Jenis Durian Unggulan Terbaik di Indonesia

Bila kita berbicara mengenai jenis durian, sudah pasti merasakan imajinasi akan aroma dan rasanya. Sungguh nikmat menggoda tiada tara.

Yups, durian memang menjadi buah yang fenomenal dan tak pernah ada kemerosotan dalam hitungan harganya. Maka dari itu sangat cocok untuk investasi. Baik dari segi pertaniannya dalam budidaya maupun jual-beli buah berbau menyengat ini.

Nah, untuk bisa membedakan mana macam jenis dari buah durian satu dengan yang lain berdasarkan ciri & karakteristik. Mari simak ulasan singkat dan jelas berikut ini.

Jenis Durian Terbaik di Indonesia Saat Ini

Durian montong

durian montong monthong

Jenis durian yang pertama ini merupakan jenis durian unggul  yang paling terkenal di Indonesia. Durian monthong merupakan durian yang memiliki cita rasa manis legit dengan aroma harum yang sangat khas. Buah ini juga terkenal dengan harga yang mahal.

Akan tetapi kelezatannya tentu sesuai dengan yang Anda harapkan. Durian monthong memiliki beberapa ciri. Ciri – ciri durian monthong diantaranya yaitu buahnya yang terlihat menonjol dengan ukuran besar. Bentuk buah yang bervariasi mulai bulat panjang sampai berbentuk persegi.

Jika sudah siap, Anda bisa petik buah durian ini dengan bobotnya mencapai 13 kg. Buah durian yang satu ini adalah yang paling banyak disukai oleh petani karena mampu berproduksi pada usia 4 – 5 tahun sejak ditanam.

Durian bawor

durian bawor

Jika Anda sedang ingin budidaya pohon durian dan mencari durian yang cepat berbuah maka Anda harus menanam durian bawor. Durian bawor merupakan jenis buah durian yang berasal dari daerah Banyumas.

Durian bawor memiliki beberapa ciri. Diantaranya yaitu daging buah yang tebal dengan warna orange kekuningan dan cita rasanya manis. Biji dari buah durian yang satu ini kecil. Banyak petani yang suka menanamnya karena cepat berbuah.

Durian bawor sudah dapat diambil buahnya di usia 3 – 4,5 tahun dan dalam satu tahun petani durian bawor dapat panen bahkan sampai dengan 3 kali.

Durian bokor

jenis durian bokor

Banyak masyarakat Majalengka, Jawa Barat yang berpendapat bahwa durian bokor merupakan jenis durian yang paling enak di Majalengka. Durian ini memiliki bentuk buah yang besar dengan warna hijau sedikit kekuningan.

Durian bokor memiliki berat mencapai 3 sampai dengan 4 kg. Durian jenis ini juga memiliki daging yang sedikit tebal dengan warna kuning muda dan bertekstur sangat halus. Cita rasa yang benar – benar manis dengan aroma yang harum akan Anda dapatkan.

Durian bokor merupakan jenis durian yang cukup baik produktivitasnya. Durian bokor ini menghasilkan sekitar 150 sampai dengan 200 buah per pohon. Durian ini juga tahan terhadap penyakit busuk akar akan tetapi peka terhadap hama penggerek. Karena itu petani yang menanam jenis ini harus waspada.

Durian petruk

durian petruk

Durian dengan nama latin Durio Zybethinus Kultivar ini merupakan jenis varietas unggul asli Jepara, Jawa Tengah. Durian ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan unik yaitu cita rasa yang akan Anda rasakan setengah manis dan setengah pahit.

Jadi seperti terdapat rasa pahit yang tersembunyi didalam rasa manisnya. Aromanya juga cukup tajam namun tidak setajam aroma durian montong. Ciri – ciri durian ini adalah hadir dengan bentuk lonjong bersama warnanya yang hijau kekuningan.

Duri kulitnya berbentuk seperti kerucut kecil dan rapat dengan daging buah yang agak tebal berwarna kuning. Kemudian teksturnya agak lembek, memiliki serat halus dan bijinya kecil.

Durian merah

durian merah

Macam durian yang satu ini merupakan jenis buah durian yang berasal dari Banyuwangi. Durian merah menjadi jenis unggulan di Jawa Timur. Durian ini memiliki keunikan yaitu daging yang berwarna merah yang berbeda dengan jenis durian yang biasanya berwarna putih atau kuning.

Ciri lain dari durian merah adalah daging buahnya yang tebal. Kadar alcohol daging buah ini juga cenderung rendah dengan aroma buah yang menyengat dan rasanya legit, gurih dan pastinya sangat manis.

Durian Musangking

jenis durian musang king

Dari beberapa macam jenis durian Indonesia yang telah anda baca di atas, ada satu jenis durian favorit di Indonesia. Meski asli buah durian ini dari negeri Jiran, Malaysia. Namun sangat digemari oleh kalangan penikmat durian hingga saat ini.

Hanya dapat tumbuh baik di daerah dataran rendah ketinggian 1.000 m diatas permukaan air laut. Musangking juga banyak diminati oleh petani lokal di daerah Kalimantan terutama.

Karena durian musangking dapat bebruah lebat dan unggul ketika ditanam di daerah yang memiliki ketinggian 400 hingga 600 m diatas permukaan laut dan memiliki iklim tropis basah.

Namun tak perlu khawatir akan hal tersebut. Musangking juga dapat berbuah dengan hasil unggulan meski di daerah sekitar anda. Karena hakekat menanam sebuah pohon butuh perawatan terbaik untuk mendapatkan terbaik.

Untuk lebih lanjut membahas penanaman pohon durian musangking agar mendapat panen terbaik simak juga ulasan artikel kami selanjutnya : Tips cara menanam durian musangking agar cepat panen dengan hasil memuaskan.

***

Itulah berbagai jenis durian unggulan terbaik yang cepat berbuah di Indonesia. Dapatkan cita rasa sempurna dari berbagai jenis durian yang kami sebutkan diatas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *