini sangat lembut dan juicy, memiliki kuah yang encer dengan warna yang pekat, dan tentunya rasanya sangat enak.

2. Mie toprak

Mie toprak Solo Pedas

Jika Anda mencari makanan jenis mie yang ada di Solo, bisa mencoba mie toprak. Mie ini terdiri dari mie kuning, bihun, toge, cakwe, tahu, tempe, dan daging sapi yang diguyur dengan kuah yang sedap dan kaya dengan rempah-rempah.

Mie toprak ini merupakan salah satu makanan terlezat yang cocok disantap oleh anak muda. Selain ringan, mie toprak ini sering dikonsumsi sebagai makanan penyegar ketika sedang flu, sehingga dapat menyegarkan tenggorokan.

Nama toprak ini diambil dari pertunjukan yang sedang hits pada zaman dahulu, yaitu ketoprak. Dimana masyarakat sangat menyukai melihat ketoprak sambil menikmati semangkuk mie kuah ramai-ramai.

Seiring berjalannya waktu, mie yang disantap pada saat melihat ketoprak ini kemudian dinamakan mie ketoprak. Keberadaannya juga semakin banyak dan kini dapat ditemukan di setiap daerah di Solo.

Ada mie toprak Yu Nani yang trsend di Solo, anda bisa coba. Yang membuat orang tertarik karena segar dan pedasnya yang menggoda.

3. Nasi timlo

Nasi timlo solo

Timlo merupakan salah satu makanan khas Solo yang tentunya wajib masuk dalam daftar kuliner Anda. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah dapat menyantap nasi timlo yang kaya akan rempah-rempah serta toppingnya yang membuat hati senang karena saking enaknya.

Nasi timlo ini terdiri dari kuah bening yang memiliki berbagai isi, yaitu nasi, sayuran, telur, irisan ayam, bawang-bawangan yang menambah cita rasa, dan irisan seledri. Apabila Anda menyukai sambal, dapat menambahkan sambal di dalam nasi timlo agar lebih nikmat.

Nasi timlo juga salah satu makanan yang cocok dikonsumsi ketika tubuh merasa kurang fit, karena selain terdiri dari berbagai macam kandungan gizi yang baik untuk tubuh, hangatnya kuah serta kesegaran kuah dapat meringankan tubuh Anda.

Nasi timlo ini salah satu makanan termurah di Solo dengan kandungan gizi yang banyak, sehingga menjadi makanan favorit bagi pelajar. Porsi yang disajikan juga cukup, sehingga dapat mengenyangkan.

4. Nasi ayam

Nasi ayam opor solo

Nasi ayam merupakan salah satu makanan kekinian di wilayah Solo-Semarang. Nasi ayam terdiri dari kuah kuning opor, sayur labu, telur, tahu, krecek, dan tentunya suwiran ayam. Disini, Anda juga dapat memilih topping lauk yaitu sate telur, sate usus, dan lain sebagainya yang disediakan.

Nasi ayam dapat menjadi salah satu alternatif makanan Anda karena terdiri dari berbagai macam cita rasa yang tentunya dapat memberikan pengalaman berharga. Nasi ayam ini dibuka di berbagai wilayah, sehingga Anda dapat memilih lokasi terdekat di sekitar tempat tinggal.

5. Tengkleng khas Solo

Bu Edi

Jika berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk makan tengkleng. Tengkleng merupakan salah satu makanan yang terdiri dari tulang dengan sedikit daging yang sangat cocok untuk disantap bersama dengan nasi hangat.

Tengkleng ini terdiri dari dua jenis olahan, menggunakan santan dan tidak. Anda dapat memilih jenis tengkleng yang disesuaikan dengan selera. Tengkleng memiliki perpaduan rasa asam, segar, dan gurih secara bersamaan sehingga dapat menambah selera makan Anda.

Pada zaman dahulu, tengkleng ini dikonsumsi oleh kalangan bawah atau perekonomian yang rendah. Karena tengkleng ini merupakan tulang kambing dengan sedikit daging. Hal ini karena orang miskin zaman dahulu tidak mampu membeli daging.

Namun setelah diolah, rasa tengkleng sangat enak dan lezat, sehingga disukai oleh berbagai kalangan. Alamat tengkleng Bu Edi yang paling terkenal terletak di Pasar Klewer. Namun disini tidak menyediakan tempat duduk sehingga memungkinkan untuk lesehan.

6. Gudeg ceker

Gudeg Ceker Solo

Gudeg merupakan salah satu makanan khas Jogja yang mungkin sudah Anda ketahui. Jika berlibur di daerah Solo, Anda dapat mencoba gudeg sebagai makanan khas yang wajib menjadi daftar kuliner Anda. Ciri-ciri gudeg memiliki rasa manis yang dapat menggugah selera.

Gudeg ceker ini terdiri dari nasi, gudeg, kaldu, sambal krecek, ayam kampung, dan ceker. Ketika menyantapnya, Anda akan merasakan sensasi manis, gurih, serta pedas menjadi satu dalam gigitan, sehingga dapat meningkatkan selera makan.

Gudeg ceker ini juga merupakan makanan kering yang dapat menjadi salah satu pilihan ketika berkunjung ke Solo. Meski begitu, gudeg ceker ini sangat ramai dikunjungi oleh semua kalangan, baik muda maupun tua gemar makan gudeg ceker karena memiliki cita rasa yang kuat.

7. Rambak petis

Rambak petis Solo

Beralih dari makanan yang berat, kini hadir oleh-oleh khas Solo berupa rambak petis yang cocok untuk dibawa pulang. Rambak terbuat dari kulit sapi yang digoreng hingga kering sehingga ketika digigit akan terasa gurih dan nikmat.

Rambak ini paling enak disantap menggunakan petis yang memiliki sensasi pedas yang tentunya dapat menambah kenikmatan ngemil. Jajanan khas Solo ini dapat dibeli dalam bentuk bungkusan maupun kiloan yang dapat dijadikan cemilan untuk menonton televisi dirumah.

8. Pecel Solo

pecel ndeso solo

Makanan tradisional Jawa ini bisa anda temui di beberapa titik di Kota Solo. Pecel menjadi sajian yang sangat diminati banyak orang karena terdiri dari ragam sayuran yang cocok untuk kesehatan tubuh.

Tak heran bila masyarakat Solo suka makan sayuran dengan jenis sayur pecel ini, karena di dalam penyajiaannya pecel akan lebih berasa lezat bila dibumbui sambal kacang.

9. Sate Buntel

Sate Buntel - Makanan Khas Solo

Sate yang satu ini sangat populer karena memiliki khas buntelan. Terbuat dari daging kambing yang dicincang lalu dicampur bumbu dan dibungkus agar berbentuk seperti gambar membuat keunikan yang menarik masyarakat untuk mencicipinya.

Sate buntel Mbok Galak Solo beralamat di Jalan Ki Mangun Sarkoro No. 112, Sumber, Banjarsari, Banyuanyar, Solo.

10. Sate Kere

Sate Kere Solo

Sate yang satu ini bukan sembarang sate. Nama sate kere ini disebutkan sebagai kiasan bahwa sate ini untuk orang kere alias miskin. Uniknya sate ini terbuat dari bahan dasar tempe gembus, bukan daging (memang aneh sih, tapi enak bingit).

Untuk bisa menemui pedagang sate kere, anda bisa tanyakan warga sekitaran Solo agar diberi tahu kapan pedagang keliling sate tersebut datang. Dijual dengan cara keliling dengan jam tertentu agar pelanggan tau waktunya untuk beli.

11. Tahu Kupat Pak Jamil

Tahu Kupat Pak Jamil Solo

Menu makanan berat yang terdiri dari nasi ketupat, mie basah, tauge dan aneka racikan rahasia ini membuat lidah tak bosan untuk mengenyamnya di setiap pekan.

Terbilang makanan yang murah dan sangat cepat mengisi perut anda hingga tak ada celah. Dengan satu porsi makan tahu kupat anda yang doyan makan akan terasa kenyang karena porsi yang luar biasa. Sangat cocok untuk makan saat lapar tiba.

Untuk bisa merasakan sensainya makan super tahu kupat khas Solo, anda bisa berkunjung di warung tahu kupat Pak Jamil “SIDOMAREM” tepatnya di Jalan Palagan Tentara Pelajar , Sanggrahan, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

12. Serabi

Serabi Solo Terenak

Untuk cemilan khas Solo, serabi, surabi, srabi menjadi unggulan makanan ringan khas Kota “the spirit of Java” ini. Meski rengginang dan intip juga mempelopori khas solo, namun surabi Solo memiliki cita rasa tersendiri.

Nah, untuk anda yang mau tau lebih jauh tentang serabi silahkan kunjungi aneka oleh-oleh khas solo yang mendunia.

13. Sosis Khas Solo

 Sosis Khas Solo

Makanan ringan khas Solo yang satu ini menjadi favorit karena sangat mudah ditemui dan sangat enak rasanya. Hampir semua kalangan menyukainya hingga disajikan khusus sebagai cemilan ketika acara pernikahan.

Tersaji dengan bahan dasar  daging sapi giling atau ayam giling yang dibungkus dengan lipatan telur dadar secara semi basah bersama dengan sedikit tepung.

14. Soto Gading

 Soto Gading

Suwiran daging ayam dan aroma khas rempah pada Soto Gading menjadikannya primadona nomor satu di Solo Raya. Sarapan pagi sangat nikmat bila dengannya ditambah teh hangat sebagai pendamping sarapan ala rakyat Solo.

Soto Gading 1 beralamat di Jalan Brigjen Sudiarto No. 75, Surakarta. Sedangkan Soto Gading Ayam 2 beralamat Jalan Veteran No.285, Surakarta.

15. Nasi Tumpang

Nasi Tumpang Solo

Nasi tumpang bisa anda temui di beberapa sudut Kota Solo juga. Hampir tiap warung sarapan pagi di Solo menyediakan menu tumpang pecel sebagai salah satu menunya.

Bayam dan tauge yang segar akan nikmat bila dibalur kuwah tumpang pecel khas Jawa Tengah.

16. Nasi Liwet & Cabuk Rambak

Nasi Tumpang Solo

Anda hanya bisa menemui menu makanan khas Solo, cabuk rambak dengan cara menemukan warung nasi liwet. Karena kedua menu tersebut sudah berkaitan adanya.

Ada beberapa warung nasi liwet yang populer diantaranya nasi liwet Bu Parmi, nasi liwet Lestari dan nasi liwet Bu Tuminah.

Buka di sore hari hingga malam, jadi cenderung menjadi kuliner tradisional di Kota Spirit of Java.

17. Torpedo Yu Rebi

Sate Torpedo Yu Rebi Solo

Makanan yang terdengar aneh ini bukan merupakan senjata ya? Melainkan jeroan dari bagian tubuh kambing. Yups, vitalitas kambing pria dewasa.

Bagi anda yang ingin merasakan sensasi sate torpedo, silahkan kunjungi warungnya di belakang Stadion Sriwedari yang nama warungnya Torpedo Yu Reni.

18. Lenjongan Makanan Khas Solo

Lenjongan

Cemilan makanan khas Solo ini sangat dinanti oleh banyak wisatawan asing dan dari luar kota karena masih berbau tradisional keraton.

Termasuk juga jajanan pasar asli Indonesia, seperti tiwul, ketan hitam, gethuk,cenil, kelpon kethan jawa dan lainnya.

Untuk bisa menemukannya anda bisa datangi pasar di aera Solo Raya tepatnya di pasgi hari.

19. Solo Prabu

solo prabu

Makanan khas solo untuk oleh-oleh yang baru launching bulan Juni lalu ini dimiliki oleh Febri Utomo atlet basket dari Solo. Solo prabu merupakan kue berbentuk bulat, ada pastry dibagian atas dan soft cake dibagian bawahnya yang dijual dengan varian rasa yang beragam. Jajanan kekinian yang recommended nih.

20. Soto Mbok Giyem

Soto Mbok Giyem

Konon katanya super enak dan seger, apakah benar?

Yuk cobain aja. Alamat warungnya di Jl. Kapten Piere Tendean, Nusukan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57135.

21. Mie Gajah Mas

Mie Gajah Mas Solo

Mie nomor satu di Pasar Gedhe Solo. Keunikan yang mendasari mie ini adalah warna-warni mie dan ukuran porsinya yang super.

Selain lezat dan enak mie yang akan anda rasakan merupakan mie yang sehat dengan sayuran yang mempeloporinya.

***

Makanan yang enak akan menciptakan suasana hati yang bagus. Beberapa makanan khas Solo yang direkomendasikan di atas dapat menjadi salah satu alternatif kuliner ketika Anda berlibur di Surakarta. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar