Kumpulan Lagu Daerah Jawa Tengah Terpopuler

Kumpulan Lagu Daerah Jawa Tengah Terpopuler

Jawa Tengah merupakan daerah yang hingga kini masih melestarikan budaya leluhurnya. Mulai dari budaya berbahasa, pakaian adat, hingga menjaga kelestarian nyanyian lagu daerah bahasa Jawa Tengah.

Nah, sebagai warga bernegara yang baik sebaiknya kita juga turut melestarikan budaya yang telah ada. Termasuk mengkaji untuk diberdayakan kembali dan bahkan menjaganya hingga turun temurun kelak kepada anak cucu kita.

Bagi anda yang belum begitu hafal dan tahu mengenai lagu tradisional Jawa Tengah, mari simak ulasan musik tradisional Jawa Tengah berikut ini disertakan lirik dan beberpa artinya juga untuk mempermudah anda memahami arti maknanya.

Kumpulan Lagu Tradisional Daerah Jawa Tengah

Untuk membedakan ciri khas suatu daerah, selain menggunakan tata bahasa dan pakaian adatnya, nyanyian lagu juga bisa menjadi khas tersendiri yang harus diulik juga. Karena di dalam lirik lagu menggunakan bahasa daerah khas masing-masing.

Untuk itu, pastikan juga bila anda berkunjung harus sudah kenal lagu daerahnya ketika ke Kota Solo, Kota Semarang dan daerah Jawa Tengah lainnya. Soalnya beberapa titik di tempat wisata Solo masih melestarikan nyanyian daerah untuk di nyanyikan para seniman.

Berikut beberapa kumpulan daftar judul lagu daerah Jawa Tengah yang juga bisa menjadi opsi jawaban versi penulis damainesia bila ada pertanyaan dari guru mengenai “sebutkan lagu daerah Jawa Tengah”

  • lir ilir
  • gambang suling
  • suwe ora jamu
  • gundul-dundul pacul
  • menthok-menthok
  • cublak-cublak suweng
  • jaranan
  • gek kepiye
  • jangkrik genggong
  • jamuran

Di daerah Jawa Tengah & Yogyakarta sangat terkenal dalam kesenian dan adat istiadat yang dikenang dan dinaungi oleh keratin kasunan di Jogja dan Surakarta. Selain itu, budaya sopan santun & tata karma bahasa halus juga selalu dijadikan acuan dalam hidup orang Jawa Tengah.

Ini sesuai acuan kehalusan dari pecahan daerah Jawa, yakni barat, tengah dan timur.

Begitu juga saat melantunkan lagu tradisional daerah, para pencipta lagu dan penyanyi mempertimbangkan kehalusan berbahasa pada lirik serta maknanya. Meski demikian lagu daerah Jawa Timur dan  lagu daerah Jawa Barat sangat anggun bila dilantunkan.

Ingat jangan gegara perbedaan bahasa dan lagu daerah kita berpisah. Kita hidup di satu lingkup negara kesatuan Republik Indonesia yang berasas UUD 19945 dan berideologi Pancasila serta berdasarkan motto bhineka tunggal ika.

Jadi meski berbeda-beda tetap satu juga. Tujuan visi misi dan kehidupan bertetangga. Kok, malah bahas kenegaraan sih. Yuk balik ke lagu daerah Jawa Tengah.

Lagu Gambang Suling Beserta Liriknya & Penciptanya

lagu gambang suling
source: music amateur

Gambang suling ngumandang swarane
Tulat-tulit kepenak unine
uuuu..nine mung nrennyuh ake
Bhareng lan kentrung ketipung suling
Sigrak kendhangane

Arti lirik lagu:

Bunyi seruling berkumandang suaranya
Tulat-tulit enak bunyinya
Bunyinya hanya mengharukan
Bersama kencrung ketipung suling (alat musik tradisional)
Bunyi suara musik kendangnya mantap (untuk didengar)

Diciptakan oleh: Ki Narto Sabdo

Menceritakan mengenai kekaguman beberapa seniman music terhadap instrument alat music suling yang mempunyai suara merdu. Suling berbentuk kecil namun sangat kompeten dalam mengiringi berbagai lagu.

Terlintas pada lirik lagu juga diceritakan oleh penulis lagu dengan sangat teliti hingga para penikmat lagu daerah ini juga paham akan makna yang disampaikan pada lagu ini.

Untuk chord lagu, anda bisa lihat di gambar diatas. Akan lebih jelas bila di-download gambarnya atau screenshoot saja menggunakan hp panda.

Lagu Daerah Jawa Tengah Gundul Pacul

Gundul Pacul - Lagu Daerah Jawa Tengah
source: music amateur

Gundul-gundul pacul cul
gemblelengan…
Nyunggi nyunggi wakul kul
gemblelengan…

Wakul ngeglimpang segone
dadi sak ratan…
Wakul ngeglimpang segone
dadi sak ratan…

Diciptakan oleh: RC. Hardjo Subroto

Gundul-gundul pacul merupakan lagu tradisional yang sering dilirihkan anak-anak Jawa Tengah untuk menghibur diri ketika bermain bersama teman-temannya.

Meski tergolong sangatkuno namun eksistensinya di masyarakat masih terjaga hingga saat ini. Hal ini tak luput dari suksenya pencipta lagu dalam mengolah kata dan memberi pesan kesan pada lagu tersebut.

Di dalam lagu daerah gundul-gundul pacul ini menceritakan tentang kisah seorang pemimpin yang otoriter semena terhadap rakyatnya sendiri lalu diceritakan dengan luapan lagu.

Lagu Lir-ilir (Islami Versi Jawa)

lagu lir ilir
source: music amateur

# Lir  ilir, lir  ilir
tandure wis sumilir
Tak ijo raya-raya
tak senggo temanten anyarr…

# Cah angon cah angon
penekno belimbing kuwi
Lunyu-lunyu yo penekno
kanggo mbasuh dodotiroo…

# Dodo tiro  dodo tiro
kumitir bedhah ing pinggir
Dondomono jlumatono
kanggo sebo mengko soree..

# Mumpung padhang rembulane
mumpung jembar kalangane
Yo surako
surak hiyoo…

Lagu daerah yang satu ini mengenai lantunan dakwah yang diajarkan salah satu Wali Songo yang mengajarkan islam di nusantara ini, yaitu Sunan Kalijaga.

Lewat lagu “lir-ilir” Sunan menyampaikan beberapa nasihat agama untuk para pemeluk islam maupun non-muslim agar selalu ingat dan taat kepada Tuhan Yang Maha Esa yaitu Allah SWT.

Tak hanya di situ saja, pesan moral yang disampaikan juga berupa anjuran untuk selalu bersyukur, bersabar dan bersemnagat setiap saat untuk menggapai twakal yang sebenarnya kepada Allah SWT.

Padhang Bulan – Lagu Jawa Tengah

Padhang Wulan - Lagu Daerah Tradisional Jawa
source: music amateur

“Yoo prakanca
dolanan ing njaba
Padhang mbula
padhang kaya rinaa…”

“Rembulan kang
ngawe-awee
Nglikak aja
turu sore-soree…”

Lagu Daerah asal Jawa Tengah ini berjudul padang bulan “terangnya rembulan”. Lagu ini biasa dilantunkan ketika anak-anak sedang bermain di sore hari. Pengiring mainan anak di daerah Jawa ini juga sering dinyanyikan pelantun sholawat kondang yaitu Habieb Syeich Abdul-Qodir Assegaf.

Berisi tentang rasa syukur atas kekuasaan yang telah dimiliki Allah SWT dan cara bersyukur tersebut diungkapkan dengan cara menikmati pemandangan alam ketika malam hari bersama rembulan.

Lirik Gek Kepriye

lagu daerah tradisional Jawa Tengah
source: music amateur

Duh kaya ngene rasane*
Anake wong ora duwe*
Ngalor ngidul tansah diece*
Karo kanca-kancane*

Piye pye piye pye ya ben rasakna
Piye pye piye pye rasakna dewe
Piye pye piye pye ya ben rasakna
Piye pye piye pye rasakna dewe

Besuk kapan aku bisa*
Urip kang luwih mulya*
Melu nyunjung drajating bangsa*
Indonesia kang mulya*

Piye pye piye pye mbuh ra weruh
Piye pye piye pye mbuh ra ngerti 
Piye pye piye pye mbuh ra weruh
Piye pye piye pye mbuh ra ngerti

Lagu Daerah Jawa Tengah karya Eka Kusuma ini menceritakan kisah seorang pemuda yang hidup dalam keadaan miskin, susah bergaul karena tidak memiliki apa-apa, tetapi optomisme untuk semangat mengejar cita-cita & bekerja keras sudah tertanam pada dirinya.

Jadi sang penulis lagu mengajarkan kepada sang penikmat lagu tradisional bahasa Jawa ini dengan cara menyampaikan kisah ringkas yang penuh dengan luapan makna. Dengan keyakinan bahwa sesungguhnya bangsa ini sudah bisa mulia dan kaya bila masyarakatnya saling menghargai sesama.

