Contoh Ide Kado Pernikahan Unik Berkesan

Contoh Ide Kado Pernikahan Unik Berkesan

Contoh Ide Kado Pernikahan Unik BerkesanPernikahan termasuk momen penting dalam kehidupan setiap orang, saat yang dinanti-nanti, dilakukan sehidup sekali dan ingin selalu teringat sampai mati. Pernikahan juga dianggap sebagai acara temu kangen, reuni, kumpul bareng dan tukar hadiah.

Ibarat ambil giliran, harus ngantri, untuk Anda yang masih sendiri. Tetap tabah dan semangat ngejar si Doi biar gak meleset. Menikah tak mengenal siapa dimana dan kapan? Bisa saja mendadak teman Anda atau saudara Anda nikah pekan depan nanti.

Sedangkan Anda belum persiapkan apapun, termasuk kado dan uang amlop pastinya. Untuk masalah isi uang isi amplop Admin Damainesia tidak bisa carikan solusi. Tetapi kalau masalah kado pernikahan yang akan Anda berikan kami akan ulaskan untuk Anda.

Bila itu terjadi pada Anda, ide kado apakah yang akan Anda beri untuk hadiah? Simak baik-baik ulasan kado nikah berikut ini agar cocok untuk diberikan kepada sahabat, teman, saudara ataupun mantan.

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW :

“Saling memberilah (kalian) agar tumbuh kasih sayang (antar sesama manusia)”.

Dengan memberikan kado yang sederhana atau mewah pun kita sudah termasuk menjalankan perintah dan bimbingan beliau Nabi Muhammad SAW.

Seperti kutipan hadist diatas menyarankan memberikan yang baik dan terbaik. Barang terbaik itu sangat banyak namun yang cocok dengan keinginan dan situasi kondisi memang sulit ditentukan. Bahkan bila berkaitan dengan kado nikah cenderung sangat pelik.

Takut salah kasih kado sampai pikiran takut kado tidak terpakai untuk penerima. Biar sesuai keinginan kedua pihak tentukan secara rinci sesuai ide contoh dibawah ini.

Tips Memilih Kado Pernikahan

kado pernikahan - nikah teman saudara
@pexels.com

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi nilai fungsi dan nilai harga, terkait gengsi yang terikat. Untuk sang pemilik hajat orang kaya belum tentu kita harus memberi hadiah yang mewah juga. Ikuti saja barometer finansial kita sendiri.

Jika hanya mengikuti gengsi dan emosi diri bakal tambah rumit dan pelik. Agar tak gagal dalam memilih berikut tips untuk memilih kado pernikahan unik dan murah untuk teman/saudara kita yang nikah.

1. Kenali Sang Pengantin

Mengundang suatu hajat sudah pasti termasuk orang yang dikenal. Meski kenal belum tentu tau sifat dan keseharian sang pengantin. Untuk menentukan kado nikahan buat sang pengantin. Perlu kenali lebih dekat dengannya.

Dalam cara pandang kenalan mau ngasih kado ini, ada 3 perbedaan siapa dia? Pertama, sang pengantin saudara sendiri, kedua sang pengantin sahabat dan ketiga sang pengantin hanya teman biasa.

  • Kado Pernikahan Untuk Saudara

Bila dia saudara sendiri, utamakan untuk memberi yang sifatnya high budget. Soalnya kalau mau kasih yang low bugdet takut kurang enak perasaannya. “Masa yang nikah saudara Cuma kado ini?” Kan kurang afdhol, sekalian jaga image kita.

  • Kado Pernikahan Untuk Sahabat

Sahabat sendiri lagi nikah. Tanyakan saja langsung dengannya “mau kado apa untuk besok (nikahannya)?”. Otomatis dia jawab dan senang kalau dikasih kado yang dimintanya, percaya sudah terbukti kok pada Admin. Mungkin sebagian ada yang jawab “terserah kamu aja”. Itu berarti dia mau kado yang ia sukai menurut hobi maupun rutinitasnya.

  • Kado Pernikahan Untuk Teman

Bila dia teman biasa dan kurang begitu dekat. Caranya cukup gampang, dengan cara kepo-in saja media sosialnya, supaya tahu soal apa yang sering iya lakukan apa hobi dan apa kegiatan favoritnya.

2. Cari Benda yang Digemari dan Bermanfaat

Setelah lebih dekat dan tahu soal karaktef keseharian. Masuk ke tahap berikutnya cari benda yang digemari dan yang cocok untuknya. Untuk memberikan rasa hormat berikan kado yang sekiranya nantinya bakal dipakai dan menjadi barang rutinitas harian. Salah satunya menurut hobi kegemaran salah satu pengantin maupun keduanya.

Contoh pengantin pria hobi fotografi, beri kado kamera saja. Bila terlalu mahal kado lensa kamera atau barang yang mengenai potografi. Secara tidak langsung barang itu akan selalu dipakai dan tidak sia-sia.

Contoh ide kado nikah lainnya. Pengantin wanita suak memasak, kado yang cocok untuknya ya peralatan masak dan berkenaan dengan sekelilingnya.

Jangan sampai kado nikahan orang malah kado boneka, mainan, makanan dan sebagainya. Kurang bermanfaat, carilah yang mungkin akan terus dipakai dan bila memakainya tidak meluangkan waktu sia-sia.

3. Berikan Kado Nikah yang Terbaik

Mungkin bila membeli utnuk diri sendiri kita memilih barang yang bagus dan awet, tahan lama. Sedangkan untuk diberikan kepada orang lain memilih barang yang kualitasnya dibawah barang sendiri. Hindari hal tersebut.

Beri hadiah yang juga standart bagus agar dapat dipakai dalam jangka panjang. Seolah-olah Anda juga memakai barang tersebut. Karena memberi hadiah itu berpahala bila dipakai dalam kebaikan.

4. Hindari Barang Yang Mudah Pecah

Hindari barang yang mudah pecah rusak, seperti kaca, gelas, piring dan yang tidak tahan lama lainnya. Jangan beri barang yang bersifat tajam juga seperti pisau, gunting dan senjata tajam lainnya.

Bila berkenaan dengan hobi dan pekerjaan itu bukan masalah. Toh dia seorang polisi ataupun tentara itu masih masuk akal. NAmun bila yang diberi warga sipil itu kurang bagus.

5. Beri Kado Paling Berkesan

Bila tak memungkinkan memberi hadiah berupa barang, cobalah untuk memeberi hadiah yang sedikit unik dan sangat berkesan.

Contoh sederhana memberi tiket liburan, tiket honeymoon ke suatu wisata, dan hadiah berupa jasa. Seperti menjadi fotografer di pernikahan teman tersebut. Menjadi among tamunya bahkan bisa juga menjadi pembaca murotal ketika walimahan dibuka.

Bisa juga Anda menjadi mubaligh di pertengahan walimahan, pengisi acara dan sebagainya. Yang berbentuk tenaga, skill dan pikiran.

Mungkin sedikit tips cara memilih kado nikah untuk pengantian diatas dapat membantu Anda dalam proses menentukan pilihan apa yang harus Anda berikan untuknya. Semoga bermanfaat dan menjadi inpirasi untuk Anda.

Kado Pernikahan Unik dan Murah

Ide inspirasi kado pernikahan yang bersifat unik dan murah. Murah bukan berarti umum namun ada kesan sendiri bagi pemberi. Baik dari segi fungsi maupun kesenangan atau kepuasan antara pemberi dan penerima.

Baju Couple

baju couple pasangan - kado pernikahan
hanya ilustrasi – cobalah mencari baju yang lebih elegan dan sopan @AliExpress.com

Jika ingin teman Anda lebih terlihat romantis ketika keluar rumah, seperti pasangan-pasangan mancanegara contoh saja korea. Maka cobalah untuk menghadiahkan kemeja, baju, atau kaos couple. Selain nyaman dan enak dipandang. Baju termasuk salah satu pemberian yang bermanfaat.

Dengan model lengan panjang dan menutup seluruh aurat badan akan lebih banyak digunakan sang penerima secara fleksibel, di dalam maupun di luar rumah. Desaign yang mengikuti zaman juga sangat dominan pengaruhnya. Untuk itu utamakan desaign yang kekinian ya.

Handuk Couple

handuk - kado pernikana sahabat
@pixabay.com

Tau lah bagaimana orang baru nikah, pengennya mandi melulu. Hehe. Barang primer sesorang untuk beraktifitas. Tidak mungkin bila Anda mandi tanpa handuk untuk menghilangkan bekas air mandi. Bila tak memakainya juga terlihat tidak nyaman dan lengket di bagian badan bekas air mandi.

Baca Juga : Kumpulan Ide Kado Bayi Baru Saja Lahir Beserta Harganya

Dengan harga yang ideal dan fungsi yang nyata adanya. Handuk sangat rekomended untuk dijadikan kado. Meski ide kado nikahan ini memang sering digunakan banyak orang. Handuk memberikan pesan moral sedikit kepada pengantin baru agar sering-seringlah mandi.

Masukan dalam list ide Anda juga, 100% bakalan dipakai, bila Anda beri kado handuk berkualitas seperti ini.

Bantal Couple &  Selimut

selimut bantal couple - kado nikahan teman
@pexels.com

Masih tentang barang couple. Bantal, seperti halnya handuk menjadi alternatif untuk dijadikan kado nikahan teman, saudara atau tetangga. Barang yang sangat berharga bila malam dan barang yang menemani hening malam seseorang.

Meski terkadang tidak dipakai sendiri oleh penerima, bisa saj digunakan saudara, keluarga atau tamu yang bermalam di rumahnya. Pokoknya bermanfaat banget.

Selimut, hampir sama dengan bantal. Namun lebih sering untuk pribadi sang pengantin bila Anda memberikan selimut yang sangat berkesan. Contoh gambar desaign sesuai dengan favorit penerima. Anda memberikan secuil kertas sebagai pesan “sesuai desaign favoritmu bro/sis jangan lupa gunakan sebaik mungkin ya”. Dari tulisan tersebut memberikan pesan singkat bahwa gunakan sendiri barang tersebut dan tolong dirawat.

Piyama Couple

Grosir-Piyama-Termurah- kado ulang tahun nikahan
@pusatpiyamamurah.com

Beri kado untuk teman Anda piyama couple terbaik  agar lebih nyaman dalam tidurnya mereka berdua. Romantis terjaga dan hubungan saudara terhadap Anda juga terbawa.  Bukan barang yang mewah namun membawa kenyamanan tetap ada.

Set Alat Makan

peralatan makan
@Perlengkapan Makan Tupperware blogspot

Apakah teman Anda seorang yang hobi makan? Apakah hobi masak?

Jika iya, masukan barang ini sebagai list pilihan kado nikahan untuk teman Anda. Jika tidak, ya tetap jadikan list ke situ juga. Namanya pasngan baru pasti butuh yang namanya wadah makan minum.

Pasangan baru cenderung masih menonjolkan sifat menjaga image masing-masing. Jadi secara otomatis sang pengantin wanita akan lebih suka menggunakan barang-barang yang bersifat baru untuk menyajikan makanan dan minuman. Agar penilaian rasa dari makanan yang disajikan untuk pasangannya menjadi nomor dua setelah tampilan luar wadahnya.

Di masa jangka panjangnya alat makan juga akan terus digunakan baik pribadi maupun untuk saudara dan keluarga sekitarnya.

Set Alat Dapur

set alat masak dapur - kado pernikahan kado teman sahabat saudara
@calphalon.com

Ketika masih muda, belum nikah. Melihat alat dapur saja cuek, namun hal tersebut akan beralih ketika sudah menikah. Alat dapur sebagai senjata harian untuk meladeni suami dalam makan. Karena suami pun memiliki gambaran juga bahwa makan di rumah bersama dan dengan masakan istri lebih romantis dari pada makan di luar.

Sama halnya juga dengan alat makan. Di masa jangka panjangnya alat masak dapur juga akan terus digunakan baik untuk pribadi maupun untuk saudara dan keluarga sekitarnya.

Kado Pernikahan Untuk Saudara

Mau kasih kado apa ya ke saudara kita sendiri? Tentu yang lebih baik dari biasanya. Untuk hari spesial semestinya juga Anda memberi hal yang spesial untuknya.

Umumnya saudara sendiri kasih kado hanya sebatas uang tunai dan barang pokok untuk makanan. Hal tersebut sudah wajar, cobalah cari yang lebih membuat sang pengantin memliki kesan sari pemberianmu.

Perhiasan

emas perhiasan - kado nikah pernikahan
@suratKabar.id

Memang lumayan berat sih. Kayak mau jadi pesaing yang melamar saja pakai emas perhiasan. Tapi jangan Anda siasati memberi kado itu memberatkan harus yang mahal dan bagus. Untuk saudara Anda yang perempuan akan lebih senang bila diberi perhiasan. Anggap saja hadiah itu sebagai pemberian perpisahan setelah ia dipinang orang lain.

Bila tak memungkinkan untuk beli sendiri, belilah secara iuran bersama dengan beberapa saudara kamu yang lain. Agar mengeratkan persaudaraan juga antar sesama. Karena perhiasan termasuk aset kecil dari orang berumah tangga. Buat tabungan dia di suatu hari nanti.

Tiket Liburan Honeymoon

tiket liburan honeymoon
@enaknyakemana.com

Kado yang satu ini juga bukan kado yang murahan, butuh dana yang cukup besar. Tapi kamu bisa mengusulkan ide ini kepada kerabatmu yang lain, agar bisa menyokongkan sedikit dana mereka untuk membayar tiket liburan bersama-sama.

Termasuk di dalam full tiket liburan pulang pergi. Tiket transportasi, makan dan penginapan sudah tersedia semua. Hanya tinggal menikmati bulan madu saja. Hal tersebut akan membuatnya selalu teringat akan hadiah yang telah Anda berikan. Kesan persaudaraan dan kesan saling peduli akan terjalin hingga masa mendatang.

Bila memberi kado kepada teman atau saudara jangan lupa sisipkan kata mutiara romantis maupun quotes pernikahan yang membuat pengantin lebih merasa senang akan kedatanganmu.

Skill Job Sebagai Kado Pernikahan

fotografer kamera
@foto.co.id

Meluangkan waktu untuk persiapan, untuk mengantarkan dan untuk melancarkan acara pernikahan adalah kado yang juga mereka tunggu. Mengeluarkan skill yang telah kita punya. Kado pernikahan spesial.

Seperti dekorasi gedung bila Anda bisa, menjadi fotografer bila telah menjadi keahliannya, menjadi MC (pembawa acara di walimahannya) dan masih banyak lagi kegiatan yang mungkin menyempurkan acara nikah saudara.

Orang lain juga baca : artikel mengenai susunan acara pernikahan yang baik dan sesuai aturan adat di Indonesia.

Uang Cash

kado pernikahan untuk saudara - uang tunai -uang cash
@merdeka.com

Kalau Anda masih bingung dan gak mau repot-repot, uang tunai menjadi solusi untuk memberi kado nikah saudara Anda. Tidak mengapa masih bermanfaat kok. Lebih dari sekedar kado, kedatanganmu dan doa restumu lebih diharapkan di hari pernikahannya.

Jadi sebenranya kado terbaik untuk saudara ketika hajatan walimah adalah porsi mendukung, membantu dan doa restu yang mereka harapkan. Dengan meluangkan bantu finasial dan tenaga kita mereka akan merasa puas dan senang atas perlakuan saudaranya.

Kado Pernikahan Untuk Teman dan Sahabat

Teman atau sahabat sendiri lagi nikah. Tanyakan saja secara langsung “mau kado apa untuk nikahan kamu besok?”. Otomatis dia akan jawab “terserah kamu aja”. Itu berarti dia mau kado yang ia sukai menurut hobi maupun rutinitasnya.

Tetapi bila ia menjawab jujur berikan saja yang dia minta sesuai kemampuan Anda. Bila tak memungkinkan jangan terlalu dipaksa. Berikut beberapa ide saran kado nikah untuk teman.

Figura Album Foto Kenangan

album foto kenanganan
@album-kolase.com

Bungkuskan pada kardus dan kertas kado sebuah figura foto kenangan masa-masa indah saat kalian bersama. Mengingatkan masa lalu yang pernah dijalani bersama teman-teman lain.

Foto yang Anda jadikan hadiah diusahakan seunik dan dicari foto yang paling berkesan baginya. Foto waktu liburan bareng, foto ketika ngontrak bareng atau ketika skripsi bareng.

Pilihan lain selain bingkai dan foto kenangan yaitu album foto. Sekumpulan foto yang dijadikan satu di dalam sebuah buku album, disusun dengan sedemikian cantik akan menjadi kado istimewa dari seorang teman dan sahabat di waktu muda.

Sangat disarankan untuk tidak hanya memasukan foto-foto dengan pose keren kece dan cantik saja. Tetapi cetaklah foto-foto dengan pose lucu, jelek yang bikin suasana geli untuk diingat. Untuk menambah unik dalam membungkus kado album atau bingkai foto Anda, coba cek puluhan macam cara membungkus kado.

Perlengkapan Hobi

kado pernikahan untuk teman sesuai hobi
@tribunnews.com

Sebagai seorang teman bahkan sahabat sudah pasti mengetahui hobi antar teman satu dengan yang lain. Jadikan hobi sebagai patokan memberi hadiah. Soal hobi dan kesenangan seseorang bakal tak akan tergantikan meski pasca menikah. Untuk itu sangat disarankan mengemas kado dengan sesuai hobi dengan cara membelikan perlengkapan hobi.

Contoh ide kado nikah teman yang hobinya basket, coba belikanlah bola basket atau sepatunya. Bila teman hobi futsal coba belikan sepatu futsal. Begitulah cara sederhana membidik hadiah untuk seorang teman.

Tiket Nonton Bareng

tiket nonton bioskop senagai kado hadiah
@kabarbisnis.com

Sedikit aneh, tetapi termasuk dalam memanjakan teman yang baru saja menikah. Sebagai teman karib Anda berhak menawarkan sesuatu kepadanya tentang kado untuk pernikahannya.

Namun bila ingin lebih berkesan cobalah ajak nonton bareng bioskop bersama kawan-kawan lama dengan membawa pasangan barunya. Hal tersebut akan memberinya kesan hidup tersendiri secara tidak sengaja.

Bukan hanya nonton bareng berkenaan film bioskop. Anda juga dapat membelikan tiket dalam konteks lain. Misalnya nonton bola bareng di stadion, nonton turnamen bareng dan lainnya.

Setelah nonton bareng jangan lupa ajak juga dia dan pasnagannya untuk shoping berkeliling ke suatu tempat. Hitung-hitung nemenin pasangan baru nikah.

Flashdisk

flashdisk-memory - kado ulang tahun pernikahan untuk teman sahabat saudara
@pixabay.com

Berikan sebuah flasdisk yang berisi foto dan video kocak selama berteman dengan Anda. Layaknya foto album diatas tadi. Foto lucu, keren, imut dan kocak yang akan mengenang pertemanan setelah memiliki pasangan masing-masing di hari mendatang.

Inspirasi Kado Pernikahan Unik

Berikut beberapa kado nikah yang jarang orang kasih. Unik aneh nyata dan bermanfaat.

Tanaman Hias

tanaman hias - kado nikah
@meramuda.com

Sebagai hiasan ruangan, memberi aura hijau pada rumah. Dapat menyejukkan pandangan ketika seseorang menatapnya. Tanaman hias sangat banyak jenisnya, dari tanaman hidup hingga tanaman buatan.

Untuk tanaman hidup coba beri tanaman kaktus, tanamn mini atau tanaman bunga. Sedangkan tanaman buatan beri tanaman yang warnanya mencolok agar ruangan lebih cerah.

Produk Elektronik

kado ulang tahun pernikahan elektronik
@hartonomall.com

Banyak jenis elektronik yang bisa Anda berikan sebagai kado. Jam tangan couple, kamera, tv dan lainnya. Dengan elektronik tersebut diharapkan dapat menjadi investasi kecil pasangan baru, mereka sangat butuh akan barang-barang tersebut.

Kado Perikahan Berupa Buku

buku pra nikah sebagai kado pernikahan
ilustrasi buku @pixabay

Gambar diatas hanya sebagai ilustrasi buku. Anda bisa memberikan kado dengan buku tentang masak, buku tentang pra nikah ataupun buku lain yang bermanfaat bagi pengetahuan sang pengantin. Atau bisa dengan hiasan 3 dimensi lainnya.

Kado Pernikahan Untuk Mantan

kado pernikahan mantan
@youtube

Memasuki acara pernikahan mantan saja sudah grogi, apalagi mau kasih kado? Ujian sangat berat bagi Anda yang pernah pacaran dan putus tidak jadi nikah.

Ngapain malu, jodoh sudah ada yang ngatur. Bila ingin mendatangi ke acara nikahan teman yang dulu Anda sempat naksir tapi keduluan orang, cobalah untuk rileks dan datang dengan penuh senyuman. Tunjukan ketegaran dan tidak ada beban apapun.

Bila Anda ingin memberikan kado, berikan kado yang ringan saja. Berupa barang biasa, murah dan unik. Karena agar bisa menjaga jarak antar satu dengan yang lain, tidak saling mengingat. Takutnya nanti malah ingat mantan , gak jadi nikah.

Selanjutnya cobalah berikan kado nikah yang kedua yaitu berupa doa dan restu dari diri Anda secara tulus ikhlas. Datangi kedua mempelai dan beri doa “semoga menjadi keluarga yang berkah dunia akhirat, sakinah mawaddah warahmah”. Cukup, selesai sampai disitu, itulah kado terbaik untuk mantan yang pastinya harus Anda berikan.

***

Demikian tips ide gagasan kado pernikahan untuk saudara, teman, mantan yang unik, murah dan berkesan. Semoga dapat menjadi inspirasi Anda dalam memberi kado untuk orang lain. Bila sangat membantu jangan lupa untuk share dan beri masukan dalam komentar.

Tinggalkan komentar