Harga Batu Bata Sesuai Jenis & Mereknya

Harga Batu Bata Sesuai Jenis & Mereknya

Harga Batu Bata Terbaru Saat Ini – Dalam membangun rumah, selain dibutuhkan konstruksi kuat juga perlu materi untuk mengisi dinding. Bahan material dinding diantaranya adalah bambu, kayu, batako dan batu bata. Diantara semuanya, batu bata adalah bahan paling populer yang banyak digunakan diperumahan.

Sejarah mencatat batu bata sebagai bahan dasar hunian bahkan sehak dahulu kala. Pembuatannya yang dimulai dengan membakar tanah liat hingga padat adalah pilihan bahan dinding umum karena kuat dan harga batu bata yang murah.

Baca : Harga Galvalum Terbaru (LENGKAP)

Jenis-Jenis Batu Bata

Walaupun umumnya masyarakat lebih mengenal batu bata merah, namun terdapat beberapa jenis batu bata lainnya yang memiliki perbedaan warna, bentuk dan bahan.

  • Batu Bata Merah

Harga Batu Bata Merah

Tanah liat yang dicetak dengan balok berbentuk persegi panjang, lalu dibakar hingga kering sampai berwarna kemerahan. Bahan batu bata walaupun hanya terbuat dari tanah liat, namun tahan lama, tahan api dan juga membuat rumah menjadi sejuk. Pemasangannya mudah hanya perlu perekat dan plester agar rapi dan tersusun dengan kokoh dan kuat.

  • Batu Bata Batako

harga batako kontruksi bangunan

Batu bata yang terbuat dari campuran semen dan pasir kasar ini banyak diunakan untuk pergudangan, dinding luar, pagar, dan banyak lagi. Batu bata batako bentuknya lebih besar dan ringan sehingga cocok untuk bangunan yang memiliki berbagai lantai. Rongga yang ada di batu bata batako membuatnya kuat dan kedap air.

  • Batu Bata Hebel

Harga Batu Bata Hebel

Jenis batu bata ringan ini dibuat dari pasir kuarsa, kapur, semen, gypsum, air dan almunium pasta. Jenis batu bata yang dibuat secara masal dibuat dengan mesin jadi lebih rapi, dan lebih mudah dipasang. Harga batu bata hebel juga lebih mahal dibandingkan bata lainnya.

  • Batu Bata Berlubang

Batu Bata Berlubang

 

Jenis batu bata ringan ini memiliki cara pembuatan yang sama dengan batu bata merah, bedanya ada lubang dalam fiturnya. Konstruksinya yang ringan membuatnya cocok untuk konstruksi panel. Lubangnya berbentuk balok, melingkar, dan melintang.

  • Batu Bata Purpose-Made

Batu Bata Purpose-Made

Batu bata juga dapat dibuat sesuai permintaan. Walaupun berarti harga batu bata purpose-made lebih mahal dari batu bata lainnya. Umumnya bata jenisini terbuat dari campuran pasir dan tanah liat dengan tambahan bahan kimia lainnya untuk membuat bata menjadi lebih kokoh.

Baca : List Harga Batako Terkini di Daerah Anda

Harga Batu Bata Terbaru 2019

Berikut adalah kisaran harga batu bata yang dapat ditemukan dipasaran. Harga dapat lebih murah dan mahal dari perbedaan selisih toko, namun umumnya kisaran harga berlaku sama.

Spesifikasi Batu BataSatuanHarga
Batu Bata Batakobuah750
Batu Bata Hebelm3/kubik750.000
Batu Bata Merah (biasa)biji500
Batu Bata Merah (oven)biji755
Batu Bata merah Press Jumbobuah680
Batu Bata merah Press Vulkanikbuah790
Batu Bata merah Malangbuah510
Batu Bata merah Eksposebuah1.300
Batu Bata Bali10 kg72.350

Harga batu bata di setiap bulannya dapat berubah sesuai keadaan di daerah tertentu.

Kelebihan Menggunakan Bahan Batu Bata

kelebihan menggunakan batu bata - harga batubata

Harga batu bata bervariasi sesuai jenis dan materialnya. Biasanya batu bata yang lebih rapi hasil dari buatan pabrik lebih mahal dari butan produksi rumahan. Beberapa kelebihan batu bata dibandingkan dengan material dinding lainnya adalah :

  • Mudah dibuat dan tahan lama
  • Mudah dipasang
  • Bahannya ringan sehingga mudah dipindahkan
  • Mudah didapatkan karena banyak toko yang menyediakannya
  • Membuat ruangan lebih sejuk
  • Kedap air dan api karena dipress dengan cara dibakar
  • Membutuhkan perekat seperti semen agar tersusun rapi

Baca : Harga Baja Ringan Bulan Ini (Sangat Baru Update)

Batu Bata Tanah Liat

Batu bata terbagi menjadi banyak jenis, namun bila tanah liat dibagi lagi menjadi 2 kategori, yaitu:

  • Bata biasa. bata jenis ini mempunyai permukaan kasar & warna yang lebih tidak menentu. Dalam pemasangannya di dinding biasanya menggunakan mortar (campuran semen) sebagai perekat. Bata jenis ini sering disebut sebagai bata merah.
  • Bata muka ekspos. Bata ini mempunyai permukaan yang lebih rapih dan mempunyai warna dan corak diseragamkan sehingga meningkatkan nilai harganyamenjadi lebih mahal dibandingkan dengan bata biasa. Selain digunakan sebagai dinding, bata ekspos juga digunakan sebagai penutup dinding dan dekorasi.

Cara Memasang Batu Bata

  1. Pemasangan batu nol.
    Pemasangan bata dengan ketinggian nol atau permulaan dari bawah sebagai pondasi awas batu bata di dalam pembangunan rumah. Batu nol ini harus dipasang sesuai denah dengan rapi agar bisa sesuai keinginan dan penyesuaian bata selanjutnya (diatasnya).
  2. Pemasangan lanjutan.
    Setelah memasang batu nol, kita dapat melanjutkan pemasangan dinding bata lain di atasnya. Pemasangan lanjutan ini juga harus tetap dikontrol dengan benang acuan.
  3. Jarak antara batu bata dan besi kolom.
    Besi dan batu bata sebaiknya memiliki jarak minimal 2.5 cm – 3 cm, agar proses pengecoran kolom nantinya dapat dilakukan dengan baik dan padat.
  4. Ppengecoran kolom pada ketinggian tertentu.
    Ppengecoran dilakukan pada saat batu bata kira-kira sudah mencapai 1,2 m – 1,5 m. Hal ini dilakukan untuk mencegah batu bata agar tidak rubuh, sebelum dilanjutkan dengan memasang batu bata lain di atasnya. Pengecoran juga sebaiknya dilakukan sesudah batu bata telah mengering.

Tinggalkan komentar