Jamuran – Lagu Tradisional Jawa tengah

lagu daerah jawa - jamuran
source: music amateur

Jamuran ya gheghe thok
Jamur apa ya gege thok
Jamur gajih mberjijih sak

Ara ara sira bage jamur apa?
Jamur opo?
Jamur gagak 
Gaok gaok gaok gaok gaok

Jamuran ya gegge thok
Jamur apa ya geghe thok
Jamur gajih mberjijih sak

Ara ara sira bage jamur apa?
Jamu kethek menek
Uwite ra ana kethek

Kethek menek kethek menek [4x]…

Lagu yang disusun oleh Ki Hadi Sukatno ini terinspirasi dari mainan anak kecil pada zamannya yang bernama dolanan jamuran.

Pada mainan tersebut biasa dimainkan oleh 6-12 orang dengan peraturan tertentu dan tanpa alat lain selain aktifitas gerak tubuh mereka sendiri (tangan dan kaki).

Lagu daerah ini diciptakan untuk menghibur diri dan teman-teman sebaya yang masih bermain agar semakin rukun dan permainan tradisional juga semakin bisa dikenang.

Terbukti zaman dahulu manusianya terbelaka dengan teknologi tapi tetap berkaya yang bisa dikenang hingga anak-cucu sekarang ini.

Dhondhong Apa Salak – Lagu Jawa Tengah

lirik lagu - Dondong Opo Salak
source: music amateur

Dhondong apa salak, dhuku cilik * cilik
Ngandong apa mbecak, melaku timik * timik
Dhondong apa salak, dhuku cilik * cilik
Ngandong apa mbecak, melaku timik-timik..

Atik ndherek Ibu tindak menyang pasar
Ora pareng rewel ora pareng nakal
Ibu mengko mesthi mundhut oleh-oleh
Kacang karo roti Atik dhiparingi…

Dhondong apa salak, dhuku cilik * cilik
Gendhong apa pundhak aja ngithik * ithik…

Nilai filosofi yang tersampaikan oleh pesan lagu “dhondhong apa salak” adalah di setiap hidup pasti ada banyak pilihan. Maka dari itu pilihlah yang terbaik bagimu, jangan pernah tergiur dengan godaan yang menurutmu menjerumuskanmu.

Terlihat mulus, eh malah dalamnya busuk. Yang terlihat jelek dari luar malah menjadi yang terbaik dan lebih bagus. Jadi jangan menyepelekan hal sederhana karena itu memang jalan yang sudah ada.

Untuk mencapai hidup yang sesuai dengan tujuan kita maka harus berjuang dan berusaha, berjalan pelan tapi pasti, menanam sesuatu pasti akan menghasilkan sesuatu.

Di balik semua keinginan pasti ada sebuah rintangan. Dan dalam rintangan yang telah ada itu sudah ketetapan Tuhan, maka tetaplah harus berjuang dan bersabar untuk hidup yang terus berkembang.

Lirik Jangkrik Genggong Lengkap

Jangkrik Genggong
source: music amateur

Lagu ciptaan Waljinah ini masih hangat populernya hingga saat ini. Memiliki makna pedih karena pengorbanan yang tiada arti, lagu jangkrik genggong menuturkan seseorang yang ditinggal kekasih hatinya.

Telah banyak waktu, tanaga, pikiran dan materi telah dia berikan namun tetap saja cintanya masih bertepuk sebelah tangan.

Bisa menjadi viral dan bahkan sempat trending di beberapa tahun ini mungkin karena kesedihan yang selalu ada di setiap tahun orang merasakannya, tidak tertolak hati bertindak.

Lirik Lagu Jaranan

lagu jaranan khas jawa tengah
source: ngangsu-kawruh

Lagu khas daerah Jawa Tengah ini juga diciptakan oleh legendaris pencipta lagu anak-anak versi bahasa Jawa yaitu Ki Hadi Sukatno. Meski sering terdengar ketika ada iringan penampilan jaran kepang dan acara adat serta pagelaran suatu resepsi. Lagu jarana sendiri dapat menghibur anda ketika lagi santai di rumah.

Alat musik yang digunakan pada lagu ini hanya dengan bambu dan besi. Meski demikian namun tak mengurangi esetika seni instrumen musik pada lirik lagu jaranan. Coba dengarkan ketika anda baru santai, maka akan dapat value tentang hiburan Jawa.

Bapak Pucung

Bapak Pucung dudu wathu dudu gunung
Sangkane ing seberang
Ngon-ingone sang Bupati
Bapak Pucung yen me’laku lembehan grana…

Lagu khas daerah Jawa tengah ini pertama terkenal di daerah Grobogan dan belum diketahui juga siapa penciptanya. Lagu untuk iringan mainan anak-anak ini memiliki filosofi untuk selalu menjaga hubungan baik dan anatr sesama di lingkungan formal, masyarakat, keluarga, pekerjaan dan lainnya.

Bapak pucung sendiri merupakan jenis serangga yang berwarna orange cerah dan badan hitam, serta memiliki motif hitam dipunggung atau sayap, memiliki strip putih di perut. Yang setiao sore berterbangan dengan bergemerlap pantulan lampu dari sayapnya.

Jenang Gulo

Jenang gula,
kowe ojo lali marang aku iki yo kang mas
Nalikane nandang susah sopho sing ngancani,
Dhek semono aku tetep setyo serta tetep tresno yo,
kang mas

Durung nate gawe ghelo lan gawe kuciwo
Ning saiki bareng mukti kowe kok njur malah lali marang aku
Sithik-sithik mesti nesu terus ngajak padu
Jo ngono … jo ngono …

Opo kowe pancen ra kelingan jamane dek biyen yo kang mas
Kowe janji bungah susah padha dilakoni…

Lagu tradisional Jawa Tengah ciptaan Andjar Any. memiliki arti luapan kesedihan yang mendalamsebuah hubungan suami-istri yang hancur karena status.

Makna Lagu Jenang Gulo bercerita tentang pasangan suami-istri yang saling setia, baik ketika susah dan selalu bersama tanpa penyesalan atau sejenisnya. Namun, ketika si suami telah sukses, dia kerap dan sering memarahi istrinya, dia berubah jadi egois, arogan dan kasar.

Seperti sebuah impian yang mereka bina sejak lama telah sirna karena status yang membuatnya merasa lebih dari sebelumnya. Semoga kita semua terhindar dari segala sesuatu yang membuat hubungan kita dan keluarga kita pecah dan tidak harmonis.

Gado-Gado Semarang – Kelly Puspita

*Semarang jarene mula bukane
Saka tembung kutha aseme arang
Adipatine kang kondhang asmane
Kang katelah Ki Ageng Pandhanaran

*Semarang yo yu kutha pesisir
Akeh uwong monco kang podho mampir
Ono koja kang jarene encik
Dhandhang gula dicengkok cara mandarin

Reff:

*Jare Semarang kaline banjir
Jo sumelang yen rak dipikir
Sing kondhang yo lik mung gertakane
Gertak Semarang rak ana nyatane

*Sing unik yo mas Gambang Semarang
Kendhang dinamis bikin pinggul bergoyang
Koyo londo yen nembang selendro
Ora nganggo faa sii mung soo laa mii ree doo

 Stasiun Balapan – Pencipta: Didi Kempot

Ning Stasiun *Balapan
Kuto Solo Sing Dadi Kenangan
Kowe Karo Aku
Naliko Ngeterke Lungamu
Ning Stasiun Balapan

Rasane Koyo Wong Kelangan
Kowe Ninggal Aku
Ra Kroso Netes Eluh Ning Pipiku
Daa… Dada Sayang
Daa… Slamat Jalan
Janji Lungo Mung Sedelo
Jare Sewulan Ra Ono
Pamitmu Naliko Semono

Ning Stasiun *Balapan Solo
Janji Lungo Mung Sedelo
Malah Tanpo Kirim Warto
Lali Opo Pancen Nglali
Yen Eling Mbok Enggal Bali

Ning Stasiun *Balapan
Kuto Solo Sing Dadi Kenangan
Janji Lungo Mung Sedelo
Jare Sewulan Ra Ono
Pamitmu Naliko Semono

Ning Stasiun *Balapan Solo
Janji Lungo Mung Sedelo
Malah Tanpo Kirim Warto
Lali Opo Pancen Nglali
Yen Eling Mbok Enggal Bali
Ning Stasiun Balapan
Kuto Solo Sing Dadi Kenangan

***

Sebagai contoh cinta dengan tanah air kita adalah dengan cara melestarikan budayanya. Yuk mulai kembali tuk mencintai budaya kita. Jangan lupakan kenangan lagu masa kecil ketika usia anak-anak kita (orang yang hidup masa kecil di Jawa utamanya).

Bagi anda yang ingin download mp3 lagu daerah Jawa bisa melalui youtube dengan cara menggunakan aplikasi yang sudah ada di hp android anda. Atau dengan cara browser menggnakan Saveform.net dan menambahkan tulisan “ss” pada URL video youtube yang anda inginkan untuk di-download. Cek tips nya disini.  brainly

Tinggalkan komentar