√ Harga Batako Terbaru Bulan Ini (2019)

Batako termasuk material bangunan yang kokoh dan memiliki harga yang ekonomis dan meminimalisir biaya. Tentunya membuat dinding kokoh sehingga melindungi bangunan dan keluarga dari berbagai bahaya, misalnya tatkala dilanda bencana dan lain-lain.

Bentuknya hampir mirip dengan batu bata karena berbentuk balok persegi panjang. Hanya saja berbeda dari segi ukuran karena batako lebih besar dari batu bata dan memiliki warna putih maupun keabu-abuan.

Selain itu batako juga menggunakan proses press sehingga sangat kokoh melindungi semua jenis bangunan. Hak itu karena ada bahan-bahan batako yang dibuat berdasarkan jenis batako, diantaranya adalah :

Baca : Harga Batu Bata Terkini (LENGKAP)

Bahan Batako Semen Atau Press

harga batako kontruksi bangunan

Batako jenis ini banyak peminatnya karena terbuat dari semen PC yang dicampur pasir atau abu bebatuan yang dipress sampai padat. Tentunya hal itu membuat batako sangat kokoh sehingga tidak mudah patah atau mengalami lecet tatkala jatuh. Sementara proses pembuatannya terbagi 2 yaitu menggunakan press tangan dan press mesin.

Keduanya sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan. Batako press tangan lebih terlihat konvensional dan terkondisikan. Dan batako press mesin memiliki tampilan yang lebih padat dibanding batako press tangan. Anda juga dapat memilih batako sesuai kebutuhan bangunan karena memiliki ukuran dan model yang beragam.

Diantaranya adalah ukuran panjang 36-40 cm, tebal 8-10 cm dan tinggi 18-20 cm. Namun harga batako press lebih mahal dibanding dengan batako press tangan, harganya sekitar 4000 per biji, dan pembelian disesuaikan dengan kebutuhan.

Desain Rumah Minimalis Korea

Mengapa Harus Dengan Batako?

Dengan menggunakan batako sebagai dinding rumahan, akan memudahkan para pekerja bangunan untuk lebih cepat dan mudah menyusunnya. Selain itu batako cenderung lebih ringan dan lebih rata bila dipegang tangan juga tak membuat tangan terlalu kasar.

Pemakaian material batako pada dinding juga membuat suasana ruangan rumah lebih hangat karena kepadatan yang ditetapkan pada unsur pembuatan batako. Tidak seperti bata merah yang cenderung berpori-pori.

Adapun kelemahan lain yang didapat dari batako yakni kekuatan melekat satu sama lainnya masih terbilah kurang. Jadi bila telah beberapa tahun dinding rumah cenderung lebih cepat retak dibanding batubata. Terutama pada space kosong yang tak teraduk rata pada olahan pembuatan batako.

Bahan Batako Tras

harga batako tras & press

Bahan batako tras terbuat dari tras yang dicampur batu kapur dan air dan memiliki ukuran antara 25-30 cm dengan tebal 8-10 cm, tinggi 14-18 cm. Selain itu proses pemasangannya mudah dan tidak memakan waktu, apalagi luas per meter persegi anda hanya membutuhkan 25 batako.

Pemasangan batako tras harus hati-hati karena batako tras lebih rapuh dibanding batako semen, komponen batako tras akan terlepas apalagi tatkala basah. Walaupun begitu batako tras menjadi alternatif material bagi yang budgetnya rendah karena harga batako tras lebih murah dibanding batako press.

Usahakan sebelum memilih jenis batako, sesuaikan dengan budget dan kebutuhan bangunan agar pemilihan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Untuk itu dibawah ini ada list harga batako yang dapat dijadikan acuan agar anda tidak salah membelinya.

Baca : Cara Membuat Batako Manual Press di Rumah

Daftar Harga Batako Secara Umum

  • Batako Press Lock per biji sekitar Rp. 2500
  • Batako Franco per biji sekitar Rp. 1600
  • Batako Semen per biji sekitar Rp. 3400
  • Batako Murni per buah sekitar Rp. 3200
  • Batako press 3 lubang per buah sekitar Rp. 1200
  • Batako Jogja per biji sekitar Rp. 3700

Kisaran harga batako diatas tentu berbeda di setiap daerah karena berbagai hal penunjang. Namun kisaran harga tersebut dapat dijadikan acuan tatkala membeli batako dengan harga murah maupun mahal.

Baca : Daftar Harga Semen Terbaru Berdasarkan Merek (Bulan Ini)

Tips Memilih Batako Secara Tepat

harga batako terbaru

Terkadang karena terburu-buru dan khawatir proses pembangunan rumah terbengkalai, anda tidak teliti saat membeli dan memilih jenis batako untuk pembangunan rumah. Padahal memilih batako secara tepat sangat berpengaruh pada kekokohan pembangunan, apalagi harga batako juga berbeda-beda dilihat dari jenisnya.

Dalam menentukan pilihan bahan bangunan Anda tak perlu jadi insinyur, arsitek, mandor atau apalah yang berkaitan dengan pembangunan. Namun yang Anda perlukan hanyalah menjiwai bidang tersebut. Yakni mengetahui inti sari yang dibutuhkan dalam pembangunan. Untuk itu agar tidak salah memilih batako, terdapat tips yang dapat dipraktekan agar tidak kecewa, antara lain:

  • Memilih yang strukturnya padat karena menjadi pertanda batako tersebut berkualitas dan bukan abal-abal. Dengan cara menimbang berat batako dan memukulkan jari ke batako untuk merasakan kekuatannya.
  • Bentuknya presisi atau homogen dan mempunyai dimensi yang sama lantaran dibuat dengan cetakan atau press yang sama. Sementara bagian pinggirnya juga lurus dan bersudut tajam sehingga saat dipasang permukaan sampingnya rata.
  • Menyesuaikan harga batako pada kebutuhan bangunan agar tidak kelebihan dan membuat luas rumah menjadi sempit karena menjadi tempat batako yang tidak terpakai.

Baca : Harga Baja Ringan Terbaru (Sangat Baru)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *