Kaligrafi Khat diwani campur sikasteh

Macam-Macam Kaligrafi Khat Tulisan Arab

Macam-Macam Kaligrafi Khat Tulisan Arab – Kata kaligrafi memang cenderung kepada tulisan arab, yang mana tulisan tersebut telah berbalut nuansa keislaman. Misalnya berisi tulisan Al-Qur’an, Al-Hadist dan di modern ini juga sering digunakan untuk mendokumentasikan tulisan arab berupa doa-doa, kata bijak, asmaul-husna, nama nabi rosul dan materi belajar mengajar..

Dituliskan dengan penulisan huruf yang penuh seni dan unik yang dikenal dengan penulisan khat, khot. Serta memiliki unsur seni rupa yang terkandung di dalamnya. Maka tak heran pula bila masuk dalam kategori karya seni.

Adapun beberapa macam penulisan khot kaligrafi arab yang dibedakan menjadi beberapa jenis menurut asal dan fungsi khat tersebut. Berikut ulasan lengkap mengenai pengertian macam jenis kaligrafi arab al-qur’an hadist.

Pengertian Kaligrafi

Kaligrafi diartikan secara etimologi bahasa Inggris, Calligraphy yaitu rangkaian kata Kallos: Beauty (indah) dan graphein: to write (menulis). Disambung menjadi kata tulisan yang indah. Dalam bahasa Arab biasa di sebut khat, berupa garis dan coretan pena yang membentuk tulisan tangan.

Sedangkan menurut Syaikh Syam Al-Din Al-Afkani, beliau mengatakan bahwa pengertian kaligrafi adalah suatu ilmu penulisan huruf yang diperkenalkan berdasarkan bentuk huruf tunggal, letakdan tata cara merangkainya disusun secara sistematik dalam irama.

Bisa diartikan suatu seni tulis yang dilletakan diatas garis-garis, dengan cara penulisan sesuai kebutuhan. Yang bisa menghilangkan ejaan maupun mengubah huruf yang tak perlu ditulis, dan hal tersebut sudah banyak diketahui alasnnya sehingga tak mengubah arti kata tersebut.

Muhammad Thahir Bin Abd al-Qadir al-Kurdi telah menyatakan pula dalam karyanya Tarikh al-Khothil-Arabi wa Adabihi bahwa khat dibedakan menjadi tujuh macam dan menyimpulkan bahwa yang dimaksud dengan kaligrafi adalah suatu kepandaian akan kelihaian tangan dalam mengatur gerakan ujung-ujung jari menggunakan pena untuk membentuk seni tulisan arab.

Sedangkan menurut Syaikh Syamsuddin Al-Ahfani, Pengertian khath (kaligrafi) adalah bidang ilmu yang mempelajari bermacam bentuk huruf tunggal, pisah dan susun dengan metode perangkaian kata arab menjadi susunan di atas kertas dan sebagainya (Al-Akfani – Irsyadul Qasid).

Pengertian Kaligrafi menururut Ubaid bin Ibad, Khat merupakan karya utusan dari tangan, sedang pena adalah duta sebagai pelaksannya. Sedangkan menurut Yaqut Al-Musta’shimy, Kaligrafi adalah seni arsitektur yang disalurkan lewat alat dan bahan keterampilan.

Seni kaligrafi khot ini juga dapat dibuat menjadi karya seni 3 dimensi, adapun contoh-contoh hasil karya kaligrafi 3 dimensi, untuk melihatnya silahkan klik disini.

Dari semua arti penjelasan pengertian kaligrafi diatas. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kaligrafi merupakan macam-macam khot seni tulis arab dengan berbagai seni terapan untuk menjadikannya hiasan agar tulisan lebih indah.

Selain itu kaligrafi juga merupakan warisan budaya islam dari orang-orang sebelumnya yang digunakan mengabadikan sebuah tulisan. Adapun sejarah mengenai khat kaligarafi arab ini, berikut uasan ringkasnya.

Sejarah Kaligrafi Khat

sejarah khat khot kaligrafi
@al-bashiroh.net

Sejarah muncul nya seni kaligrafi sudah sejak dahulu. Namun berkembang pesat ketika masa pembukuan mushaf al-quran. Awal nya seni menulis bahasa arab khat kaligrafi ini tidak terlalu diperhatikan oleh bangsa Arab, karena pada waktu RAsulullah SAW hidup pun tidak mengajarkan ilmu ini, sebab orang-orang pada zaman tersebut masih menggunakan budaya menghafal.

Namun setelah Rasulullah wafat, banyak usulan-usulan yang menekankan untuk menyimpan isi ayat Al-quran pada tulisan. Barulah mereka merasakan kebutuhan untuk menulis sebagai penyimpan ilmu. Karena pada masa-masa ini pula sudah banyak para sahabat yang hafal alquran gugur dalam peperangan. Lalu Umar bin Khattab mengusulkan agar membukukan al-quran, karena khawatir akan hilang kesempurnaan Al-quran secara perlahan.

Proses pembukuan alquran pertama kali ini selesai ketika masa kekhalifan Utsmani. Dan dituliskan dengan macam khat sesuai orang-orang yang menulisnya.

Para tokoh seniman kaligrafi, sejak abad ke-3 Hijriyah lalu juga ikut andil, hingga muncullah beragam macam tulisan dan diberi nama-nama yang khusus untuk membedakan jenis khot yang satu dengan yang lainnya.

Dengan begitu, hingga sekarang Anda telah menjumpai berbagai sebutan untuk jenis kaligrafi yang semakin beragam. Meski sebutan nama tersebut cukup membingungkan sebab masih ada beberapa bentuk gerakan tangan yang sama. Namun setidaknya bagi orang yang terbiasa dengan tulisan bacaan arab sudah pasti mereka paham.

Macam-Macam Kaligrafi Khat

Ibn Nadim menyebutkan, ada 40 jenis kaligrafi. Sementara Muhammad Bin Sulaiman Al-Rawandy menyebutnya hingga 70 ragam.  Adapun yang menyebutkan bahawa khot kaligrafi terbagi menjadi 150 jenis kaligrafi. Dalam pembahasan kali ini kami akan ulaskan beberapa jenis macam kaligrafi populer saja. Simak ualsan berikut ini, tentang beberapa kaligrafi khat khot bahasa arab yang mungkin banyak kita jumpai dan harus kita ketahui.

Khat Naskhi

khat-naskhi-kaligrafi
@anandastoon.com

Khat Nasakh (Naskhi) merupakan salah satu jenis Khot arab yang paling mudah dibaca dan paling sulit ditulis. Jenis khat ini sangat sering kita jumpai di dalam tulisan ayat pada mushaf Al Qur’ân dan kitab-kitab teks-teks ilmiah arab.

Karena jenis ini relatif sangat mudah terbaca, maka tulisan ini banyak digunakan oleh masyarakat muslim jazirah arab maupun belahan dunia untuk menyimpan data tulisan arab mereka ke dalam media tulis berupa kertas.

Sedangkan para ahli sejarah Ibnu Muqlah (272-328 H) menyatakan bahwa Khat Naskhi dalam bentuk sempurna hanya ada di zaman Bani Abbas, karena pada saat itu khat naskhi disempurnkana untuk lebih jelas dibaca banyak orang. Tepatnya pada zaman kekuasaan Atabek Ali (545 H).

Dari pengalaman para ahli khat yang sudah ada, khat naskhi adalah khat yang paling sulit. Maka jika Anda telah menguasai penulisan arab dengan khat ini, dengan izin Allah SWT, Anda juga dapat mudah mempelajari khot yang lainnya.

Khat Farisi atau Nastaliq

khat farisi kaligrafi
@fath-multimedia.blogspot.com

Khat Farisi, pertama kali dikembangkan oleh masyarakat Persia Iran. Gaya tulisan ini termasuk salah satu kaligrafi yang disukai bangsa arab, india dan turki.

Seorang seniman Persia Mir Ali Sultan Al-Tabrizi pada saat jayanya mengembangkan gaya tulis arab ini menjadi lebih halus, variatif dan terstruktur hingga muncul Nasta’lîq, dari katai ‘nasakh dan ta’lîq’.

Ta’lîq dan nasta’lîq sangat sering digunakan untuk penulisan buku-buku penting dan syair-syair kepahlawanan, bukan untuk menuliskan isi Al Qur’an menjadi mushaf.

Khat Tsulusi

Khat Tsuluts
@mynewblogkaryamaster.blogspot.com

Penulisan macam kaligrafi tsulusi. Sangat populer di kalangan penulis Al-qur’an. Karena bentuknya yang indah penuh dekoratif dan mudah dibaca membuat banyak orang tertarik membaca ketika melihatnya. Tidak membuat mata lelah bosan melihatnya dengan lama.

Sebagaimana jika Anda menulis suatu tulisan berbahasa yang baik dan benar, maka harus singkat padat jelas pula agar mudah dipahami dan enak dibaca, sebagaiman seni khat tsulusi ini. Simpel, ringan namun berbobot dari segi seni.

Khat tsulusi juga sering digunakan untuk menghias dinding-dinding rumah, masjid maupun dekorasi timbul seperti lukisan, hiasan kaca, kaligrafi asmaul-husna dan lainnya.

Tingkat pembelajaran menulisnya sama dengan khat naskhi memiliki tingkat kesulitan yang rumit. Dan susunan, sambung huruf hingga tebal tipis harmoninya.

Khat Diwani

Khat Diwani
@alkahfiart21.blogspot.com

Macam jenis kaligrafi selanjutnya adalah Khat Diwani. Merupakan gaya tulis arab yang diciptakan oleh masyarakat Turki Usmani yang dikembangkan luas di berbagai daerah pada akhir abad ke-15.Peloporinya adalah seorang kaligrafer ternama di Turki yakni Ibrahim Munif.

Tulisan ini mulai populer setelah Kota besar dinudia, Konstantinopel oleh Sultan Muhammad Al-Fatih II pada tahun 875 H. Penamaan Diwâni diberikan atas nisbah kepada kantor pemerintah yang menggunakan khat ini di setiap penulisan data mereka, hinggamenyebar ke seluruh kalangan masyarakat.

Karakter Diwâni dikenal dengan tulisan memutar sehingga huruf satu dengan yang lain tidak memiliki lengkungan. Goresan garis berupa tekstur seni rupa-nya dibuat lentur dan lembut dengan tujuan agar mudah dikombinasikan dengan tulisan apapun dan huruf apapun.

Khat Riq’ah

Khat Riq'ah
@kaligrafi–islam.blogspot.com

Riq’ah merupakan khot gaya masyarakat Turki Usmani. Dengan ciri huruf yang relatif pendek dan lebih mudah dituliskan oleh orang yang baru belajar daripada khot naskhi.

Khat Riqah sering digunakan para pelajar untuk menulis catatatn karena singkat, cepat dan mudah dalam menulisnya. Meskipun cepat namun tektur tulisan khot riqah tetap lembut dan nyaman dlam pandangan. Riqah dalam arti bahasa berati lembut.

Khat Kufi

macam kaligrafi khat kufi
@fath-multimedia.blogspot.com

Khat kufi adalah kaligrafi tulisan arab tertua dan meruapakan sumber acuan pertama penulisan huruf arab. Dinamakan kufi karena berasal dari daerah Kufah. Berkembangnya waktu pada saat itu masyarakat Arab yang menyukai seni mengembangkannya hingga muncul corak khat kufi yang bermacam-macam.

Memang terlihat rumit namun kufi dituliskan dengan cara pena, penggaris, segitiga dan jangka untuk mengekspresikan seni arab didalam goresan tinta.

Memang terlihat cenderung kaku dibalik sudut-sudut hurufnya, namun Kufi sangat lentur dan mudah diolah. Tergantung pada alat  bantu tulis seperti penggaris, maka siapapun dapat menulis Kufi tidak harus seorang Kaligrafer.

Khat Raihany (Khot Ijazah)

Kaligrafi Khot Ijazah
@heri897.blogspot.com

Khat ijazah, mengapa disebut khot ijazah.? Karena seni kaligrafi khat ini dibuat untuk menandai sebuah karya seseorang yang dinilai. Berupa sebuah sertifikat, ijasah sekolah, raport dari Guru untuk muridnya.

Khat ijazah merupakan khat tua yang kembali dilestarikan oleh As-sinjari pada tahun 200an Hijriyah. DAn sekarang ini sering digunakan oleh Fadl Ibnu Sahl seorang menteri Kalifah Al-Makmun

Khat Sikasteh

Khat sikasteh
@Khat sikasteh

Khat Sikasteh adalah salah satu khat dari Persia yang merupakan bentuk kreasi dari pengembangan Khat Farisi, Karena itulah bentuknya masih hampir mirip ada kesamaan di dalamnya. Sikasteh diciptakan di negeri Iran pada abad 16 H, tepat ketika masa dinasti Safawiyah.

Khat Maghribi

Khat Maghribi - macam kaligrafi
@KaligrafiMaghribi

Dilihat dari bentuknya kaligrafi ini merupakan turunan dari Khat Kufi. Pada zaman dahulu kaligrafi Magribi juga dipakai untuk menulis penulisan ayat alquran di negeri islam sebelah barat (Tunisia, Afrika, Maroko, Aljazair, dan sekitarnya).

Khat Taaj

Khat taaj
@Khat taaj

Macam-macam kaligrafi yang terkahir yaitu, khat tajj. Huruf Taj adalah huruf mahkota. Hiasan yang dibuat pada bagian awal huruf. Kemunculan huruf kaligrafi taj berawal ketika sang Raja Mesir, Ahmad Fuad 1 berkeinginan meningkatkan seni kaligrafi dari tulisan Naskhi dan Riq’ah.

Yang mana keduanya masih kurang hiasan, maka ditambhkan lah semacam huruf kapital di awalan agar lebih indah nan penuh aura senigrafi.

Macam-Macam Contoh Karya Kaligrafi

Kaligrafi Khat Naskhi

Kaligrafi naskhi
@naskhi
jenis kaligrafi naskhi
@caligrafyarabic

Kaligrafi Khat Farisi

contoh-khat-farisi
@fath-multimedia.blogspot.com

Kaligrafi Khat Tsulusi

Kaligrafi Khat Tsulusi
@alkahfiart21.blogspot.com

Kaligrafi Khat Diwani

Kaligrafi Khat Diwani
@googleplay
Kaligrafi Khat diwani campur sikasteh
@caligraphy

Kaligrafi Khat Riq’ah

Kaligrafi Khat riqah
@kaligrafiarab

Kaligrafi Khat Kufi

khat kaligrafi khufi
@rizkyanggraeniwordpress.com

Kaligrafi Khot Ijazah

Khat Raihany raihani ijazah
@kaligrafi–islam.blogspot.com

Kaligrafi Khat Sikasteh

macam-kaligrafi-sikasteh
@kaligrafiislam

Kaligrafi Khat Maghribi

Kaligrafi Khat Maghribi
@pustaka-kaligrafi.com

Kaligrafi Khat Taaj

Kaligrafi Khat Taaj
@senikaligrafi-arab.blogsopot.com

Macam-Macam Kaligrafi (Gambar Lukisan)

Berikut beberapa seni kaligrafi lukis para seniman lokal dan Interlokal.

lukisan kaligrafi
@kitchensetidaman.com
gambar kaligrafi
@khtt.net
gambar kaligrafi arab
@facebook
lukisan kaligrafi arab
@kaligrafialam.com
Gambar-Kaligrafi-Arab
@http://initu.id
kaligrafi bismillah
@indonetwork.co.id
tulisan hasbunallah
@fineartamerica.com

kaligrafi muhammad rasulullah

Sejarah Kaligrafi di Indonesia

Bagi masyarakat Indonesia kaligrafi merupakan bentuk seni rupa budaya Islam unggulan dan disebut sebagai peninggalan menandai masuknya Islam di penjuru Indonesia. Menurut hasil penelitian tentang arkeologi kaligrafi Islam yang telah dilakukan oleh Prof. Dr. Hasan Muarif Ambary, kaligrafi gaya kufi telah berkembang pesat pada abad ke-11, dan telah ada ditemukan batu nisan atas makam Fatimah binti Maimun di Gresik (wafat 495 H/ 1082 M) dan beberapa makam lainnya di abad ke-15.

Bahkan huruf arab dengan seni kaligrafi tersebut memang sengaja dipakai untuk menyebarkan keaslian ilmu islam. Jadi tulisan materi pelajaran, catatan pribadi, undang-undang, naskah perjanjian resmi dituliskan para pendatang dan gan bahasa yang mereka gunakan yaitu islam. bahkan mata uang logam, stempel, kepala surat dan sebagainya juga terdapat sedikit goresan kaligrafi Arab.

Meski huruf Arab yang dipakai dalam bahasa setempat tersebut diistilahkan dengan huruf Arab Melayu, Arab Jawa atau Arab Pegon. Yang bila mana dibaca merupakan kata-kata bahasa daerah.

Pada abad 19an, kaligrafi beralih menjadi sebuah ajang kegiatan seniman Indonesia yang dengan aneka media seperti kayu, , kaca, kertas, logam dan media lainnya. Termasuk juga tulisan mushaf-mushaf al-Qur’an yang dianggap kurang dapat dibaca oleh banyak orang diganti menjadi yang lebih jelas untuk dibaca termasuk di daerah Indonesia.

Hingga kini kaligrafi telah menyebar luas dan menjadi sebuah tanda titik terang bahwa seni islam telah lama menjamur di nusantara ini sejak penyebaran islam dahulu oleh para pedagang dari timur tengah.

husni

Solo (Spirit of Java) - Magetan - Young - Moslem - Publisher - Marketer Online - Student - Worker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *