Review Harga Durian Musang King {Terbaru 2019]

Review Harga Durian Musang King {Terbaru 2019]

Durian musang king merupakan varietas durian baru yang pertama kali terkenal di Malaysia. Durian yang satu ini merupakan jenis durian terbaik yang memiliki cita rasa sangat lezat di lidah. Teksturnya sangat lembut membuat para pecinta durian merasa harus mencoba varian baru durian musang king ini.

Lantas berapa harga durian musang king? Jika Anda ingin tahu harga buah durian musang king, Anda harus siap – siap diri dulu. Mengapa? Karena harga durian musang king dibanderol mahal jika kita bandingkan dengan jenis buah durian yang lain.

Harga Durian Musang King ?

Harga satu buah durian musang king dengan berat buah kurang lebih 1,5 kg sampai dengan 2 kg mencapai harga 500 ribu rupiah. Sangat mahal bukan?

Hanya saja jika Anda berminat untuk mencicipi buah durian musang king, di Indonesia Anda akan sulit menemukannya. Jenis buah durian musang king tidak terlalu banyak ditanam di Indonesia, padahal pangsa pasarnya bisa dibilang sangat menjanjikan.

Indent buah durian ini mengular panjang. Sementara produksi buah durian musang king lokal sangat sedikit. Hal tersebut tidaklah sebanding dengan permintaan pasar yang semakin mengalami peningkatan pesat.

Sejarah Durian Musang King

Jenis durian musang king di negara asalnya (Malaysia) dikenal dengan sebutan mao shan wang. Mao shan wang memiliki arti raja kucing. Durian jenis ini pertama kali dikenal pada tahun 1990. Pada waktu itu kawasan Tanah Merah di Kelantan Malaysia sempat heboh karena pohon durian musang king.

Pohonnya berbuah sangat lebat dengan cita rasa yang terbaik menurut banyak orang yang menyaksikan jenis baru durian tersebut di tahun 1990. Kemudian selanjutnya di tahun 1993, terdapat seorang warga bernama Wee Chong Beng yang mendaftarkan durian ini sebagai durian unggul.

Durian tersebut ketika pertama kali didaftarkan di tahun 1993 diberi nama Raja Kunyit. Nama tersebut turut disematkan karena durian ini memang memiliki warna daging yang kuning mirip seperti warna kunyit.

Akan tetapi sebagian besar warga menyebut buah durian tersebut sebagai durian raja kunyit musang king. Sebutan musang king disertakan karena lokasi dari pohon induk buah durian ini berada di dekat Gua Musang yang terdapat di Kelantan.

baca juga: 7 manfaat bauh durian setelah dikonsumsi rutin

Tidak butuh waktu lama kemudian durian ini langsung menjadi buah bibir masyarakat Malaysia. Petani di Malaysia kemudian berbondong – bondong dalam menanam bibit durian musang king. Harga durian musang king pada waktu itu sangat mahal dan bahkan konstan sampai sekarang.

Kemudian di tahun 2000, pohon durian ini mulai berbuah dan dapat di panen. Hasil panennya memiliki kualitas unggulan yang stabil dimana hal tersebut menjadikan populasi durian musang king saat ini semakin berkembang.

Pihak Kementerian Pertanian Malaysia pun bahkan sudah mencatat mengenai varietas durian musang king ini sebagai varietas durian ke – 197 sehingga mendapatkan kode D -197. Kualitasnya terjamin sehingga soal harga durian musang king pun tak segan merogoh kocek pecintanya dalam-dalam.

Daging buah durian ini memiliki ciri khas antara lain dagingnya yang berwarna kuning. Teksturnya sangat lembut dan creamy. Untuk soal rasanya, durian ini populer dengan rasa manis legit bersama sedikit semburan pahit di sekelilingnya.

Di Indonesia sendiri, dibawa dengan cara dicangkok. Karena penananman dan perawatan durian tidak mudah, durian musang king masih terbilang langka dengan banderol harga durian musang king yang tinggi. Hanya penjual buah besar dan supermarket buah saja yang menyediakan jenis buah ini. Durian musang king umumnya dijual dalam kondisi beku.

Tinggalkan komentar