Daftar Harga Pasir Bahan Konstruksi Bangunan Mei 2019

Harga Pasir 2019 – Butiran pasir bisa ditemukan dimana saja, pasir dipinggir pantai atau di depan halaman tempat menanam bunga atau bercocok tanam. Namun disini yang akan di bahas adalah pasir yang biasa digunakan untuk konstruksi bangunan. Mengenal Pasir Bahan Konstruksi Bangunan

Butiran pasir bisa ditemukan dimana saja, pasir dipinggir pantai atau di depan halaman tempat menanam bunga atau bercocok tanam. Namun disini yang akan di bahas adalah pasir yang biasa digunakan untuk konstruksi bangunan.

Selain itu pasir memiliki warna yang hampir mirip dengan tanah liat dan terdapat beragam jenis pasir yang berfungsi untuk bangunan atau bangunan bertingkat.

Untuk itu harga pasir juga berbeda-beda sesuai dengan kualiatas yang dimilikinya. Maka saat akan membangun rumah diperlukan jenis pasir yang sesuai agar hasil pembangunan mempunyai kualitas yang tinggi.

Baca : Harga Baja Ringan Terbaru Hari Ini

Jenis Pasir Berdasarkan Sumber

harga pasir tebaru

Dari mana pasir tersebut diambil terdapat ciri tertentu yang juga mempengaruhi harga pasir dipasaran. Pasir sungai cocok untuk plester dan beton, pasir laut bentuknya bulat dan mengandung garam dan ada juga pasir buatan yang dibuat dengan cara menghancurkan batu sampai berkeping-keping yang lebih dikenal sebagai pasir kasar.

Jenis Pasir Berdasarkan Saringan 

Setelah disaring maka pasir terbagi menjadi pasir halus cocok untuk plester, kasar dan kerikil yang cocok untuk konstruksi beton.

Jenis Pasir Berdasarkan Tujuannya 

Banyak kegunaan dari pasir yang menyebabkan penggunaannya juga disesuaikan dengan tujuannya. Seperti pasir bata yang untuk merekatkan batu bata, pasir plester dan pasir beton yang sudah jelas kegunaannya.

Jenis Pasir Sesuai Nama Daerah Asal

Beberapa nama pasir mengambil nama daerah dimana pasirnya diambil atau dibuat. Oleh karena itu ada nama pasir seperti pasir Bangka,jebrod, Lampung, Cilegon, Tuban dan masih banyak lagi merek lainnya yang bersifat hasil kerja rumahan.

Jenis Pasir Sesuai Fisik

Menurut perhitungan kontruksi bangunan, jenis pasir sangat berpengaruh dalam daya tahan bangunan tersebut. Maka dari itu sebaiknya anda mengenal dahulu jenis pasir sesuai dari jenis fisiknya.

1. Pasir Merah

Pasir merah atau biasa dinamakan pasir Jebrod di daerah Jawa Barat, karena pasirnya diambil dari daerah Jebrod Cianjur. Pasir Jebrod lebih banyak dipakai untuk bahan dasar Cor karena memiliki ciri lebih kasar dan banyak batuan ytang bisa menjadi pokok kekuatan pondasi.

2. Pasir Elod

Pasir elod memiliki ciri khusus yakni bila dikepal akan menggumpal dan tidak bertaburan seperti pasir lain. Pasir ini sangat kental dan kadang bercampur tanah. Memiliki warna dominan hitam. Tak sedikit orang menamai pasir ini dengan pasir rendah atau kurang bagus.

Dalam proses pembangunan pasir elod digunakan untuk campuran pembuatan batako, pelesteran dinding dan campuran pasir beton.

3. Pasir Pasang

Jenis pasir ini tak jauh beda dengan pasir elod. Ciri umumnya bila dikepal akan menggumpal dan lebih halus dari elod. Pasir pasang juga digunakan untuk campuran pasir beton pada cor halus (agar tidak terlalu kasar) sehingga mudah dalam proses plesteran dinding selanjutnya.

4. Pasir Beton

Yaitu pasir yang warnanya hitam dan butirannya cukup halus, namun apabila dikepal dengan tangan tidak menggumpal dan akan puyar kembali. Pasir ini baik sekali untuk pengecoran, plesteran dindingpondasi, pemasangan bata dan batu.

5. Pasir Sungai

adalah pasir yang diperoleh dari sungai yang merupakan hasil gigisan batu-batuan yang keras dan tajam, pasir jenis ini butirannya cukup baik (antara 0,063 mm – 5 mm) sehingga merupakan adukan yang baik untuk pekerjaan pasangan. Biasanya pasir ini hanya untuk bahan campuaran saja .

Baca : Daftar Harga Semen Terkini 

Harga Pasir 2019 Terbaru

Sebelum membeli pasir di toko bangunan. Perhatikan terlebih dahulu, kisaran harga pasir dan beberapa merek pasir dengan harga bersaing.

Spesifikasi PasirSatuanHarga (Rp)
Pasir Putih Bangkam3270.000
Pasir Mundum3230.000
Pasir Munduton3.780.000
Pasir Cileungsitruk1.175.000
Pasir Cileungsim3190.000
Pasir Putih Lampung8,5-9 m³2.560.000
Pasir Hitam Cor7 m³2.290.000
Pasir Rangkas7 m³2.100.000
Pasir Putih Bangka7,5 m³2.390.000
Pasir Mundu8,36 m³2.590.000
Pasir Pasang Cilegon10 m³1.950.000
Pasir Cimangkok8,36 m³2.580.000
Pasir Coklat Belitung7,5 m³2.180.000
Pasir Ayak Hitam10 m³2.355.000
Pasir Urug10 m³1.890.000
Pasir Cor Serang22 m³5.555.000
Pasir Laut Hitam8 m³2.150.500
Pasir Bohlam Sukabumi8 m³2.350.500
Pasir Abu/ Abu Batu8,36 m³1.852.000

Harga pasir variatif dan tidak dapat menjadi patokan harga pas. Karena setiap daerah berbeda harga meski selang beberapa ribu rupiah.

Ciri Pasir Berkualitas Dan Tips Memilihnya

 

kelebihan menggunakan batu bata - harga batubata

Memilih pasir untuk konstruksi selain harus mengetahui jenis, mereknya juga harus dapat menentukan pasir mana yang bagus dan mana yang tidak baik.

  • Kualitas

Untuk dapat melihat dengan kepala mata sendiri bagaimana kualitas yang diajarkannya. Maka lakukan langkah sederhana berikut untuk meminimalis kesalahan. Ambil pasir segengnggan dan kemudian masukkan dalam gelas. Bila pasir tidak langsung berurai, maka sebenarnya pasir yang dimiliki sangat baik.

  • Kuantitas

Ketika membeli pasir, tidak mungkin membeli sedikit. Oleh karena itu, pastikan pasir yang dibeli memiliki total volume yang sesuai.

Terlebih lagi banyaknya penjaga toko yang melakukan pengurangan jumlah pasir atau menambahkan volume dengan menaruh beberapa balok kayu untuk merubah selisih beratnya. Harga pasir menjadi tidak sesuai dengan kecurangan yang dilakukan.

Baca : List Harga Jendela Kayu Sesuai Jenisnya

  • Merek Pasir Populer Dipasaran

Beberapa produsen yang sesuai dengan bidang mereka, menawarkan beberapa produk terpecaya berdasarkan nama daerah seperti Tuban, Lampung, jebrod dan masih banyak merek lainnya yang populer sebagai distributor pasir.

  • Pilih yang Terbaik

Dalam memilih pasir untuk dibeli, sebaiknya ukur kualitas dari jenis pasir dan ukur pula kuantitasnya. Jangan lupa bandingkan fungsi pasir yang akan anda gunakan. Jangan sampai salah pilih, contoh ingin melakukan finishing menghaslukan tembok, maka anda harus pilih pasir model halus agar hasil bangunan lebih bagus.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *