shalat sunnah

Macam-Macam Shalat Sunnah

Macam-Macam Shalat Sunnah – Selain sholat fardhu (shalat wajib 5 waktu), ajaran islam juga mengajarkan berbagai shalat sunnah. Ada banyak macam-macam shalat sunnah yang dapat dilakukan oleh seorang mukmin sebagai pelengkap ibadah mereka sebelum dan sesudah sholat wajib.

Selain itu masih banyak fadilah dan keutamaan sholat-sholat sunnah lain yang didalam setiap amalan ibadah shalat sunnah tersebut mwmiliki maksud dan tujuan yang berbeda. Salah satu fadilah utama darinya yakni sebagai pengingat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengharap ridho dan pahala dari Nya.

Langsung saja, berikut ulasan dari kami mengenai macam shalat sunnah harian seorang muslim yang perlu Anda ketahui. Guna menambah pengetahuan dan amalan yaumiyah Anda. Penjelasan, pengertian, waktu dan cara pelaksanaannya shalat sunnah.

Macam Macam Shalat Sunnah dan Keutamaannya

macam macam shalat sunnah
@rumahkreatifwadaskelir.com

Shalat Sunnah Wudhu

Yaitu sholat sunnah yang dikerjakan setiap habis selesai wudhu. Berdasarkan hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya.

“Barang siapa berwudhu (kemudian selesai), lalu mendirikan shalat dua rakaat dgn tidak lalai (khusyuk) dalam keduanya maka Allah akan ampunkan untuknya dosa yang telah lampau.” (HR. Abu Dawud)

Niat shalat bakda wudhu : Ushallii sunnatal wudlu-i rakataini lillahi Taaalaa

Artinya : ‘Aku berniat sholat sunnah wudlu dua rakaat karena Allah semata”

Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid

Yaitu shalat sunnah dua rakaat yang dilaksanakan setelah atau ketika memasuki masjid, sebaiknya dilakukan sebelum duduk untuk penghormatan kita terhadap masjid.

Rasulullah SAW bersabda “Apabila seseorang diantara kalian memasuki al-masjid, maka janganlah duduk sebelum mendirikan shalat dua rakaat terlebih dahulu” (HR. Bukhari & Muslim).

Niat shalat tahiyat masjid : Ushallii sunnatal Tahiyatul Masjidi  rakataini lillahi Taaalaa

Artinya : ‘Aku berniat sholat sunah tahiyat masjid dua rakaat karena Allah SWT’

Shalat Sunnah Dhuha

Sholat dhuha yaitu sholat sunnah yang didirikan setelah matahari terbit sampai menjelang adzan shalat duhur. Waktu shalat duha yang baik adalah sekitar jam 8-9 pagi. Dan pelaksanaannya boleh secara berjamaah maupun sendiri-sendiri.

Tata cara pelaksanaanya diawali dengan wudhu, lalu niat Usholli sunnatal Dhuha rakataini lillahi Taaalaa. Kemudian sholat dua rakaat yang di rakaat pertama dianjurkan untuk membaca surat Asy-syams setelah bacaan Al-fatihah dan rakaat kedua membaca Ad-dhuha setelah bacaan Al-fatihah.

Adapun doa khusus untuk sholat duha, dibaca setelah sholat selesai.

doa sholat dhuha
@Doa Harian Islami

Adapun keutamaan bila kita melaksanakan sholat dhuha :

  • Termasuk sholatnya orang-orang taat beragama islam
  • Sholat dua rakaat yang senilai dengan sedekah kepada persendian tulang
  • Bila melaksanakan shalat dhuha empat rakaat membawa kecukupan
  • Dilapangkan rezekinya
  • Menjalankan sunnah Rasulullah SAW
  • Berpahala

Shalat Tahajjud

Shalat sunnah pada waktu malam, utamanya di sepertiga malam. SLebih baik dan lebih utama setelah lewat tengah malam atau setelah tidur. Minimal dua rakaat hingga batas maksimal sebatas kemampuan kita, setelah itu ditutup dengan witir. Keutamaan shalat ini telah diterangkan dalam Al-Qur’an surat Al-Isra’ : 79 yang artinya.

“Dan pada sebagian waktu malam  bersembahyang (mendirikan shalat) tahajjud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu,  mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat kamu ke tempat yang lebih terpuji” (QS. Al-Isra’ : 79).

Bacaan niat sholat tahajjud : Usholli sunnatal tahajjudi rak’ataiini lillahi Ta’aalaa

Artinya: “Aku berniat sholat sunnah tahajjud dua rakaat karena Allah semata”

Setelah sholat tahajud selesai alangkah baiknya ditutup dengan doa-doa karena di sepertiga malam adalah waktu-waktu terijabahinya dan waktu malaikat turun ke bumi.

Shalat Sunnah Istikharah

Shalat istikharah adalah sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan seorang hamba beriman untuk memohon petunjuk Allah SWT, diantara pilihan yang membuatnya bimbang atas keputusan yang akan diambil. Boleh untuk kepentingan pribadi diri sendiri maupun umum untuk orang banyak.

Contoh kasus apabila Anda mendapati dua pilihan jodoh yang sama-sama baik maka alangkah baiknya memilih keraguan itu dengan diawali shalat istikharah agar ada Allah di setiap langkah Anda. Sebaiknya shalat istikharah dilaksanakan di sepertiga malam yang mustajab.

Bacaan niat sholat istikharah : Ushalli sunnatal Istikharah rak’ataini lillahi Ta’aalaa

Artinya: “Aku berniat untuk solat sunnah Istikhoroh 2 raka’at karena Allah SWT”

Keutamaan yang dapat kita ambil bila kita melaksanakan sholat istikharah adalah menenangkan hati & diri, menjauhkan bisikan syaiton, menyerahkan hasil kepasrahan kepada Allah dan Keikhlasan hanya untuk Allah SWT.

Baca Juga : Hukum dan Keutamaan Sedekah

Shalat Sunnah Hajat

Hajat adalah suatu niatan untuk melakukan sesuatu yang baik, berkenaan keperluan. Jika kita bermaksud akan meminta sesuatu tentang amalan atau keperluan baik maka sebaiknya memintanya kepad Allah SWt. Lalu bagaimana?

Ya, dengan sholat hajat. Sholat hajat bertujuan untuk meminta agar keinginan kita dikabulkan oleh Allah SWT, karena Ia lah yang dapat menentukan atas segala sesuatu yang terjadi. Sebaik-baik waktu untuk melaksanakan sholat hajat yaitu pada waktu sepertiga malam, namun sangat dilarang untuk mendirikan sholat di waktu-waktu habis ashar dan habis subuh.

Sholat hajat tak hanya untuk kepentingan pribadi namun juga dapat untuk kepentingan umum bersifat orang banyak.

Tata Cara Shalat Hajat

Shalat Hajat minimal 2 raka’at dan maksimal 12 raka’at dengan ketentuan satu kali salam setiap 2 raka’at.

  • Bacaan niat sholat hajat “Ushollii sunnatal haajati rak’aataini lillaahi ta’aalaa.”
  • Mendirikan sholat seperti sholat biasanya dengan membaca surat Al-Ikhlas di rakaat pertama dan Ayat Kursi di rakaat kedua.
  • Dianjurkan untuk membaca berdzikir terutama, Istighfar sebanyak 100 kali, shalawat Nabi 100 kali, lalu dilanjutkan dengan doa hajat dan doa permintaan yang Anda kehendaki.

Doa Setelah Shalat Hajat

doa sholat hajat
@doashalat

Shalat Sunnah Taubat

Shalat taubat termasuk dari macam-macam shalat sunnah. Shalat sunnat ini dikerjakan untuk meminta ampun, taubat nasuha atas dosa-dosa yang telah lampau. Kemudian diiringi dengan sikap penyesalan, tidak mengulangi dan berubah menjadi yang lebih baik. Yang pada dasarnya sholat untuk memohon ampunan dan memohon petunjuk yang baik untuk taubat.

Shalat taubat dikerjakan dua rakaat dengan satu salam, tata cara pelaksanaan sholat taubat sama seperti sholat sunnah umumnya, takbiratul ihram,hingga salam dan doa.

Bacaan niat sholat taubat : “Ushollii Sunnatat Taubati Rak’ataini Lillaaahi Ta’aalaa. Allaahu Akbar’ ” 

Artinya: “Aku berniat mendirikan Shalat Sunah Taubat dua Raka’at karena Alloh Ta’ala, Allah Maha Besar.”

Bacaan Setelah Shalat Taubat
Membaca istighfar sebnyak 100 kali
doa-sholat-taubat
@elizato.com

Lalu berlanjut ke bacaan syyidul istigfar sebanyak 100 kali

bacaan-doa-sayyidul-istighfar
@elizato

Kemudian dilanjut doa-doa sesuai keinginan baik untuk maslahat dunia maupun akhirat mendatang.

Sholat Sunnah Tasbih

Shalat Tasbih merupakan amalan shalat sunnat yang sangat dianjurkan oleh ajaran islam minimal seumur hidup sekali, jika mampu dilakukan seminggu sekali, sebulan sekali atau setahun sekali.  Mengapa disebut shalat tasbih? karena didalam 4 raka’at shalat tersebut mengandung bacaan 300 kali tasbih.

Tata Cara Shalat Tasbih

Dalam pelaksanaannya Shalat tasbih dapat dikerjakan secara 4 rakaat dengan dua salam dan bisa juga dengan cara 4 rakaat satu salam sekaligus. Waktu pelaksanaannya bebas bisa malam maupun siang, namun dimakruhkan untuk sholat pada waktu-waktu tertentu yang telah ditetapkan. Di dalam 4 rakaat sholat tersebut diselipkan kalimat bacaan tasbuh, cek video diatas.

Bacaan niat sholat tasbih Ushollii sunnatattasbihi rak’ataiini lillaahi ta’aalaa. Allahu Akbar.” 

Artinya: “Aku berniat solat sunat tasbih dua raka’at karena Allah Ta’ala. Allah Maha Besar.”

Doa Setelah Sholat Tasbih

doa sholat tasbih
@telaahsantri.blogspot.com

Sholat Gerhana

Seperti namanya, shalat ini dilakukan saat terjadi gerhana, baik gerhana matahari maupun gerhana bulan dan diikerjakan sebanyak dua raka’at.  Waktu pelaksanaan sholat gerhana ketika mulai dari terjadinya gerhana bulan/gerhana matahari, sampai  terlihat normal kembali.

Shalat gerhana bulan disebut shalat khusuf, sedangkan shalat gerhana matahari disebut shalat kusuf. Shalat sunnat ini dikerjakan dengan hikmah dan keuntamaan : mengagungkan nama dan kekuasaan Allah SWT, selalu mengingat Allah di keadaan dan situasi apapun termasuk ketika gerhana terjadi, sebagai pengingat bagi manusia bahwa Allah maha kuasa dan perkasa atas segala hal di bumi maupun di langit.

Tata Cara Shalat Gerhana

Untuk tata cara pelaksanaan sholat gerhana matahari maupun bulan lihat disini, lebih lengkap dan jelas.

  • Bacaan niat shalat gerhana bulan Ushollii Sunnatal Khusuufil – Qomari Rak’ataini Lillahi Ta’alaa “ 

Artinya: “Aku berniat melaksanakan shalat sunnah Gerhana Bulan dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

  • Bacaan niat shalat gerhana matahari Ushollii Sunnatal Kusuufis – Syamsi Rak’ataini Lillahi Ta’alaa.” 

Artinya: “Aku berniat melaksanakan shalat sunnah Gerhana Matahari dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Macam Macam Shalat Sunnah Sebelum dan Sesudah Shalat Fardhu

 shalat sunnah
@kabarbaikonline.com

Macam-Macam Shalat Sunnah. Sholat sunnah Qobliyah Ba’diyah sering disebut juga sholat rawatib. Shalat sunnah rawatib yaitu sholat sunnah yang dikerjakan sebagai pengiring atau pelengkap shalat fardhu. Berikut pembagian shalat rawatib menurut waktunya.

  • Niat Shalat Sunnah Rawatib 2/4 raka’at sebelum Shalat Dzuhur
  • Niat Shalat Sunnah Rawatib 2/4 raka’at sesudah Shalat Dzuhur
  • Niat Shalat Sunnah Rawatib 2 raka’at sebelum Shalat Shubuh
  • Niat Shalat Sunnah Rawatib 2 raka’at sebelum Shalat Ashar
  • Niat Shalat Sunnah Rawatib 2 raka’at sesudah Shalat Maghrib
  • Niat Shalat Sunnah Rawatib 2 raka’at sebelum Shalat ‘Isya
  • Niat Shalat Sunnah Rawatib 2 raka’at sesudah Shalat ‘Isya

Bacaan niat shalat rawatib qobliyah :
Usholli sunnatadh isya’i* rak’ataini Qibliyyatan lillaaahi Ta’aalaa

Artinya:
“Aku berrniat shalat sunnah sebelum isya’i 2 rakaat karena Allah”

*nama sholat bisa diganti dengan shalat wajib yang akan dikerjakan.

Bacaan niat sholat ba’diyah :
Ushalli sunnatadh isyai* rak’ataini Ba’diyyatan lillaaahi Ta’aaalaa

Artinya:
“Aku berniat untuk shalat sunnah sesudah isya’ 2 rakaat karena Allah”

*nama bisa diganti dengan shalat wajib yang selesai dikerjakan.

Baca Juga : Cerita Alkisah Abu Nawas Penyair Tersohor

husni

Solo (Spirit of Java) - Magetan - Young - Moslem - Publisher - Marketer Online - Student - Worker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *