Harga Semen 2019 Terbaru Berdasarkan Merk

Harga Semen 2019 – Semua bagian konstruksi bangunan saling membutuhkan satu sama lainnya. Batu bata tidak dapat tersusun dan melekat tanpa adanya campuran pasir dan semen. Mungkin pada umumnya semen dianggap hanya satu jenis saja. Hanya merek namanya saja yang membedakan.

Desain Rumah Ala Jepang

Jenis-Jenis Semen Di Pasaran

Kenyatannya ada beberapa jenis semen yang berbeda-beda digunakan untuk kepentingan konstruksi. Berikut adalah beberapa jenis semen.

Semen Abu-Abu

Semen yang biasa digunakan untuk bangunan  ini dikenal dengan nama lain yakni semen Portland. Semen yang berwarna abu-abu dengan sedikit sentuhan kebiruan umumnya digunakan untuk membangun hunian perumahan atau bangunan bertingkat.

Semen dengan bahan dasar batu kapur ini diolah dengan suhu sangat tinggi untuk dapat merekat dengan baik.

  • Type 1 : jenis yang paling umum dipasaran karena kadar sulfatnya yang rendah hingga cocok untuk membangun rumah.
  • Type 2 : Semen Portland yang memiliki kadar sulfat lebih tinggi untuk penggunaan daerah pinggiran pantai atau daerah lain yang berdekatan dengan air.
  • Type 3 : Semen type ini memiliki daya tekan awal yang sudah tinggi sehingga cocok sebagai campuran jalan beton atau jalan tol hingga bandar udara.
  • Type 4 : adalah semen yang digunakan dilapangan udara yang membutuhkan panas hidrasi rendah.

Baca : Harga Baja Ringan Terbaru (Bulan Ini)

Semen Campuran

Yang dimaksud dengan semen campuran adalah semen dengan bahan dasar lebih dari satu. Setidaknya terdapat beberapa kategori semen campuran berdasarkan bahan dasarnya yakni:

  • Portland Composite Cement (PCC)

Campuran dari terak, anorganik dan gypsum dapat mengikat kuat konstruksi beton, batu bata, beton pra cetak, sampai paving block.

  • Super Portland Pozzolan Composite Cement (PPC)

Dengan campuran pozzolan, terak dan gypsum, semen ini diperuntukkan bagi konstruksi beton massa, serta bangunan di tepi pantai dan wilayah di rawa yang harus menghadapi sulfat, hidrasi serta plesteran.

  • Special Blended Cemeny (SBC)

Semen yang diperuntukkan untuk konstruksi besar dekat pantai atau laut.

Semen Putih

Lapisan keramik yang umum digunakan untuk interior dan esterior bangunan.

Semen Acian Putih

Semen yang juga dikenal sebagai Mortor TR30 memiliki kekuatan tinggi sebagai perekat terpecaya dengan permukaan halus yang tidak mudah rusak atau retak.

Baca : Daftar Harga Batako Hari Ini

Harga Semen Terbaru 2019

Semen sebagai bagian dari material konstruksi memiliki berbagai jenis, merek dan kemasan dipasaran. Biasa dijual dengan satuan sack isinya antara 40 kg dan  50 kg. Berikut adalah harga semen dari berbagai merek ternama terbaru di tahun 2019.

SemenSatuanHarga (Rp)
Semen Tiga Roda50 Kg65.500,-
Semen Tiga Roda40 kg54.000,-
Semen Holcim50 kg65.500,-
Semen Holcim40 kg53.000,-
Semen Padang50 kg62.000,-
Semen Padang40 kg51.000,-
Semen Gresik50 kg62.000,-
Semen Gresik40 kg51.500,-
Semen Merah Putih50 kg60.500,-
Semen Merah Putih40 kg50.500,-
Acian Putih25 kg156.000,-
Semen Putih Tiga Roda50 kg95.000,-
Semen Putih Gajah50 kg90.000,-

Perbedaan harga di antar Kota harap dimaklumi, karena perbedaan tarif harian juga. Setiap kota atau kabupaten memiliki UMK sendiri-sendiri, jadi bahan baku semua hal juga menyesuaikan.

Cara Mengetahui Kualitas Semen

Agar konstruksi bangunan dapat selesi dengan cepat, Anda perlu memastikan kualitas semen sebelum membeli, agar tidak terjadi kerusakan atau kegagalan dalam proses pembangunan. Berikut adalah cara mudah untuk mengetahui ciri-ciri semen yang baik.

  1. Berwarna abu-abu tua atau muda. Warna yang terlalu hitam atau bahkan putih kurang baik. Nerarti terlalu banyak bahan kimia dalam semen.
  2. Cepat keras. Kualitas semen bagus adalah cepat mengeras setelah diaduk.
  3. Lebih rapat dan rekat. Campuran semen dengan pasir dan batu split akan berbentuk padat dan cepat melekat.
  4. Kemasan tertutup. Adanya segel semen menandakan didalamnya tidak terkena air dan kondisi kering.
  5. Berlogo SNI. Standar SNI menjadi jaminan semen berkualitas yang terpecaya.

Baca : Harga Pasir Terkini Sangat Baru

Yuk pelajari juga bagaimana proses pembuatan semen yang sebenarnya juga agar tak merasa hampa ilmu mengenai kontruksi bangunan.

Proses Pembuatan SEMEN

QUARRY

Dalam membuat semen, bahan yang digunakan sebagai dasaran utama adalah batu kapur dan tanah liat yang diambil dari proses penambangan Quarry milik Perseroan. Penambangan dilakukan dengan cara diledakkan dan Surface Minne.

Sedangkan dalam mencari tanah liat yang cocok, perlu dilakukan penelitian yang singkat dan pengerukan untuk ditambang kemudian di pindah ke dalam pabrik semen.

CRUSHER

Batu Kapur dan Tanah Liat dikecilkan ukurannya sampai 8 cm di Crusher lalu disimpan di Stock Pile (storage) dalam waktu tertentu.

STORAGE

Bahan baku semen dari hasil penambangan (kapur & tanah liat) akan disimpan dalam storage untuk di prehomogenisasi yang disebut reclaimer. Proses prehomogenisasi adalah proses yang sangat penting agar  kualitas semen yang dihasilkan baik dari raw meal hingga produk akhir, yaitu semen.

RAW MILL

Diproses ini pasir besi dan pasir silika digiling dan dikeringkan untuk menjadi Raw Meal, atau tepung baku dijadikan untuk pembuatan terak (Clinker) berdasarkan kehalusan tertentu agar halus.

PEMANASAN DAN PEMBAKARAN (KILN)

Kemudian Raw Meal disimpan lagi di CF Silo melalui proses pendinginan dan pembakaran dengan bahan bakar batubara agar lebih panas.

PENGGILINGAN CLINKER (CEMENT MILL)

Setelah menjadi curah semen. Pemilihan kualitas semen berdasarkan level kehalusan dan campuran yang sempurna. Setelah semen terbaik sudah dipisahkan, semen akan disimpan di Silo dengan bantuan transport melalui air slide, belt conveyor, dan vibrating screen.

PENGANTONGAN SEMEN (PACKING PLANT)

Packing plant merupakan kombinasi mesin transport dan paking dengan sistem pembungkusan dan pengepakan sesuai timbangan yang telah diatur mekanik mesin. Packer merupakan unit urutan terakhir dari proses produksi dari suatu pabrik semen dimana produk packer yang telah dikemas berupa semen zak, 50 kg, big bag 1 ton untuk dipasarkan di Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jambi dan tempat lainnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *