Hantaran Pernikahan

Hantaran Pernikahan

Di Indonesia tradisi khas pernikahan sangatlah unik. Pada susunan acara pernikahan terdapat satu sesi yang dinamakan seserahan. Bekal barang bawaan dari pria untuk mempelai wanita, atau biasa disebut juga dengan hantaran pernikahan.

Pada momen tersebut sangat riskan dan minim pemahaman pada masyarakat modern ini. Terutama mengenai apa yang wajib dibawa untuk hantaran pernikahan dan bagaimana cara penyerahannya.

Berilah sesuatu yang terbaik untuk orang yang kau anggap TERBAIK

Mungkin di sebagian daerah memiliki ciri khas masing-masing. Seperti seserahan Jawa, Bali, Sumatera dan lainnya. Semua memiliki cara dan tradisi menurut ragam budaya yang berlaku.

Namun disini akan kita bahas secara global menurut adat umum yang telah berjalan di Indonesia. Agar bisa anda gunakan di daerah anda tanpa harus menyingkirkan adat yang sudah ada.

Hantaran Lamaran Pernikahan

Hantaran lamaran pernikahan merupakan acara membawakan bekal untuk dihadiahkan kepada calon istri ketika, mempelai mulai resmi melakukan lamaran dengan membawa anggota keluarga ke keluarga memepelai wanita.

Hantaran ini tak hanya sekedar membawa hadiah saja, namun juga diadakan upacara kecil agar terlihat mewah dan berkesan untuk diingat di masa depan. Barang yang akan diserahkanpunseharusnya dihias dengan sebagus mungkin.

Karena sesrahan juga disebut sebagai upacara penghormatan atas kedatangan untuk membawa pujaan hati menjadi istri kelak di beberapa hari selanjutnya.

Eits, tidak sampai disitu saja. Seserahan atau hantaran pernikahan tidak hanya bisa dilakukan oleh pria saja. Di sebagian tempat hantaran nikahan juga diberikan oleh pengantin pria, hasil dari hadiah ucapan terimakasih atas meminang calon istrinya.

Selain itu hantaran juga bisa untuk bentuk tunganan. Dalam adat Jawa & Sunda seserahan tunangan lebih minim budget dibanding lamaran dan resepsi pernikahan.

Jadi, anda yang wanita. Bisa kok anda memberi hadiah melelui seserahan ini, berikan yang terbaik untuk calon imammu ya. Biar tambah semangat membinamu menuju kebaikan hingga terwujud keluarga sakinah mawadah warahmah.

Isi Hantaran Lamaran

seserahan untuk pria

Kepercayaan orang Indonesia mengenai hantaran lamaran nikah diharuskan berjumlah ganjil. Atau sesuai kesepakatan kedua keluarga. Agar sesuai adat yang berlaku.

Menurut spesifikasi macam jenis barang yang dibawa, contoh seserahan di Jawa yang perlu dibawa.

Perlengkapan ibadah

Perlengkapan ibadah disesuaikan dengan keyakinan agama mempelai. Bila pasangan pengantin muslim, maka yang dibawa sebagai seserahan berupa sajadah, mukena, tasbih, buku bacaan islam, buku doa dan juga Al-Quran.

Menurut ajaran dalam agama islam, hantaran sebaiknya berupa sesuatu yang baik untuk kegiatan ibadah. Dan dianjurkan untuk tidak memberikan seserahan secara mubadzir.

Perhiasan

Perhiasan memiki arti gamerlap bersinar penuh harapan. Adanya perhiasan sebagai seserahan diharap kehidupan pasangan juga gemerlap dan bersinar.

Namun jangan menjadikan perhiasan sebagai beban buat kalian para lelaki. Karena kadar perhiasan dalam seserahan tidak ditentukan, jadi sesuai dengan budget saja.

Seperangkat pakaian dalam

Pakaian dalam wanita? mungkin anda sudah tau apa saja. Tak perlu disebutkan disini. Hehe

Perlengkapan mandi

Pada pemilihan perawatan tubuh buat mandi, calon pengantin pria harus bertanya dulu kepada calon istri. Kebiasaan merk sabun, sampho, pasta gigi (dan lainnya) yang cocok digunakan untuk mandi apa?

Bisa jadi seseorang tidak cocok dengan penggunaan sabun yang berbeda. Perlu diskusi singkat sebelum membeli belanja hantarannya.

Perlengakapan rias make up

Bagitu pula dengan make up untuk rias wajah dan tubuh. Anda harus konfirmasikan dahulu apa yang biasa digunakan oleh calon istri.

Berisi kosmetik, skin care, sabun spa dan lain sebagainya.

Perlengkapan pesta

Hantaran lamaran pernikahan selanjutnya adalah barang untuk acara pesta. Bila disebutkan banyak sekali.

Jadi untuk peralatan pesta bisa berupa kebaya, baju pesta, sepatu heels, tas sepasang dress, jilbab dan jam tangan.

Makanan khas daerah

Makanan khas sesuai daerah sendiri. Misal daerah anda mayoritas pembuat tempe, ya secara otomatis tempe bisa dibuat barang seserahan.

Tetapi pada umumnya membawa berbagai makanan yang terbuat dari bahan dasar beras. Contoh: ketan, lemper, semar mendem, tape, wajik, rengginang dan lupis ketan.

Makna memberikan makanan tersebut adalah agar kelak hubungan cinta kasih antara suami istri selalu lengket seperti ketan yang telah dimasak.

Aneka sayur dan buah

Dalam tradisi Jawa, mempelai pria akan berusaha memberikan sedikit hasil panen di daerahnya tinggal, seperti padi, jagung,buahan dan juga sayuran.

Tidak sampai di situ, mempelai pria juga bisa memberikan hasil ternak lokal dari daerah ia tinggal, karena tak setiap daerah juga bisa menghasilkan panen dari cabutan bumi.

Makna pemberian ini adalah agar kelak suami istri dapat menebarkan kemanfaatan kepada masyarakat sekitarnya, laksana makhluk lain yang juga bisa berkembang menjadi banyak. Tumbuhan bisa berbuah banyak dan hewan bisa berkembang biak menjadi banyak pula.

Kado spesial

Sebagai kado untuk pernikahan anda bisa mencari refeerensi di artikel berikut ini kado pernikahan. Ada berbagai ide kreasi kado yang bisa diberikan saat lamaran.

Kreasi Isi Hantaran Lamaran

Seiring berkembangnya zaman, adat kebiasaan seserahan mulai sedikit berbeda. Dikarenakan sudah ada beberapa kreasi seserahan yang sulit untuk ditemukan hingga sulitnya menyesuaikan dengan budaya yang dahulu secara murni.

Maka dari itu, untuk tetap melestarikan budaya di Indonesia dan daerah anda tentunya. Hantaran pernikahan tepat saja ada dengan kreasi barang yang bisa bermanfaat sesuai dengan waktunya, yaitu di zaman sekarang.

Apa saja yang bisa anda jadikan ide untuk seserahan nantinya. Simak gagasan terkait ide yang bisa anda pakai.

1. Seperangkat alat sholat

seperangkat alat sholat sebagai mas kawin

Selain untuk mas kawin, sepaket peralatan ibadah juga bisa dipakai sebagai hadiah hantaran lamaran pernikahan sederhana untuk wanita .

Alat ibadah diberikan dengan tujuan agar keluarga selalu dalam naungan keagamaan. Rajin sholat, berdoa serta mengaji & mengkaji.

2. Mukena dengan kreatif desain

hantaran nikah untuk mempelai wanita

Sebenarnya pada gambar diatas adalah mukena, nmaun telah disulap menjadi karangan bungan yang mekar.

Sajadah cantik pun juga terlilit dibalik putihnya mukena yang berbalur pernak-pernik bunga.

3. Seperangkat alat ibadah bagi pria

seserahan untuk pria

Paket seperangkat alat ibadah bagi pengantin pria.

Untuk hantaran pria cukup simpel saja. Karena bagi seorang pria bukan dari desainnya tetapi penilaiannya dari segi fungsi dan harganya.

4. Hiasan mika bening

seperangkat alat sholat sebagai seserahan pernikahan

Desain pilihan warna putih dengan terlindungi mika bening, seserahan peralatan ibadah akan terlihat terjaga. Yang bisa diartikan lebih suci dari kotoran yang ada di lingkungan sekitar.

Dengan arti dengan rajin beribadah, sang pengantin baru bisa terjaga dari hal-hal yang membuat pernikahan tidak lagi suci.

5. Handuk couple

kreasi hantaran pernikahan

Handuk yang lebar, tebal dan besar digulung dan diikat disebagian tempat agar menjadi sepasang angsa.

Sediakan dua handuk, lalu bentuk sesuai pilihan yang bisa anda buat sebagai paket seserahan nikah yang unik.

6. Kreasi kedua handuk couple

paket handuk untuk seserahan lamaran pernikahan

Kalau yang ini masih mirip, tapi bisalah buat referensi lain untuk anda.

Tambah banyak pilihan tambah bagus juga ide kreatif yang bisa anda dapatkan.

7. Kimono cantik untuk calon istri

paket seserahan handuk kimono buat wanita

Selain handuk, anda juga bisa memberikan kimono sebagai hantaran lamaran pernikahan.

Cukup dilipat dengan rapih dan beri sedikit hiasan pada bagian samping-samping handuk baju, maka akan menjadi kado spesial bagi calon istri anda.

8. Paket perlatan mandi berbunga

paket hadiah seserahan nikah

Alat mandi dengan desain bunga akan lebih menarik dan terasa nyaman memandang kemasannya.

Sabun dan kosmetik juga terlihat rapi karena balutan handuk besar yang mengikatnya mereka semua.

9. tanpa keranjang

ide hantaran pernikahan

dengan menggunakan kayu sebagai tempat buat handuk-haduk berpijak. Nilai seni bisa menarik pasang mata karena penataan handuknya yang rapi dengan kombinasi warna berbeda.

10. Perlengkapan pesta

seserahan pernikahan

Ornamen kotak kecil akan menarik perhatian bagi peliriknya.

Hantaran peralatan pesta juga tambah mengkilap dengan mika yang menutupi atap yang selanjutnya dihias pita berwarna.

11. Paket hantaran lengkap

paket seserahan pernikahan solo

Bila yang versi sebelumnya menggunakan kotak, kali ini ornamen berbentuk kursi yang mengangkat beban dari hadiah seserahan.

12. Kotak ajaib unik

jasa paket pernikahan solo

Terbuat dari anyaman kayu, kotak koper mini ini memiliki nilai seni tambahan karena dilengkapi pernak-pernik bunga dari kain dan pita.

13. Glamor untuk pria

hantaran-pernikahan-solo

Desain mewah pita yang menyerupai warna emas, membuat sepatu menyala akan kilapan bersihnya.

14. Bingkisan unik

hantaran pernikahan solo raya

Membungkus bingkisan dengan bahan kain tulle bisa membuat barang yang dibungkus lebih bagus dana menarik. Tambahan pita di sekelilingnya juga bisa mengalihkan perhatian mata.

15. Bingkisan buahanan di dalam sangkar

hantaran pernikahan makanan

Model hantaran modern kali ini berbentuk sangkar burung. Macam-macam jenis barang hantaran bisa anda masukan pada sangkar tersebut. Selain terbuat dari bahan lunak yang tidak membuat brang rusak. Sangkar burung juga memiliki seni tinggi dan unik luar biasa dibanding yang lain, begitu monoton.

16. Hantaran buah dengan arti kesederhanaan

hantaran pernikahan buah

Cara membuat seserahan nikah sederhana, anda cukup beli buah-buahan lalu ditaruhkan pada satu kotak atau kernajng dan dibungkus dengan mika bening.

17. Mukena bentuk masjid rumah Allah

seserahan solo - bentuk msjid

Mukena putih yang dalamnya diberi sajadah dan kain surban.

Agar membentuk masjid merata tambahkan pula kertas koran untuk membentuk lekukan sempurna.

18. Seserahan bentuk masjid

hantaran pernikahan bentuk rumah Allah

Pada seserahan lamaran adat Sunda, para calon mempelai diharapkan bisa mengirim hadiah berupa seserahan berbetuk masjid. Guna mendukung bahwa sang pria mampu menjadi imam yang baik.

19. Bentuk sangkar

hantaran sangkar untuk pernikahan solo

Bentuk seserahan sangkar burung bisa digunakan sebagai seserahan pengantin pria dan juga wanita.

Jadi meski wanita tak mengapa dengan ide kreasi sangkar. Karena yang terpenting saat momen hantaran adalah pesona desain yang membuat mata tertarik.

20. Boneka lucu dan imut

hantaran boneka lucu dan imut

Hanataran modern selanjutnya berupa boneka barbie yang bersandar diatas baju-baju yang bakal diberikan kepada calon paangan.

21. Kosmetik

hantaran seserahan kosmetik

Sebenarnya, menyerahkan seutuhnya kosmetik saja sudah cukup, tapa hiasan pun sudah mencolok mewahnya.

Agar terkesan lebih menarik disatukan dengan keranjang.

22. Perhiasan kalung emas

hantaran pernikahan

Seserahan paling fenomenal yang ini berupa emas.

Selain mas kawin, emas juga bisa dihadiahkan sebagai seserahan ketika lamaran maupun resepsi acara pernikahan.

23. Hantaran versi lengkap

hantaran pernikahan lengkap solo

Berikut versi lengkapnya. Ada 7 kotak yang akan diberikan sebagai hantaran lamaran pernikahan. Dan juga termasuk contoh hantaran pernikahan modern.

Seserahan Adat Jawa

prosesi hantaran pernikahan

Seserahan di adat Jawa dianggap sakral karena untuk menegaskan bahwa pria yang mampu memberikan hantaran pernikahan yang terbaik dan juga mas kawin pilihan orang tua calon istri, maka ia dinilai layak dan mampu menafkahi istri dan anaknya di suatu hari nanti.

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk melaksanakan seserahan Jawa:

  1. artho (uang)
  2. busono (pakaian)
  3. boga (makanan)

Yang dimaksudkan 3 poin diatas yaitu uang, ia mampu memberi mas kawin sesuai dengan permintaan. Busono, pemberian hadiah busono bagi wanita sebagai simbolis bahwa ia besok juga akan mampu membelikan pakaian untuk istri dan anaknya.

Dan yang terakhir, boga. Pemberian hadiah hantaran pernikahan makanan berupa sayuran, buahan dan hasil panen lain sebagai simbolis mampu menafkahi anak & istri secara lahir bathin.

Dalam adat Jawa, pakaian yang biasa untuk hantaran yaitu jarik (selembar kain bermotif batik yang sangat multi fungsi bagi keseharian orang Jawa). Selanjutnya kebaya, pakaian bawah bagi wanita untuk berpakaian harian di luar rumah, berupa pakaian sopan.

Kemudian hasil panen yang terdapat dari daerah pria. Namun bila tidak didapati bisa menggantinya dengan bawaan lain yang bersifat konsumtif, bisa dimakan.

Pertanyaan terkait:

  • Seserahan untuk pria apakah wajib?

# Tidak, namun bila dirasa lebih sopan lakukanlah.

  • Apa isi seserahan adat Jawa dan Sunda?

# Hampir mirip saja.

***

Demikian ulasan singkat mengenai serba-serbi seserahan pernikahan yang dapat kami tuliskan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Apapun kreasi hantaran pernikahan yang anda berikan kepada calon pasangan anda nanti, tetaplah menjadi seseorang laki-laki yang tangguh.

Siap mengemban tanggung jawab dan menjaga keutuhan keluarga hingga menjadi hantaran sebenarnya bagi rumah tangga, yaitu menghantar kepada keluarga sakinah mawadah warahmah.

Tinggalkan komentar