Kumpulan Lagu Daerah Bali Populer Hits Zaman Dulu

Kumpulan Lagu Daerah Bali Populer Hits Zaman Dulu

Lagu Daerah Bali – Secara geografis Pulau Bali terletak di barat Pulau Lombok. Kepulauan kecil di timur Jawa ini sudah merambahkan namanya hingga mancanegara.

Coba perhatikan, kebanyakan wisatawan asing yang ke Indonesia pasti datangnya ke Bali terlebih dahulu. Mungkin karena wisata alam yang masih terlihat murni dan alami yang menjadi daya tarik para turis.

Selain itu, di Bali juga masih banyak budaya tradisional yang masih dilestarikan. Salah satunya nyanyian lagu-lagu daerah nusantaranya. Mungkin yang banyak dikenal hanya “Putri Cening Ayu“.

Nah, untuk lebih mengenal mengenai kumpulan daftar nama judul dan lirik lagu daerah Bali. Mari simak ulasan artikel kami dibawah ini. Kami ulaskan khusus buat anda.

Lagu Daerah Bali Lengkap Beserta Teks Lirik

Dari youtube kita bisa melihat keindahan alam Bali. Namun dari artikel ini kita bisa melihat lagu khas daerah dari Kepulauan Bali. Sama-sama kepo-nya dan juga sama-sama cinta alam nusantara.

Ada banyak lagu daerah yang diciptakan oleh penyair adat dari daerah asal. Termasuk juga lagu tradsiional asli yang berasal dari suku Bali. Nah, untuk lebih lanjut mari kita tuliskan dahulu beberapa judul lagu Bali yang terkenal: (Sebutkan lagu daerah dari Bali?)

  1. Tari Bali
  2. Janger
  3. Mejangeran
  4. Meyong-meyong
  5. Ngusak Asik
  6. Putri Cening Ayu
  7. Jangi Jenger
  8. Dadong Dauh
  9. Ratu Anom
  10. Dewa Ayu
  11. Macepet Cepetan
  12. Juru Pencar
  13. Bibi Rangda
  14. Batu Cina
  15. Adi Sayang

Lumayan banyak ya. Meski begitu, di sisi lain yang membuat Bali terkenal di berbagai daerah adalah tarian khas tradisionalnya. Antara lain: Tari Legong, Tari Kecak, Tari Barong, Tari Trunajaya, Tari Pendet dan masih banyak lagi lainnya. (sumber: brainly)

Balik ke lagu tradisional Bali. Berikut kupasan singkat beserta teks lagunya.

Jangi Janger

Jangi janger sengsèng e sengseng janger

Sengsèng e sengsèng janger

Serere nyomane nyore

Kelap kelap ngalap bunga

Langsing lanjar pamulune nyandat gading

Lagu Jangi Janger bisa dikatakan lagu paling populer dan yang terkenal di daerah Bali. Dalam syair lirik lagu Jangi janger menggambarkan suka cita remaja putra dan putri.

Sesuai dengan maknanya, pelafalan lirik lagu Janger pun seolah menampilkan kebahagiaan. Dinyanyikan dengan penuh keceriaan dan semangat.

Bagi anda yang belum tau arti lagunya, itu tidak menjadi masalah untuk tidak ikut serta dalam kebahagiaan ketika mendengar lagu ini. Karena meski tak paham tapi akan tetap ikut serta dalam aura senangnya. Coba saja buktikan dengan cara download mp3 nya langsung atau dengarkan via youtube. Link disini.

Putri Cening Ayu

Lagu dari provinsi Bali selanjutnya adalah Putri Cening Ayu. Untuk khusus lagu ini kami ulaskan lengkap beserta lirik dan not angkanya. Karena kesukaan admin penulis, hehe. Untuk belajar not angka dari lagu ini, anda bisa belajar di sini.

Putri Cening Ayu Not Angka - Lagu Daerah Bali

Lagu berasal dari Bali ini berjudul “Putri Cening Ayu” mengisahkan sebuah dialog antara seorang ibu yang akan pergi ke pasar untuk belanja. Dan meminta anaknya menanti di rumah saja agar rumah terjaga.

Dari lagu tersebut pencipta hanya ingin menggambarkan kerukunan masyarakat Bali yang terbentuk sejak berumah tangga. Pelajaran berbudi dan berkatabaik telah diajarkan seorang ibu kepada anaknya sejak kecil.

Macepet- Cepetan

Jani m’lati macepet-cepatan
Nanging limane tusing dadi matiang

Sejaba ento mekajang dadi
Nyenje kalah lakar gedhing

Lagu daerah Bali dan penjelasannya selanjunya adalah Lagu Macepet-cepetan. Lagu ini menceritakan penduduk asli daerah Bali yang selalusigap, cepat dan tegas dalam mengambil segala tindakan keseharian.

Lagu ini dinyanyikan dengan irama nada yang terbilang cepat, untuk menjaga semangat sebagaimana arti dari liriknya. Lagu ini biasa digunakan untuk sebuah upacara atau agenda yang butuh asupan lagu penyemangat. Maka tak heran bila para pekerja Bali sering memutar lagu tradisional ini.

Ratu Anom

Ratu anom* metangi milen-ilèn

Ratu anom* metangi milen-ilèn

Dong pirengrang munyin sulinge di jaba

Dong pirengrang munyin sulinge di jaba

Lagu daerah Bali yang populer selanjutnya yaitu Ratu Anom. Dikategorikan lagu tradisional adat daerah lawas, sebagai lagu mainan anak-anak. Lagu Ratu anom sampai tahun 2019 sekarang masih dilantunkan oleh anak2 sebagai iringan ketika mereka bemrain di lapangan, kampung halaman bahkan saat di sekolahan.

Bila ingin mengetahui lirik lagu dan mudah dihafal, silahkan cek video berikut ini. contoh

Meong Meong

Meong meong

Alih je bikulè

Bikul gede gede

Buin mokoh mokoh

Kèreng pesan ngerusuhin

Lagu daerah Bali dan penjelasannya selanjutnya Meyang Meyong. Lagu yang menceritakan tentang seekor kucing yang sedang mencari tikus.

Lagu Meong Meong sangat cocok untuk anak-anak karena lirik dan maknanya yang sederhana dan sesuai dengan anak. Anda sendiri, adik, atau bahkan sepupu juga harus tahu lagu yang satu ini. Supaya pengetahuan mengenai nama-nama dan lirik teks lagu daerah Bali semakin bertambah.

Ngusak Asik

Cai ketut dema i rusuh

Bas kaliwat cai ngawe sakit hati

Cah sing demen

Ngidih olas ketut pang enggal megedi

Kalau lagu-lagu sebelumnya sebagai iringan mainan anak-anak, untuk lai ini khusus dewasa aja ya. Lagu Ngusak Asik bercerita tentang sebuah percintaan asmara seorang laki-laki dan perempuan asli Bali.

Lagu cinta lawas terpopuler yang sangat terkenal di Bali ini juga bisa menjadi referensi list lagu pada Handphone anda. Bukan hanya lagu Anji, Justin, Colulplay atau Ariana Grande saja yang didengarkan! Hehe. Hitung-hitung sekalian menambah kecintaan akan budaya nusantara.

Coba saja. Lagunya enak dan sesuai buat kaula muda zaman sekarang 2020.

Tresna Mejohan

Setegèh langit sedalem pasih

Trèsnan tiang ken bèli

Tanpa beli hidup kerasa sèpi

Yadiastun ejoh jarak dan waktu

Tiang tusing peduli

Tresna Mejohan merupakan lagu tradisional Bali yang mengisahkan seseorang yang sedang jatuh cinta. Arti makna yang terungkap pada lagu ini sesuai dengan lirik lagunya.

setegeh langit sedalem pasih tresnan tiang ken beli

Artinya: setinggi langit sedalam lautan cintaku kepadamu.

Lagu ini juga bisa anda nyanyikan untuk pujaan hati anda. Seperti lagu romantis lainnya. Berisi tentang ungkapan cinta dan awal jatuh cinta.

Juru Pencar

Juru pencar juru pencar

Mai jalan mencar ngejuk èbe

Be gedhe gedè

Be gedhe gedè

Di sawana ajakan liu

Lagu Juru Pencar ini merupakan lagu yang  penuh dengan makna tersirat. Juru Pencar dalam lagu ini diartikans ebagai tukang jala ikan (nelayan) yang menggunakan pencar (sejenis jaring untuk menangkap ikan).

Dalam lirik dan pesan yang disampaikan lagu ini, menyiratkan bahwa seseorang harus memiliki cita-cita yang tinggi dan harus bekerja keras ketika mencari nafkah.

Bilamana terjadi sebuah keadaan yang tidak enak dalam pekerjaan maka harus tetap bekerja dengan penuh hati dan semangat yang tinggi guna menopang profesionalitas dalam bekerja seorang dewasa.

***

Nah, bisa kita simpulkan ya, dalam banyak lagu daerah Bali di atas. Hampir keseluruhan kumpulan lagunya berisi tentang asupan penyemangat. Pantas saja orang-orang Bali sangat bersinergik. Setiap kali bergerak lagu yang didengar tentang spirit semua.

Demikian ulasan mnegenai Kumpulan Lagu Daerah Bali yang bisa kami tuliskan untuk anda. Semoga bermanfaat, jangan lupa baca artikel lainnya. Semoga sehat selalu dan segera bisa berkunjung juga ke Bali. Gak hanya hafal lagunya tapi harus lihat juga tempat wisatanya.